Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11286 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gruenwald, George
Jakarta : Elex Media Komputindo, 1992
658.8 GRU p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Teguh Setiawan
"PT. X telah mengembangkan produk baru Susu Bubuk Instant "Alpha". Penelitian bertujuan mengevaluasi penilaian konsumen terhadap produk baru tersebut. Metode penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kwesioner. Untuk menentukan bobot peranan dari variabel-variabel yang digunakan data yang diperoleh diolah dengan model AHP. Sedangkan untuk memperoleh penilaian konsumen terhadap produk baru digunakan pertanyaan berskala (1-5). Hasil penelitian yang merupakan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa responden mementingkan pilihan berdasarkan kualitas produk sebagai kriteria utama dalam membeli susu bubuk instant, kemudian diikuti oleh distribusi, harga dan program promosi. Dalam menilai kualitas produk, responden lebih mengutamakan nutrisi sebagai pertimbangan utama, kemudian diikuti oleh rasa susu, aroma, kekentalan, kelarutan dan kemanisan. Untuk kriteria distibusi, supermarket merupakan tempat berbelanja yang paling penting, kemudian diikuti oleh toko, pasar tradisional dan warung. Untuk kriteria program promosi, promosi penjualan merupakan alat promosi yang paling penting kemudian diikuti oleh iklan. Program promosi penjualan yang paling menarik bagi responden adalah hadiah langsung, kemudian diikuti sales pushing girls dan sampel gratis. Sedangkan untuk iklan, iklan televisi dianggap paling menarik minat responden dan baru diikuti oleh iklan media cetak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap produk baru dalam hal kualitas produk baru adalah "bagus" dan harganya "murah". Dalam hal distribusi dan promosi masih dianggap belum dapat menjangkau konsumen sasarannya, kondisi ini menjadi ancaman jika tidak ada tindakan perbaikan yang antisipatif. Sebagai saran, penulis menekankan pada upaya meningkatkan kegiatan distribusi dan program promosi untuk menangkal kecendrungan ancaman tersebut."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18436
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Supraktikno Rahardjo
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanung Budya Yuktyanta
"ABSTRACT
Pasar saat ini dicirikan dengan globalisasi perdagangan, munculnya blok-blok perdagangan, perkembangan teknologi yang bersifat cepat dan radikal, ketidakpastian, dan persaingan yang ketat.
Perubahan lingkungan bisnis yang sedemikian cepat berdampak sangat besar pada seluruh aspek bisnis, termasuk semakin meningkatnya peranan pengembangan produk baru dalam menunjang keberhasilan penguasaan pasar.
Pengembangan produk baru adalah kegiatan yang beresiko tinggi, dikarenakan kegiatan ini melibatkan investasi yang sangat besar, baik dari aspek uang, sumber daya lainnya, maupun waktu.
Sebagai gambaran dapat dikemukakan bahwa tingkat keberhasilan proses pengembangan produk baru hanya sekitar 59%, dan satu produk baru yang sukses dipasar memerlukan 6,6 ide pengembangan. Sehubungan hal itu, pelaksanaan proses pengembangan produk baru memerlukan pengelolaan yang cermat dan profesional agar dapat menghasilkan produk baru yang memiliki keunggulan komparatif.
Tesis ini membahas mengenai pengembangan produk baru sebagai alat strategis untuk meraih keunggulan dipasar yang bersaing. Pembahasan difokuskan pada 'manajemen' pengembangan produk baru, termasuk elemenelemen terpenting dari suatu pengembangan produk baru yang sukses, diantaranya komitmen pimpinan puncak, kemampuan manajemen R&D, isu-isu teknologi, isu-isu pemasaran, multi-functional teams, dan kepuasan pelanggan.
Tesis ini menelaah dan menganalisa sejumlah studi yang berkaitan dengan pengembangan produk baru yang dilakukan oleh beberapa akademisi dan praktisi di berbagai negara pada berbagai kelompok industri, serta merangkum hasil-hasil studi tersebut menjadi sebuah tesis yang kompak dan padat. Materi penelitian tesis ini dikumpulkan dari berbagai referensi, diantaranya buku, laporan penelitian/studi, jurnal, internet, dan media publikasi lainnya. Beberapa key success factors dan best practices yang dipraktekkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka didunia, yang dianggap berhasil dalam proses pengembangan produk barunya, juga diidentifikasikan dalam tesis ini.
Sebagai `sari' dari tesis ini dapat disimpulkan bahwa; product advantages, project definition & early predevelopment activities, core product concept, dan sinergi antara aspek pemasaran dengan aspek teknologi adalah merupakan key success factors dari suatu kegiatan pengembangan produk baru.
Sementara itu, mendefinisikan strategi produk, membentuk multi-functional teams, dan adanya komitmen dari pimpinan puncak adalah merupakan best-practices dalam kegiatan pengembangan produk baru.
Dalam tesis ini pengaruh dari strategi pemasaran dalam suatu keberhasilan produk baru tidak ditelaah secara terinci, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut, khususnya untuk mengetahui peranan strategi pemasaran dalam suatu keberhasilan produk baru (terlepas dari keungulan produk maupun strategi dari pengembangan produk barunya)."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anrinal
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan media quenching oil alternatif, temperatur tempering yang sesuai dengan media quenching alternatif, dan menciptakan Elastic rail fastening yang baru.
