Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3035 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abelson, Harold
New York: Byte/McGraw-Hill, c1982
001.642 4 ABE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"[Skripsi ini membahas mengenai penggunaan logo Makara Universitas Indonesia.
Logo Makara Universitas Indonesia dapat dikatakan sebagai suatu ciptaan dan dapat
dikatakan juga sebagai sebuah Merek. Hal ini penting untuk dibahas karena untuk
mengetahui mengenai satu objek dapat dilindungi oleh dua peraturan atau tidak.
Selain itu untuk menentukan penggunaan logo Makara tanpa izin dapat dikatakan
sebagai pelanggaran hak cipta atau merek. Untuk saat ini pengaturan mengenai hal
tersebut sudah ada tetapi masih belum jelas. Oleh karena itu penentuan mengenai satu
objek yang dilindungi dua peraturan hanya dapat ditentukan atas dasar doktrin dan
teori mengenai persinggungan antara hak cipta dan merek. Penelitian ini adalah
penelitian preskriptif yang memaparkan penggunaan doktrin dan teori sebagai
penunjang dan pelengkap ketentuan Undang-Undang Hak Cipta dan Undang-undang
Merek., This mini thesis focussed on issue of the use of the logo Makara Universitas
Indonesia. Logo Makara University Indonesia can be said as the creation and it can be
said also as a trademark. This is important to be discussed due to know about one
objects able to be protected by two regulations or not. In addition to determine the use
of logo Makara without permission could be said as a breach of copyright or
trademark. This arrangement on for the time it has been there but still not clear.
Hence the determination of one object that is only two rules can be determined on
base by doctrine and theory about crossing between copyright and trademark. This is
a prescriptive research that describes the doctrine and use of the theory as supporting
the act of copyright and act of trademark.]"
Universitas Indonesia, 2014
S57982
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Anggun Fajarwati
"Logo perusahaan secara konseptual merupakan wujud dari identitas perusahaan. Sebagai upaya untuk membentuk identitas, logo memiliki kemampuan untuk mempengaruhi konsumen untuk mengenali brand dan asosiasi terhadapnya. Rebranding yang dilakukan melalui perubahan logo adalah sebuah bentuk komunikasi yang ingin disampaikan perusahaan kepada pihak-pihak yang dituju. Proses perubahan logo yang dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah keputusan yang sangat beresiko dan hasilnya tidak selalu positif. Sehingga, perlu diteliti bagaimana efektivitas pesan yang telah dikirimkan perusahaan kepada khalayak melalui perubahan logo dalam membangun sikap khalayak terhadap merek. Penelitian ini berusaha membuktikan pengaruh dari penggantian logo yang dilakukan oleh Gojek terhadap perilaku konsumen dalam mengatasi perubahan logo tersebut dan brand attitude. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan paradigma positivis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesukaan terhadap perubahan logo dapat memicu keingintahuan, skeptisisme, dan resistensi dari konsumen. Rasa ingin tahu yang dibagi menjadi dua, yaitu interest dan deprivation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap skeptisisme dan resistensi konsumen terhadap perubahan logo. Semakin tinggi ketertarikan terhadap logo baru Gojek, maka semakin rendah pula tingkat skeptisisme dan resistensi konsumen terhadap perubahan logo. Pendapat responden terhadap brand Gojek mengindikasikan bahwa identitas yang ingin dibentuk oleh Gojek melalui perubahan logo, dapat disampaikan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari pendapat responden yang mengatakan bahwa Gojek merupakan perusahaan yang inovatif dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, dapat diandalkan tidak lagi identik dengan transportasi ojek daring. Pesan yang ingin disampaikan oleh Gojek melalui perubahan logo untuk menunjukkan identitas barunya sebagai pengelola super-app berhasil diterima oleh konsumennya. Penelitian ini membuktikan bahwa identitas visual yang ditampilkan melalui sebuah logo dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek.

