Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12407 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reston, VA: American Society of Civil Engineers, 1996
624.25 EVA (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Biruni
"Saat ini, sistem struktur beton pracetak adalah salah satu alternatif metode konstruksi yang terutama digunakan dalam proyek konstruksi. Dalam implementasinya, metode ini memberikan efisiensi waktu dan tenaga serta mendukung pelestarian lingkungan. Metode ini juga saat ini dipilih sebagai preferensi utama untuk proyek konstruksi jembatan. Namun, bersama dengan keuntungan yang diberikannya, pekerjaan konstruksi jembatan beton pracetak adalah proyek yang kompleks dan harus direncanakan dan dikelola secara efektif. Juga, pertimbangan penuh dari setiap aspek dalam lingkup proyek ini, seperti metode, kegiatan dan sumber daya yang ditetapkan dalam pekerjaan konstruksi, yang bergantung pada situs dan kondisi kerja, adalah hal yang penting.
Work breakdown Structure (WBS) termasuk kamus dan checklist WBS yang terperinci untuk pekerjaan konstruksinya untuk jembatan beton pracetak dapat menyediakan pecahan dari aspek-aspek yang disebutkan di atas dan memandu konstruktor untuk melaksanakan proyek. WBS, kamus dan checklistnya harus dikembangkan dalam tahap perencanaan proyek konstruksi.
Makalah ini menjelaskan pengembangan kamus dan checklist WBS untuk pekerjaan konstruksi jembatan beton pracetak. Metodologi yang digunakan adalah analisis arsip, metode Delphi dan divalidasi oleh para ahli. Kamus WBS dari pekerjaan konstruksi jembatan beton pracetak terdiri dari enam (6) tingkat WBS (termasuk dua tingkat tambahan), yang memerinci paket pekerjaan, metode kerja, kegiatan, dan sumber daya.

Nowadays, precast concrete structure system is one of the alternatives of construction methods that is mainly used in the construction projects. In its implementation, this method provides time and energy efficiencies and supports environment preservation. This method is also currently chosen as the main preference for bridge construction projects. However, along with the advantages that it provides, the construction works of precast concrete bridge is a complex project and should be planned and managed effectively. Also, full consideration of each aspect in the scope of this project, such as its defined methods, activities and resources in the construction works, which depend on the site and working condition, is essential.
A standardized work breakdown structure (WBS) including the detailed WBS dictionary and checklist for its construction works for precast concrete bridge can provide in breaking down the abovementioned aspects and guide the constructor to execute the project. The WBS and its dictionary and checklost should be developed in the planning phase of the construction project.
This paper explains the development of the WBS dictionary and checklist for the construction work of precast concrete bridge. The methodology used are archive analysis, Delphi method and validated by experts. The WBS dictionary and checklist of the precast concrete bridge construction works consists of six (6) levels of WBS (including two supplementary levels), which itemize the work packages, work methods, activities, and resources.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Putri Nurindra
"Proyek konstruksi merupakan sektor berisiko tinggi dan kecelakaan kerja yang terjadi bernilai hampir tiga kali lipat dari rata-rata sektor lainnya. Penggunaan BIM atau Building Information Modeling ke dalam perencanaan konstruksi dapat membantu dan meningkatkan keselamatan konstruksi menjadi lebih efisien dan efektif. Namun, menurut beberapa penelitian terdahulu, tingkat implementasi BIM di Indonesia masih tergolong rendah akibat beberapa faktor. Oleh karena itu, pengembangan perencanaan keselamatan konstruksi berbasis BIM pada pekerjaan jembatan beton precast akan dilakukan pada penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa pada pekerjaan struktur atas, perkerasan, drainase, dan aksesoris jembatan beton precast memiliki 180 potensi bahaya serta 269 potensi risiko. Adapun potensi bahaya dengan tingkat risiko tinggi, antara lain jatuh dari ketinggian, girder terjatuh atau runtuh, putusnya sling crane maupun segment terjatuh dari crane, serta tertimpa material dan alat selama proses konstruksi. Perencanaan keselamatan konstruksi yang dilakukan pada penelitian ini, akan diintegrasikan ke dalam BIM berupa safety plan dengan tujuan penyedia informasi perencanaan K2 dan mengidentifikasi kebutuhan K2 serta safety visual dengan tujuan mengidentifikasi kebutuham sumber daya APK dan mengestimasi jumlah kebutuhan maupun lokasi penempatannya. Pengembangan perencanaan keselamatan konstruksi berbasis BIM ini dapat meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi pada jembatan beton precast.

