Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2363 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1980
899.222 BAB
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"As a social and cultural document, manuscript of babad nitik sultan is one of javanese literature works consisting of some cultural values which are related to local wisdom. Such cultural values refers to what jamaris quotes as human interaction to God, human interaction to nature and human interaction to society: Each value is in relation to another. As a social creature, human depend upon other persons."
MBSN 6:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Teks ini memitat cerita legenda Sultan Agung termasuk hubungan beliau dengan Kanjeng Ratu Kidul dan nenek moyangnya. Buku ini juga dikenal dengan judul Serat Cabolek (lihat Pigeaud 1967:60). Pada akhir teks diceritakan tentang pemakaman Pangeran Sultan Ageng di Plered di Tegal Arum. Teks naskah ini mempunyai kesamaan isi dengan teks naskah FSUI/SJ.213 (bandingkan daftar pupuhnya). Menurut kolofon depan maupun belakang, naskah ini disalin oleh Rawisastra antara bulan Januari dan Maret 1909. Daftar pupuh: (1) dhandhanggula; (2) sinom; (3) mijil; (4) megatruh; (5) asmarandana; (6) pangkur; (7) asmarandana; (8) dhandhanggula; (9) asmarandana; (10) mijil; (11) sinom; (12) maskumambang; (13) sinom; (14) dhandhanggula; (15) asmarandana; (16) girisa; (17) megatruh; (18) mijil; (19) sinom; (20) pangkur; (21) dhandhanggula; (22) sinom; (23) asmarandana; (24) gambuh; (25) durma; (26) kinanthi; (27) durma; (28) kinanthi; (29) mijil; (30) asmarandana; (31) mijil; (32) asmarandana."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SJ.214-NR 527
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Naskah ini berisi kisah sejarah yang dapat diberi judul Babad Ngayogyakarta Kala ing Jaman Sultan Sepuh, karena mengisahkan keadaan di negeri Yogyakarta pada masa pemerintahan HB II. Teks dimulai dengan menceriterakan tentang perjalanan dan penyambutan gubernur Semarang, P.G. van Overstraten (Tuwan Gerardus pan Apersestraten), dalam rangka penobatan Hamengkubuwana II sebagai Sultan Yogyakarta pada tahun 1792. Teks terdiri atas 94 pupuh. Keterangan penulis teks tidak diketahui, namun waktu penulisannya dapat diperkirakan sekitar waktu kejadian di Yogyakarta. Di bawah ini termaktub Daftar pupuh teks ini. Daftar pupuh: (1) sinom; (2) pucung; (3) mijil; (4) kinanthi; (5) megatruh; (6) dhandhanggula; (7) durma; (8) kinanthi; (9) pucung; (10) dhandhanggula; (11) asmarandana; (12) pangkur; (13) maskumambang; (14) sinom; (15) durma; (16) mijil; (17) pucung; (18) dhandhanggula; (19) megatruh; (20) asmarandana; (21) dhandhanggula; (22) mijil; (23) pangkur; (24) dhandhanggula; (25) asmarandana; (26) sinom; (27) dhandhanggula; (28) pangkur; (29) durma; (30) asmarandana; (31) pangkur; (32) dhandhanggula; (33) kinanthi; (34) pangkur; (35) sal; (36) sinom; (37) dhandhanggula; (38) kinanthi; (39) sinom; (40) dhandhanggula; (41) pucung; (42) maskumambang; (43) pangkur; (44) asmarandana; (45) dhandhanggula; (46) asmarandana; (47) girisa; (48) pangkur; (49) sinom; (50) dhandhanggula; (5l) asmarandana; (52) durma; (53) sinom; (54) durma; (55) pangkur; (56) durma; (57) dhandhanggula; (58) asmarandana; (59) durma; (60) sal; (61) pangkur; (62) durma; (63) dhandhanggula; (64) pangkur; (65) asmarandana; (66) sinom; (67) mijil;; (68) durma; (69) kinanthi; (70) megatruh; (71) asmarandana; (72) durma; (73) asmarandana; (74) pangkur; (75) megatruh; (76) dhandhanggula; (77) pangkur; (78) sinom; (79) asmarandana; (80) durma; (81) dhandhanggula; (82) kinanthi; (83) girisa; (84) mijil; (85) maskumambang; (86) pucung; (87) dhandhanggula; (88) sal; (89) durma; (90) pangkur; (91)girisa; (92) asmarandana; (93) mijil; (94) wirangrong; (95) dhandhanggula; (96) asmarandana. Menurut kolofon depan, naskah ini disalin pada hari Senin, 7 Sawal, Je 1798 (10 Januari 1870). Penyalinan naskah dilakukan oleh seorang tukang pajak di Yogyakarta."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
SJ.6-NR 227
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Graaf, Hermanus Johannes de, 1899-1984
Jakarta: Pustaka Grafitipers, 1986
959.8 GRA d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bogaerts, Els
"The Sĕrat Nitik Sultan Agung texts relate how Sultan Agung (r. 1613-1645) in a miraculous way conquers the surrounding world. He subjugates its inhabitants to Mataram and converts them to Islam. The selected fragment is an interesting example of how the sultan – refusing to fast during the month of Shawwāl – impresses the people in his environment with his supernatural power, and in particular Ki Amad Kategan, his pangulu, who tries to match his strength with that of the sultan. The two characters engage in a dispute on Islamic matters. Firstly, I discuss the figure of Ki Amad Kategan and the function of this excerpt in the Nitik Sultan Agung tales. Secondly, I present variant readings of the story. The comparison of the three versions touches on features of narrative structure, content and style, language use, and target audiences."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
909 UI-WACANA 22:3 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Prasetiyo
Depok: Universitas Indonesia, 2000
S11714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Y.B. Sudarmanto
