Ditemukan 26181 dokumen yang sesuai dengan query
Schniederjans, Marc J.
London: Allyn and Bacon, 1992
658.56 SCH t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Harrison, Allan
Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1992.
658.56 HAR j
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Henri Budiman
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36287
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sri Anondo
"PT X adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang komponen otomotif. Salah satu departemen yang terdapat pada parusahaan adalah Departemen Gasket yang memproduksi gasket untuk mesin mobil dan motor. Produksi dilakukan sesuai dengan permintaan dari distributor dan hasil produksi disalurkan kepada perusahaan perakitan, agen resmi dan pasaran umum. Masalah yang terdapat pada bagian produksi adalah tata letak dan pengaturan material yang kurang balk, yang serlng menyebabkan kelancaran proses produksi terganggu.
Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk merencanakan sistim produksi dengan pendekatan sistim Just-In-Time, dimana akan direncanakan tata letak dengan sistim Group Technology dan penggunaan kartu kanban dalam usaha untuk memperbaiki kelancaran proses produksi dan penanganan material.
Group Technology marupakan tata letak pabrik dengan mengelompokkan mesin-mesin yang diperlukan untuk menghasilkan suatu kelompok produk. Tata Ietak ini akan melancarkan aliran material karena Ietak mesin berdekatan dan perpindahan material memerlukan usaha yang minimum.
Sistim Kanban merupakan slstim kartu yang digunakan untuk mengendallkan persediaan material dan proses produksi. Tahapan yang diperlukan dalam merencanakan sistim ini adalah membuat kartu kanban yang diperlukan, menghitung jumlah kanban dan merencanakan alirannya. Dengan sistim Jus!-In-Time maka perusahaan hanya akan memproduksi apa yang dibutuhkan sesuai jumlah yang diperlukan pada saat dibutuhkan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36306
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hall, Robert W.
Homewood, Illinois: Dow Jone-Irwin , 1987
658.5 HAL a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Vivi Agustin
"[
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Just In Time Partnership metode Kanban di sebuah perusahaan farmasi ABC Penerapan Kanban menurut manajemen perusahaan belum optimal sehingga perlu dilaksanakan evaluasi dampak penerapan metode Kanban di ABC dalam hal tingkat persediaan biaya pemenuhan order dan kualitas Selain itu akan diteliti faktor apa saja yang membuat penerapan Kanban belum optimal serta memberikan saran untuk mengoptimalkan penerapan Kanban Hasil penelitian menunjukkan penerapan Kanban berdampak positif pada penurunan persediaan dan penurunan biaya penyewaan gudang Pelaksanaan Kanban berdampak negatif pada kualitas terlihat dari peningkatan tolakan akibat semakin tingginya frekuensi pengiriman namun kualitas pasokan belum stabil Kanban memberikan dampak meningkatkan pemenuhan order jumlah pengiriman tepat waktu meningkat dan tidak adanya lagi pengiriman yang datang lebih awal dari jadwal Namun jumlah pengiriman terlambat juga bertambah akibat tidak lancarnya komunikasi dan problem pada pemasok Penerapan Kanban belum optimal karena persentase material Kanban sangat kecil sehingga tidak berdampak besar bagi penurunan persediaan Jumlah Kanban sulit bertambah karena belum stabilnya kualitas material pemasok tidak bersedia menambah item Kanban karena rendahnya akurasi forecast tingginya fluktuasi permintaan sehingga mempersulit pemasok mensuplai dengan lancar Perusahaan perlu meningkatkan akurasi forecast menurunkan fluktuasi permintaan Kanban dengan menurunkan tingkat line stop dan berkolaborasi dengan pemasok untuk meningkatkan kualitas.
