Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181537 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Fauzan
"Banyak eksperimen yang telah dilakukan untuk mendapatkan nilai faktor gesek sebuah pipa berpenampang persegi dengan aspek rasio 1. Pendekatan yang telah dilakukan untuk mendapatkan nilai gesek diantaranya secara eksperimental, empiris, dan simulasi CFD. Berdasarkan eksperimen ? eksperimen diperoleh nilai faktor gesek pipa berpenampang persegi dengan aspek rasio 1 paling kecil dibandingkan dengan pipa selain aspek rasio 1.
Untuk mendapatkan nilai faktor gesek tersebut maka dilakukan sebuah eksperimen dengan menggunakan pipa akrilik berpenampang persegi dengan aspek rasio 1. Selain melakukan eksperimen, dilakukan juga pendekatan empiris dengan menggunakan persamaan eksplisit Colebrook-White aliran-pipa dan juga dengan menggunakan simulasi CFD untuk mengetahui karakteristik aliran dan memperlihatkan aliran sekunder pada pipa berpenampang persegi dengan aspek rasio 1 tersebut.
Persentase kesalahan nilai koefisien gesek pada bilangan Reynolds 11066.67 untuk pipa berpenampang persegi dibandingkan dengan pipa berpenampang bundar berdasarkan hasil eksperimen, teoritis, simulasi CFD adalah 1.31 %, 0 %, 8.31% secara berurutan.

Many experiments have been done to get friction factor of pipe of rasio aspect 1 (square cross section). In this study friction factor was gotten by experimental, empirical approach and CFD simulation. Friction factor of pipe of rasio aspect 1 (square cross section) is most lowest.
In this study experimental used acrylic pipe with aspect rasio 1 (square cross section), empirical method used explicit Colebrook-White equations for pipeflow, and for knowing flow characteristic, secondary flow, was used CFD simulation.
Error percentage of friction factor value with Reynolds number 11,066.67 for the pipe of rectangular section which is compared the pipe of circular section based on results of experiment, theoritical and CFD simulation is 1.31 %, 0 %, 8.31% respectively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37375
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Deky Putra
"Koefisien gesek sangat mempengaruhi aliran fluida pada sebuah pipa. Semakin besar koefisien gesek yang dihasilkan maka daya yang digunakan untuk mengalirkan fluida tersebut semakin besar. Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyatakan bahwa koefisien gesek pada pipa berpenampang persegi lebih kecil dibandingkan dengan pipa berpenampang bundar.
Hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan pipa akrilik pada bilangan Reynolds 4000 < Re < 11067, didapatkan nilai faktor gesek pipa berpenampang persegi dengan aspek rasio 1, lebih kecil dibandngkan pipa berpenampang bundar dan pada bilangan Reynolds 11067 < Re < 25000 lebih besar. Hal tersebut disebabkan dari karakteristik aliran yang mengalir pada pipa persegi dan diduga adanya penundaan kondisi transisi aliran laminar ke turbulen.

Friction factor is very influencing of fluid flow in a pipe. It means that energy used to conduct the fluid ever greater if friction factor was greater too. Research have been done previously express that friction factor of square cross section with ratio 1 pipe as smaller than circular pipe.
Result of examination by using acrylic pipe is got that friction factor of square cross section with ratio 1 pipe as smaller than circular pipe at Reynolds number 4000 < Re < 11067 and as bigger at Reynolds number at 11067 < Re < 25000. That mentioned caused from stream characteristic of square cross section with ratio 1 pipe and anticipated by the existence of postponement of condition of transition of stream laminar to turbulent
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37358
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Wahid Al Adami S.
"Eksplorasi minyak lepas pantai (off shore) membutuhkan jaringan instalasi pipa bawah laut yang disebut Pipe Line System. Kontur permukaan dasar laut yang tidak teratur menyebabkan pipa terbentang bebas (tanpa mengalami kontak antara pipa dan dasar laut) atau mengalami free span. Salah satu aspek penting dalam perancangan offshore pipeline adalah analisa rentangan bebas (free span analysis) dan analisis VIV (Vortex Induced Vibration) akibat pelepasan vortek shedding pada aliran fluida yang melewati pipa.
Studi ini fokus pada interaksi frekuensi alami akibat free spanning dan kaitannya dengan VIV yang jika tidak disesuaikan akan mengakibatkan resonansi dan menyebabkan kegagalan struktur. Tugas ini mengambil studi kasus pada konstruksi - Oyong Project - milik Santos Pty Ltd.
Analisis dan kalkulasi yang digunakan untuk menghitung free spanning adalah menggunakan rule DNV RP F105 dan simulasi vortex shedding pada system instalasi menggunakan program CFD yaitu program EFDLab yang pada akhirnya dapat dianalisis panjang free span yang aman dan optimum dalam project ini.

