Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124003 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abaza, Mona
Jakarta: LP3ES, 1999
297.7 MON p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Arif Ramadhan
"Hubungan Indonesia-Mesir merupakan hubungan sangat emosional, hal tersebut dikarenakan beberapa momentum yang terjadi dalam perjalanan sejarah hubungan Indonesia-Mesir sangat mengena. Hubungan yang sering disebut dengan istilah hubungan diplomasi total adalah hubungan transnasionalisme, yang mana melibatkan mahasiswa Indonesia di Mesir. Mahasiswa Indonesia di Mesir memiliki peran penting dalam perjalanan tiga momentum tersebut. Pertama, peran mahasiswa Indonesia di Mesir pasca Proklamasi 1945. Kedua, peran mahasiswa dalam mengatasi dampak krisis moneter 1997-1998. Ketiga, peran mahasiswa dalam evakuasi dan prospek hubungan Indonesia-Mesir pasca revolusi Mesir.
Hubungan Indonesia-Mesir menjadi bukti faktual akan ketepatan salah satu teori hubungan internasional, yang mengatakan hubungan antar negara tidak hanya hubungan yang melibatkan negara sebagai aktor dan pelaku hubungan. Namun bahkan keterlibatan aktor individu jauh lebih penting dalam peningkatan hubungan internasional antar negara. Hubungan tersebut adalah hubungan transnasionalisme. Dan itulah yang terjadi dalam perjalanan hubungan Indonesia- Mesir, bahwa keterlibatan aktif dan pastisipasi total dari mahasiswa Indonesia di Mesir dengan masyarakat Mesir merupakan bukti pentingnya transnasionalisme dalam hubungan Internasional.

Indonesia-Egypt relations are a emotional relations, fact because some moments that occurred in a history of Indonesia-Egypt relations. That relations commonly known as a total diplomatic relations or transnationalism, that there are roles of Indonesian students in Egypt. Indonesian students in Egypt has an importent roles in the three moments. Firstly, the role of Indonesia students in Egypt after Proclamation in 1945. Secondly, the role of Indonesia students in Egypt in addressing and minimizing the impact of economic crisis 1997-1998 in Indonesia. Thirdly, the role of Indonesia students in Egypt in the evacuation process during Egyptian revolution in 2011.
Indonesia-Egypt relations is a factual evidence on the relevance and truth of one theory of international relations that said that relations between countries are not only relations between states, but also the relationship between individuals or groups of individuals is more important in the relationship between one country and another countries. That named by transnationalism relationship. And that is what happened in Indonesia-Egypt relations, that a active role and a total participation between Indonesian students in Egypt and Egyptians peoples. In this fact is a evidence of important of transnationalism in international relationship."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T29653
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S6750
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budhy Djayanto
"ABSTRAK
Asma telah dikenal sejak zaman Hipocrates (abad ke- 4-5 . SM). Pada saat itu sampai ditemukannya IgE sekitar 20 tahun yang lalu diagnosis asma terutama didasarkan pada timbulnya gejala klinis misalnya sesak dan mengi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang kedokteran, beberapa hal yang belum diketahui tentang timbulnya asma dan timbulnya serangan asma mulai tersingkap; antara lain aspek fisiologis, aspek patologis, aspek imunologis dan aspek psikologis (Wirjodiardjo, 1990).
Asma merupakan penyakit kronik yang tersering dijumpai pada anak. Penyakit asma dapat mudah dikenal bila ditemukan gejala yang berat misalnya serangan batuk dengan mengi setelah latihan berat atau timbul waktu udara dingin. Kadang-kadang dapat juga ditemukan gejala yang ringan seperti batuk kronik dan berulang tanpa mengi yang dapat menyulitkan dokter, pasien atau keluarga pasien. Gambaran klinik dan perjalanan penyakit asma berbeda pada bayi, anak kecil dan anak yang lebih besar sesuai pertambahan usia (Rahajoe H. H., 1983).