Construction projects are high-risk sectors, and the rate of workplace accidents is nearly three times higher than the average in other sectors. The use of BIM or Building Information Modeling in construction planning can help improve construction safety to be more efficient and effective. However, according to several previous studies, the level of BIM implementation in Indonesia is still relatively low due to several factors. Therefore, the development of BIM-based construction safety planning for precast concrete bridge work will be carried out in this research. The method used in this research is a qualitative method. The results of the study found that in the work on the superstructure, pavement, drainage, and accessories of precast concrete bridges, there are 180 potential hazards and 269 potential risks. High-risk potential hazards include falling from heights, falling or collapsing girders, broken crane slings, segments falling from cranes, and being hit by materials and tools during the construction process. The construction safety planning carried out in this research will be integrated into BIM in the form of a safety plan aimed at providing Safety Construction planning information and identifying Safety Construction needs as well as safety visuals aimed at identifying the need for PPE resources and estimating the amount needed and their placement locations. The development of BIM-based construction safety planning can improve construction safety performance in precast concrete bridges."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Purnomo
"The shear key is an important part of a precast segmental concrete bridge. Aside from its function of contributing to the distribution of shear force from one concrete segment to another, it helps to join precast concrete segments to become a complete bridge structure and provide continuity of movement for vehicles and pedestrian traffic. This numerical study discusses the behavior of a full-scale shear key connection without epoxy joining two concrete blocks representing segmental precast concrete at which two external forces load the blocks. Ferro Casting Ductile (FCD) is used as the metal shear key material where the shear key consists of two parts, a male and a female shear key. Numerical simulation is conducted using the ANSYS academic package, with nonlinear analysis implemented accordingly. The appropriate constitutive materials in relation to the numerical program, both for concrete and FCD, are taken from the appropriate literature. Two criteria are employed in the study; failure of the concrete block and yielding of the shear key that follows the von Mises criterion. Shear key connection system capacity is evaluated by applying different magnitudes of horizontal force. The validation of two numerical simulation studies is conducted by two experimental programs that cover laboratory experimentation of full-scale shear keys connecting two concrete blocks. The numerical and experimental results produce an almost similar relation of shear stress at the male shear key and vertical displacements of the upper block relative to the lower concrete block. Finally, a contour of shear key shear stress as a function of the different magnitudes of equivalent prestressing and different quality of concrete compressive strength is proposed."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:6 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Saad
"Jembatan adalah sebuah bangunan yang menghubungkan dua tempat yang memiliki rintangan. Kendala tersebut berupa sungai, laut, jurang, atau antar bangunan. Salah satunya laut dimana perencanaan harus memperhitungkan tinggi bebas jembatan agar jembatan tidak tertabrak oleh lalu lintas kapal. Namun upaya pencegahan tersebut tidak dapat diprediksi karena ketinggian air laut melebihi kondisi tinggi yang direncanakan sehingga terjadi kecelakaan dimana jembatan tersebut tertabrak kapal. Kondisi ini menyebabkan jembatan mengalami deformasi melintang akibat kondisi beban tumbukan pada jembatan dengan arah melintang. Perilaku tidak biasa yang terjadi pada jembatan, terutama pada daerah tekan dan tarik jembatan, memerlukan evaluasi lebih lanjut sesaat terhadap jembatan tersebut. Kejadian kapal menabrak jembatan diambil dari studi kasus Jembatan 6 Barelang dimana Jembatan Tipe Boks Girder Beton terkena Kapal LB. APC. Aussie One pada tahun 2012. Perilaku jembatan ditinjau menggunakan analisis geometri non-linear dan pendekatan beban statik tumbukan kapal metode AASHTO. Kondisi model kemudian dibandingkan dengan data historis kerusakan jembatan sebagai verifikasi pemodelan struktural.

