Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31511 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Washington: Health Insurance Association, 2002
368.36 HEA m II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sudbury, Mass.: Jones and Bartlett Publishers, 2010
362.106 8 AME m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ceria Nurhayati
"ABSTRAK
Tingkat pengetahuan dan self management merupakan faktor yang penting dalam
meningkatkan kualitas hidup pasien DM tipe 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan self management dengan kualitas hidup pada
pasien DM tipe 2. Desain dalam penelitian ini adalah analitik cross sectional dengan jumlah
sampel 75 orang yang dilakukan di Rumkital DR. Ramelan Surabaya. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan (r = 0.619; p < 0.01),
self management (r = 0.685; p < 0.01) dengan kualitas hidup pada pasien DM tipe 2. Hasil
multivariat menunjukkan bahwa nilai HbA1c merupakan faktor yang paling mempengaruhi
hubungan antara tingkat pengetahuan dan self management dengan kualitas hidup pada
pasien DM tipe 2. Perawat dapat meningkatkan pengetahuan pasien dengan memberikan
edukasi yang berfokus pada peningkatan self management dan memfasilitasi pemberian
dukungan keluarga serta supervisi dan monitoring terkait self management yang dilakukan
pasien DM tipe 2.

ABSTRACT
Knowledge and self management are important factor in improving the quality of life of
patients with type 2 diabetes. The purpose of this research is to know the correlation of
knowledge level and self management with quality of life in DM type 2 patient. The design in
this study is cross sectional analytic with the sample of 75 people conducted in Rumkital DR.
Ramelan Surabaya. The results showed that there was a significant correlation between
knowledge level (r = 0.619, p <0.01), self management (r = 0.685, p <0.01) with quality of
life in type 2 DM patients. Multivariate results showed that HbA1c was the most influencing
factor the relationship between knowledge level and self management with quality of life in
type 2 DM patients. Nurses can improve patient knowledge by providing education that
focuses on improving self management and facilitating family support and supervision and
monitoring related self-management by DM type 2 patients."
2018
T49254
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Schmele, June A.
Washington, DC: Delmar Publisher , 1996
362.1 SCH q
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cunningham, Lynne
San Francisco: Jossey-Bass, 1991
362.10685 CUN q
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Indriyanti
"Pelayanan kesehatan yang bermutu saat ini sudah menjadi tuntutan semua pihak, termasuk masyarakat sebagai pengguna jasa, dengan era globalisasi, bertambahnya golongan masyarakat yang mampu, berpendidikan, dan menguasai informasi, masalah mutu pelayanan menjadi tuntutan mutlak. Adapun faktor yang dominan mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas adalah sumber daya manusia, baik yang terlibat dalam manajemen maupun pelayanan. Keluhan (complain) dari pelanggan merupakan indikator dari kurangnya kualitas pelayanan akibat sistem manajemen yang kurang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pelanggan dan upaya manajemen mutu fokus pada pelanggan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas DTP Kabupaten Bogor tahun 2014. Metode penelitian adalah kuantitatif bersifat analitik deskriptif dengan desaincross sectional. Dengan populasi adalah seluruh pasien rawat inap dan unsur manajemen di Puskesmas DTP Kabupaten Bogorpada tahun 2014. Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat inap sebanyak 181 orang dan 50unsur manajemen di Puskesmas DTP dari 10 Puskesmas DTP.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pelanggan, ada hubungan yang bermakna antara upaya manajemen mutu fokus pada pelanggan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas DTP Kabupaten Bogor tahun 2014, terdapat perbedaan yang bermakna terhadap skor rerata kepuasan diantara pasien di Puskesmas yang menerapkan upaya manajemen mutu fokus pada pelanggan dan yang tidak menerapkan upaya manajemen mutu fokus pada pelanggan.
Penulis menyarankan agar pihak manajemen Puskesmas meningkatkan dimensi fokus pada pelanggandan proses terkait pelanggan. Kedua dimensi tersebutbelum dilaksanakan secara maksimal dalam penerapanupaya manajemen mutu fokus pada pelanggan. Manajemen Puskesmasuntuk memperhatikan dimensi tangibledan responsivenesssebagai dimensi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan terendah.Melaksanakan survey kepuasan pelanggan secara berkala dengan tools yang sesuai dengan kekhususan Puskesmas agar mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan terkini.