A company logo is a form of corporate identity. Logo has the ability to influence consumers to recognize the brand along with its associations. Rebranding with a logo change is a form of communication that the company wants to convey to the intended parties. Rebranding with a change in company logo is considered as a very risky decision which results are not always positive. Thus, it is necessary to examine how the effectiveness of messages that the company has sent to the public through logo changes in building public attitudes towards the brand. This study was aimed to prove the effect of logo change of Gojek on consumer attitude in overcoming changes in the logo that will resulted in brand attitude. This research was conducted under quantitative approach using a positivist paradigm. The results of this study indicate that the level of preference for logo changes can trigger curiosity, skepticism, and resistance from consumers. Curiosity which is divided into two, that are interest and deprivation has a significant influence on skepticism and consumer resistance towards logo change. The higher the interest in the new Gojek logo, the lower the level of skepticism and consumer resistance to logo changes. Respondents' opinions on the Gojek brand indicate that the identity that Gojek wants to shape through logo changes can be conveyed well. This can be seen from the opinion of respondents who consider Gojek as an innovative company that is able to meet various daily needs, can be relied on, and no longer considered as an online ojek transportation. The message that Gojek wanted to convey through a logo change to show its new identity as a super-app manager was successfully received by its consumers. This study proves that the visual identity displayed through a logo can influence consumer attitudes towards the brand."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yenny Halim
" Hak Cipta merupakan bagian dari hak kekayaan intelektual yang memiliki ruang lingkup paling luas. Segala hasil karya intelektual manusia dihasilkan dari proses olah pikir dan kreativitas yang kemudian diwujudkan menjadi suatu ciptaan. Oleh karena itu, persinggungan antara hak cipta dengan hak kekayaan intelektual lainnya sering terjadi. Satu jenis ciptaan yang selalu berpotensi menimbulkan sengketa kepemilikan adalah logo. Logo adalah hasil karya seni lukis atau seni desain grafis yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai tanda pembeda bagi badan usaha untuk membedakan produk atau jasa yang dihasilkannya dengan produk atau jasa badan usaha lain, selain itu logo juga sering digunakan sebagai lambang organisasi atau badan hukum untuk menunjukkan identitas mereka. Dilatar belakangi oleh sengketa yang terus menerus mengenai kepemilikan logo yang dimiliki oleh pihak-pihak yang berbeda yang telah memiliki merek terdaftar dan hak cipta tercatat, maka pencatatan hak cipta seni lukis logo atau tanda pembeda yang telah digunakan sebagai merek dalam perdagangan barang atau jasa serta lambang organisasi, badan usaha atau badan hukum tidak lagi diperbolehkan, sebagaimana diatur dalam Pasal 65 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Kurangnya pemahaman masyarakat akan perlindungan hukum hak cipta pada khususnya menjadikan sulit bagi pencipta atau pemegang hak cipta untuk membuktikan kepemilikan ciptaan. Perlindungan hukum hak cipta bersifat otomatis begitu hasil karya cipta tersebut diwujudkan dalam bentuk yang dapat dinikmati dengan panca indera. Pencatatan hak cipta tidak diperlukan untuk mendapatkan perlindungan hukum, tetapi Surat Pencatatan Ciptaan dapat digunakan sebagai bukti awal kepemilikan hak cipta ketika terjadi sengketa atau ketika hak ekonomi atas ciptaaan tersebut akan dieksploitasi atau dialihkan haknya. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, khususnya Pasal 65, diperlukan pemahaman lebih mendalam mengenai perlindungan hukum hak cipta oleh masyarakat.

