Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78222 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Montgomery, Robert L.
Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1983
001.542 MON t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Rozzaq Ariwahyono
"Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang Nancy maksud sebagai mendengarkan. Mendengarkan sebagai sumber pengetahuan, hingga sekarang berada dalam titik sekunder dibandingkan dengan melihat. Nancy menulis tentang mendengarkan dan menjelaskan kemungkinan untuk berfilsafat dengan berangkat dari mendengarkan. Dalam pembahasannya tentang mendengarkan, semuanya berada dalam ekosistem resonansi, dimana terdapat osilasi yang selalu terjadi dalam mendengarkan yang terletak pada mendengar dan menyimak. Melalui ontologi being-with-oneanother, Nancy mengatasi konflik ini juga menciptakan konsep resonansi, dimana merupakan titik berangkat untuk berfilsafat. Untuk menemukan relevansi dari konsep-konsep Nancy, metode yang digunakan adalah analisa kritis dari penyusunan studi literatur. Dalam penelitian deskriptif ini, mendengarkan bagi Nancy adalah resonansi yang saling terjadi pada badan-badan yang bersuara. Penelitian Nancy memiliki potensi untuk menjelaskan studi tentang fenomena pendengaran, seperti sinestesia, musik dalam keseharian, dan umumnya dapat berkontribusi bagi bidang metafilsafat.

This article aims to explain about Nancy’s listening. Listening as a source of knowledge and as the starting point to begin philosophizing, being discriminated by seeing. Nancy tell us about what is listening and the possibility to start philosophizing with listening. In listening, being will always be oscillating through two moduss, listening and hearing. Through the ontology of being-with-oneanother, Nancy want to put an end to this conflict, and creating a concept of resonance, in which the starting point to start philosophizing from listening. To find the relevance from Nancy’s concepts, the methods that are going to be used are literature study to categorize the material and clarification of term which is heavily used in translation process. The result of this descriptive study says that, for Nancy, what hearing is resonance, from sonorous bodies to others bodies. This descriptive studies also help to explain the study of auditory phenomenon, for examples, synesthesia, music in everyday life, and generally, this research could contribute to the field of metaphilosophy.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hanina Naura Fadhila
"Skripsi ini membahas tentang persepsi warga sekolah terhadap suara bising aktivitas penambangan batu andesit yang didapatkan melalui praktik mendengar mereka. Lokasi area pertambangan batu andesit yang berada sangat dekat dengan area sekolah putra menyebabkan warga sekolah yaitu guru dan alumni dari tahun 2011-2016 memiliki kesan dan ingatan mereka saat mereka belajar atau bekerja. Belum ada sama sekali arsip yang mendokumentasikan praktik ini. Satu-satunya arsip yang bisa diandalkan adalah ingatan kolektif mereka dan beberapa jejak peninggalan aktivitas pertambangan. Skripsi ini juga mencoba menelusuri secara mendalam proses mendengar mereka hingga pada akhirnya bisa mengarah pada praktik-praktik lain yang lebih luas. Penelusuran mendalam itu didapatkan melalui metode wawancara mendalam dengan alumni putra angkatan 2011-
2016 dan guru-guru yang mengajar di tahun tersebut. Observasi yang dilakukan adalah observasi terlibat dengan mengkombinasikan antara observasi melalui mediasi Google Earth dan secara langsung. Penelusuran secara mendalam dari praktik mendengar ini bertujuan untuk melihat kompleksitas dari praktik mendengar itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mendengar bukan hanya sebagai proses indrawiyah saja tetapi bisa menjadi sebagai upaya reflektif seseorang dalam melihat kondisi yang ada pada lingkungan tempat tinggal mereka. Hal ini juga tidak terlepas dari motivasi masing-masing dalam melakukan praktik mendengar.