ABSTRACTThis research is aimed to evaluate the implementation of Just In Time Partnership using Kanban method on ABC a pharmaceutical company According to the company rsquo s management implementation of Kanban is not optimal so evaluation should be carried out to measuring the impact of Kanban implementation on the inventory levels costs order fulfillment and quality This research also examined factors that made the implementation of Kanban is not optimal and give advice to optimize it Kanban implementation showed a positive impact on inventory reduction and reduction on warehouse rental cost However implementation of Kanban has a negative impact on quality caused by significant growth on delivery frequency but the material quality was not stable Kanban also improve order fulfillment increase on time delivery and eliminate ealier delivery But late deliveries also increases due to communication problem and supplier delivery problem Kanban implementation is not optimal because the percentage of Kanban items compared with the total material items is still very few so is does not have a major impact on inventories reduction Total Kanban difficult to grow caused by material quality instability suppliers are unwilling to add items Kanban because low forecast accuracy the high demand fluctuations increase difficulties for vendors to supply smoothly Companies need to improve forecast accuracy decrease Kanban demand fluctuations by lowering the level of the stop line and collaborate with suppliers to improve quality.;This research is aimed to evaluate the implementation of Just In Time Partnership using Kanban method on ABC a pharmaceutical company According to the company rsquo s management implementation of Kanban is not optimal so evaluation should be carried out to measuring the impact of Kanban implementation on the inventory levels costs order fulfillment and quality This research also examined factors that made the implementation of Kanban is not optimal and give advice to optimize it Kanban implementation showed a positive impact on inventory reduction and reduction on warehouse rental cost However implementation of Kanban has a negative impact on quality caused by significant growth on delivery frequency but the material quality was not stable Kanban also improve order fulfillment increase on time delivery and eliminate ealier delivery But late deliveries also increases due to communication problem and supplier delivery problem Kanban implementation is not optimal because the percentage of Kanban items compared with the total material items is still very few so is does not have a major impact on inventories reduction Total Kanban difficult to grow caused by material quality instability suppliers are unwilling to add items Kanban because low forecast accuracy the high demand fluctuations increase difficulties for vendors to supply smoothly Companies need to improve forecast accuracy decrease Kanban demand fluctuations by lowering the level of the stop line and collaborate with suppliers to improve quality., This research is aimed to evaluate the implementation of Just In Time Partnership using Kanban method on ABC a pharmaceutical company According to the company rsquo s management implementation of Kanban is not optimal so evaluation should be carried out to measuring the impact of Kanban implementation on the inventory levels costs order fulfillment and quality This research also examined factors that made the implementation of Kanban is not optimal and give advice to optimize it Kanban implementation showed a positive impact on inventory reduction and reduction on warehouse rental cost However implementation of Kanban has a negative impact on quality caused by significant growth on delivery frequency but the material quality was not stable Kanban also improve order fulfillment increase on time delivery and eliminate ealier delivery But late deliveries also increases due to communication problem and supplier delivery problem Kanban implementation is not optimal because the percentage of Kanban items compared with the total material items is still very few so is does not have a major impact on inventories reduction Total Kanban difficult to grow caused by material quality instability suppliers are unwilling to add items Kanban because low forecast accuracy the high demand fluctuations increase difficulties for vendors to supply smoothly Companies need to improve forecast accuracy decrease Kanban demand fluctuations by lowering the level of the stop line and collaborate with suppliers to improve quality.]"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Bragg, Steven M.
New York: John Wiley & Sons, 1996
657.0685 BRA j
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Teuku Yuri M. Zagloel
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Yadrifil
"Dalam satu dasawarsa terakhir ini berbagai pendekatan produksi seperti sistem Kanban dan MRP yang merupakan sistem Produksi Just In Time, sering terdengar telah banyak bermanfaat dalam optimisasi produksi. P.T TAM sebagai salah satu industri otomotif terbesar di Indonesia telah menerapkan sistem kanban pada proses produksinya. Namun pada saat ini masih ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaanmya. Penelilian ini dilakukan untukk menanggulangi masalah yang ada pada pemesanan yaitu dengan cara menghitung stock minimum pada palet, membuat alat yang paraktis bagi pemesanan dan membuat alamat pada kanban."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
"The just-in-time (JIT) production philosophy has enriched the classical scheduling theory with models that consider characteristics such as inventory costs, set-up times, lot sizing, or maintenance. This edited volume considers the specifics of just-in-time systems. It provides knowledge and insights on recent advances in scheduling theory where just-in-time aspects are considered. Contributions on models, theory, algorithms, and applications, that bring the theory up-to-date on the state-of-the-art of JIT systems are presented."
New York: [Springer, ], 2012
e20419139
eBooks Universitas Indonesia Library