Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 152796 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aries Jonathan
"Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Persewan Terbatas menyebutkan bahwa perusahaan harus membuat laporan tahunan tentang pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Dengan perkembangan CSR melahirkan United Millennium Declaration yang menghasilkan Millennium Development Goals (MDGs) dengan kesepakatan bahwa hal yang menjadi prioritas adalah menghapuskan kemiskinan dan kelaparan. Kemiskinan bukan saja menjadi tangung jawab pemerintah namun juga merupakan tanggung jawab perusahaan yang diwujudkan dalam kcgiatan CSR. Kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan harus dilaporkan setiap tahunya dalam laporan tanggung jawab sosial perusahaan.
Perusahaan yang digunakan dalam pembahasan adalah. Yayasan Danamon Peduli yang merupakan yayasan yang mendukung kegiatan komunitas yang berkelanjutan dan melibatkan sukarelawan. Program yang dijalankan oleh Yayasan Danamon Peduli mencakup Pasarku Bersih, Sehat, Sejahtera; Cepat Tanggap Bencana; Bantuan Beasiswa; Program Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan termasuk di dalamnya Pengelolaan Sampah Terpadu; dan sebagainya.
Program yang dijalankan oleh Yayasan Danamon Peduli dapat menanggulangi kemiskinan dan juga memiliki dampak terhadap perubahan social masyarakat dalam hal kepribadian individu seperti kemandirian, kemampuan bersaing, kepemimpinan, kepercayaan diri, dan berkurangnya gaya hidup konsumtif. Selain itu, program juga memiliki dampak terhadap instansi terkait dan cabang Danamon Simpan Pinjam (DSP).
Kegiatan yang-dilakukan oleh Yayasan Danamon Peduli telah diungkapkan sesuai dengan kriteria mandatory bahkan dilengkapi dengan kriteria pengungkapan voluntary. Dari basil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa program yang dijalankan oleh Yayasan Danamon Peduli merupakan program penanggulangan kemiskinan seperti bantuan beasiswa, pengelolaan sampah terpadu yang mampu menyerap tenaga kerja bahkan menciptakan laban pekerjaan baru kaitannya dengan penciptaan kompos. Efektifitas program juga dapat diandalkan karena penerima manfaat Iangsung memperoleh bantuan yang diberikan dan merasakan langsung dampak atas program yang dijalankan Yayasan Danamon Peduli.

Based on Government Rule No. 40 Tahun 2007 about Corporation says that a company has to make annual report about social and environment responsibility activity. Movement about CSR increase rapidly and make United Millennium Declaration to produce Millennium Development Goals with agreement priority is eliminate poverty and famine. Poverty is’nt only government duty but also a company duty that realize in CSR activity. CSR activity achievemenl by a company must be reported yearly in company social responsibility report.
Company used in this thesis is Danamon Peduli Foundation. Danarnon Peduli Foundation is a foundation that support community-driven development and projects that are sustainable and emphasize volunteerism. Program AclJ.vily of Danamon Peduli Foundation are My Clean, Healthy, and Prosperous Market; Relief, Recovery, Rebuild (3R); Scholarship; Program Development include is Danamon Go Green, etc.
Programs Activity that operate by Danamon Peduli Foundation can be poverty alliviation programs and have impact to social community changes in their personality such as independency, competitive capability, leadership fell of confidence, and decrease in consumptive lifestyle. Therefore, programs nave impact to related government institution and DSP units.
Activities that operate by Danamon Peduli Foundation have been disclosed based on mandatory criteria and have been completed by voluntary criteria. From analysis and discussion has conclusion that programs activity by Danamon Peduli Foundation are poverty alliviation program such as scholarship. Danamon Go Green that can create work force for new work field Programs effectivity are reliable because the beneficiary can feel 'directly the impact and the contribution of the programs.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 27072
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"India's increasing population has attracted a host of multinational corporations (MNCs) to enter the country to tap its market. Because of their enthusiasm and the favorable market conditions, these MNCs get carried away and sometimes regulations are flouted. The absence of clear regulations leads to problems when government agencies find fault with MNCs products."
[s.l]: [s.n], 2006
300 APS 6:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
William
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) menurut pedoman Global Reporting Initiative (GRI) terhadap nilai perusahaan. Besarnya pengaruh pengungkapan CSR diukur dari jumlah skor pengungkapan CSR setiap dimensi berdasarkan pedoman GRI di dalam laporan tahunan perusahaan. Pedoman GRI reporting yang paling terbaru adalah GRI G3. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan model regresi berganda dengan sampel 263 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa pengungkapan CSR, baik secara keseluruhan maupun per dimensi, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini sejalan dengan penelitian Samy et al. (2010) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengungkapan CSR berdasarkan GRI G3 dengan nilai perusahaan.

