Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19985 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Page, Stephen J.
Amsterdam: Elsevier , 2009
658.406 PAG t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fukuoka: Asia-Pacific Center, [date of publication not identified]
338.479 1 ASI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa
"ABSTRAK
Dengan memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting dan memiliki potensi pertumbuhan yang besar di Indonesia. Dengan menggunakan analisis data panel model gravitasi, penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang menentukan permintaan pariwisata masuk di Indonesia. Analisis empiris menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan secara signifikan mempengaruhi jumlah wisatawan asing. Implementasi kebijakan bebas visa efektif meningkatkan jumlah wisatawan yang masuk. Peristiwa krisis seperti krisis keuangan dan serangan teroris secara statistik signifikan statistik pada pengurangan arus masuk perjalanan ke Indonesia. Bencana alam Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 memiliki dapat positif dalam peningkatan wisatawan masuk di tahun berikutnya meskipun secara statistik lemah. Hal ini dikarenakan banyak relawan dan tenaga ahli kebencanaan yang datang ke Indonesia pada masa pemulihan bencana.

ABSTRACT
Given the rich natural and cultural endowment and diversification, tourism sector is one of the most important economic sectors with the massive growth potential in Indonesia. Using gravity type panel data analysis, this study explores the factors determining the inbound tourism demand in Indonesia. The empirical analysis shows that an increase in income significantly affects the number of foreign tourist. The implementation of free visa policy works effectively in increasing the number of inbound tourists. The crisis events such as financial crisis and terrorist attacks show statistically significant on the reduction of the travel inflow to Indonesia. Surprisingly, the huge disaster Tsunami in 2004 has a positive lagged effect on the increase in the inbound tourist although it was statistically weak as more disaster recovery specialist and aid experts from abroad visited Indonesia.
"
2018
T52099
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mill, Robert Christie
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000
338.479 1 MIL tt (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Desak Kutha Gadis Pramesti Paundrianagari
"ABSTRAK
Pada bulan Juni tahun 2012, UNESCO memberikan warisan budaya dunia kepada
Provinsi Bali, yakni mensahkan budaya Subak sebagai Warisan Budaya Dunia. Subak
yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tersebut ialah Subak Jatiluwih yang
berada di Kabupaten Tabanan. Pada saat ini subak mengalami tantangan berupa alih
fungsi lahan akibat pembangunan pariwisata yang pesat, sehingga pemerintah
berperan penting dalam melakukan tata kelola kawasan subak. Kawasan subak
Jatiluwih dikelola oleh lima pihak yaitu pemerintah desa, dua desa adat, pemerintah
kabupaten Tabanan, dan organisasi subak Jatiluwih. Pada tata kelola kawasan subak
terdapat interaksi yang asimetris antara pemerintah dan masyarakat. Teori yang
digunakan untuk menganalisis ialah teori governansi, dengan teori inti skenario
tipologi interaksi antar aktor dan interactive governance. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Governansi yang dilakukan dalam pengelolaan kawasan wisata
subak Jatiluwih tidak mendekati ketiga tipologi tersebut, yang mana governansi tidak
memfokuskan masyarakat sebagai aktor utama dalam tata kelola kawasan subak
Jatiluwih. Masyarakat hanya berinteraksi melalui perwakilannya saja. Faktor yang
sangat berpengaruh dalam governansi kawasan subak Jatiluwih adalah politik dan
kekuasaan, sehingga faktor norma (metagovernance) menjadi lemah untuk
menciptakan arena governansi yang stabil.

ABSTRACT
In June 2012, Subak Jatiluwih in Bali Province was selected as one of the World
Heritages by UNESCO. At this time Subak face the challenges of land conversion due
to rapid tourism development, so that the government plays an important role in
governance of Subak area. Subak Jatiluwih area managed by the five parties,that is
village government, two indigenous villages, local governments, and Subak Jatiluwih
organizations. In the area of governance in Subak Jatiluwih, there is a asymmentrical
interaction between government and society. Theory used in this research was
governance theory, with the main theory of between actors? interaction scenarios
such as communitarianism, deliberative democracy, direct democracy; and
interactive governance as the additional theory. Results showed that governance
applied in the management of subak Jatiluwih tourism area was not approaching the
three scenarios mentioned. The governance did not focus on the local society or
community as main actors in managing the subak Jatiluwih area. The interaction of
local society was restricted through its representative people only. Results also
showed that the most impactful factor in the governance of subak Jatiluwih area was
politic and power. Thus, the impact of norm factor (metagovernance) became weak in
creating stable governance area.;"
2016
S64716
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Puspita Karwinandhi
"Penelitian ini menganalisis destination branding pariwisata Indonesia di akun Instagram resmi yang dimiliki oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yaitu @kemenparekraf.ri. Destination branding terdiri atas dua poin penting yaitu identifikasi dan diferensiasi. Dengan menggunakan analisis semiotik pemasaran terhadap program kerja 10 Bali Baru, studi ini melihat brand dari kacamata pemilik brand. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi terhadap studi brand yang kebanyakan berfokus pada konsumen sehingga membuat kita mengerti bagaimana pemilik brand menerjemahkan pesan yang ingin disampaikan ke follower melalui post (gambar/video) dan caption di Instagram sehingga menghasilkan pesan yang dimaksud. Temuan antara lain bahwa hanya tiga dari sepuluh post terpilih yang mendukung program kerja tersebut. Sisanya dinilai tidak menjalankan poin diferensiasi dengan baik karena tidak mengenalkan destinasi wisata sebagai bagian dari 10 Bali Baru. Dari tujuh post yang tersisa, walaupun tidak mengenalkan sebagai bagian dari program kerja, namun tetap memberikan awareness berupa menampilkan update dari program kerja yaitu berupa perkenalan destinasi wisata dan atraksi wisata baru yang ada di destinasi wisata utama. Hal ini membuat tujuan dari akun tersebut tidak tercapai dengan sempurna. Post terpilih dinilai tidak digunakan secara maksimal karena hanya berisi update program kerja dan kebijakan yang telah dilaksanakan namun tidak dibarengi dengan konsistensi terhadap destination branding yang ada.