Copyright is part of intellectual property rights having largest scope. All human intellectual property creations are generated from the process of thinking and creativity which are then embodied into a work. Hence, overlapping between copyright and other intellectual property rights often happen. One type of work which always potentially causes dispute of ownership is logo. Logo is a creation of painting or graphical design art intended to be used as identifier for business to distinguish products or services they are producing from products or services of other businesses, besides, logo is also oftenly used as symbol of an organization, legal body to show their identity. Given perpetually occuring disputes of logo ownership owned by different parties having registered trademark and registered copyright, registration of copyright for logo or distinguishing sign which has been used as a mark in trade of goods or services as well as symbol of organization, business or legal body is no longer acceptable, as regulated in the Article 65 Law Number 28 Year 2014 Concerning Copyright. Lack of understanding in society with respect to legal protection of copyright particularly, making it difficult for the Author or Copyright Owner to prove ownership of their copyrights. Legal protection of copyright is automatic in nature once the work is embodied in a form which can be enjoyed with the senses. Registration of copyright is not required to secure legal protection; however, Copyright Registration Letter can be used as prima facie evidence of copyright ownership when dispute arises or when the economic rights of the copyright will be exploited or assigned. With the enactment of Law Number 28 Year 2014 concerning Copyright, particularly Article 65, it is necessary to have better understanding of copyright protection by the society."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dahmar Luciana Jufri
"Latar belakang: Fokus desinfeksi saluran akar saat ini telah mengalami perubahan dari desinfeksi agresif menjadi proteksi selektif, yang memiliki tujuan utama untuk menciptakan lingkungan yang sesuai, oleh karena itu, bahan irigasi alami sebagai pendamping mulai banyak diteliti potensialnya karena relatif aman. Larutan irigasi dengan kualitas optimal yang dapat membersihkan saluran akar secara menyeluruh sendiri masih belum tersedia dan meskipun ada perkembangan baru di bidang penelitian yang relevan, solusi yang lebih mendekati kualitas ideal belum dikembangkan. Cuka apel dapat dijadikan sebagai bahan alternatif alami yang aman untuk mengeliminasi biofilm sekaligus smear layer, sehingga berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Tujuan: Mengetahui perbedaan efek antibakteri bahan irigasi sintetik NaOCl 1,5% dan 2,5% dibandingkan dengan larutan cuka apel terhadap E. faecalis. Metode: Biofilm E. faecalis isolat klinis dibagi menjadi tujuh kelompok sampel untuk dipaparkan dengan bahan uji larutan cuka apel konsentrasi 2,5%, 5%, 10%, kontrol positif NaOCl 1,5%, 2,5% dan kontrol negatif tanpa perlakuan, efek antibakteri dilihat menggunakan metode MTT Assay dan hitung koloni. Hasil: Didapatkan hasil dari kedua uji yang dilakukan bahwa larutan cuka apel konsentrasi 2,5% memiliki efek antibakteri terhadap biofilm E. faecalis tertinggi dibandingkan dengan konsentrasi 5% dan 10%. Kesimpulan: Efek antibakteri larutan cuka apel 2,5%, 5%, dan 10% lebih rendah dibandingkan dengan larutan NaOCl 1,5% dan 2,5% terhadap biofilm E. faecalis.