A bridge is a structure that connects two places separated by an obstacle. These obstacles are in the form of rivers, seas, ravines, or gaps between buildings. One of them is the sea, where planning must consider the bridge’s free height so as not to be hit by ship traffic. However, these efforts could not be expected because the sea level exceeded the planned high conditions, resulting in an accident where the bridge was hit by a ship. As a result of the impact load conditions on the bridge in the transverse direction, this condition causes the bridge to experience transverse deformation. The odd behaviour of the bridge, particularly in the compression and tension sections, warrants a brief further examination. The incident of the ship crashing into the bridge was taken from the case study of the 6 Barelang Bridge, where the concrete box girder type bridge was affected by LBW APCs. Australian One Ship in 2012. Bridge behaviour was reviewed using non-linear geometric analysis and static impact load estimated with AASHTO Method. The condition of the model is then compared with historical data on bridge damage for structural modelling verification."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Avelina
"Sambungan kunci geser pada jembatan beton pracetak segmental merupakan komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menyalurkan gaya geser yang bekerja pada jembatan ke segmen-segmen lain. Penelitian yang dilakukan bersifat eksperimental terkait dengan koefisien friksi beton, kuat lekat epoxy, kapasits geser ferro cast ductile shear key dengan dan tanpa epoxy Simulasi numerik juga dilakukan untuk memvalidasi hasil yang diperoleh saat eksperimen, khususnya pada kapasitas geser ferro cast ductile shear key. Variasi yang diterapkan berupa besarnya gaya horizontal yang ekivalen dengan gaya prategang yang diberikan pada jembatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien friksi antar beton sebesar 0.4 -0.6. Kuat lekat epoxy setebal 1 mm pada umur 1 hari sebesar 1 mdash;3 MPa. Sedangkan berdasarkan simulasi numerik untuk kapasitas geser ferro cast ductile shear key tanpa epoxy, menunjukkan bahwa semakin besar gaya horizontal yang diberikan, maka semakin besar kapasitas geser maksimumny. Kombinasi penggunaan ferro cast ductile shear key dan epoxy dapat meningkatkan kapasitas geser sambungan karena terdapat kerjasama antara ferro cast ductile shear key dan epoxy.

Shear key connection on segmental precast bridge is an important component to transfer shear force to every segment of the bridge. This study is about friction coefficient of concrete, bond strength of epoxy, shear capacity of ferro cast ductile shear key with and without epoxy based on experimental study. To validate the experimental result, numerical simulation is also conducted particularly on shear capacity of ferro casr ductile shear key. An axial force is applied in different value as variations of study that represents the prestress force that works on bridge.
The results of this study indicates that friction coefficient of concrete is 0.4 - 0.6. Bond strength of epoxy for 1 day curing time with 1 mm of thickness is 1 mdash 3 MPa. Whereas, based on numerical simulation about shear capacity of ferro cast ductile shear key without epoxy, shows that the higher axial force applied, will increase its maximum shear capacity. The combination between ferro cast ductile shear key and epoxy will improve the maximum shear capacity of the connection because there is collaboration between the two materials to receive vertical load that is subjected to the specimen.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raina, V K
New Delhi: Tata McGraw-Hill, 1994
R 624.25 RAI c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Podolny, Walter.
New York: Wiley , 1982
624.2 POD c (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Grajuantomo
"Meningkatnya luas daerah yang ditutupi oleh perkerasan dengan pembangunan permukiman seperti halnya di perkotaan dapat mengakibatkan waktu berkumpulnya air menjadi jauh lebih pendek, sehingga akumulasi air hujan yang terkumpul melampaui kapasitas drainase yang ada. Dengan berkurangnya kesempatan air hujan berinfiltrasi ke dalam tanah, maka limpasan permukaan air hujan akan menimbulkan genangan bahkan banjir pun dapat terjadi pula.
Dalam upaya mengantisipasi hal tersebut, maka diperlukan penerapan mengenai drainase permukiman yang berwawasan lingkungan, seperti pembuatan perkerasan beton lulus air (porous concrete), sebatas untuk konstruksi non structural seperti parkir kendaraan, trotoar, lapangan, dll. Cara membuat beton lulus air (porous concrete) semuanya tergantung pada adanya rongga udara dalam agregat atau pembentukan rongga udara dalam beton dengan faktor penting penyeragaman gradasi agregat yang digunakan.