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996
923.2 SUD j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Di antara ribuan karya sastra Jawa, jenis babad merupakan salah satu yang sangat mengesankan. Ratusan babad menceritakan perkembangan historis dan mistis dalam masyarakat Jawa, biasanya terfokus kepada lingkungan keraton. Babad itu sering terdiri dari ratusan halaman dan tembang, ada yang isinya tidak bisa dipertanggungjawabkan nilai sejarahnya tetapi masih bermanfaat sebagai pintu masuk ke dalam dunia pikiran penulis. Ada pula babad yang dapat disandingkan dengan surat kontrak serta laporan Belanda yang merupakan sumber sejarah yang dapat dimanfaatkan. Akan tetapi, juga ada beberapa kesulitan mengenai babad jika digunakan sebagai sumber sejarah, yang paling penting di antaranya adalah anonimitas babad sehingga sulit untuk melakukan pendekatan historis."
JMN 5:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Decky Mayricko Arbain
"ABSTRAK
Wakaf dalam perspektif Islam adalah instrumen pemberdayaan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat Akan tetapi di Indonesia masih banyak ditemui kendala dalam pengembangan wakaf Wakaf masih sering dipahami sebagai entitas ibadah khusus ma ah semata Problem wakaf yang lain adalah pengelolaan harta wakaf yang tidak produktif hal ini masih sering ditemui di masyarakat pada umumnya Tetapi diantara sekian banyak persoalan wakaf di tanah air ditemukan pula beberapa institusi wakaf yang berhasil mengelola wakaf dengan produktif yaitu Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung di Semarang Keberhasilan pengelolaan wakaf pada Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung dapat dilihat dari dua hal yaitu pengelolaan SDM dan pemberdayaan harta aset wakaf Penelitian ini bertujuan untuk menggali latar belakang menganalisa keberhasilan dan hambatan yang dihadapi oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung dalam mengelola harta wakaf Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pendekatan kualitatif Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan kajian pustaka Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptik analitik Dari observasi penelitian diperoleh faktor faktor yang menyebabkan keberhasilan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung dalam mengelola harta wakaf diantaranya ialah a Nazhir yang amanah ahli dan fokus dalam mengelola harta wakaf b Visi dan Misi lembaga yang secara konsisten dipraktikkan c Pemimpin lembaga adalah sosok teladan dan tegas yang sangat dihormati oleh bawahannya d Manajemen yang rapi bertanggung jawab dan berprinsipkan syariah Hambatan dalam pengelolaan wakaf pada Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung adalah belum maksimalnya pengelolaan wakaf uang dikarenakan ketersediaan tenaga ahli yang minim Walaupun masih terdapat kendala kendala dalam pengelolaan harta wakafnya tetapi upaya dan kinerjanya yang profesional dalam menjaga amanah keteladanan dalam kepemimpinan dan keahlian dalam mengelola harta wakaf telah memberikan hasil yang optimal dalam pelayanan kepada umat

ABSTRACT
Waqf in Islamic perspective is one of the instruments of economic empowerment for the public welfare However in Indonesia there are still many obstacles encountered for the development of waqf One of those obstacles is a shallow understanding telling that waqf is only a particular religious entity ma ah Moreover the unproductive management of waqf endowments property found in the societies is another problem to be encountered In spite of those problems of waqf in this country several charitable foundations successfully managing waqf with creative and innovative ways can also be found One of those foundations is the Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung in Semarang This waqf foundation succeeded in creating an integrated governance through two important aspects namely human resource management and management of property assets of waqf This study aims to explore the background and analyze the successes as well as obstacles encountered by Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung in managing the waqf property This research is a field study using qualitative approach The data are collected through observations interviews and study of literature Furthermore the data obtained were analyzed in descriptive analysis The findings of this study are First the success of the Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung in managing waqf property is caused by several factors namely a the trustworthiness capacity and expertise of the Management Nazhir b The vision and mission of the institution that are consistently implemented c The leadership of the institution respected as a model and decisive figure by the subordinates d well organize accountable shariah based management Second the obstacle in the management of Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung is the management of cash wakf isn rsquo t maximal due to the minimum availability of experts Although there are still obstacles in the management wakf rsquo s assest but the effort in maintaining trust given by wakif community models in leadership and expertise in managing waqf property have yielded optimum results in giving services to the people."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>