Introduction: The current focus of root canal disinfection has changed from aggressive disinfection to selective protection, which has the main goal of creating a suitable environment, therefore, natural irrigation materials as a companion have begun to be studied for their potential because they are relatively safe. Irrigation solutions of optimal quality that can thoroughly clean root canals on their own are not yet available and despite new developments in the relevant research area, solutions closer to the ideal quality have not yet been developed. Apple cider vinegar can be used as a safe natural alternative for eliminating biofilm as well as the smear layer, so it has the potential to be developed further. Objective: To determine the differences in the antibacterial effect of synthetic irrigants NaOCl 1,5% and 2,5% compared to apple cider vinegar solution against E. faecalis. Methods: Clinical isolates of E. faecalis biofilm were divided into seven sample groups to be exposed to test materials for apple cider vinegar concentrations of 2,5%, 5%, 10%, positive control NaOCl 1,5%, 2,5%, and negative control without treatment, the antibacterial effect was seen using the MTT Assay method and colony count. Results: The results of the two tests were obtained that a 2.5% concentration of apple cider vinegar had the highest antibacterial effect on E. faecalis biofilm compared to 5% and 10% concentrations. Conclusion: The antibacterial effect of 2,5%, 5%, and 10% apple cider vinegar solutions was lower than 1,5% and 2,5% NaOCl solutions on E. faecalis biofilm.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Liesta Dewi Gustiany
"[ABSTRAK
Cuka apel telah lama digunakan untuk menekan nafsu makan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Namun, belum banyak bukti penelitian ilmiah yang membuktikan pengaruh penekanan nafsu makan tersebut. Dengan demikian peneliti melakukan sebuah studi eksperimental dengan hipotesis yang akan diuji adalah efektivitas cuka apel dalam menurunkan nafsu makan tikus tidak sebaik yang dimiliki mazindol. Jenis tikus yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah tikus Sprague Dawley dengan berat 190- 250 gram. Sampel berjumlah 24 ekor dan dibagi dalam 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol (sebagai kontrol negatif), kelompok mazindol (sebagai kontrol positif), dan kelompok cuka apel. Semua sampel mendapat perlakuan yang sama. Nafsu makan, yang ditunjukkan oleh berat sisa makanan yang diamati selama 2 minggu. Data berat sisa makanan dianalisis menggunakan uji hipotesis One Way Anova dan uji Post Hoc. Peneliti mendapati ada perbedaan bermakna secara statistik berat sisa makanan antara kelompok kontrol dan kelompok cuka apel (p = 0,000) dengan uji One Way Anova dan (p = 0,000) dengan uji Post Hoc. Sementara itu, tidak adanya perbedaan bermakna terlihat pada kelompok kontrol dan mazindol (p = 0,623)
dengan uji Post Hoc. Dengan demikian disimpulkan efektivitas cuka apel dalam menurunkan nafsu makan lebih baik daripada mazindol.

ABSTRACT
Apple cider vinegar has beend used for ages in suppressing appetite in order to lose weight. Meanwhile, there are only few valid studies regarding this matter. Thereby, researcher conducted an experimental study and define the effectiveness of apple cider vinegar is not as good as mazindol for suppressing appetite as the hypothesis. Researcher used Sprague Dawley strain rats which weight are 190-250 grams as research sample. Twenty four rats devided into 3 groups, that is control group (as negative control), mazindol group (as positive control), and apple cider vinegar group. All samples given same treatment. Appetite assessed by the weight of leftovers which has been monitored for 2 weeks. The data of leftovers analyzed by One Way Anova and Post Hoc hyphoteses tests. Researcher found that there is significance difference of leftovers between control and apple cider vinegar group (p = 0,000) using One Way Anova test and (p = 0,000) using Post Hoc test. Meanwhile there is no significance difference between control and mazindol group (p = 0,623) using Post Hoc hypothesis test. In conclusion, the effectiveness of apple cider vinegar in suppressing appetite is better than mazindol.;Apple cider vinegar has beend used for ages in suppressing appetite in order to lose weight. Meanwhile, there are only few valid studies regarding this matter.
Thereby, researcher conducted an experimental study and define the effectiveness of apple cider vinegar is not as good as mazindol for suppressing appetite as the hypothesis. Researcher used Sprague Dawley strain rats which weight are 190-250 grams as research sample. Twenty four rats devided into 3 groups, that is control
group (as negative control), mazindol group (as positive control), and apple cider vinegar group. All samples given same treatment. Appetite assessed by the weight of leftovers which has been monitored for 2 weeks. The data of leftovers analyzed by One Way Anova and Post Hoc hyphoteses tests. Researcher found that there is significance difference of leftovers between control and apple cider vinegar group (p = 0,000) using One Way Anova test and (p = 0,000) using Post Hoc test.