Perkembangan mutakhir yang menjanjikan saat ini adalah penggunaan abu terbang sepenuhnya sebagai pengganti semen portland lewat proses yang disebut polimerisasi anorganik (geopolimer). Kegunaan abu terbang pada sejumlah proyek infrastruktur selain lebih ramah lingkungan, mengurangi jumlah energi yang diperlukan karena berkurangnya pemakaian semen portland, lebih awet, lebih murah, dan bahan ini juga tetap menunjukkan perilaku mekanik yang memuaskan. Diharapkan dari pembuatan beton lulus air (porous concrete) ini selain dapat menyerap air dengan cepat juga memiliki kekuatan mekanik yang sama dengan beton pada umumnya.

The increasing of vast region that covered by pavement with settlement development as does at urban affairs can cause time gather it water be much shorter, so that rainwater accumulation that gathered to exceed existing drainage capacity. With decrease it to chance rainwater infiltration into soil, so rain water level will evoke pool even flood even also can happen also.
In the effort anticipate the mentioned, so need applications hits settlement drainage with vision of environment, like maker pavement concrete passes water, limit of for construction non structural like vehicle parking, trottoir, field, etc. manner makes concrete passes water all depend on air hole existence in aggregate or air hole formation in concrete with aggregate gradation standardization important factor that is used.
Very latest development promise in this time fly ash use thoroughly in the place of cement portland via process that called inorganic polymerize (geopolymer). Fly ash use flies in amount of infrastructure project besides environment friendlier, decrease energy that need because decrease it cement use portland, durableer, cheaper, and this ingredient also permanent show mechanical behaviour. Supposed from concrete maker pass water this besides can absorb water swiftly has also mechanical strength equal to concrete in general.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S35755
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Azzahra Salsabila
"Infrastruktur transportasi di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Hingga saat ini, terdapat 18.990 unit jembatan nasional di Indonesia. Namun, hanya 1.2% dari total keseluruhan tersebut yang berada dalam kondisi baik. Sehingga diperlukan adanya pemeliharaan dan perawatan untuk menjaga kualitas agar tetap optimal untuk digunakan. Pedoman menjadi salah satu acuan yang digunakan dalam pekerjaan pemeliharaan dan perawatan. Saat ini, sudah terdapat pedoman yang digunakan, tetapi tidak membahas secara detail. Maka dari itu, diperlukan adanya pengembangan pedoman pemeliharaan dan perawatan yang berbasis WBS untuk memudahkan proses pemeriksaan, pemeliharaan, dan juga perawatan pada komponen struktur bawah jembatan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pedoman pemeliharaan dan perawatan pada pekerjaan struktur bawah jembatan beton yang berbasis work breakdown structure (WBS) untuk meningkatkan kinerja pemeliharaan dan perawatan. Hasil dari penelitian ini adalah pedoman pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan komponen struktur bawah jembatan beton yang berbasis work breakdown structure (WBS) untuk 44 klaster elemen serta model hubungan antara work breakdown structure (WBS) dan pedoman pemeliharaan dan perawatan dengan kinerja pemeliharaan dan perawatan. Dengan adanya pengembangan pedoman akan memengaruhi peningkatan kinerja struktur bawah jembatan, terutama pada aspek durabilitas dan kondisi umum jembatan.

Indonesia's transportation infrastructure is currently undergoing rapid development. Presently, there are 18,990 national bridges across the country, but only 1.2% of these are in good condition. Consequently, maintenance and repair are essential to ensure their quality remains optimal. Guidelines play a crucial role in directing maintenance and repair activities. Although existing guidelines are available, they lack detailed coverage. Therefore, there is a need to develop maintenance and repair guidelines based on a Work breakdown structure (WBS) to streamline the inspection, maintenance, and care processes for the substructure components of concrete bridges. This research aims to develop maintenance and upkeep guidelines for the substructure work of concrete bridges based on the Work breakdown structure (WBS) to improve maintenance and repair performance. The outcome of this research is the implementation guidelines for the maintenance and repair of the substructure components of concrete bridges based on WBS for 44 element clusters, as well as a model showing the relationship between the Work breakdown structure (WBS) and the maintenance and repair guidelines with their performance. The development of these guidelines will impact the improvement of the substructure performance of bridges, particularly in terms of durability and overall condition."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>