This research is conducted to prove if there is any effect of corporate social responsibility (CSR) disclosure according to Global Reporting Initiative (GRI) guidelines on firm?s value. The effect of CSR disclosure is measured by the total CSR disclosure score of each dimension based on GRI guidelines in company?s annual reports. The latest version of GRI reporting standard is GRI G3. Hypothesis is tested using multiple regression analysis with 263 samples of listed firms in Indonesia Stock Exchange in 2010. The results of the research give empiric evidence that overall CSR disclosure and each of CSR disclosure?s dimensions (economic, environment, social, human rights, community, and product responsibility) have positive and significant effect on the value of the firm. This result is consistent with Samy et al. (2010) findings which indicate that there is a positive and significant causal relationship between CSR disclosure based on GRI G3 with the value of the firm."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T30309
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Hartanti
"Definisi CSR sejatinya telah diuraikan semenjak tahun 1950-an. Semanjak itu definisi CSR berkembang luas di kalangan bisnis. Namun demikian katan$an akademisi dan pendidikan memandans perlu untuk metakukan kajian ilmiah terhadap CSR karena terlihat bahwa CSR sefaagar suatu konsep berkembang luas yang berdampak pada kepentingan stakeholder perusahaan, dalam hal ini masyarakat umum,"
2006
EBAR-III-SeptDesl2006-113
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Rahman
Jakarta: Buku Kita, 2009
658.4 REZ c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Asti Dwi Savitri
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang dialog reflektif dan pembenaran terhadap tindak
implementasi Corporate Social Responsibility sebagai solusi mengatasi mitos
bisnis amoral. Isu sentral dibuka dengan diskursus prinsip moral universal, etika
yang rasional, dan tanggung jawab kolektif di bawah legalisasi. Penulis
menggunakan kerangka utilitarianisme R.M. Hare dengan prinsip perspektivisme
universalisabilitas sebagai pertimbangan kasus ini. Pada akhirnya pemberlakuan
CSR sebagai keputusan moral universal, diperkuat dengan pertukaran posisi yang
memberikan ruang dan reflektisitas terhadap interest masing-masing individu,
serta sense of common good untuk mampu melebur serta menyamakan persepsi
tentang konsekuensi-konsekuensi dari setiap tindakan

Abstract
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43171
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lila Priyanka Kusumojati
"Tesis ini menganalisis pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan Global Reporting Initiative Sustainability Reporting Guidelines studi kasus pada PT PLN (Persero). CSR menitikberatkan bahwa korporasi tidak lagi berpedoman bahwa business is business yang tujuan akhirnya adalah mengejar keuntungan semata, tetapi perlu dipikirkan mengenai kelangsungan usaha (sustainability) dari korporasi tersebut pada masa depan. Perusahaan dan stakeholder memiliki hubungan yang saling mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kelangsungan usaha. Analisis dilakukan berdasarkan lima komponen utama dalam GRI yaitu: (1) strategi dan analisis; (2) profil organisasi; (3) parameter laporan; (4) penyelenggaraan, komitmen, dan keterlibatan; (5) pendekatan manajemen dan indikator ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima komponen utama dalam GRI seluruhnya sudah dibahas dalam Sustainability Report, namun demikian masih ada beberapa poin kekurangan. Sehingga pada masa yang akan datang diharapkan perusahaan dapat melengkapi komponen-komponen yang belum sempurna tersebut.