Asma dapat mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Asma yang merupakan penyakit kronik juga dapat memberikan masalah biologis, psikologis dan sosial pada penderita maupun keluarganya bila tidak ditanggulangi secara komprehensif antara penderita; orangtua; saudara kandung; dokter dan guru pada anak yang sudah sekolah (Steinhauer, 1974; Sudjarwo dan Suiaryo, 1990).
Dampak negatif asma yang utama pada anak sekolah adalah terganggunya pelajaran di sekolah. Di Amerika Serikat, sepertiga dari waktu absen di sekolah disebabkan oleh asma (Godfrey, 1983 b). Besar kecilnya angka absensi ini akan menjadi salah satu faktor yang menentukan intensitas gangguan terhadap tumbuh kembangnya dikemudian hari. Asma dapat timbul pada setiap umur, tetapi biasanya jarang timbul pada bulan-bulan pertama kehidupan. Delapan puluh persen asma pada anak mulai timbul pada usia di bawah 5 tahun (Blair,1977; Godfrey, - 1983 b).
Asma sangat erat hubungannya dengan hiperreaktivitas saluran nafas, hal ini dikemukakan oleh Boushey dkk (1980), Rahajoe dkk (1988), Gerritsen (1989) dan Pattemore dkk (1990).
Faktor alergi berperan pada asma anak. Sekitar 2/3 dari seluruh anak dengan asma mempunyai dasar alergi (Carlsen dkk, 1984). Bahkan menurut HcNicol dan Williams (1973), jika semua anak dengan asma diteliti sepanjang usianya; maka akan didapat bukti adanya faktor alergi yang berperan. Faktor alergi pada asma menyebabkan berbagai reaksi immunologik dengan hasil akhir berupa gejala asma. Keadaan atopi lebih banyak dijumpai pada penderita asma dan keluarganya dibanding kelompok kontrol (tidak asma). Asma juga lebih sering ditemukan pada keluarga penderita asma dibanding kelompok kontrol (Si.bbald dkk, 1980; Zimmerman dkk, 1988)"
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rezfah Omar
"Salah satu asas hukum perjanjian adalah hukum perjanjian menganut sistem terbuka (open system). Perjanjian kerjasama kependidikan antara Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dengan Yayasan Pendidikan Islam Al Muhajlrien Jakapermai merupakan perwujudan dari sistem terbuka hukum perjanjian. Perjanjian kerjasama kependidikan antara Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dengan Yayasan Pendidikan Islam Al Muhajirien Jakapermai termasuk perjanjian tidak bernama, yang lahir karena kebutuhan para pihak yang mengadakan kerjasama untuk mengikatkan diri dalam suatu perjanjian. Beberapa Perselisihan terjadi dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut dan para pihak tidak dapat menyelesaikan perselisihan yang terjadi melalui musyawarah. Menurut Ketentuan pasal 8 perjanjian kerjasama, jika terjadi perselisihan yang tak terselesaikan maka perjanjian tersebut batal atau pemutusan hubungan kerjasama dapat dilakukan. Menurut ketentuan pasal 1266 KUHPdt, pada perjanjian timbal balik (bilateral), wanprestasi yang dllakukan oleh salah satu pihak memberikan hak kepada pihak lainnya untuk membatalkan atau memutuskan perjanjian lewat hakim. Ketentuan dalam perjanjian kerjasama dan KUHPdt tersebut tidak dapat dilakukan oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut berkaitan erat dengan kepentingan masyarakat. Agar ketentuan pasal 8 perjanjian kerjasama dan pasal 1266 KUHPdt dapat dilaksanakan, pemutusan hubungan kerjasama dilakukan secara bertahap sehingga kepentingan masyarakat tidak terganggu."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2000
S20811
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.T. Soegito
