Ditemukan 185488 dokumen yang sesuai dengan query
"Accesibility and quality of education especially for higher education has been a constant concem for the developing countries including South East Asian countries. Open and distance education (ODL) system seems to be the answers for increasing accesibility because of its cost effectiveness and flexibility. This article adresses efforts in expanding the quantity and improving quality in some ODL institutions in South East Asia. This article also presents specific exsperience and lessons learnt from Indonesia, particularly Universitas Terbuka, in responding to the issues of quantity expansion, improvement of student participation in higher education, and continual quality improvement of ODL."
JUPETJJ
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh di indonesia."
Tangerang: Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Terbuka, 2010
370 JPUT
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Bangkok: UNESCO, 1961
373.5 UNI s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Bangi, Malaysia: Universiti Kebangsaan Malaysia, 2012
378.59 HIG
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta: Dirjen Dikti, 2007
378.1 PEN
Buku Teks Universitas Indonesia Library
TEKNODIK 15:1 (2011)(1-2)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Open and Distance Learning (ODL) nowadays becomes a trend in higher education. Course delivery and course material distribution have already been in electronic form by using information and communication technology (ICT). This technology becomes cheaper and much easier to be used. Indonesia as a nation where its people spread in thousands of islands does not always have face-to-face university in each city. Meanwhile, the need of skilled worker is always increased. ODL then becomes an alternative to educate people by using different way of teaching and learning process. People who have difficulties in accessing face-to-face university can use ODL as an alternative to upgrade their education. The role of ICT in ODL become important since the students can learn by using ICT. The students cal also “meet” their colleagues virtually. Meanwhile, it was explored that ICT can be utilized for online examination. Online examination is more efficient, much faster in processing the examination result, and much cheaper in budget. This article discusses many aspects of strength and weakness which is faced by educational institutions in administering online examinations."
JPUT 11:2 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Peran tokoh akademisi berkredibilitas tinggi atau berkarisma dalam memberi pencerahan akademis pada suatu kuliah umum di perguruan tinggi diharapkan dapat mempengaruhi perubahan perilaku mahasiswa baru untuk memahami inti perkuliahan. Namun demikian, kuliah umum mengalami banyak kendala jika dilakukan pada pendidikan jarak jauh, karena keterbatasan jumlah tokoh keteladanan, dan keterbatasan waktu dari tokoh tersebut. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kuliah umum dapat dilakukan melalui pemanfaatan TIK. Melalui cara ini, maka jumlah penerima materi atau sasaran target menjadi sangat besar dan dapat dilakukan di berbagai daerah sekaligus dibandingkan jika dengan pertemuan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan prototipe media pembelajaran untuk kuliah umum berbasis ubiquitos learning (u-learning) atau multi studio-based learning. Media tersebut diharapkan dapat menampilkan pencerahan dari para tokoh yang memungkinkan terjadinya asynchronous learning; (2) melakukan evaluasi secara empirik validitas substansi dan efektivitas pemanfaatan model media pembelajaran berbasis u-learning. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka hasil penelitian ini adalah (1) prototipe media pembelajaran berisi kuliah umum berbasis u-learning, (2) secara kuantitatif, hasil uji coba pada kegiatan orientasi belajar mahasiswa baru (OSMB) di UPBJJ Bandung menunjukkan semua respon mahasiswa menanggapi secara positif. Untuk kualitas tampilan media, 71,13% mahasiswa menjawab bagus; sedangkan mahasiswa yang menjawab bagus sebesar 68,25% untuk tata letak media; dan mahasiswa menjawab sistematika materi kuliah umum termasuk bagus sebesar 70,38%; (3) secara kualitatif, hasil uji coba menunjukkan bahwa media kuliah umum ini bermanfaat dan dapat diterima oleh mahasiswa baru tetapi tidak oleh mahasiswa semester akhir. Pemanfaatan media di daerah terpencil juga perlu memperhatikan tentang ketersediaan peralatan listrik dan peralatan teknis lainnya. Prototipe media atau produk yang dihasilkan pada penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan oleh berbagai instansi pendidikan tinggi yang membutuhkan, dan dapat dijadikan prototipe/contoh untuk pengembangan berbagai materi pencerahan lainnya."
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dedi Supriadi
Jakarta : Rosda Jayaputra, 1997
378.598 DED i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta: University of Indonesia Press , 1980
378 ASS s (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library