Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10207 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Campbell, Susan B.
New York: The Free Press, 2002
618.928 9 CAM b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Simeonsson, Rune J.
Boston: Allyn and Bacon, 1986
155.4 SIM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Noridha Weningsari
"ABSTRAK
Penelitian ini difokuskan untuk melihat penerapan CBT dalam meningkatkan keterampilan regulasi emosi pada anak usia sekolah dengan reactive attachment disorder (RAD). Penelitian ini merupakan penelitian single-case dengan menggunakan teknik pretest-posttest. Subjek adalah anak perempuan berusia 10 tahun yang telah didiagnosa dengan RAD dan memiliki kesulitan dalam meregulasi emosi. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi melalui observasi, wawancara, dan penggunaan skala perilaku CBCL dan DERS. Sebelum program intervensi diberikan, subjek memiliki pemikiran maladaptif, keterampilan regulasi emosi yang kurang berkembang sesuai dengan usianya, serta memperlihatkan masalah perilaku internalizing seperti menarik diri dan cemas/depresi, masalah sosial, serta masalah pikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CBT efektif dalam meningkatkan keterampilan regulasi emosi dan mampu merubah pemikiran maladaptif pada anak. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya keterampilan regulasi terutama dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyalurkan emosi, serta menurunnya masalah perilaku internalizing, sosial, dan pemikiran. Subjek juga menunjukkan pemikiran yang lebih positif berkaitan dengan emosi.

ABSTRACT
This study examined the application of CBT in order to enhance emotion regulation skill in school-aged children with reactive attachment disorder. The research was conducted using single-case experimental design with pretest-posttest technique. Subject of the study is a ten-year-old female student who has been diagnosed with reactive attachment disorder and has difficulty in regulating her emotions. Measurements were taken before and after intervention program through interviews, observation, and behavior scale such as CBCL, and self report such as DERS. Before interventions were conducted, subject was unable to identify; understand or describe her own emotions and also tend to bury her emotions and feelings, particularly anger and sadness; and exhibit internalizing behavior such as withdrawan and anxious/depressed; social problems; and thought problems. Subject also appeared to have maladaptive thoughts which refer to a belief that she should not have negative emotions and children who express their emotions are bad and spoil children. The results of this study indicate that CBT is effective in order to improve the emotion regulation skill and to change cognitive distortion on children. It can be seen from the ability to regulate subject‟s emotions, especially to identifying, evaluating, and using emotion regulation strategies that have significantly improved as well as decreasing in internalizing behavior, social, and thought problems. The findings from the evaluations of the intervention also show the changes in cognitive distortions about her emotion and improve positive thinking related to emotions."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T38892
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Axelrod, Michael I.
New York: Routledge, 2017
370.15 AXE b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Trisna Kartika Wono
"Peneliti ingin mengetahui profil problem scales Child Behavior Checklist pada kanak-kanak madya yang menerima disiplin secara inkonsisten dari lingkungan rumah. Dengan mengetahui profil problem scales Child Behavior Checklist, akan diperoleh profil masalah tingkah laku anak-anak tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Keduanya digunakan karena peneliti menggunakan data sekunder kuantitatif (CBCL berbentuk kuesioner dengan pilihan jawaban berbentuk skor) dan data sekunder kualitatif (anamnesis terhadap orang tua subjek). Kemudian peneliti menganalisis data secara kuantitatif dengan perhitungan rata-rata dan persentase dengan hasil berbentuk angka yang selanjutnya disajikan dalam grafik, lalu menganalisis sindrom masalah tingkah laku secara kualitatif (Creswell, 1994).
Berdasarkan hasil perhitungan dari data yang ada, diperoleh bahwa masalah atensi (attention problems) merupakan sindrom masalah tingkah laku yang perlu perhatian khusus pada kanak-kanak madya yang menerima disiplin secara inkonsisten dari lingkungan rumah. Selanjutnya, berdasarkan analisis pada sindrom masalah atensi yang muncul, terdapat beberapa tingkah laku yang kadang-kadang sampai sering kali ditampilkan oleh sebagian besar kanak-kanak madya tersebut, yaitu: sulit berkonsentrasi atau memusatkan perhatian dalam waktu yang lama; berperilaku kekanak-kanakan untuk usianya; dan tidak dapat duduk dengan tenang, tidak bisa diam, hiperaktif."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martin, Garry, 1941-
New Jersey: Prentice-Hall, 1983
153.85 MAR b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Briesch, Aby M
New York : The Guilford Press, 2016
371.94 BRI d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ramsay, Michael C.
New York: John Wiley & Sons, 2002
150.287 RAM e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wafi Nubli Izazi
"ABSTRAK
Gangguan tidur yang kerap dialami oleh anak autis akan berdampak pada penyimpangan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gangguan tidur dan perilaku pada anak autis usia sekolah dan usia remaja. Penelitian ini menggunakan desain descriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden sebanyak 41 anak autis di 7 sekolah formal maupun sekolah khusus autisme yang ada di Depok dipilih dengan teknik sampling snowball. Gangguan tidur diukur menggunakan Children?s Sleep Habits Questionnaire (CSHQ) dan perilaku menggunakan Child Behavior Checklist (CBCL) yang ditanyakan kepada orang tuanya. Hasil penelitian ini berdasarkan cut of point menunjukan bahwa 30 % anak autis mengalami gangguan tidur dan 10 % mengalami perilaku menyimpang. Perawat perlu memberi asuhan yang tepat terkait masalah tersebut.

ABSTRACT
Sleep disorders that are often experienced by children with autism will have an impact on deviant behavior. This research aimed to describe sleep disorders and behavioral disorders among school age children and adolescence suffering autism. This research was a quantitative research with descriptive cross sectional design. The data was collected from 41 children in School. The children?s sleep disorders and behavioral disorders were measured with Children?s Sleep Habits Questionnaire (CSHQ) and Child Behavior Checklist (CBCL) which was rated by their parents. This research was conducted at seven inclusive schools and special schools for autism children in Depok. The result based on cut of point showed that 30% autism children experience sleep disorders and 10 % of them experiencing behavioral disorders. It is recommended that nurses provide nursing care to overcome sleep disorders and behavioral disorders among autism children."
2015
S61160
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>