Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137890 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudi Indra Wijaya
"Penelitian ini adalah mengenai pengukuran kualitas sebuah proyek dalam hal ini Projek Implementasi Modernisasi 3G Radio Access Netwrok. Ada tiga kendala yang dihadapi dalam proyek yang dikenal sebagai Triple Project Constraint. Tiga hal tersebut berupa Performance, Time dan Cost, di mana ketiga hal tersebut akan sangat mempengaruhi Scope yang merupakan output dari proyek yang dikerjakan. Dalam penelitian ini digunakan metode Lean-Six Sigma (Define, Measure, Analyze, Improve, Control - DMAIC). Dengan metode tersebut dapat dianalisa beragam kendala yang dihadapi, resiko - resiko yang mungkin terjadi dan bagaimana mengatasinya serta perbaikan agar proyek yang dikerjakan dan proyek selanjutnya lebih baik lagi.
Untuk menerapkan metode Lean-Six Sigma tersebut, digunakan beberapa tools, antara lain; Proses - proses dari PMBOK (Project Management Body Of Knowledge), diagram ishikawa, diagram pareto, PPMO sigma level serta PERT analysis. Hasil dari penelitian ini, ditemukan beberapa waste (pekerjaan yang tidak menghasilkan nilai tambah) yang ada dalam proses proyek tersebut. Dari data proyek yang dikerjakan, dapat ditentukan proses kerja yang dilakukan berada pada level sigma tertentu. Sedangkan, untuk output dari proyek yang dikerjakan, proyek tersebut memiliki benefit bagi kedua belah pihak. Misalnya adalah, bagi pihak pelaksana proyek tentunya mengharapkan margin dari proyek yang dilaksanakan, sedangkan bagi pihak pemberi proyek mendapatkan output dari proyek yang sesuai dengan kontrak perjanjian, antara lain; modernisasi perangkat 3G Radio Access Network, dimungkinkannya migrasi yang "halus" (smooth migration) menuju teknologi Long Term Evolution - LTE.

The measuring of the quality of a project is proposed. In this case Modernization Project Implementation 3G Radio Access Netwrok. There are three obstacles faced in the project that are known as the Triple Project Constraint. Three things are of Performance, Time and Cost, where those three things will greatly affect the Scope which is the output of the project done. In this study Lean-Six Sigma method (Define, Measure, Analyze, Improve, Control - DMAIC) is used. With these methods can be analyzed a variety of obstacles faced, the risks that might occur and how to handle projects and how the future of the project can be done better.
To apply the method of Lean-Six Sigma is used several tools, among others; The Process of PMBOK (Project Management Body Of Knowledge), Ishikawa diagrams, Pareto diagrams, PPMO sigma level and PERT analysis. The results of this research, found some waste (jobs that do not generate value added) in the process of the project. From data of the project, can be determined who carried out the work process at the level of a specific sigma. Meanwhile, for the output of the project, it has benefits for both parties. Example is, of course, the project expects margins of the projects implemented, whereas for the giver of the project to get the output of the project in accordance with contract agreements, among other 3G devices modernization Radio Access Network, the possibility of smooth migration toward Long Term Evolution - LTE technology.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T28196
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Oktarian
"Tingginya tingkat populasi dan penetrasi user data di Indonesia  dan produk sejenis yang berdampak pada perang tarif, disisi teknis pun memiliki kendala keterbatasan spectrum frekuensi, dan pembangunan infrastruktur. Dengan mergernya beberapa MNO ini tentunya akan menjadi sebuah threat bagi operator besar MNO-A, terjadinya penurunan kualitas jangkauan. Untuk dapat menyikapinya, dengan membuat strategi dari sisi jaringan agar dapat terus memberikan service dengan jaringan yang maksimal baik dari sisi kualitas maupun jangkauan. Permasalahan ini lebih di fokuskan pada spektrum, network infrastruktur dan jangkauan layanan dengan strategi Open RAN yang dapat memberikan strategi bagi MNO A baik secara finasial maupun teknologi. Metode taktikal benchmarking sebagai salah satu sistem model dalam tesis ini memberikan strategi yang komprehensif untuk MNO dengan arsitektur yang flexibel, simplification dan juga efficient yang dapat dilakukan oleh MNO-A dengan mengembangkan ORAN teknologi. ORAN sebagai strategi bisnis dan teknologi dapat mengakselerasi proses integrasi baik dari sisi infrastruktur untuk berkompetisi dalam percepatan strategi untuk pembangunan infrastruktur gap 2K sites, bandwidth frekuensi sebesar 323,3 Mhz dan penuruan Jangkauan layanan ~26,89%. Pengembangan ORAN sebagai smart investment dapat reduksi capex menjadi -36.7% dan Opex menjadi -17.36% dengan nilai bisnis IRR > 100% dan Benefit Cost Ratio (BCR) yang mencapai 6.18 atau lebih besar 37% di bandingkan tradisional arsitektur.