This thesis analyzes the reporting of Corporate Social Responsibility (CSR) based on the Global Reporting Initiative Sustainability Reporting Guidelines on a case study of PT PLN (Persero). CSR emphasizes that corporations are no longer guided by that business is business that the eventual goal is the pursuit of profit. But, to think about business sustainability of the corporation`s future. Companies and stakeholders have a relationship of mutual influence either directly or indirectly on business sustainability. Analysis is based on GRI five major components, namely: (1) strategy and analysis, (2) organizational profile, (3) the report parameters, (4) organization, commitment, and involvement, (5) management approaches and economic indicators. The results show that of the five main components of the GRI Sustainability entirely has been discussed in the Report, however, there are still some deficiencies points. So in the future the Company is expected to complete the company`s components that are not perfect."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54135
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Originally, the concept of CSR was come from business ethic values that impose corporation's ethical responsibility to their social dan natural environment. That development of ethical business was part of social consciousness on the degradation of environment as impact of corporation activities. This reality also raised the deep environmental ethic or deep ecology which challenge anthropocentrism economical development and urged ecocentrism development. In Indonesia, this phenomenon was marked by the enactment of Act 4/1982 on environmental management. The constitutional debate on CSR just began when the Indonesian Constitutional court heard and decided the judicial review case of Act 40/2007 on limited liability company which stipulate CSR mandatory law for corporation that have activity in natural resources areas. In its decision, Constitutional Court refused the petition. This means that court affirmed that CSR mandatory law is not contrary to the constitution. However, the legal argumentation of the court was not shifted from economical and environmental perspectives. The constitutional basic of the decision is article 33 (4) concerning national economic principles and article 33 (3) concerning state power on land, water, and natural resources. The constitutional court did not use the human rights concept as the source of CSR mandatory law. "
JK 11 (1-4) 2014
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ain Hajawiyah
"Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa biaya ekuitas tahun sebelumnya mendorong perusahaan meningkatkan pengungkapan Corporate Social Responsibility CSR di tahun berjalan. Setelah mengungkapkan CSR dengan lebih ekstensif di tahun berjalan, perusahaan mendapatkan manfaat adanya penurunan biaya ekuitas di tahun selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya ekuitas tahun sebelumnya terhadap pengungkapan CSR tahun berjalan dan menganalisis pengaruh perubahan pengungkapan CSR tahun berjalan terhadap perubahan biaya ekuitas tahun selanjutnya. Penelitian ini juga menguji pengaruh biaya utang tahun sebelumnya terhadap pengungkapan CSR tahun berjalan dan menganalisis pengaruh perubahan pengungkapan CSR tahun berjalan terhadap perubahan biaya utang tahun selanjutnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi data panel dengan sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia BEI pada tahun 2013-2015. Total sampel berjumlah 834 observasi untuk model biaya ekuitas dan 708 observasi untuk model biaya utang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya ekuitas tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR sedangkan perubahan pengungkapan CSR justru berpengaruh positif terhadap perubahan biaya ekuitas di tahun selanjutnya. Biaya utang tahun sebelumnya juga berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR di tahun berjalan namun perubahan pengungkapan CSR tahun berjalan tidak berpengaruh terhadap perubahan biaya utang tahun selanjutnya.

Previous study conclude that previous year cost of equity motivates company to increase current year Corporate Social Responsibility CSR disclosure. After disclosing CSR more extensive in current year, company gets benefit in the form of lower cost of equity in the following year. This study aims to examine the effect of previous year cost of equity on current year CSR disclosure and further analyze the effect of changes in current year CSR disclosure on changes in following year cost of equity. This study also examine the effect of previous year cost of debt on current year CSR disclosure and further analyze the effect of changes in current year CSR disclosure on changes in following year cost of debt. Hypothesis were tested using panel regression analysis with samples consist of listed companies in Indonesia Stock Exchange IDX from 2013 2015 includes 834 firm years for cost of equity model and 708 firm years for cost of debt model. Result of this study shows that previous year cost of equity and cost of debt have positive effect on current year CSR disclosure. However, changes in current year CSR disclosure have positive impact on changes in following year cost of equity and do not significantly affect changes in following year cost of debt."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T49538
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lisia Astari Pertiwi
"Dengan semakin populernya kegiatan CSR, motif perusahaan untuk melakukan CSR menjadi semakin kompleks. Terdapat keinginan perusahaan untuk secara tulus membantu lingkungan sosial, namun terdapat pula tuntutan dari berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan kegiatan CSR yang bersifat strategis bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi pelanggan kepada CSR perusahaan terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan, yang kemudian mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini membandingkan dua kegiatan CSR yang berbeda, yaitu cause-related marketing dan donasi pelanggan (filantropi) yang dilakukan oleh GrabTaxi dan Alfamart.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada konteks cause-related marketing pelanggan mampu menerima bahwa motif perusahaan tidak murni untuk menolong lingkungan sosial, namun juga untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Namun sebaliknya, pada konteks donasi pelanggan, persepsi bahwa kegiatan CSR dilakukan untuk kepentingan perusahaan secara signifikan mengurangi kepuasan pelanggan, sementara motif murni untuk menolong lingkungan sosial meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan.

The increase in demand of CSR from various stakeholders has caused company's CSR motives to be more complex. CSR activities are not only founded on the benevolence of corporate agents but also as part of a corporate strategy formulated in pursuit of stakeholder interest. To further achieve understanding of the impact of CSR motives on customer trust and satisfaction, which can impact customer loyalty, this research compares two distinct CSR activities conducted by GrabTaxi and Alfamart.
Results have shown that in the context of cause-related marketing, customers can accept that CSR is motivated by multiple motives (benevolent and strategic). However, in the context of customer donation (philantrophy), CSR motives that are founded upon corporate interest leads to a decrease in customer satisfaction while CSR motives founded on benevolence leads to an increase in customer trust.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60847
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>