This is an analysis study of destination branding on Indonesia tourism at official Instagram account owned by the Ministry of Tourism and Creative Economy (Kemeparekraf) @kemenparekraf.ri. Destination branding comprises of two key points that are identification and differentiation. By using marketing semiotic analysis against 10 Bali Baru programs, to the study views the brand from brands owner perspective. This research expects to provide a reference for brand study which mostly focused on consumers, so it will make us understand how the brand owner translate the message that want to convey through post (image/video and caption) in Instagram so it will be understood. Findings show that only three out of ten selected posts support the program. The rest are viewed didnt follow the differentiation point well because these posts didnt introduce the destination as part of 10 Bali Baru. Despite the lacking in programs introduction, the seven posts still provide awareness through update of the program which are travel destination introduction and their main attraction. This matter suggests that the purpose of the account have not yet been achieved. The selected posts are viewed as underutilized because they are only filled with the policy and programs update that already been implemented, and not aligned with the remining destination branding consistency.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ditha Riyansa
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kolaborasi pariwisata oleh partisipasi stakeholder merupakan penunjang untuk dapat meningkatkan ketertarikan berwisata pada destinasi dan mengetahui bentuk dan dampak kolaborasi pariwisata berdasarkan perspektif pemerintah, pengusaha, penduduk dan pengunjung. Proses identifikasi dengan melakukan studi kasus yaitu Padang, Sumatera Barat sebagai destinasi wisata. Metode yang digunakan metodologi kualitatif. Pendekatan penelitian yang dilakukan bersifat eksploratori yang memungkinkan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi destinasi wisata berdasarkan empat perspektif stakeholder yaitu pemerintah, penduduk, pengusaha dan pengunjung. Pengumpulan data menggunakan metode in depth semi-interview dan FGD kemudian data diolah dengan teknik tematik analisis. Karakteristik destinasi dan potensi pariwisata merupakan esensi dari daya tarik wisata pada destinasi. Hasil penelitian yaitu ditemukannya hal-hal yang krusial menurut stakeholder yang mempengaruhi pariwisata serta kurang maksimalnya pertumbuhan kunjungan dari wisatawan ke destinasi wisata khususnya Padang, Sumatera Barat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk datang ke destinasi wisata dengan menerapkan kolaborasi pariwisata. Definisi dari kolaborasi pada penelitian ini adalah partisipasi dari para stakeholder untuk dapat berkontribusi sebagai bagian pariwisata destinasi. Kolaborasi pariwisata yang dianalisa dapat meminimalisir faktor penghambat peningkatan pariwisata dan pertumbuhan kunjungan wisatawan dengan esensi kolaborasi yaitu partitisipasi multi stakeholder, bentuk kolaborasi pariwisata dan penunjang kolaborasi pariwisata. Terakhir, dilaporkan hasil identifikasi terhadap faktor penghambat keberhasilan kolaborasi pariwisata.

ABSTRACT
This study aims to find out that tourism collaboration by stakeholder participation is a support to be able to increase tourism interest in destinations and find out the form and impact of tourism collaboration based on the perspective of government, entrepreneurs, residents and visitors. The identification process by conducting a case study namely Padang, West Sumatra as a tourist destination. The method used is qualitative methodology. The research approach carried out is exploratory which makes it possible to explore the factors that influence tourist destinations based on four stakeholder perspectives, namely the government, residents, entrepreneurs and visitors. Data collection using semi-interview and FGD in depth method then the data is processed with thematic analysis techniques. The characteristics of the destination and tourism potential are the essence of tourist attraction at the destination. The results of the research are finding the crucial things according to stakeholders that influence tourism as well as the less than optimal growth of visits from tourists to tourist destinations especially Padang, West Sumatra. One effort was made to increase visitor interest in coming to tourism destinations by implementing tourism collaboration. The definition of collaboration in this study is the participation of stakeholders to be able to contribute as part of destination tourism. Tourism collaboration analyzed can minimize the inhibiting factors for tourism and the growth of tourist visits with the essence of collaboration, namely multi-stakeholder participation, forms of tourism collaboration and supporting tourism collaboration. Finally, by this research the results of the identification of the obstacles to the success of tourism collaboration have been reported.
"
2019
T52030
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[This book offers insights into important trends and future scenarios in the global tourism and travel industry. Besides the general topics (aviation and hospitality industry, destination management, marketing, and distribution management) it analyses current challenges and impacts resulting especially from developments in social media, corporate social responsibility and eco-mobility. Sustainability in the global tourism sector and particularly eco-mobility is one of the top themes to-be and therefore a focus of this book. The articles are based on presentations and panel discussions presented at the worldś largest tourism convention, the ITB Berlin Convention., This book offers insights into important trends and future scenarios in the global tourism and travel industry. Besides the general topics (aviation and hospitality industry, destination management, marketing, and distribution management) it analyses current challenges and impacts resulting especially from developments in social media, corporate social responsibility and eco-mobility. Sustainability in the global tourism sector and particularly eco-mobility is one of the top themes to-be and therefore a focus of this book. The articles are based on presentations and panel discussions presented at the worldś largest tourism convention, the ITB Berlin Convention.]"
Berlin : [Springer, Springer], 2012
e20397559
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Edgell, David L. (David Lee), Sr., 1938
New York : Routledge, 2016
910.684 EDG m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 1996
R 306 TOU
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>