This paper discusses school citizen perception towards noise that generated from andesite mining activity and perceived from their listening practices. Since the mining location area close to the boys' school area therefore it also affects the memory and impression of teacher and junior high school boy alumni from year 2011-2018 about their school activity. Recently there is no proper archive that documenting the practice in past. The only reliable archive are their collective memory and some artefacts which can recount the past mining activity. This paper also aims to deeply examine the listening process that can be translated into broader practices which acquired from in-depth interviews and participant observations with teacher and junior high school boys’ alumni. In particular,
in this research participant observation carried out in two different ways. One with mediated observation assisted by Google Earth and direct participants observation. Depth examination of listening process aims to shows that listening practices is not merely a sensory practice. Listening practice has its own complexity that can be an individual reflective process regarding to their environment circumstances. This is also inseparable from each other's motivation in their everyday listening practice.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meti Indriani
"Halusinasi merupakan salah satu gejala positif yang banyak terjadi pada pasien gangguan jiwa skizofrenia. Halusinasi merupakan kondisi dimana klien mengalami gangguan persepsi yang diterima melalui panca indera tanpa disebabkan oleh stimulus eksternal. Penulisan karya ilmiah akhir ners ini bertujuan untuk memberikan analisis asuhan keperawatan Ny.D dengan masalah utama keperawatan halusinasi. Salah satu intervensi untuk mengontrol gejala halusinasi yaitu dengan mendengarkan sholawat dan murottal sebagai teknik distraksi. Metode yang digunakan dalam karya ilmiah akhir ners ini dengan analisa kasus. Hasil karya ilmiah ini menunjukkan bahwa klien mengalami penurunan skor tanda dan gejala halusinasi dari skor dari 27 menjadi 7 dan berdasarkan pengukuran instrumen AVHRS-Q, juga mengalami penurunan skor dari 9 menjadi 4. Penelitian ini merekomendasikan kegiatan mendengarkan sholawat dan murottal yang termasuk kegiatan spiritualitas untuk dapat diterapkan sebagai intervensi asuhan keperawatan oleh perawat sebagai teknik distraksi atau aktivitas harian pasien dalam mengontrol halusinasi.Kata  Kunci : Asuhan, keperawatan, halusinasi.

Hallucinations are one of the positive symptoms that often occur in patients with schizophrenic mental disorders. Hallucinations are a condition in which the client experiences a perceptual disturbance that is received through the five senses without being caused by an external stimulus. Writing this final scientific paper aims to provide an analysis of nursing care for Mrs. D with the main problem of nursing hallucinations. One of the interventions to control the symptoms of hallucinations is by listening to sholawat and murottal as a distraction technique. The method used in this Final Scientific Paper is case analysis. The results of this writing is the client experienced a decrease in the score of signs and symptoms of hallucinations from a score of 27 to 7 and based on the measurement of the AVHRS-Q instrument also experienced a decrease in score from 9 to 4. This writing recommends listening to sholawat and murottal activities which include spirituality activities for can be applied as a nursing care intervention by nurses as a distraction technique or daily activity of patients in controlling hallucinations. Keywords: Care, hallucinations, nursing"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
al-Nughaimish, Muhammad Ibrahim
Jakarta: Zaman, 2011
153.68 MUH at (1);153.68 MUH t (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Endro Puspo Wiroko
"ABSTRAK
Penelitian perilaku konsumen ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan untuk mendengarkan radio pada dewasa muda. Diskusi kemlompok terarah dan wawancara mendalam dilakukan untuk menyusun kuesioner tentang pengambilan keputusan untuk mendengarkan radio. Kuesioner disebarkan ke 443 responden dengan kriteria pria dan wanita, 24-35 tahun, dan mendengarkan radio minimal 1 jam per hari. Data diolah dengan menggunakan analisis cluster dan crosstab. Hasil menunjukkan bahwa kelompok dewasa muda pendengar radio yang potensial untuk diraih adalah kelompok pencari liburan. Berdasarkan hal ini, pihak manajemen radio dapat memperhatikan karakteristik dari kelompok pencari hiburan guna menyusun format program acara radio dan bentuk promosi yang tepat sesuai dengan karakter dewasa muda yang menjadi target pendengarnya."
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, 2017
150 MS 8:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Tengku Nabila Apriliani
"Kemahiran menyimak merupakan salah satu komponen penting dalam pemelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Belanda. Pemelajaran kemahiran menyimak terbagi menjadi dua proses, yaitu verstavaardigheid dan begripsvaardighei. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka korpus yang digunakan di penelitian ini adalah buku ajar Contact! jilid 1 tekstboek. Penelitian ini membahas mengenai penggunaan verstavaardigheid dan begripsvaardigheid dalam latihan-latihan pada buku ajar Contact! jilid 1 tekstboek edisi 15 tahun 2019. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan seluruh latihan menyimak yang terdapat pada teksboek mulai dari bab 1 sampai dengan bab 12, lalu memasukkan latihan-latihan ke dalam kategori yang telah ditentukan ke dalam sebuah tabel. Setelah melakukan anailisis dan perhitungan, hasil analisis menunjukkan bahwa dari 104 latihan yang terdapat pada tekstboek adalah 61 latihan (58,7%) untuk proses begripsvaardigheid dan 43 latihan (41,3%) untuk proses verstavaardigheid. Bentuk latihan terbanyak adalah pilihan ganda (meerkeuze) dan latihan pelafalan (taalriedels. Jumlah kedua proses seimbang disesuaikan dengan tingkat para pemelajar A1.