Oil and gas exploration needs installation of piping system that so called pipeline system. Seabed contour that randomly not such a plane makes piping system to be freely hanged on several parts, this case called free spanning. One of the most important aspect in piping design is determine and analyse the free spanning on the pipeline and the relation with vortex shedding (VIV: Vortex Induced Vibration) caused by the fluids flow around the pipeline.
This Study focused on the interaction and relation between free spanning with VIV that if not well analyzed causes fail in construction and structure. This Final Project takes study case in 'Oyong Project' by Santos Pty Ltd as data source.
The analysis of Free Spanning uses DNV RP F105 Rule, and the Simulation Uses CFD program, EFD Lab to simulate Vortex Shedding around the pipe line which finally could get the final result in safe and optimum installation of the pipeline.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51008
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Astibiani Ratna Setiawati
"Rem merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan sebagai alat pengaman saat memberhentikan kendaraan terutama dari kecepatan tinggi. Pengereman secara berulang-ulang pada waktu yang lama, seperti saat menuruni jalan yang curam atau pengereman mendadak dari kecepatan tinggi, dapat menyebabkan hilangnya daya cekam, pemakaian prematur, kerusakan pada bearing/bantalan, thermal cracks dan lain-lain. Problem tersebut dapat dihindari dengan menurunkan temperatur maksimal selama masa aktif rem dan menurunkan waktu pendinginan pada temperature yang dapat diterima oleh piringan rem.
Dalam kesempatan ini, penulis mencoba menganalisa secara numerik dan membuat simulasi model pendinginan pada piringan rem di mobil penumpang. Penulis menggunakan CFD kode Fluent untuk melakukan simulasi numerik dalam melakukan perhitungan pemanasan dan pendinginan pada piringan rem pada saat pengereman. Perpindahan panas yang terjadi dianalisa sesuai dengan fitur-fitur desain pada piringan rem. Hasil analisa memperlihatkan bahwa kelompok perpindahan panas secara konveksi mendominasi pada model pendinginan.

Brakes are one of vehicle?s safety parts, which slow down or braking the vehicle especially from high velocity. Long repetitive braking may cause brake fade, premature wear,bearing cracks, thermal cracks, etc. These problems can be avoided by lowering the maximal temperature during the brake activation and by shortening cooling time to the acceptable temperature of the disc brake.
This paper deals with numerical and analytical modeling of disc brake cooling of a passanger car. CFD code FLUENT is used for numerical simulations that account for warming and cooling of the disc brake during brake application. Heat transfer that occurs have been analysed as the design features of the disc brake. The analysis proved the mode of convection heat transfer dominated cooling modelling.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S36220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Ferdiansyah
"Fluida baik berupa gas atau cair memerlukan media penghantar untuk dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain melalui sistem perpipaan. Untuk merancang sistem pipa dengan benar, engineer harus memahami perilaku sifat fluida dan sistem pipa akibat pembebanan dan regulasi (kode standar desain) yang mengatur perancangan sistem pipa. Perilaku sistem pipa ini antara digambarkan oleh parameter-parameter fisis, seperti perpindahan, percepatan, tegangan, gaya, momen dan besaran lainnya. Kegiatan perekayasaan untuk memperoleh perilaku sistem pipa ini dikenal sebagai analisis tegangan pipa atau analisis fleksibilitas.
Tujuan tugas akhir adalah analisa tegangan sistem perpipaan pada model cabang dengan kode standar desain ASME B31.3 dengan menggunakan dua perangkat lunak yaitu Caesar II Ver. 4.2 dan Autopipe Ver. 6.2. Analisis tegangan yang dilakukan terhadap model mempertimbangkan kondisi yang sama dan pada akhirnya diketahui bahwa terdapat perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam pengolahan data. Perbedaan ini menimbulkan hal yang menarik untuk diskusi sehingga dapat mengoptimalkan perancangan secara baik dan aman.;Fluids which are gas or liquids need transport medium to move from one place to another places with piping system. In order to design piping system correctly, an engineer should know abaout the behaviour of the piping system because its load and the regulations (design standard code) that rule the piping system design itself. The behaviour of the piping described from phisics parameters, for example are displacements, accelerations, stress, forces, moments and another variables. The engineering process in this piping system called as piping stress analysis or more familiar with flexibilitiy analysis.
This paper would do a piping stress analysis system for a model which used two software that are Caesar II Ver.4.2 and Autopipe Ver.6.2 to find out stress result at a branch that using ASME B.31.3 design standard. The stress analysis to the model uses same condition and finally would be know the differences at data analysis. The differences are interesting topic to be discussed so it would uses for design correctly and safe.;Fluids which are gas or liquids need transport medium to move from one place to another places with piping system. In order to design piping system correctly, an engineer should know abaout the behaviour of the piping system because its load and the regulations (design standard code) that rule the piping system design itself. The behaviour of the piping described from phisics parameters, for example are displacements, accelerations, stress, forces, moments and another variables. The engineering process in this piping system called as piping stress analysis or more familiar with flexibilitiy analysis.
This paper would do a piping stress analysis system for a model which used two software that are Caesar II Ver.4.2 and Autopipe Ver.6.2 to find out stress result at a branch that using ASME B.31.3 design standard. The stress analysis to the model uses same condition and finally would be know the differences at data analysis. The differences are interesting topic to be discussed so it would uses for design correctly and safe.