"PARADIGMA yang biasa disebut sebagai intellectual commitment, adalah suatu citra fundamental pokok permasalahan dari suatu ilmu, yang lahir dari komunitas ilmuwan yang memakai, mengembangkan, dan mengelola, suatu bentuk pendekatan secara sungguh sungguh. Mereka berfikir dengan acuan pemikiran yang sama, memakai asumsi asumsi konseptual teoritik fundamental yang sama pula, sehingga melahirkan cara berfikir paradigmatik. Paradigma menggariskan apa yang seharusnya dipelajari, pernyataan pernyataan apa yang seharusnya dikemukakan, bagaimana seharusnya suatu pernyataan dikemukakan, dan kaidah kaidah apa yang seharusnya diikuti dalam penafsiran atas jawaban yang diperoleh. Paradigma pendidikan adalah pemikiran, persepsi, kepercayaan, pandangan dan sikap mengenai pendidikan, sehingga menjadi pandangan hidup atau visi tertentu atau khas mengenai pendidikan, dan berikutnya bagaimana masyarakat yang bersangkutan mengorganisasikan sistem pendidikannya, bagaimana melaksanakannya, sehingga mayoritas pendidik terlibat dalam pelaksanaan sistem pendidikan tersebut, sedangkan tingkat ketercapaian dan keberhasilannya sesuai dengan keterpaduan, intensitas, dan kontinuitas pelaksanaan oleh para pendukung dan penganutnya. Pergeseran paradigmatik pendidikan nasional pada hakekatnya sebagai dampak dari tantangan abad XXI yang memiliki karakteristik berbeda dengan abad abad sebelumnya. Karakteristik abad XXI akan berdampak pada pergeseran dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah dan tujuannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dipicu oleh lahirnya sainsdan teknologi komputer, yang berimbas kepada cognitive science, bio moleculer, information technology, dan nano science yang kemudian menjadi kelompok ilmu pengetahuan karakteristik abad XXI. Hal yang paling menonjol pada abad XXI adalah semakin bertautnya dunia ilmu pengetahuan, sehingga sinergi diantaranya menjadi semakin cepat, sehingga faktor ruang dan waktu menjadi semakin sempit. Abad XXI juga ditandai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan. Undang Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional berisi pokok pokok pikiran filosofis dan teorik berbeda dengan pokok pokok pemikiran filosofi dan teoritik pada Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. Hal ini menunjukkan adanya kesadaran dan komitmen pemerintah maupun para pengelola pendidikan nasional terhadap perubahan dan pergeseran paradigmatik pendidikan nasional dan manajemen pendidikan nasional, berkaitan dengan tantangan hakiki abad XXI, era global, dan peranan strategis pendidikan nasional untuk mempersiapkan anak bangsa yang berkualitas."
Jakarta: Lembaga Pangkajian MPR RI, 2018
342 JKTN 007 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
297 LAN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ardi Pritadi Soemardjo
"Skripsi ini memuat studi kasus mengenai salah satu sekolah Islam yang ada di Indonesia, tepatnya di SMPIA 3 Bintaro. Studi kasus yang memiliki pendekatan intensif ini akan memberikan kritik membangun bagi teori dualisme pendidikan. Menurut teori tersebut, dualisme pendidikan dapat berpeluang untuk terjadi di berbagai sekolah Islam di Indonesia. Dualisme pendidikan menyangkut tidak selarasnya antara ilmu pengetahuan agama dengan yang ilmu pengetahuan nonagama. Tetapi, SMPIA 3 Bintaro memiliki sebuah sistem untuk mencegah dan melawan dualisme pendidikan, yaitu sistem terintegrasi. Sistem terintegrasi merupakan sistem pendidikan yang menyelaraskan antara ilmu pengetahuan agama dengan ilmu pengetahuan non-agama. Sistem terintegrasi ini ditemukan berada di berbagai pelajaran seperti Biologi, al-Quran, dan Bimbingan Konseling.
