Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1416 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arends, B. P. M.
Jakarta: Erlangga, 1980
662.669 ARE bt (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37383
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37427
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nano Murdiono
"Untuk meningkatkan efisiensi pada motor bakar bensin dilakukan berbagai macam cara salah satunya pada sistem penyalaannya. Pembakaran bahan bakar di dalam silinder sebelumnya dilakukan dengan sistem pengapian konvensional yaitu terbakarya bahan bakar di dalam silinder diawali dengan adanya percikan diantara ke dua elektroda busi di dalam silinder. Adanya perkembangan teknologi elektronika yang luas memungkinkan mulai digantikannya sistem pengapian konvensional dengan cara elektronika karena didapati adanya kelemahan pada sistem pengapian konvensional. Salah satu sistem pengapian secara elektronika itu adalah CDI. Dengan cara membandingkan ke dua sistem pengapian tersebut maka akan diketahui sistem pengapian yang lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan menguji kedua sistem pengapian tersebut di laboratorium dan mengambil data hasil uji. Dari hasil uji sistem pengapian CDI lebih baik dari sistem konvensional Jadi dengan pemakaian CDI akan meningkatkan efisiensi dari motor bensin."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37736
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidabutar, Markus Fernando
"Saat penyalaan pada suatu motor bensin sangat mcmpengaruhi kinerja dari motor, untuk itu perlu pengujian saat penyalaan bagi motor bensin Mitsubishi 4G18 1600 cc sangat diperlukan. Adapun caranya dengan menganalisa hasil kinerja motor bensin tersebut pada sering saat penyolaan pada 2° BT[2C , 1" BTDC dan 0° TDC serta-1° ATDC, 2° ATDC serta pada berbagai putaran poros yaitu 1000, 1500, 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500 dan 6000 rpm. Hasil yang didapatkan dari pengujian ini adalah setting saat penyalaan yang tepat bagi motor bensin tersebut diatas dalam hal ini adalah kinerja optimum dari dari motor bensin."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37252
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Brian Ronggur Adobe
"Pengembangan bahan bakar altematif saat ini menjadi hal yang penting dalam bidang motor pembakaran dalarn. Salah satu baban bakar altematif yang meuarik adalah etanol. Etanol dapat digonalrnn sebagai senyawa pencampur bensin. Bebernpa keuntungan penggunaan etanol sebagai senyawa pencampur bensin adalah, etanol bersumber dari sumber daya alam yang terbaharui dan etanol rnemiliki angka oktan yang tinggi.
Yang patut diperbatikan pada penggunaan etanol sebagai senyawa pencampur bensin adalah aspek konsumsi bahan bakar motor. Etanol memiliki nilai kalor (heat value) yang lebih rendah dari bensin., sehingga pencampuran hensin dan etanol akan menurunkan nilai kalor bahan bakar. lni herarti untuk memberikan daya keluaran yang sarna, bensin dengan campuran etanol akan lebih hesar konsumsi bahan bakamya dibandingkan dengan bensin yang tidak dicampur dengan etanol.
Berdasarkan peugujian yang dilaltukan pada mesin Nissan tipe J-16 di Laboratorium Tennodinamika lantai I Departemen Teknik Mesin FTIJ! menggunakan 4 spesimen bahan bakar yaitu, EO (bensin murni sebagai bahan bakar referensi), E5 (bansin dengan campuran 5% volume etanol), ElO (bensin dengan campuran 10% volume etanol) dan El5 (bensin dengan carupuran 15% volume etanol), diperoleh data bahwa terjadi penurunan dalam aspek konsumsi bahan bakar motor Otto. Penurunan ini berupa kenaikan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar...

Development of alternate fuels has become important in the field af internal combustion engines nowadQjls. The availability of crude oil as an unrenewable natural resource, which is !he raw material of gasoline, is a contrast to the increasing number of automobiles and other IC engines. Ethanol is an attractive alternate [1.1el. Ethanol can he used with gasoline as a blend fuel called gasohol.
Some of the advantages of using ethanol as a blending substance are, it is a renewable fuel and it has high octane number.
One aspect that need to be noticed is the fuel consumption peel engines. Ethanol's he,at value is lower than gasoline's. This mean. the blending of gasoline and ethanol will lower the heal value of the blend. Consequently, to generate same power, the foe/ consumption of gasohol will he higher than gasoline.
Based on the experiment held with Nissan J-16 engine in 1'hermodynamic Laboratory, FTUJ Mechanical Engineering Department, using 4 fi.tel specimens which are, EO (reference gasoline), E5 (gasohol with 5% volume of ethanol), EJO (gasohol with 10% volume of ethanol), and El5 (gasohol with 15% volume of ethanol), we obtained datas that show the decrease of engine's fuel consumption aspect. The engine's fuel consumption is increasing 6, /o. when using E5, Ell) and E/5 as engine fuel. The engine's brake specific fuel consumption also increase 7,22%, 13,71%. and 23,93% when using E5, Ef() and...
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37053
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37050
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Agus Edy Pramono
"ABSTRAK
Banyaknya merk dagang tersebut belum tentu memberikan jaminan bahwa akan menghasilkan fungsi yang sama baiknya dengan suku cadang standar (asli), sesuai spesifisikasi mesin yang ditetapkan oleh produsen mesin. Tujuan penelitian ini adalah menganalisan perbedaan-perbedaan yang menyebabkan suku cadang cincin pegas kompresi tersebut tidak menghasilkan fungsi yang sama baiknya antara suku cadang standar (asli) dengan suku cadang dari merk-merk yang ada, khususnya ditinjau dari perameter rancang dan parameter material cincin pegas kompresi tersebut.

"
1995
S36540
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>