Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5526 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reardon, Kathleen Kelley
Beverly Hills: Sage Publications, 1981: Beverly Hills, 1981
303.342 Rea p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Roos, Raymon S.
New Jersey: Prentice-Hall, 1985
001.51 ROS u
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Sarilani Wirawan
"Salah satu tantangan menjamin keberlanjutan finansial pada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah dalam memiliki sumber dana beragam, termasuk dari kelompok donatur individual. Fokus penelitian ini adalah untuk menggalang komitmen donasi uang dari individu terhadap program pelestarian hutan di Kalimantan. Strategi intervensi yang diterapkan adalah teknik intervensi Mass Interpersonal Persuassion (Fogg, 2008) pada aplikasi Facebook Page yang dimiliki oleh sebuah LSM. Intervensi dilakukan harian selama 4 minggu (13 Mei - 9 Juni 2012) dengan data observasi mencakup periode satu minggu sebelum intervensi dan satu minggu setelah intervensi dihentikan.
Pengukuran dampak intervensi dilakukan dengan menggunakan analisis time-series. Analisis dampak intervensi menunjukkan bahwa pemberian informasi mengenai kinerja organisasi tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap peningkatan komitmen individu untuk mendonasikan uang bagi pelestarian hutan di Kalimantan. Namun demikian, jumlah jangkauan viral Facebook Page memiliki 2 prediktor yang signifikan secara statistik, yaitu pemberian trigger (β = 432, t = 6.70, p <.05) dan pemberian Facebook Ads (β = 404, t = 3.65, p <.05).

One challenge in ensuring financial sustainability of nonprofit organization is to have diverse source of funding, including individual donation. This research focus on establishing individual commitment to give donation for a forest conservation program in Kalimantan. This research applied Mass Interpersonal Persuassion technique (Fogg, 2008) as the intervention strategy. Intervention was conducted daily for 4 weeks (13th May - 9th June 2012), with observation capturing data from one week before and after intervention.
Time-series analysis method is used to measure impact of intervention. Impact analysis indicated that information on performance of nonprofit organization did not significantly contribute to commitment for individual donation. Nevertheless, viral reach of Facebook Page was significantly determined by 2 predictor, namely trigger application (β = 432, t = 6.70, p <.05) and the usage of Facebook Ads (β = 404, t = 3.65, p <.05).
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30638
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Handayani
"Kita memiliki banyak sekali masalah Iingkungan saat ini. Mulai dari berbagai jenis pencemaran, kerusakan-kerusakan Iingkungan, punahnya berbagi jenis mahluk hidup, sampai makin menipisnya persediaan sumber daya alam yang kita miliki. Masalah-masalah ini harus segera diatasi agar tidak mengancam kehidupan manusia dan mahluk hidup lain yang hidup di bumi ini. Untuk itu orang terus berusaha mencari cara yang efektif untuk mengatasinya. Berbagai teknologi dan sistem diciptakan untuk mengatasi hal ini. Tetapi hal terpenting yang pertama harus diubah adalah perilaku manusia itu sendiri. Manusia terlebih dahulu harus peduli Iingkungan untuk menyelamatkan Iingkungannya, karena selama ini berbagai perilaku manusia dalam kehidupan lah yang ikut menciptakan kerusakan-kerusakan yang ada.
Pemberian informasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Iingkungan ini. Dengan informasi yang jelas tentang keadaan Iingkungannya, diharapkan orang menjadi Iebih tahu keadaan yang dihadapinya sekarang, perilaku apa yang menyebabkan kerusakan itu, dan bagaimana cara mengatasinya. Pemberian informasi ini merupakan sebuah langkah awal dalam usaha perbaikan dan pelestarian Iingkungan. Tetapi penggunaan pemberian informasi sebagai cara mengatasi masalah Iingkungan masih diperdebatkan. Walaupun informasi diperlukan untuk membentuk perilaku yang peduli Iingkungan dan terbukti dapat mengubah sikap untuk peduli lingkungan tetapi berbagai penelitian yang pernah dilakukan belum banyak membuktikan keefektifan cara ini daiam membentuk perilaku peduli Iingkungan. Untuk itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini ingin melihat keefektifan pemberian informasi dalam bentuk simulasi, yang merupakan metode belajar aktif, dalam membentuk perilaku menghemat air, mengingat masalah kelangkaan air merupakan salah satu masalah Iingkungan yang cukup penting.
