Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 98726 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anne Putri Yusiani
"Penelitian ini merupakan penelitian awal tentang pedagogi di museum di Indonesia. hasil dariPtracking study dan wawancara pengunjung di Galeri Etnografi di Museum Nasional memperlihatkan cara pembelajaran pengunjung Indonesia di museum. Observasi di galeri dan wawancara dengan staf museum juga mengungkap bagaimana museum menciptakan dan menyampaikan narasinya kepada pengunjung. Dengan melihat pada proses belajar pengunjung museum dan konteks museum di Indonesia, beberapa nilai dari pedagogi Barat dapat diadaptasi sebagai dasar dari pedagogi museum di Indonesia.

This research is a preliminary research towards a museum pedagogy in Indonesia. The findings Tbased on tracking study and interview of visitors in the Gallery of Ethnography in the National Museum reveals how Indonesian visitors learn in museums. Observation in the gallery and interview with the museum's staff also shed a light in knowing how the museum construct and convey its narratives to visitors. By looking at the learning processes of Indonesian visitors and the museum context in Indonesia, some of the values of the Western pedagogy can be adapted as a basis for the Indonesian museum pedagogy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27633
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rakhmat Hidayat
Jakarta: Rajawali, 2013
370.115 RAK p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Freire, Paulo, 1921-1997
Yogyakarta: Kanisius, 2001
370 FRE p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bunga Pertiwi Tontowi Puteri
"ABSTRACT
Pendidikan Agro-ekologi adalah pembelajaran terkait agrikultur yang tidak hanya mempelajari aspek ilmu alam namun juga sosial dari kehidupan pertanian yang kompleks, dengan menekankan pada prinsip pertanian yang memperhatikan ekologi. Pendidikan Agro-ekologi dalam perkembangannya menerapkan pendidikan kritis untuk menumbuhkan kesadaran kritis peserta didik terkait permasalahan agrikultur, khususnya pendidikan agroekologi yang ditujukan untuk masyarakat petani. Pesantren Agro-ekologis Biharul Ulum Bogor merupakan salah satu contoh bentuk pendidikan alternatif swakelola masyarakat yang menerapkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dalam Pendidikan Agro-ekologi di pesantren Biharul Ulum dilakukan, serta apakah model pendidikan tersebut mampu menumbuhkan kesadaran kritis kepada para peserta didiknya. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif, dengan Pesantren Agroekologis Biharul Ulum Bogor sebagai subjek penelitian. Hasil temuan penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran di Pesantren Agro-ekologis Biharul Ulum Bogor menunjukkan beberapa karakteristik pendidikan kritis, namun masih terdapat beragai hambatan yang menyebabkan proses pembelajaran kurang berjalan dengan baik dan menjadi kendala tumbuhnya kesadaran kritis pada peserta didik.

ABSTRACT
Education of Agro ecology is agriculture related learning that not only related learning aspects of the natural sciences but also social from complex farming life, with emphasis on ecological agriculture. Education of Agro ecology in its development implements critical education to foster students 39 critical awareness of agriculture issues, especially agroecological education aimed at peasant communities. Pesantren Agro ekologis Biharul Ulum Bogor is one example of an alternative education implement it, and managed by the community itself. This study aims to find out how the learning process in Education of Agro ecology at Pesantren Biharul Ulum, and whether the model of education is able to cultivate critical awareness to learners. This research uses qualitative method, with Pesantren Agro ekologis Biharul Ulum Bogor as subject of research. The findings of this research is that the learning process in Pesantren Agro ekologis Biharul Ulum Bogor shows some characteristics of critical education, but there are still many obstacles that make the learning process less well run and become a constraint of the growth of critical awareness in the learners."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Simon Soon
"ABSTRAK
This essay examines the historical conditions of the politics of pedagogy that have shaped the history of postcolonial higher education and attempts at producing countermovements to its subsequent institutionalization. I consider this in relation to pedagogical practices that reference creative forms in avant-garde art and theater. A genealogy of rethinking education through creative means can be traced back to the establishment of Nanyang University and the teaching of contemporary Asian literature by Han Suyin, with later artists such as Wong Hoy Cheong engaging with Paulo Freires ideas on learning in Wongs course on Third World aesthetics, Universiti Bangsar Utamas reimagination of the role that education could play in Kuala Lumpur during the 1998 Reformasi, and most recently Buku Jalans decentering of education. Finally, I consider the pedagogical stakes at hand by exploring the life story of a bookseller in Kelantan and his embodiment of a local cosmopolitanism.
"
SEAS 7:3 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Subkhan
"Pendidikan antikorupsi selama ini tampak berjalan sebatas teoretisyang dipelajari dalam beberapa mata pelajaran di sekolah, perguruan tinggi, atau program-program khusus tertentu. Orientasi praktik pendidikan antikorupsi belum sampai pada membelajarkan sungguh-sungguh bagaimana siswa harus bersikap dalam menolak praktikkorupsi dan sistem yang toleran terhadap perilaku korup. Artikel ini menggunakan metode telaah pustaka mengacu pada beberapa laporan mengenai praktik Pendidikan Antikorupsi yang mendasarkan pada pedagogi kritis. Dalam hal ini pedagogi kritis layak dihadirkan sebagai perspektif kritis pendidikan yang mendorong pembelajaran, siswa, dan juga guru serta sekolah untuk membelajarkan nilai-nilai antikorupsi hingga pada sikap dan aksi antikorupsi. Melaluiperspektif pedagogi kritis pembelajaran diarahkan untuk membangun kesadaran kritis siswa mengenai kerugian akibat korupsi dan bagaimana seharusnya mereka bersikap dan bertindak. Teori sudut pandang, demokrasi, kontekstual, dan sikap atau tindakan riil menjadi pegangan pembelajaran yang dapat dilakukan secara lintas kurikulum dan kolaborasi melibatkan banyak pihak"
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi, 2020
364 INTG 6:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Etika pendidikan dan kebijakan pendidikan di Indonesia / Irmayanti Meliono -- Pedagogik yang relevan dengan penyelenggaraan sistem pendidikan nasional yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia / Dr. Soedijarto -- Sekolah otonomi Sanggar Anak Akar, praksis alternatif pendidikan humanistik / Ibe Karyanto -- Pedagogik kritis dalam teknologi pendidikan / Edi Subkhan -- Eksistensi pendidikan tinggi seni rupa Indonesia / Sem C. Bangun -- Indonesia "generasi hafalan" / Slamet A. Sjukur -- Literasi kritis, alternatif melawan pendangkalan pembelajaran di sekolah / Bambang Wisudo -- Pedagogik kritis dan pengajaran bahasa asing / Jimmy Ph. Paat -- Melahirkan guru intelektual transformatif / Lody Paat -- Bangkrutnya warung kejujuran, kritik atas program-program anti korupsi di sekolah / Ade Irawan -- Mengapa pedagogik kritis yang berkeadilan sosial sulit dijadikan pedagogik bagi pendidikan formal "
Jakarta : Rineke Cipta, 2011
370.115 PED
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Agus Nuryanto
Yogyakarta: Resist Book, 2008
370.115 AGU m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>