Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20221 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Gramedia, 1982
330.9 LIM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Illich, Ivan
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995
615.5 ILL lt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Usman Pelly
"nanya dong dok
In the first part of this article, the author presents theories about the concept of nation which has been developed since the early 20th century. By presenting these theories the author aims to reveal the ambiguities of the concept of nation that has been developed by various scholars. The explanation focuses only on certain group in the society, whereas the subject contains psychological and emotional values which are difficult to be examined objectively. Another problem is the construction of the concept of nation based on more than one discourse. The author describes further the explanation of the concept of nation from the anthropological viewpoints. Malinowski relates the concept of nation to the existence of ethnic groups. Leach and Barth revise Malinowski's concept in their discussion about ethnic boundaries. Within the political and historical discourses, the concept of nation relates to the objective and subjective relations with the state as developed by Mill and Renan. In the post Second World War, the concept of nation is associated with the emergence of nation-states, the presence of social awareness of colonialism and set upon many ethnic groups as stated by Anderson. At the end, the author depicts the problem faced by the Indonesian in their efforts to maintain the existence of their nation-state and provides alternatives to solve the problem."
1997
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Riwanto Tirtosudarmo
Jakarta : LIPI Press, 2010
320.959 8 RIW m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Depatemen Kelautan dan Perikanan, 2005
341.42 BAT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Boeke, Hendrik Enno.
Djakarta: Bhratara, 1971
307.72 BOE g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sifatu, Wa Ode
"ABSTRAK
Fenomena tawuran yang telah menjadi pola di Kampus Perak, mendorong penulis untuk mencari akar masalah melalui pendekatan kebudayaan dengan metode etnografi. Penelitian menggunakan paradigma/teori Foucault, Giddens, dan Bourdieu tentang kekuasaan, dapat mengungkapkan akar tawuran.
Mahasiswa di Kampus Perak merepresentasikan masyarakat Sultra yang tidak memiliki kebudayaan dominan mengakibatkan perebutan sumber-sumber kekuasaan dan ekonomi sangat ketat dan berpotensi konflik. Kesejarahan membentuk pengelompokan berdasarkan etnis. Kelompok dominan merendahkan kelompok marginal disebut barata, sebaliknya kaum marginal menolak, merupakan cermin gejala umum dalam masyarakat yang lebih luas. Keterampilan bela diri silat yang semestinya untuk melindungi keamanan dan keselamatan diri, sebaliknya digunakan untuk tawuran telah menjadi kebudayaan para pelaku dan orang-orang yang mengambil keuntungan. Mahasiswa pemenang tawuran mendapatkan kans yang besar menuju posisi sebagai pemimpin kelompok, pemimpin organisasi, hingga birokrat. Dana operasional tawuran bersumber dari tokoh-tokoh Bapak atau Ibu sosial disebut Dalang untuk mendapatkan Pasukan Tertutup (Pastup) sebagai pelindung dan penjaga keselamatan ketika berkontestasi atau mempertahankan kedudukan di birokrasi. Cara tersebut bertentangan dengan kearifan lokal masyarakat yaitu pola pikir kaghati (layang-layang) dan pola tindak toba (proses belajar tindakan) manusia sebagai bagian dari alam semesta. Mahasiswa dari kelompok etnis sub-ordinat atau kaum marginal harus berjuang secara berkelompok dan berkoalisi untuk mendapat kesetaraan dan diperhitungkan. Upaya birokrat Kampus Perak mengatasi tawuran antar kelompok mahasiswa selama ini melalui pendekatan hukum dan dialog antar tokoh masyarakat tidak efektif, tetapi justru menaikkan popularitas individu bermakna sebagai pejuang dan solider kelompok.
Melalui proses penelitian, ditemukan kelompok mahasiswa Kaghati-Toba melawan kelompok Dalang-Barata sebagai ide budaya yang ajeg bersifat being, menggunakan tiga ujung kemampuan yaitu ujung lidah, ujung penis, dan ujung badik sebagai wujud budaya yang cair dan bersifat becoming. Dalam pardigma kekuasaan Foucault, Giddens, dan Bourdieu, bila penggunaan kekerasan akan menyakiti pikiran, sedangkan tawuran mengintervensi pikiran dan menyakiti tubuh atau fisik.

ABSTRACT
The phenomenon of engage in a gang fight which has become a pattern in Kampus Perak, to drive the writer to look for the problems root through cultural approach by ethnography method. This research used paradigms or theories of Foucault, Giddens, and Bourdieu?s power, which express the root of engage in a gang fight.