Fluids which are gas or liquids need transport medium to move from one place to another places with piping system. In order to design piping system correctly, an engineer should know abaout the behaviour of the piping system because its load and the regulations (design standard code) that rule the piping system design itself. The behaviour of the piping described from phisics parameters, for example are displacements, accelerations, stress, forces, moments and another variables. The engineering process in this piping system called as piping stress analysis or more familiar with flexibilitiy analysis.
This paper would do a piping stress analysis system for a model which used two software that are Caesar II Ver.4.2 and Autopipe Ver.6.2 to find out stress result at a branch that using ASME B.31.3 design standard. The stress analysis to the model uses same condition and finally would be know the differences at data analysis. The differences are interesting topic to be discussed so it would uses for design correctly and safe."
2008
S50734
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Choky Jonathan
"Penelitian ini memperlihatkan fenomena aliran fluida campuran antara udara dan gas sintetik di dalam cyclone gas burner. Pengamatan berfokus pada fenomena intensitas turbulen, energi kinetik turbulen, dan kecepatan aliran percampuran udara dan gas sintetik akibat variasi posisi inlet cyclone gas burner dengan pemodelan menggunakan ANSYS Fluent. Pengamatan pemodelan fenomena percampuran ini digunakan untuk melihat desain yang paling optimum untuk cyclone gas burner dengan debit konstan aliran udara dan gas sintetik masing-masing 11,38 x 10-4 m3/s dan 8,06 x 10-4 m3/s. Gas sintetik merupakan produk gasifikasi biomassa sekam padi tipe fixed bed downdraft gasifier dengan komposisinya 50% N2, 3% CH4, 18% H2, 19% CO, dan 10% CO2.

This research showed the phenomena of fluid flow between the mixing flow between air and synthetic gas in cyclone gas burner. The observations focused on the phenomenon of turbulence intensity, turbulent kinetic energy, and the flow velocity of air and synthetic gas mixture as a result of variations in cyclone gas burner inlet position using ANSYS FLUENT modeling. Observating of mixing phenomena modeling is used to view the most optimum design for cyclone gas burner with constant air and synthetic gas each flow rates is 11,38 x 10-4 m3/s and 5,5 x 10-4 m3/s. Synthetic gas is rice husk biomass gasification product using fixed bed downdraft gasifier with 50% N2, 3% CH4, 18% H2, 19% CO, and 10% CO2 composition."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S63471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Junor Maulana Ahmad
"Potensi negara menjadi produsen ikan terbesar di dunia salah satu nya dimiliki Indonesia yang dimana memiliki industri perikanan yang cukup makmur dapat dilihat dengan jumlah populasi perikanan diindonesia mencapai 12.5 juta ton per tahun yang diambil para nelayan menggunakan kapal ikan. Pentingnya kapal untuk meningkatkan populasi perikanan, dibutuhkan pengembangan atau inovasi guna mendapatkan performa kapal yang lebih baik dalam segi hambatan, stabilitas ,olah gerak dan lain-lain. Dengan adanya inovasi kapal pelat datar jenis semi-trimaran banyak para nelayan yang terbantu dikarenakan manufaktur yang mudah dan murah dalam pemeliharaannya. Namun kapal pelat datar juga memiliki kekurangan yaitu hambatan yang harus diperhatikan. Maka dari itu diperlukan modifikasi pada desain pelat datar khususnya bagian haluan yang dibuat menjadi streamline atau dalam tugas akhir ini kapal ikan 5GT Model B. Pada desain tersebut dilakukan pengujian simulasi CFD dan eksperimen uji tarik untuk mengetahui nilai hambatan total dalam 3 kondisi yaitu ketinggian draft 50%,75% dan 100%. Pengujian dilakukan pada kecepatan 4 - 8 knot untuk kapal ukuran asli dan untuk ukuran model 1:10 mengikuti variasi indikator alat dimmer. Hasil pengujian simulasi CFD menggunakan Ansys Fluent pada kondisi 1 memiliki perbedaan paling besar 70.7% , pada kondisi 2 memiliki perbedaan 36.9% dan pada kondisi 3 memiliki perbedaan 10.5% dibandingkan dengan pengujian eksperimen uji tarik pada nilai hambatan total kapal ikan 5GT Model B.