Penelitian dilakukan dengan variasi temperatur pemanasan 950°C, dan 1050°C, media quenching oil dengan viscositas SAE 20, 30, 40, 50, 90, dan 140, Temperatur temper 250, 350 dan 450°C, dan pengembangan produk dibatasi sampai pembuatan Model dari disain produk awal.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media quenching oil alternatif adalah dengan Viscositas SAE50, SAE90, dan SAE140. Temperatur tempering yang sesuai dengan media quenching altematif adalah 250°C dengan temperatur pengerasan 1050°C. Penghematan energi dan konsumsi bahan bakar dapat dicapai melalui pemakaian media quenching oil SAE140 yang dapat menghilangkan proses temper, dan oli SAE50 serta SAE90 dapat menurunkan temperatur temper menjadi 250°C. Produk baru yang terpilih adalah Model 1 yang memiliki unjuk kerja lebih baik dari Model-model lainnya.

ABSTRACT
The purpose of this research is to find quenching media oil alternative, the suitable tempering temperature to quenching media oil alternative, and create the new elastic rail fastening.
Research is done in many variations. Heating variety are 950°C, and 1050°C, viscosity of quenching media oil variety are SAE 20, 30, 40, 50, 90, and 140, tempering temperature are 250, 350 and 450°C. And new product development is done until prototype construction of preliminary product design.
The result showed that viscosity of quenching media oil alternative are SAE50, SAE90, and SAE140. Tempering temperature is 2500C at heating 10500C. Energy saving and fuel consumption reached with use oil SAE140 to delete tempering process, oil SAE50 and SAE90 to decrease tempering temperature to 250°C. The new product is Model 1 who has performance is better than other Models.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1991
S9106
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reidenbach, Eric
Jakarta: Bumi Aksara, 1994
332.1 REI dt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Taufan Sulistyo Darmawan
"Industri saat ini dihadapkan pada preferensi konsumen yang berubah dengan cepat. Peraturan baru dan iklim persaingan di antara perusahaan merangsang perubahan pada produk yang dipasarkan. Tim pengembangan produk baru ditantang untuk mempercepat pekerjaan mereka agar mempersingkat waktu produk ke pasar. Hal ini disebabkan oleh siklus hidup produk semakin pendek dan untuk menghindari perubahan preferensi sebelum produk diluncurkan. Pengetahuan tim pengembangan produk baru tentang karakter produk dan proses sebelumnya diperlukan untuk mempercepat proses pengembangan produk baru. Keterlibatan pemasok dan pengguna dalam menyiapkan produk baru tidak boleh dilupakan. Pengetahuan yang mereka miliki tentang produk dan proses terdahulu juga harus dikumpulkan. Pengguna mungkin memiliki keluhan tentang produk terdahulu, sementara pemasok mungkin mengalami kesulitan dalam menciptakan persediaan. Makalah ini mengusulkan kerangka kerja manajemen pengetahuan dalam mengembangkan produk baru untuk meningkatkan kualitas produk dan mempersingkat waktu ke pasar dengan melibatkan perspektif pengguna dan pemasok. Sebuah model dikembangkan berdasarkan tinjauan literatur dan wawancara ahli. Model yang diusulkan memiliki tiga proses dinamis: penciptaan pengetahuan, difusi pengetahuan, dan penyimpanan pengetahuan. Desain matriks terstruktur (DSM) dibuat untuk menganalisis hubungan antara tahapan dalam kerangka kerja. Untuk menguji kerangka kerja, studi kasus telah dilakukan di sebuah perusahaan otomotif. Studi kasus membuktikan bahwa model yang dikembangkan berkontribusi untuk mempersingkat waktu produk ke pasar. Penelitian di masa depan harus menerapkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi waktu produk ke pasar dan menguji model untuk industri lain.

In recent year, industries consumer preferences are subject to changes quickly. New regulations and the climate of competitions among companies stimulate changes at the market placed product. New product development teams are challenged to accelerate their work. This is due to the product life cycle is getting shorter and to avoid change of preference before the product launched. The new product team's knowledge of the character of the previous products and processes is needed to accelerate the process of developing new products. The involvement of supplier and user in preparing new product should not be forgotten. The knowledge they have about previous products and processes must also be collected. Users may have complaints on the previous product, while suppliers may have difficulties in creating the supply. This paper proposes a knowledge management framework in developing new product in order to improve product quality and shorten time-to-market with involvement of user and supplier perspective. A model was developed based on literature review and expert interview. The proposed model has three dynamic processes: knowledge creation, knowledge diffusion, and knowledge storage. A design structured matrix (DSM) was created to analyze the relationship between stages in the framework. To test the framework, a case study has done in an automotive company. The case study resulting on a proof that the developed model contributes to shorten the product's time-to-market. Future research shall apply other factors that affect product time-to-market and test the model to the other industries."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Peran merek sebagai salah satu aset berharga yang dimiliki oleh suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dipertahankan. PT. X Indonesia yang memproduksi permen dengan salah satu mereknya adalah permen Y dengan rasa mint isi coklat merasa perlu melakukan pengembangan produk baru (new product development) untuk meningkatkan peran merek. Untuk mendapatkan produk yang diinginkan, perlu dilakukan survei. Alat ukur yang digunakan dalam survei adalah kuisioner yang penyebarannya dilakukan selama tiga minggu (24 Maret ? 13 April 2003) dengan total kuisioner sebanyak 170 buah, namun hanya 148 data yang dapat digunakan untuk analisis. Metode yang digunakan dalam analisis perencanaan pengembangan produk ini adalah Simple Correspondence Analysis (SCA) dan Multiple Correspondence Analysis (MCA). Perencanaan yang dihasilkan dalam analisis ini adalah rasa coklat mint isi cairan coklat sebagai varian rasa baru pilihan responden, iklan TV merupakan media yang tepat untuk melakukan promosi, warna biru dan soundtrack pada iklan televisi perlu dipertahankan akan tetapi perlu dipertimbangkan lagi untuk membuat iklan yang lebih menarik. "
Universitas Indonesia, 2006
S27638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>