Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 242 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Barber, Stephen
London: Faber and Faber, 1993
848.91209 BAR a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Iqbal
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis perilaku psikologis tokoh Sweeney Todd yang kepribadiannya didominasi oleh dorongan destruksi. Konflik internal yang ter- represi dalam tokoh Todd dan konflik eksternal hasil interaksinya dengan tokoh- tokoh lain yang memicu dan menjustifikasi dorongan destruksinya tersebut akan dianalisis menggunakan teori-teori psikoanalisis dari Sigmund Freud. Konflik internal tokoh ini adalah kondisi neurosis melankolia yang bercirikan ambivalensi antara rasa cinta yang mendalam terhadap libidinal cathexis dengan agresivitas destruktif yang begitu mendominasi kepribadian. Konflik eksternalnya berupa interaksinya dengan tokoh-tokoh lain yang mempengaruhi mekanisme kepribadian Todd. Dominasi dorongan destruksi yang kuat tersebut harus dilampiaskan dalam bentuk pembalasan dendam kepada tokoh Judge Turpin yang merampas istri dan putri Todd secara paksa. Namun, demi melampiaskan dorongan destruksi dan membalaskan dendamnya, Todd harus menyusun strategi agar misinya terlaksana. Seiring misi pembalasan dendamnya, tokoh Sweeney Todd sang pembunuh berdarah dingin lahir karena dorongan destruksinya yang sudah tidak dapat dibendung.

This thesis aims to analyze the psychological behavior of Sweeney Todd as the main character of the story whose personality is being dominated by a drive of destruction. Using Sigmund Freud's psychoanalytic theories, this thesis would like to discuss the effects of repressed internal conflict in Todd's personality and his external conflict through the interaction with other characters that trigger and justify Todd's drive of destruction. As the main symptom, Todd's neurotic condition of melancholia shows the ambivalence between his inexhaustible love towards his libidinal cathexis and his dominating destructive behavior. Moreover, the interaction with several significant characters really affects his personality mechanisms as another factor that strengthens his destructive drive. Thus, the force of destruction has to be retaliated towards the character Judge Turpin who snatched Todd's wife and daughter away from him. However, in order to retaliate, Todd needs to plan a thoughtful strategy to accomplish his mission. As his mission of revenge goes by, Sweeney Todd's trait as a cold-blooded slaughter is born as a result of the unbearable drive of destruction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53251
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Basch, Antonin
New York: Macmillan, 1964
339.4 BAS f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Khalid Aziz
London: Elsevier, 1985
553.282 AZI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Barber, Noel
New York: Macmillan, 1981
823.914 BAR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rasikh Fuadi
"ABSTRAK
Teater, yang bermain di tataran praktis, didiskriminasi dan dianggap sekadar sebagai budak dari bahasa, wujud dari filsafat yang logosentris, yang bermain di tataran teoretis. Ia dinilai tidak memiliki kemampuan untuk berkontribusi dalam tataran teoretis. Dengan memperkenalkan Theatre of Cruelty, sebuah konsep yang mengacuhkan gap tataran antara teater dengan filsafat, Antonin Artaud melakukan perjuangan melawan bahasa. Dengan mengacuhkan gap tersebut, Artaud membuktikan beberapa hal. Pertama, ia membuktikan bahwa bahasa sudah tidak lagi relevan dengan menggunakan act dari tubuh yang spontan dan mistis sebagai poros utama kinerja teater dalam proses being. Kedua, ia membuktikan bahwa teater tidak lagi perpanjangan dari sastra dan teks, juga tidak lagi mimesis maupun representasi dari realitas, tetapi menjadi sebuah proses penyembuhan atau being melalui tubuh. Ketiga, ia membuktikan bahwa teater, dengan mengomunikasikan katarsis tubuh, meniadakan konsep jarak panggung dan penonton. Perjuangan Antonin Artaud membawa semangat baru dalam seni teater ? sebuah semangat untuk lepas dari perbudakan bahasa.

ABSTRACT
Theatre, which works in the area of practice, has been discriminated and seen as a mere slave of language, in which logocentric philosophy, which works in the area of theory, takes form. It is considered having no capability to contribute in the theoretical area. By introducing Theatre of Cruelty, a concept which ignores the areal gap between theatre and philosophy, Antonin Artaud struggled to resist against language. By ignoring such gap, Artaud proved some points of argument. First, he proved that language has no longer been relevant by using act from the spontaneous and mystic body as the heart of how theatre works in its process of being. Second, he proved that theatre has no longer been either continuation of literature and text or mimesis, as well as representation, of reality, but a process of healing or being in the medium of the body. Third, he proved that theatre, by communicating the catharsis of the body, eliminating the fourth wall which separates the spectators from the actors. Antonin Artaud?s struggle brought a new spirit in the art of theatre ? a spirit to break free from the strings language pulls to control it."
2016
S63813
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barber, Antony
Oxford: Elsevier, 1992
621.811 BAR h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Barber, Charles
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1993
420 BAR e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Barber, Laurie
Auckland: Century Hutchinson, 1989
993.1 BAR n
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Barber, Red
Garden City, N.Y.: Doubleday, 1968
927.96 BAR r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>