Dalam penelitian ini, metode simulasi dibandingkan secara eksperimental dengan metode ceramah, metode yang selama ini telah banyak digunakan dalam penyebaran informasi Iingkungan. Penelitian dilakukan dengan sampel sebanyak 78 orang, yang merupakan mahasiwa psikologi angkatan 1999, peserta kuliah Psikologi Sosial II. Sampel dibagai ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang memperoleh informasi dengan metode ceramah dan kelompok eksperimen yang memperoleh informasi dengan metode simulasi. Efektivitas kedua metode ini diukur melalui perilaku menutup keran dan perilaku penyampaian informasi yang dilakukan oleh subyek kedua kelompok. Simulasi dalam penelitian ini menggunakan biji saga, sebagai representasi sumber daya alam yang terbatas, yang harus diambil subyek sebanyak mungkin dan dapat ditukarkan dengan kue sebagai reward.
Hasil dari penelitian ini adalah kedua metode ini, simulasi dan ceramah, sama efektif dalam memberikan informasi Iingkungan. Hal ini bisa dilihat dari frekuensi perilaku menutup keran dan frekuensi perilaku penyampaian informasi yang tidak berbeda secara signifikan. Walaupun begitu proses yang terjadi selama penelitian tetap memperlihatkan pengaruh positif simulasi terhadap pemahaman tentang lingkungan dan masalah-masalahnya. Hal-hal lain yang mungkin ikut mempengaruhi hasil penelitian ini adalah situasi penelitian, karakteristik subyek, serta jumlah subyek yang tidak sama dalam dua kelompok penelitian tersebut.
Saran penelitian ini untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan metode random sampling dalam pengambilan sample dan menggunakan prinsip feedback, reinforcement untuk memperkuat treatment. Selain itu penelitian juga akan lebih baik bila dilakukan dalam kehidupan sehari-hari langsung dan dengan jangka waktu yang lebih panjang."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S3074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, J.A.C. (James Alexander Campbell), 1911-1964
London: Penguin Books , 1972
301.152 BRO t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cialdini, Robert B.
Jakarta: Kencana Prenada Media, 2007
152 CIA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cialdini, Robert B.
New York: Quill, 1993
153.852 CIA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mills, Harry
""There's really nothing mysterious about getting people to change their minds. No special, inborn gifts. No subliminal tricks. Instead, the best persuaders--advertisers, salespeople, politicians, spin doctors--depend on the fact that everyone responds to messages in just two ways: thoughtfully or mindlessly. And they know how to manipulate these two persuasion routes to make even the most doubtful say "yes." Jam-packed with fascinating case studies and surprising examples, this comprehensive, entertaining how-to guide puts the powerful tool of persuasion at anyone's disposal. It explains: * How the master persuaders--the Churchills, Lincolns, and Roosevelts--create powerful, memorable messages that convince people of their arguments' logic and rightness. * How successful persuaders exploit the psychological triggers that cause people to subconsciously move from "no" to "yes.""
New York: [American Management Association, ], 2000
e20437983
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Cialdini, Robert B.
New York: Simon & Schuster, 2016
153.852 CIA p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Ariobimo
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas strategi komunikasi persuasi yang dilakukan oleh sales
force Honda, yaitu sales lapangan dan sales counter serta mereka memaknai
proses komunikasi persuasi dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara sales lapangan
dan sales counter. Hasil penelitian menunjukan bahwa informan tidak hanya
mengandalkan strategi komunikasi verbal namun juga non verbal. Selain itu,
adanya hubungan pengaruh antara kehidupan keseharian dan kemampuan
komunikasi persuasi sales. Perbedaan yang utama hanya pada ruang atau tempat
kerja. Hasil wawancara dengan customer secara keseluruhan memberikan
penilaian yang positif terhadap cara komunikasi persuasi kedua informan. Kedua
customer merasakan kepuasan terhadap alur proses komunikasi persuasi pada dari
proses awal/pendekatan hingga closing atau terjadinya transaksi pembelian,
termasuk pelayanan sesudah pembelian.

ABSTRACT
This research explains the persuasive communication strategies made by Honda's
sales force, the sales pitch and sales counter and they make sense of the process of
persuasion in marketing communications. This study uses a qualitative case study
approach. This study concludes that there is basically no significant difference
between the sales pitch and sales counter. The results showed that the informant
did not just rely on verbal communication strategies but also non-verbal. In
addition, the influence of the relationship between daily life and communication
skills of persuasion sales. The main difference is only in the room or workplace.
The results of interviews with customers for an overall positive assessment of the
way of persuasion communications both informants. Both customer satisfaction to
the persuasion process flow communication at the beginning of the process /
approach to closing purchase transaction or occurrence, including service after the
purchase."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35115
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>