Quality health services is now becoming the demands of all parties, including the public as service users, with the era of globalization, increasing social groups capable, educated, and control of information, quality of service issues become an absolute requirement The dominant factor affecting the quality of health services at the health center are human resources, both of which are involved in the management and care. Complaints (complaints) from customers is an indicator of the lack of quality of service due to poor management system.
This study aims to determine the relationship between customer characteristics and quality management efforts focus on providing customers with the level of patient satisfaction in the Puskesmas DTPin Bogor District 2014. Quantitative research method is descriptive analytic cross-sectional design. With a population is the entire patient care and management elements in the Puskesmas DTPin Bogor District 2014. Samples in this study were inpatients as many as 181 people and 50 elements in the management of the Puskesmas DTPfrom 10 health centers With Nursing.
The results showed that there is no relationship between the characteristics of patients with levels of customer satisfaction, there is a significant association between quality management efforts focus on providing customers with the level of patient satisfaction in Bogor Regency DTP health centers in 2014, there is a significant difference in mean scores between patient satisfaction The Health Center is implementing a quality management efforts focus on the customer and are not implementing a quality management efforts focuson the customer and not implementing quality management efforts focus on the customer.
The author suggested that health centers improve the management dimensions of customer focus and customer-related processes. Both of these dimensions has not been fully implemented in the application of quality management efforts focus on the customer. Management Health Center to pay attention and responsiveness as a tangible dimension of service quality dimensions with the lowest satisfaction levels. Carry out customer satisfaction surveys on a regular basis with the appropriate tools to get an idea of the specificity of the health center in order to recent customer satisfaction.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42699
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mursalin
"[ABSTRAK
Diabetes Mellitus merupakan penyakit epidemik yang menjadi ancaman global.
Selain tingkat morbiditas dan mortalitas yang tinggi, juga menyebabkan sebagian
besar negara di dunia mengeluarkan anggaran kesehatan yang besar. Penelitian ini
bertujuan untuk menghitung besarnya biaya langsung medis dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya pada penderita rawat jalan diabetes mellitus tipe 2.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari ? Pebruari 2015 di RSUD dr. Abdul
Aziz Singkawang, Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
analitik dengan menggunakan data sekunder yang dikumpulkan secara
retrospektif berdasarkan data tahun 2013 dengan jumlah sampel sebanyak 200.
Hasil analisis multivariat, terdapat perbedaan yang signifikan biaya langsung
medis pada setiap tipe penatalaksanaan, lama sakit dan komplikasi yang dialami
penderita. Upaya promotif dan preventif perlu ditingkatkan untuk mencapai
efektivitas dan efisiensi pengobatan dan meningkatkan kualitas hidup penderita.

ABSTRACT
Diabetes mellitus has epidemic diseases that seriously global threated. Except,
hight level of morbidity and mortality, its also caused most countries in the world
spend a lot of money for health care. This study purpose to count direct medical
costs and factors of influence on type 2 diabetes mellitus outpatient care. This
study conduct on January to February 2015 in RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang
at West Kalimantan. Design study used cuantitative analysis by secondary data
that retrospectively collected on 2013 data and number of samples are 200. Result
of multivariate analysis, there were significant difference means of direct medical
costs of type 2 diabetes mellitus outpatient care on type of care, diseases duration,
and complication. Health promotion and prevention on type 2 diabetes mellitus
intervention must be increasingly to achieve effective and efficient cost of care
and to increase patient?s quality of life., Diabetes mellitus has epidemic diseases that seriously global threated. Except,
hight level of morbidity and mortality, its also caused most countries in the world
spend a lot of money for health care. This study purpose to count direct medical
costs and factors of influence on type 2 diabetes mellitus outpatient care. This
study conduct on January to February 2015 in RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang
at West Kalimantan. Design study used cuantitative analysis by secondary data
that retrospectively collected on 2013 data and number of samples are 200. Result
of multivariate analysis, there were significant difference means of direct medical
costs of type 2 diabetes mellitus outpatient care on type of care, diseases duration,
and complication. Health promotion and prevention on type 2 diabetes mellitus
intervention must be increasingly to achieve effective and efficient cost of care
and to increase patient’s quality of life.]"
2015
T28912
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ann Arbor, Michigan: AUPHa Press, 1981
362.106 8 HEA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ireland, Lewis R.
Pennsylvanian: Project Management Institute, 1991
658.562 IRE q (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>