Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113642 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wenzler-Cremer, Hildegard
Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia, 1999
155.25 WEN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Harez Porma
Depok: Universitas Indonesia, 1989
S2724
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Mahdiya
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi regulasi diri dan tingkat komitmen memengaruhi kemampuan individu dalam mengabaikan daya tarik alternatif pasangan yang tersedia. Partisipan penelitian ini adalah individu dalam tahap usia dewasa muda, dengan rentang usia 20 ndash; 28 tahun yang sedang menjalani hubungan berpacaran n=81 . Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan sistem rekam respon yang dikomputerisasi, serta menggunakan serangkaian tugas dan aroma makanan popular yang menggoda selera khas Indonesia, yakni mie instan dalam kemasan, untuk membagi kelompok partisipan. Partisipan dibagi dalam dua kelompok manipulasi kondisi regulasi diri, yaitu kelompok kondisi depletion dan non-depletion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kondisi depletion dan non-depletion dalam kemampuan mengabaikan daya tarik alternatif pasangan yang tersedia. Pada partisipan yang telah menjalin hubungan lebih dari 4 tahun, tingkat komitmen terbukti berkorelasi dengan kemampuan mengabaikan daya tarik alternatif pasangan r= 0,624 . Penelitian selanjutnya perlu menekankan pentingnya kalibrasi tingkat ancaman ketika menampilkan alternatif pasangan menarik dengan tingkat komitmen individu.

ABSTRACT
This study aim to know whether condition of self regulatory strength and commitment level affecting one ability to derogate the temptation of attractive alternatives. Participants of this study were individuals at the stage of emerging adulthood, age range 20 28 years old who are in a dating relationship n 81 . This study use experimental design with computerized system to record responses, series of tasks and the fragrance of instant noodle that is considered to be the most alluring fragrance for Indonesian people, to divided groups. Participants divided into two groups of self regulatory strength manipulation, depletion and non depletion condition. The results showed that there is no significant differences between depletion and non depletion condition groups in ability to derogate attractive alternatives. Result found that one ability to derogate attractive alternatives is correlated with commitment level for those whose relationship duration are above 4 years r 0,624 . Later study should emphasize the importance of commitment threat calibration when presenting attractive alternatives to individuals."
2017
S66710
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devita Mayasari
"ABSTRAK
Mahasiswa dituntut mengatur kehidupan akademik dan non akademik secara mandiri. Terlalu banyak kegiatan non akademik mengganggu keterlibatan belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran regulasi diri dalam belajar sebagai mediator dalam hubungan antara academic buoyancy dan keterlibatan belajar. Sampel penelitian ini adalah 463 mahasiswa S1 Universitas Indonesia laki-laki 25,1 perempuan 74,7 . Keterlibatan belajar diukur menggunakan alat ukur The Student Course Engagement Questionnaire SCEQ . Academic buoyancy diukur menggunakan alat ukur Academic Buoyancy Scale ABS dengan tambahan lima item. Regulasi diri dalam belajar diukur dengan Motivated Strategies for Learning Questionnaire MSLQ dimensi self regulation strategies. Desain penelitian ini adalah non eksperimental dengan tipe korelasional. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan regresi linier, dan uji mediasi menggunakan Program Macro PROCESS oleh Andrew Hayes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri dalam belajar terbukti memediasi secara parsial dalam hubungan antara academic buoyancy dan keterlibatan belajar. Pada penelitian ini, juga ditemukan adanya kontribusi yang besar dari academic buoyancy terhadap regulasi diri dalam belajar. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti faktor yang memengaruhi hubungan academic buoyancy dan regulasi diri dalam belajar.

ABSTRACT
College students had to manage their academic and non academic life independently. Too many non academic activities could affect their student engagement. The purpose of this study is to determine the mediator role of self regulated learning in the relationship between academic buoyancy and student engagement. There were 463 undergraduate bachelor students in Universitas Indonesia participated in this study male 25,1 and female 74,7 . Student engagement was measured by The Student Course Engagement Questionnaire SCEQ . Academic buoyancy was measured by Academic Buoyancy Scale ABS with five items addition. Self regulated learning was measured by Motivated Strategies for Learning Questionnaire MSLQ with self regulation strategies dimension. The study rsquo s design is non experimental with correlation type. The study used linear regression and tested medation effect by Program Macro PROCESS by Andrew Hayes. The result is self regulated learning has a partial mediation effect in the relationship between academic buoyancy and student engagement. The study also found that there is a huge contribution from academic buoyancy towards self regulated learning. For the future study, it could examine factor influencing the relationship between academic buoyancy and self regulated learning."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Farina Salim
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3451
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Putu Nareswara Wiadnyana
"ABSTRAK
Dewasa ini paradigma mengenai karier telah jauh berkembang, hal ini timbul karena banyak orang mulai melihat pekerjaan mereka sebagai sebuah panggilan hati. Fenomena ini juga dialami oleh mahasiswa perguruan tinggi yang sedang berusaha untuk membangun karier mereka setelah lulus kuliah nanti. Sebagai tambahan, panggilan dalam hal karier profesional ini memiliki hubungan dengan proses regulasi diri yang kemudian mempengaruhi perceived employability serta kepuasaan hidup seseorang yang menandakan kesiapan orang tersebut dalam menghadapi pasar tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari panggilan terhadap karier career calling terhadap perceived employability dan kepuasaan hidup life satisfaction dengan proses regulasi diri self-regulatory processes sebagai mediator dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM . Data dalam penelitian ini diperoleh pengumpulan kuesioner yang didapat dari 492 mahasiswa/i Universitas Indonesia yang berasal dari berbagai fakultas. Penelitian ini kemudian menemukan bahwa career calling memiliki pengaruh yang positif terhadap self-regulatory processes, dimana self-regulatory processes memiliki pengaruh positif baik terhadap perceived employability dan life satisfaction, dengan adanya pengaruh langsung antara career calling terhadap perceived employability dan life satisfaction sehingga kemudian adanya hubungan mediasi oleh self-regulatory processes.