The high level of population and penetration of user data in the country and similar products that have an impact on tariff wars, on the technical side also has limited frequency spectrum constraints and infrastructure development. The merger of several MNOs, will certainly be a threat to the large MNO-A operators, there is a decrease in the quality of coverage. To be able to respond to it, by making a strategy from the network side so that it can continue to provide services with a maximum network both in terms of quality and coverage. This problem is more focused on a spectrum, infrastructure networks, and service coverage with an Open RAN strategy that can provide financial and technological solutions for MNO A. The tactical benchmarking method as one of the model systems in this thesis provides a comprehensive strategy for MNO with flexible, simplification, and efficient architecture that can be done by MNO-A by developing ORAN technology. ORAN as a business and technology solution can accelerate the integration process both in terms of infrastructure to compete in accelerating strategis for infrastructure development of 2K Sites, Frequency Bandwidth of 323,3 MHz and subtraction of servic coverage of ~26.89%. The development of ORAN as a smart investment can reduce Capex to -36.7% and Opex to -17.36% with a business value of IRR > 100% and Benefit Cost Ratio (BCR) which reaches 6.18 or greater 37% compared to traditional arsitektur."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Yanti
"Penyelenggaraan teknologi 4G LTE yang diselenggarakan oleh operator telekomunikasi termasuk PT XYZ tentunya akan berpengaruh terhadap jaringan transport backhaul terutama dijaringan Low Radio Access Network LRAN . Terdapat beberapa isu yang menjadi kendala dalam implementasi 4G LTE di jaringan LRAN transport backhaul antara lain isu kapasitas. Kapasitas yang dibawa oleh eNodeB ditambah dengan trafik 4G yang terus meningkat menyebabkab jaringan LRAN yang memiliki kapasitas kurang dari 1 Gbps akan menyebabkan high utilization dan berpotensi terjadinya congestion. Selain itu, jaringan transport backhaul harus memenuhi persyaratan dari jaringan 4G LTE yaitu jaringan yang flat/simple dengan sedikit network element di dalamnya. Saat ini, sejumlah besar jaringan existing di PT XYZ bersifat hierarki dengan banyak network element di dalamnya.
Dalam penelitian ini, solusi yang akan diberikan yaitu dengan melakukan swap teknologi microwave access ke serat optik dengan implementasi teknologi baru yaitu Layer 3 Virtual Private Network Mobile Backhaul L3VPN MBH yang mempunyai kapasitas yang besar dan topologi jaringan yang simple/flat dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu Layer 2 Virtual Private Network Multiple Spanning Tree Protocol L2VPN MSTP .Laporan penelitian ini menganalisis tingkat profitabilitas dan resiko implementasi teknologi L3VPN MBH pada jaringan transport backhaul PT XYZ di beberapa daerah di Jabodetabek dengan menggunakan metode teknologi ekonomi.
Penelitian dilakukan dengan melakukan identifikasi masalah pada link ndash; link yang mengalami congestion di atas 70 dan sudah dilewatkan trafik 4G. Metode penelitian pada link ndash; link dilakukan untuk menganalisis tingkat perbandingan alternatif profitabilitas dari teknologi L3VPN MBH dibandingkan dengan teknologi terdahulunya yaitu L2VPN MSTP.
Hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi L3VPN MBH mengindikasikan tingkat profitabilitas hasil yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi L2VPN MSTP berdasarkan nilai Net Present Value NPV > 0, Internal Rate Return IRR > MARR dan Payback Periode PP < 5 tahun. Implementasi L3VPN MBH dengan tingkat profitabilitas paling tinggi dilakukan pada node 1365 dengan model sales yang digunakan pada kondisi pesimis dan nilai NPV sebesar Rp. 618,740,525.6, prosentase keuntungan sebesar 48.68, IRR sebesar 36.92 dan PP sekitar 2.83 tahun. Berdasarkan analisis resiko, trafik payload revenue merupakan parameter paling berpengaruh terhadap nilai NPV dibandingkan dengan MARR dan nilai tukar rupiah untuk teknologi L2VPN MSTP maupun L3VPN MBH.

Deployment of 4G LTE technology by telecommunication operator will affect to backhaul transport network especially in Low Radio Access Network LRAN . There are many issues which become barrier at implementation of LRAN backaul transport network in 4G LTE technology for instance capacity issue. The capacity which was carried by eNodeB added by 4G traffic that increase continuously, cause LRAN with capacity less than 1 Gbps will utilize highly and potential to congest. Moreover, backhaul transport network has to full fill the requirement of 4G LTE technology such as flat simple network with less element. Nowadays, most of existing network in PT XYZ is hierachical including many element network.
This research recommends an alternative by technology swapped from microwave access to fiber optic with deployment a new technology, Layer 3 Virtual Private Network Mobile Backhaul L3VPN MBH technology which has larger capacity and simpler element network compare to previous, Layer 2 Virtual Private Network Multiple Spanning Tree Protocol L2VPN MSTP.
The report is analyzing profitability and risk level of deployment L3VPN MBH technology at backhaul transport network in PT XYZ focus on some areas in Jabodetabek by using techno economic method. The research was started with problem identification of links which occuring congestion higher than 70 and had been carried 4G traffic. Research in each link is used to analyze level of comparison profitability alternative from L3VPN MBH technology beside than L2VPN MSTP.
The result is deployment of L3VPN MBH technology indicates better profitability level which showed by Net Present Value NPV 0, Internal Rate Return IRR MARR and Payback Periode PP 5 years than L2VPN MSTP. Implementation L3VPN MBH with the highest profitability is in 1365 with sales models used in pessimistic conditions and Rp. 618,740,525.6 of NPV, 48.68 of profit, 36.92 of IRR and 2.83 years of PP. Based on risk analysis, payload traffic revenue is the most influential parameter NPV compared to MARR and rupiah exchange rate for L2VPN MSTP and L3VPN MBH technology.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48931
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S39504
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zaneta Pelangi Dwi Setiati
"Pada penelitian ini diusulkan peramalan trafik jaringan menggunakan Artificial Neural Network dengan model Nonlinear Autoregressive. Model prediksi beban trafik dilakukan dalam tiga skenario yaitu tanpa input eksogen, dengan input eksogen jumlah pelanggan, dan dengan input eksogen jumlah pelanggan dan inflasi. Hasil penelitian dengan nilai MAPE dan MSE terkecil terdapat pada prediksi beban trafik dengan input eksogen jumlah pelanggan. Pada penelitian diprediksi beban trafik hingga l tahun kedepan untuk dapat merencanakan pembangunan dan peningkatan kapasitas node-b/ BTS 3G. Diharapkan dengan melakukan peramalan penggunaan-jaringan-oleh-pelanggan akan menghasilkan estimasi akurat permintaan kebutuhan pelanggan di masa mendatang sehingga organisasi dapat melakukan strategi yang tepat dalam merencanakan peningkatan kapasitas demi menjaga 4aality ofservice.

