Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14977 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chichester: John Wiley & Sons, 1991
152.4 INT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Niedenthal, Paula
"ada hal. yang hilang dari 132-157"
New york: Psychology Press, 2006
152.4 NIE p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Strongman, Kenneth T.
Chichester: John Wiley & Sons, 2003
152.4 STR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Septiadi Fajar Rachmanto
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus untuk melihat efektivitas strategi cognitive reappraisal untuk
meningkatkan regulasi emosi pada remaja dengan masalah emosi marah. Cognitive
reappraisal merupakan strategi regulasi emosi dengan cara mempertahankan emosi
yang dirasakan di dalam pikiran dan secara aktif mencari alternatif dalam
menginterpretasikan makna suatu peristiwa atau hubungan dirinya dengan peristiwa
yang terjadi. Program yang dibuat menggunakan pendekatan Rational Emotive
Behavior Therapy melalui proses identifikasi kaitan antara pikiran, perasaan, dan
perilaku subyek, pengubahan irrational belief untuk mengubah perilaku, serta
identifikasi dampak positif dari regulasi emosi. Pengukuran dilakukan sebelum dan
sesudah dilakukan program dengan menggunakan alat ukur dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini strategi
cognitive reappraisal belum efektif untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi
pada remaja dengan masalah kurang dapat mengendalikan emosi marah. Program
yang dilakukan hanya berhasil memberikan pengetahuan yang baru tentang
pentingnya regulasi emosi dan bagaimana meregulasi emosi. Selanjutnya, program
ini dinilai belum dapat mengubah pandangan yang dimiliki subyek sehingga ia belum
memiliki kesadaran dan keinginan untuk mengubah perilakunya.

ABSTRACT
This study focuses to see the effectiveness of Cognitive Reappraisal strategies to
improve emotion regulation in adolescents with anger emotion problem. Cognitive
Reappraisal is an emotion regulation strategies which maintain emotions felt in the
mind and actively looking for an alternative in interpreting the meaning of an event or
his/her relationship with the events that occurred. This program is created using
Rational Emotive Behavior Therapy approach through the process of identifying the
link between thoughts, feelings, and behavior of the subject, changing irrational belief
to change behavior, as well as identifying the positive impact of emotion regulation.
Measurements were taken before and after the program using measuring instruments
and interviews. Based on results of this study we can conclude that in this study
cognitive reappraisal strategies is not effective to improve the ability of emotion
regulation in adolescents with anger emotion problem. Program conducted only
managed to provide new knowledge about the importance of emotion regulation and
how to regulate emotion. Furthermore, this program is considered has not been able
to change subject belief so that he has not have awareness and willingness to change
his behavior."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35334
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arlianti
"Masa remaja dimulai pada sekitar usia 12 atau 13 tahun sampai sekitar usia 20-an dan merupakan masa peralihan yang ditandai dengan perubahan-perubahan dalam diri individu, baik perubahan fisik maupun perubahan psikologis dari anakanak menuju dewasa. Masa peralihan tersebut menyebabkan remaja mudah terkena atau menimbulkan masalah. Salah satu hal yang dapat memicu timbulnya masalah pada remaja adalah emosi marah yang tidak dikendalikan dan diekspresikan secara tepat. Intensitas pengalaman emosi, termasuk emosi marah, menurut Frijda dipengaruhi oleh interaksi sejumlah faktor, yaitu : kepedulian kejadian, penilaian, action repertoire, regulasi dan mood. Penelitian ini ingin melihat gambaran penilaian konteks pada pengalaman emosi marah dengan intensitas tinggi dan rendah pada siswa/i kelas 1 SMUN 38, Jakarta. Penilaian konteks yang diteliti meliputi 24 dimensi, yaitu : valensi, kemudahan mencapai tujuan/ keterhambatan, kesejahteraan orang lain, keadilan, ketertarikan, kebaruan/sudah dikenal atau belum, ketiba-tibaan, harapan akan akhir, kejelasan tentang akhir, kemungkinan diubah atau finalitas, dapat/tidak dapat dihindarkan, tanggung jawab sendiri, tanggung jawab orang lain, keterkendalian, harga diri, penghargaan orang lain, kejelasan, antisipasi usaha, dapt diatasi/ ditangguung, dapat diharapkan, dapat diharapkan oleh orang lain, kepentingan, kesesuaian dengan norma menurut diri sendiri dan kesesuaian dengan norma menurut orang lain.