The potential of a country to become the largest fish producer in the world is evident in Indonesia, which has a thriving fishing industry. Indonesia's fishing population reaches 12.5 million tons per year, with fishermen using fishing vessels to harvest the abundant marine resources. The importance of vessels in increasing fish populations necessitates development and innovation to achieve better vessel performance in terms of resistance, stability, maneuverability, and more. The innovation of semi-trimaran flat plate vessels has greatly assisted fishermen due to their ease of manufacturing and low maintenance costs. However, flat plate vessels also have drawbacks, particularly in terms of resistance, which needs to be addressed. Therefore, modifications are needed in the design of flat plate vessels, specifically in the bow section, which is streamlined in this final project, known as the 5GT Model B fishing vessel. In this design, CFD simulation testing and experimental towing tests were conducted to determine the total resistance values in three conditions: draft heights of 50%, 75%, and 100%. The testing was carried out at speeds ranging from 4 to 8 knots for the full-scale vessel, while for the 1:10 scale model, it followed variations in the dimmer indicator. The results of the CFD simulation using Ansys Fluent showed the largest difference in condition 1, with a difference of 70.7%, condition 2 had a difference of 36.9%, and condition 3 had a difference of 10.5% compared to the experimental towing test for the total resistance of the 5GT Model B fishing vessel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Saladin Harun
"Sistem pipa bawah laut merupakan sarana transportasi yang sangat penting terutama untuk menyalurkan minyak dan gas bumi dari sumbernya ke tempat pengolahan. Akibat dari kondisi topografi dasar laut yang tidak teratur, suatu offshore pipeline bisa saja terbentang bebas atau mengalami free span. Salah satu aspek penting dalam perancangan offshore pipeline adalah analisa rentangan bebas (free span analysis).
Pada pengerjaan skripsi kali ini perhitungan free span dinamik pada pipa bawah laut yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan berdasarkan Boyun Guo dan panjang span statik berdasarkan ASME B31.8 untuk pipa gas 14 inchi pada Oyong Project milik Santos Pty Ltd dan juga menggunakan program CFD yaitu program EFD Lab. Program tersebut akan digunakan untuk mensimulasikan kondisi aliran disekitar pipa bawah laut tersebut dan fenomena vortex shedding yang terjadi dan nantinya hasil dari program tersebut akan digunakan untuk dijadikan perbandingan perhitungan dari literatur yang telah dilakukan.