ABSTRACT
Nowadays, it can be observed that a significant upward shift of paradigm towards career has been taking place. This is attributable to the recent changing values in the society by which individuals are starting to perceive their career as a means to fulfill their calling. Correspondingly, this phenomenon is also experienced by the university students who seek to build their careers upon graduation. Individuals rsquo calling in their professional careers is correlated with their self regulatory processes pertinent to perceived employability as well as life satisfaction, which signify the individual rsquo s capability to take on the demands presented in the job market. This study was conducted to evaluate the impact of career calling towards perceived employability and life satisfaction with the influence of self regulatory processes as a mediator through the Structural Equating Modelling SEM method. The data relevant to this study was gathered by distributing questionnaires of which 492 students from various faculties of Universitas Indonesia were participants. This study subsequently revealed that career calling does indeed have a positive influence on the self regulatory processes. Self regulatory processes positively impact the perceived employability and life satisfaction, as career calling is directly correlated with perceived employability and life satisfaction through the mediation of self regulatory processes."
2017
S69744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Santoso
Jakarta: Bumi Aksara, 1992
302.3 SLA d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Santosa
Bumi Aksara, 2004
302.3 SLA d (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gumilang Reza Andika
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan perspektif diri (actoragent) terhadap prososialitas yang dimoderasi oleh aktivasi konsep Tuhan lewat pemberian prime. Actor bersikap prososial, sedangkan agent egois. Diprediksi bahwa adanya pemberian prime Tuhan mengaburkan perbedaan prososialitas antara actor dan agent dengan meningkatkan prososialitas keduanya.
Hasil penelitian eksperimen berbasis web ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prososialitas antarkelompok Perbedaan tersebut hanya dipengaruhi oleh jenis prime yang diberikan secara langsung, bukannya interaksi antara variasi perlakuan yang diberikan. Temuan pada penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh yang divergen dari prime Tuhan terhadap prososialitas dan merupakan terobosan dalam mengintegrasikan konsep diri yang berlapis dengan prime Tuhan.

The objective of this research is to examine the effect of type-of-self (actor-agent) on prosociality, which moderated by the activation of God concept through priming. Actor acts prosocially, while agent is selfish. It's predicted that the priming of God concept can diminish prosociality difference between them by increasing both's prosociality.
The results of this web-based experiment indicate that there are differences between group's prosociality. Those differences only affected mainly by the type of prime given, but not because of the interaction between the type-of-self and the given prime. The findings indicate the existence of divergent effect of God prime on prosociality and is a breakthrough in integrating multilayered-self concept and God prime."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S59106
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Maulina
"Pendidikan di perguruan tinggi dilakukan untuk menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Salah satu faktor yang berkaitan dengan keberhasilan studi di perguruan tinggi adalah konsep diri mahasiswa. Untuk itu, alat ukur konsep diri mahasiswa, karena selama ini belum banyak dikembangkan alat ukur konsep diri yang ditujukan bagi mahasiswa. Alat ukur ini diharapkan dapat membantu proses bimbingan dan konseling yang dilakukan pada mahasiswa, terutama yang mengalami masalah-masalah akademis berkaitan dengan konsep diri.
Pengembangan alat ukur baku konsep diri ini didasarkan pada konsep diri sebagai suatu konstruk yang multidimensional dan memiliki hirarki, yang terdiri dari dimensi konsep diri akademik, sosial, emosional, dan fisik. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Program S-1 Reguler yang duduk di semester 2 dan 4 sejumlah 254 orang. Responden penelitian ini berjumlah 254 orang.
Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa alat ukur ini akurat dan konsisten dalam mengukur konsep diri mahasiswa Uji validitas konstruk dengan analisis faktor menunjukkan alat ini mengukur apa yang ingin diukur yaitu konsep diri mahasiswa, karena hampir seluruh item berada pada faktor yang sesuai dengan teori pembuatan alat ukur. Uji validitas konstruk dengan cornfergerfr validafion dan korelasi antara dimensi menunjukkan alat ukur ini mengukur hal yang sama dengan alat ukur penyesuaian diri akademis yang memiliki kesamaan konstruk, dan terbukti sebagai alat ukur konsep diri yang multidimensional serta bersifat hirarki.
Uji validitas kriteria menunjukkan dimensi konsep diri akademik berkorelasi signifikan dengan Indeks Prestasi Mahasiswa, sehingga dapat digunakan sebagai prediktor prestasi mahasiswa., hanya saja daya prediksinya tergolong rendah. Dari penelitian ini, disusun sebuah norma alat ukur konsep diri mahasiswa yang didasarkan pada standard scores dengan mean = 10 dan SD (standard deviation) = 3.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk menggunakan metode lain dalam pengujian validitas konstruk, memperpendek tes dengan mengurangi item, dan melanjutkan penelitian pada fakultas atau universitas lain agar dapat diperoleh alat ukur mahasiswa yang reliabel, valid, mampu membedakan mahasiswa yang memiliki konsep diri positif dan positif serta memiliki norma yang mewakili mahasiswa secara luas."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>