Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34008 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chicago : The National Society for the Study of Education, 1984
028.9 BEC
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Satyari Utami
"Penelitian ini bertujuan untuk untuk memberikan gambaran pelaksanaan reading challenge yang diadakan oleh blog buku sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik blog Luckty.wordpress.com dan Renslittlecorner.blogspot.com yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa reading challenge dapat meningkatkan minat baca, khususnya pada kalangan blogger. Akan tetapi, reading challenge di blog hanya dapat meningkatkan minat baca pada orang yang sudah memiliki minat baca, bukan meningkatkan minat baca pada orang yang belum memiliki minat baca.

The aim of this study is to describe the implementation of reading challenge as a method to increase reading interest. A qualitative approach with study case method is used in this study. In this study, the data were collected with interview and observation methods. In this study, the informant are the blogger of Luckty.wordpress.com dan Renslittlecorner.blogspot.com that were chosen with purposive sampling method. The result of this study showed that reading challenge in blog can be a method to increase reading interest, especialy for the blogger. But, reading challenge just increase reading interest for the people that have already had reading interest, not the people who do not have reading interest.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Annisa
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak jalanan di KOPPAJA Klender, Jakarta Timur serta upaya yang dilakukan oleh komunitas dalam meningkatkannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah minat membaca anak di KOPPAJA terkait dengan aktivitas sehari ? hari mereka di jalan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami minat membaca anak jalanan yang didukung oleh adanya fasilitas, koleksi, serta program yang dibuat oleh KOPPAJA Klender, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan KOPPAJA sangatlah penting karena merupakan sarana pembentukan kebiasaan membaca bagi anak-anak jalanan di Klender, Jakarta Timur.

This study discusses about reading interest of street children in KOPPAJA Klender, East Jakarta and efforts community to improve it. The issues raised in this research children reading interest at KOPPAJA related to their daily activities in the street to meet the economic necessity of a family. This study attempt to understand reading interest of street children who supported by facilities, collection, and program made by KOPPAJA. In this study, researcher use the qualitative method which is case study method. The researcher concluded that the existance of KOPPAJA is very important because it is a means of reading habit formation for street children in Klender, East Jakarta.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S62481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Utami
"Minat baca masyarakat Indonesia perlu terus diupayakan. Hal ini terlihat dari mayoritas data yang dilaporkan menunjukkan masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peranan konten BookTok dalam meningkatkan minat baca Gen Z. Kreativitas para kreator dalam menyajikan ulasan membuat konten ini menarik untuk diteliti. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang pengumpulan datanya dilaksanakan dari 29 April – 5 Mei 2024. Tahap klarifikasi data informan dilaksanakan dari 10 Mei – 9 Juni 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BookTok mampu meningkatkan minat baca yang ditinjau berdasarkan empat prinsip oleh Springer et al., (2017). Hal tersebut ditunjukkan melalui penyajian ulasan buku yang relevan dengan kebutuhan pembaca, penciptaan ruang bagi pembaca untuk saling berdiskusi dan berbagi pandangan, dan penyajian informasi di luar ulasan buku, di antaranya tantangan untuk mengulas buku, aplikasi pelacakan buku, seperti Notion dan Goodreads, tips untuk merawat buku dan mendekorasi rak buku. Dampak BookTok terlihat pada peningkatan frekuensi membaca dan kuantitas buku bacaan yang ditinjau berdasarkan indikator Dalman (2017). Dapat disimpulkan bahwa BookTok dapat menjadi wadah bagi pembaca untuk mengeksplorasi bacaan dan penulis baru melalui konten video pendek yang disesuaikan dengan karakteristik generasi muda saat ini yang dibuktikan dengan adanya peningkatan pada aspek frekuensi dan kuantitas buku bacaan.

