Ditemukan 14598 dokumen yang sesuai dengan query
"Energy audit for the electrical system in the commercial building. This papers presents some results of the energy audit that was conducted in the commercial building i.e a hotel to recommended measures to decrease energy costs every month by idenfifying of energy loss..."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
URANIA 15 (1-4) 2009
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Amalia Kumala Dewi
"
Situasi Pandemi Covid-19 yang sudah mulai terkendali membuat banyak perkantoran mulai menerapkan sistem kerja Work From Office (WFO) kembali. Penerapan sistem kerja WFO tentu meningkatkan tingkat konsumsi energi listrik pada wilayah perkantoran. Tingkat konsumsi energi listrik di suatu gedung bergantung pada luas bangunan serta peralatan elektronik yang digunakan di gedung tersebut. Penggunaan energi listrik yang berlebihan mengakibatkan pemborosan energi listrik yang dapat berpotensi terjadinya pembengkakan tagihan listrik sehingga diperlukan metode konservasi energi yang salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan analisis audit energi dengan Intensitas Konsumsi Energi (IKE) sebagai parameter untuk menentukan boros atau tidaknya konsumsi energi di sebuah bangunan. Kawasan Perkantoran INDY Bintaro Office Park tergolong gedung yang memiliki tingkat konsumsi energi efisien dilihat dari nilai IKE yang memenuhi standar yang berlaku. Namun, terdeteksi adanya pemborosan penggunaan energi listrik dan distorsi harmonik yang cukup menggangu dalam memenuhi kebutuhan penerangan pada Kawasan Perkantoran INDY Bintaro Office Park sehingga diperlukan upaya penghematan energi. Kawasan Perkantoran INDY Bintaro Office Park telah menerapkan peluang hemat energi dengan pemasangan panel surya untuk membantu memasok kebutuhan energi listrik, pemasangan kapasitor bank untuk memelihara kualitas daya, dan pemasangan sensor gerak yag terintegrasi dengan lampu pada beberapa ruangan.
The end of the pandemic of Covid-19 is in sight along with most companies in Indonesia started to adjust their work system to be fully WFO (Work From Office) which enables the raising of electricity bills in office area. Electricity consumption in a building depends on its area and various electronic appliance used. Excessive electricity consumption will cause a significant increase in electricity bills. Energy conservation is needed as an act of electricity saving and an energy audit is the first step to start a good energy management. Energy utilization index (EUI) is a parameter that specify whether a building is categorized as efficient or not in consuming the electricity. INDY Bintaro Office Park is categorized as an efficient building with an energy utilization index met the applicable standards. However, excessive electricity consumption and a significant harmonic distortion are detected on lighting substation. INDY Bintaro Office Park already implemented some energy conservation actions such as generating solar cells to fulfill its electricity needs, installing capacitor bank to maintain power quality, and integrating motion sensor on the lamp installed in several rooms.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Janie Rachmawati Rahayu Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan efektivitas audit kepabeanan dan cukai di Indonesia. Faktor yang dianalisis adalah yang berkaitan dengan organisasi, auditor atau pemeriksa bea dan cukai, auditee atau pengguna jasa, dan peraturan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan mengirimkan kuesioner yang disebarkan kepada pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang pernah melakukan penugasan audit kepabeanan dan cukai. Responden penelitian yang diperoleh sebanyak 170 responden. Hasil kuesioner diuji menggunakan analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian adalah faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas audit kepabeanan dan cukai secara signifikan adalah faktor terkait organisasi, faktor terkait auditee dan faktor terkait peraturan. Faktor terkait organisasi yang mempengaruhi efektivitas audit kepabeanan dan cukai adalah adanya implementasi oleh organisasi atas rekomendasi dari tim audit untuk memperbaiki peraturan perundang-undangan terkait kepabeanan dan cukai. Faktor terkait auditee yang mempengaruhi efektivitas audit kepabeanan dan cukai adalah kepuasan auditee atas pelaksanaan audit kepabeanan dan cukai yang menunjukkan adanya kualitas audit kepabeanan dan cukai yang bagus. Sedangkan faktor terkait peraturan yang mempengaruhi efektivitas audit kepabeanan dan cukai adalah adanya peraturan dan standar hukum dalam pelaksanaan audit kepabeanan dan cukai serta pelaksanaan auditnya telah dijalankan sesuai dengan peraturan dan standar hukum tersebut.
This study aims to analyze the factors that determine the effectiveness of customs and excise audits in Indonesia. The factors analyzed are those related to the organization, customs and excise auditors or inspectors, auditees or service users, and regulations. This study uses primary data obtained by sending a questionnaire that is distributed to employees of the Directorate General of Customs and Excise who have conducted customs and excise audits. The research respondents obtained were 170 respondents. The results of the questionnaire were tested using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis. The results showed that the factors that significantly influence the effectiveness of customs and excise audits are organization-related factors, auditee-related factors and regulatory-related factors. Organization-related factors that affect the effectiveness of customs and excise audits are the implementation by the organization on the recommendations of the audit team to improve laws and regulations related to customs and excise. Auditee-related factors that affect the effectiveness of customs and excise audits are the auditee's satisfaction with the implementation of customs and excise audits, which indicate a good quality of customs and excise audits. Meanwhile, factors related to regulations that affect the effectiveness of customs and excise audits are the existence of legal regulations and standards in the implementation of customs and excise audits and the implementation of the audits has been carried out in accordance with these regulations and legal standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Difa Akmal Putra
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur perikatan audit yang dilakukan oleh KAP XYZ yang meliputi proses pembuatan formulir penerimaan klien, analisis risiko penerimaan klien, dan pembuatan surat perikatan. Proses evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan prosedur yang digunakan oleh KAP dengan standar audit (SA) dan konsep penerimaan klien menurut Dassen, Hayes, Schilder, Wallage (2005). Proses evaluasi menunjukan bahwa prosedur perikatan audit yang dilakukan oleh KAP XYZ sudah sesuai dengan standar audit yang relevan yaitu SA 210 Persetujuan atas Ketentuan Perikatan Audit dan SA 220 Pengendalian Mutu untuk Audit atas Laporan Keuangan. Prosedur perikatan audit yang dilakukan oleh KAP XYZ juga sudah sesuai dengan konsep penerimaan klien menurut Dassen, Hayes, Schilder, Wallage (2005).
