Ditemukan 17304 dokumen yang sesuai dengan query
"Perlu disadari bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan pendidikan khusus di mana pada pendidikan khusus bukan berorientasi pada ketidakmampuan dan kecacatan melainkan difokuskan pada kebutuhan individu dan keamampuan yang bisa dikembangkan , sehingga dituntut proses pembelajaran yang luwes...."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Clara R.P. Ajisuksmo
"Untuk mengakui dan memenuhi hak-hak anak, pemerintah Indonesia telah meratifikasi Konvensi Hak Anak (KHA) tahun 1990 dan mensahkan UU No 23 tentang Perlindungan Anak tahun 2002. Pasal 28 dari KHA menyatakan bahwa negara-negara peserta mengakui bahwa setiap anak mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan, mewujudkan hak tersebut secara bertahap berdasarkan pada kesempatan yang sama. Pernyataan tersebut menyiratkan bahwa pendidikan dasar adalah wajib dan harus diberikan secara cuma-cuma, dan negara harus menyelenggarakan berbagai bentuk pendidikan lanjutan. Dalam kenyataan, masih banyak anak yang tidak dapat mengikuti pendidikan karena kemiskinan orang tua mereka yang memaksa mereka untuk bekerja guna menopang ekonomi keluarga. Padahal dengan bekerja, anak tidak mempunyai cukup waktu untuk belajar dan mengembangkan seluruh kemampuan dan keterampilan mereka. Survei ini bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif mengenai tingkat dan status pendidikan, serta bentuk pendidikan alternatif yang diikuti oleh anak-anak yang dikategorikan sebagai anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus. Selain itu, survei ini juga mencoba untuk mengidentifikasikan pihak-pihak mana saja yang ada di sekitar anak yang membantu membayar SPP mereka. Survei ini melibatkan 165 anak yang berusia di bawah 18 tahun yang merupakan dampingan dari 7 (tujuh) LSM di Jakarta, Bogor, dan Surabaya yang menjadi mitra kerja PLAN International.
In order to recognize and to fulfill the childrens rights, as well as to protect them, the Indonesian Government ratified the Convention on the Rights of the Children (CRC) in 1990 and approved Law No. 23 on Child Protection in 2002. Article 28 of CRC states that the states parties recognize that the right of the children to have education, and to achieve this right progressively on the basis of equal opportunity. This statement implies that states parties shall make primary education compulsory, available and free to all. The states parties shall also encourage the development of different forms of secondary education. In fact, many children could not participate in and therefore should drop out from their basic education because their very poor parents. In stead, they have to work to support their familys life. This survey was intended to give a descriptive overview of the educational status and level, as well as to offer forms of alternative education for children who are categorized as in needs of special protection (CNSP). In addition, this survey was intended to identify individuals or institutions that the poor children school tuition. This survey in volved 165 children below 18 years of age who were assisted in by 7 (seven) NGOs in Jakarta, Bogor, and Surabaya which have a partnership with PLAN International."
Depok: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
AJ-Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Achmad Subianto
Jakarta : Yayasan Bermula Dari Kanan, 2004
370.598 ACH p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Padang: Universitas Negeri Padang,, 2004
FOPEN 29:2 (2004)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Jakarta : PT. Reka Gagas Cipta, 2006,
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Selangor: Universiti Kebangsaan Malaysia,
370 JPUKM
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
"
ABSTRAK The article considered the procedure to develop the performance assessment instruments for assessing students' science pratical works, in the topic of photosynthesis. The procedure consisted of reviewing relevant theories, formulating the assessed aspects, developing blueprint and instruments, colsulting the instruments to the selected experts, analyzing the results of consultation, and revising the instruments."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, {s.a}
370 JPE
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
"
ABSTRAKPendidikan berorientasi dunia kerja sangat relevan dengan kebutuhan akan sumber daya manusia di Indonesia saat ini dan juga yang akan datang. Jika pendidikan berjalan begitu saja tanpa mengorientasikan dirinya pada dunia kerja, pengangguran terdidik akan semakin membengkak. "
Yogyakarta: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNY, {s.a}
370 PJIP
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Zamroni
Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000
370 Zam p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Suwarno
Jakarta: Rineka Cipta, 1992
370 Suw p
Buku Teks Universitas Indonesia Library