The students from sub-ordinate ethnic or marginal of social community have to struggle as groups and coalitions to have equality and accounted in Kampus Perak are representation Southeast Sulawesi communities which have not dominant cultures have consequences of power resources and economic fighting too tight and having conflict potentials. The students historical in Kampus Perak formed groups based on ethnicity. The dominant group lowered barata as the marginal groups, in turned over the marginal groups refuse as the mirror of general indication in the larger community. Silat as a self-defense skill to save the security and safe, in turned over uses the need to engage in a gang fight had become a culture of doers and people who take advantages. The winner student of the engage in a gang fight has big chance ahead to the position as group leader, organization, and bureaucrat. The operational fund resource of engaging in a gang fight from prominent figures of Social Fathers or Mothers mentioned as Dalang for having courage troops as safety protectors and guards whenever contestation or to defense position in bureaucracy. This method is in contradiction with community local values such as kaghati mind patterns (kites) and toba action patterns (action learning patterns) of humans as parts of universe. The efforts of Kampus Perak bureaucrat contend of engage in gang fight of the students so far through law and dialogue approaches un effective, but exactly cause individual popularity significant as freedom fighter and group solidarity.
Through the research process, found that the kaghati-toba against Dalangbarata as the culture idea which stable and characterized as ?being?, utilized the three capabilities as tongue, penis, and badik as the implementation of culture which melt and characterized ?becoming?. In the power paradigm of Foucault, Giddens, and Bourdieu, if using the violence will hurt the mind, while the fighting, beside will be intervention the mind, will be hurt the physic or body.
"
2013
D1404
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Kahar Maranjaya
"Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik. Sebagai negara kesatuan, Indonesia menganut asas desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan memberikan kesempatan dan keleluasaan kepada daerah untuk meyelenggarakan otonomi daerah seluas-luasnya. Kewenangan otonomi luas adalah keleluasaan daerah untuk menyelenggarakan pemerintahan yanag mencakup kewenangan semua bidang pemerintahan. Terlebih dalam negara modern, terutama apabila dikaitkan dengan paham negara kesejahteraan urusan pemerintahan tidak dapat dikenali jumlahnya, karena kewenangan otonomi mencakup segala aspek kehidupan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan pelayanan urusan dan kepentingan umum. Selain sangat luas urusan pemerintahan dapat senantiasa meluas sejalan dengan meluasnya tugas negara dan/atau pemerintah.
Namun keleluasaan itu bukan tampa batas , karena bagaimanapun daerah, dalam negara kesatuan Republik Indonesia bukan daearah yang berbentuk atau memiliki atribut negara. Seperti dijelasakan dalam penjelasan Pasal 18 UUD 1945, ?oleh karena negara Indonesia itu suatu eenheidstaat maka Indonesia lidak akan mempunyai daerah dalam lingkungannya yang bersifat staatjuga". Dengan demikian penyelenggaraan otonomi daerah dalam negara kesatuan RI ada batasnya yaitu ketentuan-ketentuan yang tidak boleh dilampaui atau diselenggarakan oleh daerah seperti urusan bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan, moneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain meliputi kebijakan tentang perencanaan nasionaldan pengendalian pembangunan nasional secara makro, dan perimbangan keuangan, sistem adminstrasi negara dan lembaga perekonomian negara, pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia, pendayagunaan sumber daya alam serta teknologi tinggi yang strategis, konservasi dan standardisasi nasional.
Batas kewenangan otonomi daerah itu dapat berwujud berbagai bentuk peraturan perundang-undangan dan/ atau hukum, misalnya; Pancasila, Unadang-Undang Dasar 1945, Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Undang-Undang, dan Peraturan Pemerintah. Ketentuan-ketentuan yang menjadi batas atau rambu-rambu otonomi daerah itu ditentukan oleh badan pembentuk peraturan perundang-undangan seperti MPR,DPR dan Presiden. Sehingga pemberian otonomi kepada daerah secara luas, nyata, dan bertanggungjawab dapat menjadi formula yang tepat bagi pemeliharaan abadi ?bhinneka tunggal ika?sebagai simbol abadi negara kesatuan RI dan yanag secara cepat pula mengantarkan rakyat Indonesia menjadi suatu masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan sosial dalam suatu susunan masyarakat demokratis dan berdasarkan atas hukum. "
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>