Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145113 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Yogyakarta: Perpustakaan UGM,
020 BIPI
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutarno NS
Jakarta: Sagung Seto, 2020
021.2 SUT p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: IAIN Susan Kalijaga, 2003
020 DAS
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Salatiga: UPT Perpustakaan STAIN, 2011
JIPI 1:1 (2011)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Rondang Rouli
"Penelitian mengenai pendidikan pemakai ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Indonesia pada bulan September sampai dengan Nopember 2002 terhadap mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai yaitu angkatan 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi pemakai perpustakaan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan oleh pemakai sehubungan dengan pencarian informasi dalam pemanfaatan layanan perpustakaan.Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survei.Populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2001 sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = f / n X 100%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memahami semua materi yang diberikan, kartu katalog mulai digunakan, penyampaian materi yang disukai adalah praktek langsung ke perpustakaan, pendidikan pemakai menurut responden bermanfaat karena dapat membantu mereka dalam memahami perpustakaan. Faktor yang menghambat dalam pendidikan pemakai adalah waktu yang hanya 2 jam untuk setiap fakultas.Untuk peningkatan pendidikan pemakai perlu dipikirkan kembali penggunaan waktu yang lebih diperpanjang agar penyampaian semua materi dapat dipahami oleh mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB-UI, 1998
UI-JIIPK 1:1 (1998)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Junandi
"Metode bibliometrika digunakan untuk menganalisis sebanyak 80 artikel yang dipublikasikan dalam Berkala Ilmu
Perpustakaan dan Informasi tahun 2014-2018 yang diterbitkan oleh Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Kajian ini
bertujuan untuk mengetahui distribusi artikel per tahun maupun per nomor, pola kepengarangan, jenis referensi yang
digunakan, institusi yang berkontribusi serta produktivitas penulis. Pengumpulan data diunduh dari laman
https://jurnal.ugm.ac.id/bip, dan diolah menggunakan Microsoft Exel 2013, serta derajat kolaborasi dihitung dengan rumus
Subramanyam. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi telah menerbitkan sebanyak
80 artikel yang melibatkan sebanyak 120 orang penulis, dengan penulis tunggal lebih besar dibandingkan dengan penulis
kolaborasi; dan dibuktikan dengan nilai derajat kolaborasi sebesar 0,67. Mayoritas referensi yang digunakan adalah buku teks
(65,15%), dan jurnal ilmiah (31,04%). Afiliasi penulis berasal dari instansi kependidikan merupakan penyumbang artikel
terbesar, dan Universitas Gadjah Mada berada di urutan pertama (36 kali). Penulis wanita lebih produktif dibandingkan
penulis pria dengan urutan pertama adalah Pergola Irianti (4 artikel).Saran untuk pengelola jurnal untuk meningkatkan jumlah
penulis kolaborasi dan mensyaratkan artikel yang masuk mensitasi minimal 80% dari jurnal dan prosiding.

ABSTRACT
This article discusses Bibliometrics which was used to analyse 80 articles published in journal Berkala Ilmu Perpustakaan
dan Informasi (BIP) from 2014 to 2018 published by the Library of Universitas Gadjah Mada. This study aims to determine
the distribution of articles per year as well as per number, authorship patterns, type of references used, institutional
contribution and author productivity. The data was downloaded from the https://jurnal.ugm.ac.id/bip, and was processed
using Microsoft Excel 2013, as well as the degree of collaboration calculated in the Subramanyam formula. The results
showed that BIP has published a total of 80 articles involving 120 people authors, with a single author larger than the multiple
author; collaboration degrees value at 0.67. The majority of the references used were textbooks (65.15%) and scientific
journals (31.04%). Affiliate authors come from educational institutions is the biggest contributor article, and Gadjah Mada
University is in the first order (36 times). Female authors are more productive than male authors: Pergola Irianti served as
the first one (4 articles). Some suggestions include that a journal manager should increase the number of collaborative
authors and to require that published articles should have 80% of the journals and the proceedings as the main reference."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Depok : Program Studi Ilmu Perpustakaan UI, 1994
UI-JIPI
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>