Subsea pipeline system is a means of transportation which is very important especially for delivering oil and gas from the source to the processing. As a result of the condition of the seabed topography is not smooth, an offshore pipeline could go free or have free span. One important aspect in the design of offshore pipeline analysis is free span analysis.
At the time this final project is processing calculations on the dynamic free span pipeline under the sea by using a calculation based on offshore pipeline Boyun Guo and static based on the length of span ASME B31.8 for 14 inches gas pipeline on the property of Santos Oyong Project Pty Ltd and also using the CFD program (EFD Lab). The program will be used to simulate flow conditions around the pipe under the sea and the vortex shedding phenomenon which occurs later and the results of the program will be used for the calculation of comparative literature that has been done.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51007
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Qodir
"Indonesia sebagai negara salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia sangat membutuhkan kapal sebagi alat transportasi dan perdagangan. Kebutuhan kapal di Indonesia ditekankan pada aspek kapasitas muatan yang besar namun memiliki konsumsi bahan bakar rendah.
Skripsi ini membahas tentang studi tahanan total konfigurasi sidehull II atau lambung sisi terluar model lambung kapal pentamaran dengan variasi jarak melintang S/L : 0,375, 0,325," "0,275 dan variasi R/L : 0,25, 0,05, dan -0,15. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan konfigurasi dengan tahanan terendah sehingga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Studi dilakukan dengan melakukan uji coba atau uji tarik di kolam/danau dengan kondisi air tenang (calm water) menggunakan data akuisisi dan simulasi menggunakan software ANSYS-Fluent.
Hasil penelitian menunjukkan kurva tahanan total dan koefisien tahanan total masing-masing konfigurasi. Koefisien tahanan total memiliki kecenderungan naik pada angka Froude, Fr = 0,1-0,3, kemudian kurva turun pada Fr = 0,4 dan naik lagi pada Fr = 0,5. Pada Fr > 0,5 kurva terus mengalami penurunan. Pada Fr = 0,1-0,4 konfigurasi 3c memiliki nilai koefisien terendah, sedangkan pada Fr = 0,4-0,5 konfigurasi 2a memiliki nilai koefisien terendah. Pada Fr > 0,5 semua konfigurasi berhimpit atau memiliki perbedaan yang sangat kecil.

Indonesia is one of the biggest archipelago in the world. Ships are the important things for the transportation tool and shipment in Indonesia. The needs of ship in Indonesia are focusing in the great load capacity, but with low fuel consumption.
This thesis discusses the total resistance studies of side-hull II configuration or the outer side of the pentamaran hull with transverse distance variation S/L: 0.375, 0.325, 0.275 and the longitudinal variation of R/L: 0.25, 0.05, and -0.15. This studies head for found out the optimum configuration which have the lowest resistance so it will reduce fuel consumption. Studies conducted by experiment or towing test at the towing tank or lake with calm water conditions using a data acquisition and simulation using ANSYS-Fluent software.
Results showed total resistance curve and the total resistance coefficient of each configuration. Total resistance coefficient has a tendency to rise on the Froude number, Fr = 0.1-0.3, then curves dropped at Fr = 0.4 and rose again at Fr = 0.5. At Fr > 0.5 the curve continues to decline. At Fr = 0.1-0.4, 3c configuration has the lowest coefficient value, while at Fr = 0.4-0.5, 2a configuration has the lowest coefficient. At Fr> 0.5 all configurations coincide or have a very small difference.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47532
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zufar
"ABSTRAK
Suatu simulasi telah dilakukan mempelajari sifat optik dari nanopartikel emas bentuk batang (gold nanorod) menggunakan metode elemen batas (boundary element method-BEM), dalam kasus ini kita akan memperhitungkan tidak hanya pengetahuan bahwa peningkatan medan oleh plasmon nanopartikel dapat mempengaruhi respon optic tetapi juga plasmon sangat sensitive terhadap perubahan dielektrik dari lingkungan, dengan demikian sifatnya juga dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran dari nanopartikel. Kami menemukan bahwa, Puncak-puncak spektrum ekstinsi, hamburan dan absorpsi terhadap panjang gelombang mengalami pergeseran ke arah panjang gelombang besar(red-shift) dengan bertambahnya ukuran diameter dari nanopartikel emas demikian juga dengan peningkatan indeks bias, sedangkan puncak-puncak spektrum ini mengalami pergeseran ke arah panjang gelombang kecil (blue-shift) dengan bertambahnya aspek rasio (AR) dari nanopartikel emas.

ABSTRACT
A simulation has been performed to study the optical properties of gold nanoparticles form of rods (gold nanorod) using the boundary element method (BEM boundary-element method), in this case we will take into account not only the knowledge that increasing the field by plasmon nanoparticles can affect the optical response but also the plasmon very sensitive to changes in the dielectric of the environment, thus its also influenced by the shape and size of nanoparticles. We found that, extinction spectrum peaks, scattering and absorption wavelength shifted toward large wavelengths (red-shift) with increasing the diameter of the gold nanoparticles as well as an increase in the refractive index, while the peaks of this spectrum shifted towards smaller wavelengths (blue-shift) with increasing aspect ratio (AR) of the gold nanoparticles."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T55351
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>