Indonesian people's interest in reading needs to be continuously pursued. This can be seen from the majority of reported data showing the low interest in reading among Indonesians. This study aims to explore the role of BookTok content in increasing Gen Z's reading interest. The creativity of the creators in presenting reviews makes this content interesting to study. This research uses a qualitative approach with a case study method whose data collection was carried out from 29 April - 5 May 2024. The data clarification stage by informants from 10 May - 9 June 2024. The results showed that BookTok was able to increase reading interest based on four principles by Springer et al. (2017). This is shown through the presentation of book reviews that are relevant to readers' needs, the creation of spaces for readers to discuss and share their views, and the presentation of information beyond book reviews, including challenges to review books, book tracking applications, such as Notion and Goodreads, tips for caring for books and decorating bookshelves. The impact of BookTok is seen in the increase in reading frequency and quantity of reading books reviewed based on Dalman's (2017) indicators. It can be concluded that BookTok can be a place for readers to explore new readings and writers through short video content tailored to the characteristics of today's younger generation as evidenced by an increase in the aspects of reading frequency and quantity of books."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Soedarsono
Jakarta : Gramedia, 1988
418.4 SOE s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Joko D. Muktiono
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003
028.9 JOK a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"Tulisan ini mengulas tentang peranan perpustakaan desa dalam menumbuhkembangkan minat baca di wilayah pedesaan. Pengembangan perpustakaan desa bisa berbentuk perpustakaan pribadi milik warga misalnya taman bacaan masyarakat (TBR), rumah baca, sudut baca, atau apapun namanya yang dikelola atas swakarsa dan swadaya masyarakat. Perpustakaan desa tidak terbatas kepada perpustakaan yang terletak di pedesaan, tetapi secara luas juga mencakup semua perpustakaan yang ada di wilayah desa/ kelurahan dalam sebuah kota. Perpustakaan desa bisa dipandang sebagai basis pemasyarakatan perpustakaan di tengah-tengah masyarakat.
Membangun perpustakaan desa dengan alokasi dana desa adalah bagian dari pada pembangunan masyarakat untuk mewujudkan desa mandiri dan sumber daya manusia yang berkualitas. Olehnya itu kehadiran perpustakaan desa di tengah-tengah masyarakat harus diperjuangkan, demi untuk membangun budaya baca masyarakat dan mencapai cita-cita bangsa yakni mencerdaskan kehidupan anak-anak negeri."
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fica Rizky Aulia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang minat baca anak petani di Desa Cengkong, Karawang. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah minat baca pada anak petani usia 11 tahun. Untuk dapat mengetahuinya maka dilakukan penelitian berdasarkan aspek minat baca, faktor pengaruh, dan faktor pendorong minat baca anak. Menurut Sandjaja (2005) (dalam Tairas, 2008) aspek minat baca meliputi kesadaran akan manfaat membaca, frekuensi membaca, dan kesenangan membaca. Selain anak petani yang menjadi informan, ada informan pendukung yaitu orang tua dari anak tersebut. Informan pendukung digunakan sebagai gambaran minat baca anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan minat baca dan jenis bacaan yang diminati dan dibutuhkan oleh anak-anak petani di Desa Cengkong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, keempat anak petani di Desa Cengkong sudah memiliki minat baca. Keempat anak tersebut memiliki minat pada jenis bacaan fiksi. Namun minat baca keempat anak tersebut masih belum berkembang dan perlu ditingkatkan. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan minat baca anak bersumber dari faktor pendorong yaitu orang tua, sekolah, dan pemerintah daerah. Hal lain yang menjadi kendala adalah faktor lingkungan dan ketersediaan bahan bacaan.
ABSTRACT
This study discusses the reading interest of farmers' children in Cengkong Village, Karawang. The problem discussed in this study is reading interest in 11-year-old farmer children. To be able to find out, a research was conducted based on aspects of reading interest, influence factors, and factors driving children's reading interest. According to Sandjaja (2005) (in Tairas, 2008) aspects of reading interest include awareness of the benefits of reading, reading frequency, and reading pleasure. In addition to the farmer's children who became informants, there were supporting informants, namely the parents of the child. Supporting informants are used as a description of children's reading interest. This study aims to determine the development of reading interest and the types of reading that are interested and needed by the children of farmers in Cengkong Village. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study method. Based on the results of the study, the four children of farmers in Cengkong Village already have an interest in reading. The four children have an interest in fiction reading. However, the reading interest of the four children is still not developed and needs to be improved. The obstacles faced in developing children's interest in reading come from the driving factors, namely parents, schools, and local governments. Another thing that becomes an obstacle is environmental factors and the availability of reading materials."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>