This research proposed network traffic forecasting using Artificial Neural Network with Nonlinear Autoregressive models. The traffic load prediction model is done in three scenarios: without exogenous input, with the input of exogenous number of customers, and with exogenous inputs the number of subscribers and inflation. The smallest MAPE and MSE values are in the traffrc load prediction with subscribers as exogenous inputs. The traffic load is predicted up to 1 year ahead in order to plan the development and improvement of the capacity of the node-b / 3G base stations. By forecasting the network usage generate by the customer, we expect to have an accurate estimated demand of customer needs in the future so that the organization can perform the right strategy for planning the capacity to maintain the quality of service."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42667
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jaka Suganda Permana
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan investasi Government Radio Network GRN , yang salah satu fungsinya untuk penanganan kebakaran. Tidak terpenuhinya kebutuhan coverage dan capacity GRN mengakibatkan lemahnya komunikasi dan koordinasi antar unit. Hal ini berdampak pada nilai kerugian akibat kebakaran masih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model yang dapat menilai kelayakan keputusan investasi pengembangan GRN sehingga dapat meminimalisir risiko salah keputusan investasi menggunakan cost-benefit analysis. Ada dua skenario tambahan investasi yaitu investasi penuh atau investasi sebagian. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa tambahan investasi terhadap infrastruktur GRN saat ini masih layak dilakukan berdasarkan parameter Net Present Value > 0 dan ratio benefit-cost > 1 guna mengatasi lemahnya komunikasi dan koordinasi dalam penanganan kebakaran.

Jakarta Provincial Government has invested in Government Radio Network GRN, which is one the functions for fire management. Unfulfilled for coverage and capacity GRN result poor communication and coordination between the units. This has an impact on the losses due of fire is still high. This research aims to build a model to assess the feasibility of investment decisions GRN development so it can minimize risk of wrong investment decisions by using cost benefit analysis. There are two scenarios considered full investments or partial investments. This research has successfully proof that additional investment in GRN is still feasible based on parameter Net Present Value 0 and ratio cost benefit 1 and can overcome the lack of communication and coordination for fire management.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T47285
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Eril Isdan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S39456
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Sulistiawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S38689
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widhi Setya Wahyudhi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap penerapan Lean Six Sigma pada divisi perawatan di PT PPN, dimana metode yang akan diterapkan ini akan melihat efektivitas dari implementasi lean six sigma. Terdapat fase dalam pengambilan data, yaitu dengan metode pengolahan data yang sudah terdapat dalam database perusahaan atau dari computerized maintenance managament system CMMS . Dengan menggunakan pendekatan lean six sigma akan menyediakan sebuah pendekatan yang terstruktur untuk menyelesaikan masalah melalui implementasi 5 fase; Define, Measure, Analyse, Improve, dan Control DMAIC . Metodologi DMAIC merupakan metodologi yang sederhana yang dapat diaplikasikan ke seluruh aspek bisnis/operasional baik pada perusahaan manufaktur maupun industri jasa dimana masing-masing fase memiliki tujuan, tindakan serta ouput yang jelas. Six Sigma akan berfokus pada kualitas daripada kuantitas dari data yang akan menerapkan teknik statistika dalam format praktek. Dengan menggunakan pendekatan lean six sigma akan didapatkan sistem aktivitas perawatan yang lebih efektif dan efisien di PT PPN. Sehingga dengan memperoleh sistem manajemen perawatan yang optimal akan menciptakan keunggulan daya saing perusahaan sustainable competitive advantage . Dari hasil penelitian didapatkan perbaikan pada salah satu key performance indicators yaitu redo PS, dimana nilai redo PS PC1250 HD4657R turun menjadi 0 , nilai Ppk PC 1250 naik menjadi 8.30 dan nilai Ppk HD4657R naik menjadi 18.32, selain itu didapatkan potensial benefit secara financial yaitu 3 miliar rupiah untuk HD4657R dan 16 Miliar rupiah untuk PC1250.Kata kunci :Computerized Maintenance Management System CMMS ; DMAIC; heavy equipment; lean; Maintenance; six sigma; sustainable competitive advantage.

