Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172551 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Subaiha Kipli
"Dalam rangka tercapainya tujuan pembangunan di Indonesia yaitu pembangunan yang berwawan lingkungan dan berkelanjutan maka pembangunan tersebut harsulah memenuhi persyaratan lingkungan. Sesuai dengan dengan ketentuan dalam peraturan perundangan yang berlaku, kegiatan pembangunan jalan yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, wajib dilengkapi dengan dokumen /studi lingkungan berupa Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang terdiri dari Kerangka Acuan (KA), Analisa Dampak Lingkungan (ANDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (KRL)/Rencana Pemantauan Lingkungan ( RPL) sedangkan untuk kegiatan yang tidak menimbulkan dampak besar.

In order to achieve Indonesia's development goals of sustainable and environmental sound development, the environmental circumstance must be met in every stage of the development process. In Accordance with current Indonesian rules and regulations, road development activities which cause significant environmental impacts."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T23789
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dharmawan Harsokoesoemo
Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 1999
620.004 25 DHA p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hani Khotijah Susilowati
"Tesis ini membahas tentang efektivitas proses pelaksanaan bimbingan teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di provinsi DI. Yogyakarta, yang telah diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA. Penelitian ini adalah penelitian gabungan antara kuantitatif dan kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas proses pelaksanaan bimtek KTSP meliputi variabel materi, fasilitator, sarana prasarana, metode penyajian dan manajemen cukup efektif. Bimtek KTSP yang diselenggarakan juga menambah pengetahuan/keterampilan peserta dalam Penyusunan dan Pengembangan KTSP, Penyiapan Perangkat dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik, serta Penyusunan Program Pengembangan Diri dan Layanan Akademis. Perlu pengkajian kembali oleh Direktorat Pembinaan SMA terhadap alokasi waktu per materi, pembagian waktu antara teori dan praktek, penetapan kriteria fasilitator dan lama pelaksanaan pada pelaksanaan Bimtek KTSP tersebut.

This thesis discussed about the effectiveness in technical guidance implementation process of Education Curriculum Unit in Yogyakarta, that was held by Direktorat Pembinaan SMA. This research was the mixed methods between quantitative and qualitative method and the descriptive design.
Results of the research showed that the effectiveness in technical guidance implementation process of Education Curriculum Unit covered the material variable, the facilitator, infrastructure means, the presentation method, and the management are effective. The technical guidance of Education Curriculum Unit that was held increased knowledge/participants's skills in the compilation and the development of Education Curriculum Unit, preparing of equipment and the implementation of the assessment of study results of student, as well as the compilation of the development program himself and the academic service. Service investigation came back by Direktorat Pembinaan SMA towards the allocation of time each material, the distribution of time between the theory and the practice, the determination of the facilitator's criterion and for a long time the technical guidance can do."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T26799
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Analisa Titik lmpas sebagai bagian dari Ekonomi Teknik dapat digunakan untuk berbagai macam pcrsoalan yang berhubungan dengan analisa n.Jasalah keuangan, Secara gi:m"s besar, tujuan dari Analisa Titik lmpas adalah untuk menenlukan lingkat penjuafan dan bauran produk yang diperlukan untuk mencapai laba yang dttargetkan, yang mana berguna bagi pihak manajemen dalam mengambil keputusan. Dlsamping itu juga Ana!isa Titik lmpas dapat digunakan uniuk penetapan tingk:at harga suatu produk baik barang maupun jasa untuk sualu keadaan tertentu. Sesuai dengan hal tersebut, maka dalam hal ini di/akukan suatu penelitian untuk menetapkan tarif suatu produk jam; yaitu. tarif kamar hotel, bcrdasarkon Analisa Titik impas dan Aliran Kas. Langkah awal untuk menentukan tarif kamar hotel ini adalah dengan mengestima.si tingk"ta lumian rata-rata yang ada. Hal ini dilakukan dengan mengestimasikon jumlah permintaan dan penawaran aiDs kamar hotel yang ada eli daerah tersebut. Metoda Titik lmpas disini digunakan untuk mencari tarif kamar hotel dimana perusahaan tidak merugi. tetapi perhitungan tersebut tidak memperhitungkan suku bunga dan waktu. Sedangkan Metoda A/iran Kas digunaka11 untuk mencari tarif ?"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
02 Sur p2
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Kamilah Kinanti
"Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan merupakan kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI
melalui unit Pusat Pembinaan Pustakawan (P3) sebagai upaya memenuhi tanggung jawabnya selaku instansi pembina. Dengan target ribuan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia, Bimtek Tenaga Perpustakaan menghabiskan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu. akan sangat disayangkan ketika pelaksanaannya tidak tepat sasaran. Untuk menghindari hal tersebut, penyelenggara perlu mematangkan perencanaan sebaik mungkin, salah satunya dengan menilai kebutuhan materi bimtek yang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta. Melalui penelitian ini, penulis melakukan need assessment yang baru pertama kali dilakukan pada Bimtek unit P3 yang melibatkan pustakawan dan tenaga perpustakaan dengan skala nasional. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dan metode survei pada 2.080 responden yang merupakan Tenaga Perpustakaan di Indonesia. Kuesioner dibangun dengan mengadopsi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Perpustakaan. Diperoleh hasil bahwa Fungsi Kunci yang paling banyak dipilih adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi Perpustakaan"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:2 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Wastucitra Cantika
"Latar belakang: Universitas Indonesia telah menggunakan Learning Management System (LMS) sejak tahun 2004 yang saat ini disebut sebagai EMAS (E-learning Management System). Adanya pandemi COVID-19 berdampak pada penguatan sistem pembelajaran daring sehingga dibutuhkan kesiapan mahasiswa yang baik terlebih pada mahasiswa kedokteran yang dituntut untuk belajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara kesiapan mahasiswa terkait LMS dengan nilai sumatif modul Sistem Pelayanan Kesehatan Primer pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Metode: Desain penelitian ini adalah potong lintang dengan menggunakan data sekunder kuesioner daring pada modul SPKP. Sejumlah 191 responden dari mahasiswa semester 7 dan 8 yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kesiapan terkait LMS dan nilai sumatif. Kuesioner terdiri dari 10 pertanyaan dengan jawaban diberi nilai satu sampai tiga. Hasil kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan SPSS dan dianalisis menggunakann uji chi square. Hasil: Mahasiswa FKUI yang siap dalam menerima pembelajaran pada LMS sejumlah 51,3%. Nilai sumatif modul SPKP yang paling banyak didapatkan adalah B- sejumlah 31,4%. Ditemukan P-value 0,002 melalui uji Chi-Square untuk menilai hubungan antara kesiapan mahasiswa dengan nilai sumatif. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara kesiapan mahasiswa terkait LMS dengan nilai sumatif modul SPKP pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Maka dari itu, kesiapan mahasiswa terkait LMS sangat penting dalam pembelajaran suatu modul.