Listening proficiency is one of the important components in foreign language learning, especially Dutch. Learning listening skills is divided into two processes, namely verstavaardigheid and begripsvaardigheid. This research is a descriptive qualitative method with a corpus literature study used in this research is the textbook Contact! volume 1 textbook. This research discusses the use of verstavaardigheid and begripsvaardigheid in the exercises in the 15th edition of the 2019 edition of the textbook Contact! The research begins by collecting all listening exercises contained in the textbook from chapter 1 to chapter 12, then putting the exercises into predetermined categories into a table. After analyzing and calculating, the results showed that of the 104 exercises contained in the textboek, 61 exercises (58.7%) were for the begripsvaardigheid process and 43 exercises (41.3%) for the verstavaardigheid process. The most common forms of exercises are multiple choice (meerkeuze) and pronunciation exercises (taalriedels). The number of both processes is balanced according to the level of the A1 learners."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Harumi Manik Ayu Yamin
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas perbandingan efek penggunaan video dan audio dalam pengajaran kemahiran ceramah untuk mahasiswa Program Studi Inggris.Penelitian ini adalah penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian eksperimental.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan siginifikan antara hasil tes kemahiran menyimak kelas yang diajar dengan video dan hasil tes kemahiran menyimak kelas yang diajar dengan audio. Penggunaan video juga terbukti tidak memiliki efek yang signifikan terhadap hasil tes murid yang memiliki gaya pembelajaran visual. Walau demikian, hasil kuesioner dan wawancara membuktikan motivasi dan kepercayaan murid yang tinggi terhadap penggunaan video sehingga peneliti merekomendasikan penggunaan video dan audio sebagai media ajar.

ABSTRACT
This study examines the effects of the use of video and audio texts in listening to lecture classes for English Study Program Students. The method used was mixed method with experimental design. The study shows there was no significant difference between the listening test results of students using videos and those using audio texts. Furthermore, in terms of test results, students with visual learning styles using videos did not differ significantly from visual students using audio texts. Nevertheless, questionnaire and interview data suggest that students preferred videos to audio texts, so teachers should use both video and audio texts;This study examines the effects of the use of video and audio texts in listening to lecture classes for English Study Program Students. The method used was mixed method with experimental design. The study shows there was no significant difference between the listening test results of students using videos and those using audio texts. Furthermore, in terms of test results, students with visual learning styles using videos did not differ significantly from visual students using audio texts. Nevertheless, questionnaire and interview data suggest that students preferred videos to audio texts, so teachers should use both video and audio texts, This study examines the effects of the use of video and audio texts in listening to lecture classes for English Study Program Students. The method used was mixed method with experimental design. The study shows there was no significant difference between the listening test results of students using videos and those using audio texts. Furthermore, in terms of test results, students with visual learning styles using videos did not differ significantly from visual students using audio texts. Nevertheless, questionnaire and interview data suggest that students preferred videos to audio texts, so teachers should use both video and audio texts]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T42734
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>