Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14135 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Crocker, Linda M.
New York : Holt, Rinehart, and Winston, 1986
150.287 CRO i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gagan Hartana Tupah Brama
"Mendifferensiasi merupakan satu tujuan penggunaan alat ukur. Angka pengukuran sebagai basil mengukur diharapkan memberikan representasi yang menggambarkan hal yang diukur. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan differensiasi alat ukur melalui pendekatan scoring. Dengan memahami bahwa alat ukur kemampuan memiliki parameter derajat kesulitan butir soal dan pada pendekatan klasik tidak digunakan sebagai bagian dari scoring. Di pihak lain, pendekatan teori modem membutuhkan pendekatan yang memerlukan kompetensi khusus dan belum dimiliki oleh sebagian besar pengguna alat ukur. Dengan mengasimilasikan pendekatan teori klasik dengan pendekatan items response theory peneliti berupaya untuk memperoleh kemungkinan tersebut.
Sampel ini berupa basil Achievement Test basil belajar pada mata kuliah Metode Observasi dan Wawancara tahun Akademik 2001-2002 Fakultas Psikologi Uiniversitas Indonesia, dan basil Aptitude Test dari Raven's Standard Progressive Matrices dari sejumlah klien yang memerlukan jasa pelayanan warid belajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan differensiasi kemampuan, namun perlu dipertimbangkan scoring yang merupakan gabungan pendekatan probabilistik dan data nominal."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T38339
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aji Winata
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi alat ukur Teacher Caring Scale TCS pada guru sekolah menengah. Penelitian ini dilakukan kepada guru sekolah menengah di daerah Jabodetabek n=291. Hasil pengujian psikometri cronbach alpha menunjukkan bahwa alat ukur TCS memiliki tingkat konsistensi internal yang baik ?=0,916. Pengujian validitas konstruk menunjukkan korelasi yang signifikan dengan alat ukur agreeableness r=0,371.

This study aims to construct a Teacher Caring Scale TCS measurement for secondary school teachers. This research was conducted to secondary school teachers in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi n 291. The results of psychometric test with cronbach alpha indicates that TCS measurement has a good internal consistency level 0.916. Construct validity shows significant correlation with agreeableness r 0,371.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Junaidi IB
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya prediksi skor Tes Seleksi Penerimaan Siswa Baru (TSPSB) MTSN Model Meulaboh I Kabupaten Aceh Barat tahun 2008 terhadap Tes Prestasi prestasi Belajar pada empat mata pelajaran yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jumlah populasi dan sampel 212 siswa kelas VII angkatan 2008/2009 Data diperoleh dari dokumentasi lembar jawaban siswa yang telah mengikuti tes seleksi masuk dan lembar jawaban siswa pada empat mata pelajaran tersebut yang mengikuti Ujian Semester I. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasıl yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas butir soal dari kedua paket tes tersebut dapat dikategorikan baik serta daya prediktif naskah soal tes seleksi penerimaan siswa baru MTSN Model Meulaboh - tahun 2008 untuk meramalkan prestasi belajar juga termasuk baik (hubungan signifikan) pada taraf signifikansi 0,05.

ABSTRACT
This research investigates the predictive validity of the entrance selection test of MTSN Model Meulaboh - I West Aceh in 2008 toward the achievement tes on four subject which are Math, Sains, Indonesian and English language. The population and sample consists of 212 seventh grade students in 2008 academic year. Data were taken from the official documents. It was in the form of the answer sheet student that has followed the tes, both the entrance selection and achievement tes. All the data processed by linear regression analysis. The result shows that the characteristic items of the two tes are good and the predictive validity of the test is good (the correlation is significant)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38356
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cohen, Ronald Jay
Boston: Mayfield Publishing, 2006
150 COH p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Orlando: Academic Press, 1985
153.93 TES
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cohen, Ronald Jay
Boston: McGraw-Hill, 2005
150.287 COH e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Muhamad
"Berbagai penelitian menjelaskan bahwa kesadaran metakognisi perlu dimiliki guru untuk meningkatkan keefektifan dan performanya dalam mengajar. Namun penelitian kesadaran metakognisi pada konteks guru masih kurang mendapat perhatian, belum banyak dilakukan, dan belum ada alat ukurnya. Penelitian ini bertujuan untuk menkonstruksi alat ukur Teacher Metacognition Awareness TMA yang reliabel, valid, memiliki item-item yang baik, dan tersusun norma. Penelitian dilakukan kepada guru sekolah menengah di Jabodetabek n=293.
Hasil penelitian menunjukan bahwa alat ukur TMA merupakan alat ukur yang reliabel, baik secara total = 0,88, dimensi knowledge about cognition = 0,77, maupun dimensi regulation of cognition = 0,82. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa alat ukur TMA dan dimensinya juga valid dalam mengukur konstruk kesadaran metakognisi dan dimensinya memenuhi pernyaratan validitas factor analysis, convergent evidence, dan konsistensi internal. Alat ukur TMA terdiri dari total 24 item dan 12 item pada setiap dimensinya, dimana item tersebut memiliki daya diskriminasi yang baik dan memiliki kontribusi terhadap konstruk kesadaran metakognisi. Pemaknaan skor alat TMA menggunakan within-group norms dengan transformasi scaled score M=10; SD=3.

Various studies found that metacognition awareness needs to be possessed by teachers to improve their effectiveness and performance in teaching. However, there is still lack of research which examine metacognition awareness on teachers as well as lack of attention on the topic. Moreover, the scale that measure metacognition awareness on teacher has still not existed yet. This research attempted to construct Teacher Metacognition Awareness TMA scale in which is reliable, valid, having good items, and having norms. The study was conducted for secondary school teachers in Jabodetabek n 293.
The results revealed that the TMA scale was a reliable scale, in terms of total 0.88, knowledge about cognition 0.77, and regulation of cognition dimension 0.82. The results also indicated that the TMA scale and its dimensions are valid for measuring the metacognition awareness and its dimensions complying the validity requirements of factor analysis, convergent evidence, and internal consistency . The TMA scale consists of 24 items and 12 items in each dimension by which each item has a good discriminating power and contributes to the construct of metacognition awareness. TMA test rsquo s score was interpreted using within group norms with scaled score M 10 SD 3.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
Spdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cohen, Ronald Jay
Boston: McGraw-Hill, 2009
150.287 COH p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>