Sistem tersebut juga dapat ditemukan di dalam konteks perilaku murid seperti membangun akhlakul karimah. Salah satu ilmu non-agama ialah modernisasi atau modernitas. Modernisasi ini harus dipelajari agar SMPIA 3 Bintaro bisa menyesuaikan dirinya dengan zaman. Modernisasi dapat mendatangkan manfaat apabila ia didayagunakan, yaitu ketika ia dapat berjalan selaras dengan ilmu agama. Tetapi, ia dapat merugikan apabila ia disalahgunakan dan akibatnya tidak dapat berjalan selaras dengan ilmu agama. Hal ini disebut ambivalensi integrasi. Jadi, modernitas tersebut harus dijaga melalui descriptive social norms, yaitu norma tertulis yang telah ditulis, disetujui, dan disepakati oleh sekolah. Norma tersebut harus berdasarkan sistem terintegrasi agar ambivalensi integrasi tidak terjadi.

This honors thesis brings the case study to the one of Islamic School in Indonesia, which is Islamic Junior School al-Azhar 3 Bintaro (SMPIA 3 Bintaro). This case study which has intensive approach will give the constructive critics about educational dualism theory. The theory said that educational dualism could occur in many Islamic Schools in Indonesia. Educational dualism is about the condition of disintegration in religion knowledge and the other sciences. But, SMPIA 3 Bintaro has its system to prevent that disintegration that is system of integration. System of integration is the education system that gives synchronization between religion sciences and the other sciences. This system can be founded in several subjects like Biology, al-Quran, and Counseling.
This system can be founded too in the context of pupil's attitude like doing akhlakul karimah. One of the other sciences is modernity. Modernity must be studied in order to keep SMPIA 3 Bintaro being adaptive nowadays. Modernity can bring the advantage if it could be utilized. But, it can bring the disadvantage if it being abused and could not harmonize itself with religion sciences. That case is defined as ambivalence of integration. So, modernity should be defended by descriptive social norms. They are the norms which are being approved by this school. The norms are based on the system of integration so that ambivalence of integration will not happen.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S57884
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rustiningsih Sesanti Lestari
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada dampak penyelenggaraan pendidikan pada Akademi Imigrasi terhadap kualitas kerja dan perilaku alumni AIM. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Penelitian ini menggunakan teori dampak penyelenggaraan pendidikan. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 60 orang alumni dari 3 (tiga) angkatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, sedangkan analisis dilakukan dengan merujuk pada teori dan konsep yang digunakan, dalam hal ini penulis menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Dari analisis terhadap hash kuesioner, disimpulkan bahwa: Dengan penyelenggaraan pendidikan yang terencana dengan baik akan membawa dampak yang postif terhadap peningkatan kualitas kerja dan perilaku alumni. Untuk itu diperlukan kurikulum yang memiliki kesesuaian dengan bidang Keimigrasian, dan juga diperlukan tenaga-tenaga pengajar yang berasal dari praktisi yang berkompeten dengan bidang tugas keimigrasian. Disamping itu Taruna AIM perlu banyak dilatih untuk memecahkan masalah dan berani untuk berargumentasi, dengan bahan praktek keimigrasian yang lebih sering intensitasnya. Diharapkan dengan perencanaan penyelenggaraan pendidikan yang memenuhi kesesuaian dengan bidang tugas keimigrasian, maka akan menghasilkan lulusan yang berkompeten dibidangnya dan akan berdampak pada peningkatan kualitas kerja dan perilaku mereka di tempat tugas mereka.

ABSTRACT
This research aimed to find out the effect of academic program at Immigration Academy toward their alumnus performance and attitude. This research was a quantitative research based on descriptive method.
Research used the theory on effect of academic program. It was conducted upon 60 alumnus of Immigration Academy from 3 (three) levels. Data is collected by using questioner, and data analysis techniques in used is regression and correlation analysis.
From the analyses, it was found that well-prepared academic program would bring a positive effect toward improvement of alumnus performance and attitude. Therefore, it needs a suitable curriculum which is still in immigration field, as well as professional lecturers who have immigration background. The students of Immigration Academy is needed to have more practice in solving the problems and have a bravery in making argumentation in the field of immigration. It was hoped that the suitable planning for academic program would create students who had capabilities in their study, and then it would effect the enhancement of their performance and attitude in the area of their work.
"
2007
T20757
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raracitta Gya Maria
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S6986
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>