Meanwhile there is no significance difference between control and mazindol group (p = 0,623) using Post Hoc hypothesis test. In conclusion, the effectiveness of apple cider vinegar in suppressing appetite is better than mazindol., Apple cider vinegar has beend used for ages in suppressing appetite in order to lose weight. Meanwhile, there are only few valid studies regarding this matter.
Thereby, researcher conducted an experimental study and define the effectiveness of apple cider vinegar is not as good as mazindol for suppressing appetite as the hypothesis. Researcher used Sprague Dawley strain rats which weight are 190-250 grams as research sample. Twenty four rats devided into 3 groups, that is control
group (as negative control), mazindol group (as positive control), and apple cider vinegar group. All samples given same treatment. Appetite assessed by the weight of leftovers which has been monitored for 2 weeks. The data of leftovers analyzed by One Way Anova and Post Hoc hyphoteses tests. Researcher found that there is significance difference of leftovers between control and apple cider vinegar group (p = 0,000) using One Way Anova test and (p = 0,000) using Post Hoc test.
Meanwhile there is no significance difference between control and mazindol group (p = 0,623) using Post Hoc hypothesis test. In conclusion, the effectiveness of apple cider vinegar in suppressing appetite is better than mazindol.]"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosantia Sarassari
London: Meckler Corporation, 1988
R 025.00285 MAC e V
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Fensterer, Richard
London: Meckler, 1988
R 025.00285 FEN e
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Dewey, Patrick R.
Westport , Connecticut: Meckler Corporation, 1987
R 025.00285 DEW s
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Aji Kurniawan Saputra
"Produk Apple Airpods telah menarik banyak kontroversi, dimana beberapa orang mengejek hal tersebut, dan ada juga yang hanya menanggapinya dengan biasa. Berbagai reaksi tersebut telah diberikan melalui berbagai bentuk, seperti dari berbagai meme yang diposting di Twitter. Makalah ini akan meneliti bagaimana penggambaran Airpods dan penggunanya yang direpresentasikan melalui beberapa meme yang tersebar di media sosial Twitter untuk menentukan bagaimana hal tersebut dapat membentuk kelompok tertentu. Korpus penelitian merupakan sepuluh meme yang diambil dari Twitter, terutama yang diposting pada akhir tahun 2018. Makalah ini menggunakan Mitologi Roland Barthes untuk menganalisis penelitian yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana AirPod direpresentasikan dalam meme, bagaimana meme AirPod merepresentasikan citra diri penggunanya, dan bagaimana representasi AirPods berkorelasi dengan kelas sosial. Penelitian ini bertujuan untuk berkontribusi pada pengetahuan dan studi representasi dalam literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk AirPods masih direpresentasikan dengan konotasi negatif dalam beberapa kasus, yang sebagai hasilnya menciptakan citra negatif bagi penggunanya dari sudut pandang orang lain. Namun, konotasi negatif menjadi kontraproduktif yang digunakan untuk membuat kelompok kelas sosial mereka sendiri yang didasarkan pada kekayaan.

The Apple Airpods product has drawn numerous controversies, where some people ridiculed it, the others just get along with it. Those various reactions have been given through many forms, such as from the various memes posted on Twitter. This paper will examine how the Airpods images and its users are represented through several memes that spread in social media twitter in order to determine how it forms a certain particular group. The corpus is ten memes taken from Twitter, especially the one posted in late 2018. This paper uses Roland Barthes`s Mythologies in order to analyze the corpus which is used to illustrate how the AirPods are represented in the memes, how the AirPods memes represented the user`s self-image, and how AirPods representation correlates with the social class. The study aims to contribute to the knowledge and studies of representation in literature. The results show that the AirPods product still being represented in negative connotations in some cases, which as a result creates a negative image to its user from other people's perspectives. However, the negative connotations become counterproductive that is used to create a high social class group of their own which based on wealth."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>