ABSTRACT
This study aimed to analyze the application of Lean Six sigma in the perawatan division at PT PPN, where the method to be applied will look at the effectiveness of the implementation of lean six sigma. There is a phase in the data collection, namely the method of processing data that is already contained in the company 39 s database or from a computerized perawatan managament system CMMS . By using lean six sigma approach will provide a structured approach to resolve the problem through the implementation of 5 phase of six sigma methodology Define, Measure, Analyze, Improve and Control DMAIC . DMAIC methodology is a simple methodology that can be applied to all aspects of operations both on manufacturing and the service industry where each phase has a purpose, action and clear output. Six sigma will focus on the quality rather than the quantity of data that will apply statistical techniques in a practical format. By using lean six sigma approach will get the system perawatan activity more effective and efficient in PT. PPN. So as to obtain an optimal perawatan management system will create a competitive advantage companies sustainable competitive advantage . From this research have some performance improvement at one of key performance indicators, that key performance indicators was redo PS. redo PS value for PC1250 and HD4657R decreased to 0 , Ppk value of PC 1250 increased to 8.30 and Ppk value of HD4657R increased to 18.32. Beside that it have some potential benefit for financial performance, it have 3 Billion rupiah for HD4657R and 16 Billion rupiah for PC1250.Key Word Computerized Maintenance Management System CMMS DMAIC heavy equipment lean Maintenance six sigma sustainable competitive advantage."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Purwani
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keterlambatan proses service akibat
prosedur service yang ada belum efisien. Oleh karena itu perlu dirancang
standarisasi peta proses sevice untuk menentukan durasi waktu optimal untuk tiap
aktivitas dalam sebuah proses service sehingga akan didapat durasi waktu proses
service yang optimal. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan
studi kasus Divisi Recovery pada sebuah perusahaan kontraktor telekomunikasi.
Berdasarkan studi kasus ini, waktu optimal proses service disebut sebagai Mean
Time To Recovery (MTTR). Penelitian ini menggunakan pendekatan lean six
sigma untuk memperbaiki aliran proses service dengan tahapan DMAIC. Hasil
yang didapat adalah faktor-faktor yang berpengaruh dalam kecepatan proses
service dan peta proses service baru dengan MTTR yang lebih optimal namun
tetap merepresentasikan kondisi lapangan. Berdasarkan peta proses baru, MTTR
untuk proses service tanpa manuver adalah 4.8 jam dengan efisiensi waktu sebesar
57% serta kenaikan nilai PCE 23% dari 44% menjadi 54%. Untuk proses service
dengan manuver didapat MTTR optimal sebesar 4.36 jam dengan efisiensi waktu
sebesar 66% serta kenaikan nilai PCE 22% dari 41% menjadi 50%. Hasil
penelitian ini nantinya tidak hanya dapat diterapkan pada Divisi Recovery, namun
juga pada divisi lain yang memiliki karakteristik proses service sejenis.

Abstract
Background of this research is many delays in service process because the
procedures is not effisien. Therefore, it is necessary to standardize the service
process flow to determine the optimal duration for each activity in a service
process that will get the optimal of service prosess time. To conduct this research,
it is used case study from Recovery Division on the telecommunications
contractor. Base on this case study, we called optimal service time as mean time to
recovery (MTTR). This research using lean six sigma approach for construct
improvement of service prosess flow with DMAIC phases. The results is some
factors which affect the speed of service prosess flow and a flowchart of the new
service process flow with an optimal time, but it is still represent field conditions.
The new MTTR for service process without maneuvering is 4.8 hours by the time
efficiency of 57% and the increase PCE value of 23% from 44% to 54%. The new
MTTR for service process with maneuvering is 4:36 hours with time efficiency by
66% and the increase PCE value of 22% from 41% to 50%. The results of this
research will not only be applied to the Division of Recovery, but also in other
divisions that have similar characteristics of the service process flow."
2012
S42439
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>