This internship report discusses the evaluation of audit engagement procedures carried out by KAP XYZ which includes the process of making client acceptance forms, analyzing client acceptance risks, and making engagement letters. The evaluation process is carried out by comparing the procedures used by the KAP with auditing standards (SA) and the concept of client acceptance according to Dassen, Hayes, Schilder, Wallage (2005). The evaluation process shows that the audit engagement procedures carried out by KAP XYZ are in accordance with the relevant international accounting standards, namely SA 210 Approval of audit engagement provisions and SA 220 Quality Control for Audits of Financial Statements. The audit engagement procedure carried out by KAP XYZ is also in accordance with the concept of client acceptance according to Dassen, Hayes, Schilder, Wallage (2005)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Felicia M.K. Sentosa
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Agency problem impties the need of an independent profession(external auditor) to assure agent(management) act on behalf of principle....."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ni Made Dewi Suryani
"Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis mengenai kesenjangan ekspektasi dalam audit laporan keuangan pada sektor publik di Indonesia; mengetahui apakah auditor dan perikatan audit yang memberikan reasonable assurance dapat diandalkan untuk mendeteksi kecurangan; serta memaparkan tanggung jawab auditor untuk mendeteksi kecurangan dalam suatu audit atas laporan keuangan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesenjangan ekspektasi dalam audit laporan keuangan pada sektor publik di Indonesia tidak cukup beralasan; (2) terdapat kendala bawaan, yang menyebabkan auditor gagal mendeteksi kecurangan yang berdampak material pada laporan keuangan; dan (3) auditor bertanggung jawab untuk mendeteksi kecurangan yang berdampak langsung dan material terhadap penyajian laporan keuangan.
The objectives of this research are to present an analysis of the audit expectation gap of public sector financial statements in Indonesia; to determine whether the auditor and the audit engagement that provide reasonable assurance are reliable to detect fraud; and to highlight the auditor?s role and responsibilities for detecting fraud in the audit of financial statements. The method used in this research is the descriptive qualitative approach. The results of data analysis show that: (1) expectation gap in the public sector is not well-founded; (2) there are inherent limitations that may caused the auditor failed to detect fraud that have material effect on the financial statements; and (3) the auditor is responsible for detecting fraud that have direct and material effect to the financial statements."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ester
"Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi prosedur pengujian pengendalian dan prosedur substantif yang dilakukan KAP EST atas akun pendapatan PT HML untuk periode laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2022. PT HML merupakan perusahaan yang bergerak di industri perfilman. Prosedur audit yang ada akan dievaluasi kesesuaiannya dengan beberapa Standar Audit (SA) yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan prosedur audit KAP EST atas akun pendapatan PT HML sudah sesuai dengan standar audit yang berlaku di Indonesia. Di samping itu, laporan magang ini juga membahas hasil refleksi diri penulis atas pengalaman yang diperoleh selama magang di KAP EST.
This internship report was prepared to evaluate test of control and substantive procedures performed by KAP EST on PT HML revenue account for financial statement ended on 31 December 2022. PT HML is a company engaged in the movie industry. The conducted audit procedure will be evaluated based on applicable Audit Standard. The result of evaluation shows that the implementation of KAP EST audit procedure for PT HML revenue account is in accordance with the auditing standard that applicable in Indonesia. This report also discusses the results of the author’s self-reflection during the internship program at KAP EST."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Kamila Pramaputri
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk mengevaluasi prosedur audit KAP KLM atas aset tetap PT DBL untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2021. Prosedur audit terhadap PT DBL dilakukan secara jarak jauh. PT DBL merupakan perusahaan publik yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur telekomunikasi. Ruang lingkup proses audit yang disertakan dalam laporan ini terbatas pada tahap prosedur susbtantif. Prosedur substantif atas aset tetap meliputi prosedur analitis, rekalkulasi, uji detail, dan uji fisik. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada teori audit dan standar audit yang relevan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, hasil menunjukkan bahwa prosedur audit KAP KLM terhadap aset tetap PT DBL telah dilakukan sesuai standar audit yang berlaku.
This internship report was prepared with the aim to evaluate the audit procedures of KAP KLM on fixed assets of PT DBL for the period ended on December 31, 2021. The audit procedures for PT DBL were carried out remotely. PT DBL is a public company engaged in the provision of telecommunications infrastructure. The scope of the audit process included in this report is limited to the substantive procedure stage. Substantive procedures for fixed assets include analytical procedures, recalculations, tests of details, and physical tests. The evaluation is carried out by referring to audit theory and relevant auditing standards. Based on the evaluation conducted, the results show that audit procedures of KAP KLM towards fixed assets of PT DBL have been carried out in accordance with applicable auditing standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library