Introduction: Universitas Indonesia has been using the Learning Management System (LMS) since 2004 which is currently known as EMAS (E-learning Management System). The existence of the COVID-19 pandemic has an impact on strengthening the online learning system so that good student readiness is needed, especially for medical students who are required to lifelong learning. This study aims to assess the relationship between student readiness related to LMS and the summative test score of the Primary Healthcare System module for students of the Faculty of Medicine, Universitas Indonesia. Method: The design study of this research was cross-sectional using secondary data from an online questionnaire in the SPKP module. A total of 191 respondents from 7th and 8th semester students were grouped based on readiness related to LMS and summative test scores. The questionnaire consists of 10 questions with answers rated from one to three. The results of the questionnaire were then processed using SPSS and analyzed using the chi square test. Result: Medical students of Universitas Indonesia who are ready to receive learning at LMS are 51.3%. The summative test score of the SPKP module that most obtained was B- with a total of 31.4%. Chi-Square test shows a P-value of 0.002 to assess the relationship between student readiness and summative test score. Conclusion: There is a statistically significant relationship between the student readiness related to learning management system and the summative test scores for primary healthcare system module in medical students of Universitas Indonesia. Therefore, student readiness related to LMS is very important in learning a module."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The research aimed to identify the effect of applying PAU-UT model on narrative writing skills tutorial session among students of S1 PGSD programme. Through experimental methods, this study involved two group of samples: Group 1 was treated using the PAT-UT 1 model, and Group 2 was treated using PAT-UT 2 model. Data were gathered through questionnaires and test of narrative/text writing ability and then were analyzed using descriptive statistical test and t-test. The result on text writing skills using PAT-UT 2 model showed better results compared to PAT-UT 1 model. Result of t-test showed that groups treated with PAT-UT 2 model provides higher learning outcomes than groups treated with PAT-UT 1 model (t.s.0.90=1,32). Concluded that the implementation of PAT-UT 2 on narrative writing skills can improve learning activity and learning outcome of students of S-1 PGSD programme."
JPUT 11:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
van der Veur, Barbara W.
Surabaya: Antar KArya, 1981
808.02 Van p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1992
808.066 UNI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>