Untuk mendapatkan data yang diperlukan, dilakukan pengambilan data dengan menggunakan kuesioner emosi dan kuesioner penilaian Frijda & Markam (1992). Kuesioner diberikan kepada 45 siswa/i kelas 1 SMUN 38, Jakarta. Dari hasil perhitungan data, didapatkan bahwa dimensi penilaian yang paling menonjol pada pengalaman emosi marah dengan intensitas tinggi adalah dimensi valensi, kemudahan mencapai tujuan, ketiba-tibaan dan dapat diharapkan.Sedangkan pada pengalaman emosi marah dengan intensitas rendah dimensi penilaian yang paling menonjol adalah dimensi ketidak adilan, ketertarikan, keterkendalian dan dapat diharapkan. Selain itu juga didapatkan adanya perbedaan yang signifikan antara dimensi kesejahteraan orang lain , kebaruan, ketiba-tibaan, keterkendalian, antisipasi usaha, dapat diatasi/ditanggung dan kepentingan pada pengalaman emosi marah dengan intenistas tinggi dan pengalaman emosi marah dengan intensitas rendah yang dialami siswa-siswi kelas 1 SMUN 38 Jakarta.
Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai data awal untuk lebih memahami pengalaman emosi marah yang dialami oleh remaja, terutama siswa-siswi kelas 1 SMU. Namun masih banyak kekurangan pada penelitian ini sehingga sebaiknya dilanjutkan dengan penelitian lain yang meneliti tentang anteseden, kesiapan aksi dan regulasi dari pengalaman emosi marah sehingga didapatkan data yang lebih kaya dan lengkap. Selain itu juga sebaiknya penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan data berupa kuesioner ditambah dengan metode wawancara sehingga data yang didapat lebih lengkap dan mendalam."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S3047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Price, Carolyn, 1963-
"Emotion is at the centre of our personal and social lives. To love or to hate, to be frightened or grateful is not just a matter of how we feel on the inside: our emotional responses direct our thoughts and actions, unleash our imaginations, and structure our relationships with others. Yet the role of emotion in human life has long been disputed. Is emotion reason?s friend or its foe? From where do the emotions really arise? Why do we need them at all? In this accessible and carefully argued introduction, Carolyn Price focuses on some central questions about the nature and function of emotion. She explores the ways in which emotion contrasts with belief and considers how our emotional responses relate to our values, our likes and our needs. And she investigates some of the different ways in which emotional responses can be judged as fitting or misplaced, rational or irrational, authentic or inauthentic, sentimental or profound. Throughout, she develops a particular view of emotion as a complex and diverse phenomenon, which reflects both our common evolutionary past and our different cultural and personal histories. Engagingly written with lots of examples to illuminate our understanding, this book provides the ideal introduction to the topic for students and scholars and anyone interested in delving further into the intricate web of human emotion"
Cambridge: Polity Press, 2015
128.37 PRI e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: Oxford University Press, 2000
152.4 COG
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Buck, Ross
New York: John Wiley & Sons, 1988
155.4 BUC h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fatmah S. Abdullah
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1970
S2187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thedy Yogasara
"As the imbalance of automotive market competition continues, the domination of foreign industries demands a proper attention from Indonesia’s automobile manufacturers. Efforts in creating a national car design that is emotionally attached to Indonesia’s automotive market, will be able to meet the challenge appropriately, in part by using the Kansei Engineering Type 1: Category Classification method. Identified through literature studies and interviews, there are 164 Kansei words that represent the exterior designs of a 4×2-wheel drive passenger car. The Kansei words were categorized into 12 groups using an affinity diagram and then arranged into a five-level semantic differential scale for product samples assessment. Results were further processed using factor analysis, leaving nine groups remaining. A collaborative design process with a product designer resulted in an exterior design of a hatchback car with four doors. Scores from the evaluation on Kansei word groups “satisfying”, “luxurious”, “sporty”, “aesthetic”, “innovative”, “mobile/flexible”, “complicated/complex”, “credible”, and “masculine” indicate that the car exterior design meets users’ emotional needs."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>