Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 152595 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Noni Juliasari
"Universitas Budi Luhur merupakan salah satu universitas di Jakarta yang memberikan layanan administrasi akademik sebagai bagian dari proses bisnisnya. Layanan administrasi akademik ini terdiri atas beberapa kegiatan birokratis yang harus ditempuhi mahasiswa untuk menyelesaikan aturan akademik. Bagi mahasiswa, mekanisme birokratis bukanlah layanan yang efektif dan efisien karena tidak fleksibel dalam waktu dan sangat menyulitkan. Layanan PA online merupakan sebuah aplikasi online yang dikembangkan untuk menggantikan sistem offline yang selama ini berjalan. Sistemini menyediakan layanan administrasi akademik pada sistem berbasis web yang dapat memfasilitasi layanan pengisian KRS dan KPRS oleh mahasiswa sendiri. Beberapa kelemahan yang ada pada sistem offline serta adanya perubahan kebijakan yang berlaku dari pihak akademik terhadap dosen Penasehat Akademik turut memicu keberadaan system PA online ini, selain karena adanya keinginan dari mahasiwa untuk memperoleh layanan yang memudahkan mereka. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang lengkap dan terdokumentasi dengan baik sangat dibutuhkan untuk menunjang berhasilnya pengembangan aplikasi ini. Dengan memanfaatkan metodologi Rational Unified Process (RUP) diharapkan spesifikasi yang dihasilkan dapat membantu dan mempermudah bagian pengembangan dalam mengembangkan aplikasi ini. Adaptasi RUP khususnya disiplin business modeling dan requirement dalam proyek ini akan disesuaikan dengan karakter aplikasi yang akan dikembangkan.

Budi Luhur University is one of university in Jakarta that provide some academic administration services as part of their business process. This academic administration services consist of several birocratic tasks that must be completed by student in order to finish an academic rule. For our students, birocratic mechanism is always not effective and not efficient too because it ussualy not flexible in time and very complicated. PA online is an online system that develop to replace an offline system that runs during the time. This system provide academic administration services based on web system which can facilitated an entry KRS service and KPRS by student themselves. Some weakness which found on an existing offline system and a change of policy in academic level for Penasehat Akademik lecturer have been trigger for build this system, besides caused by students desire to get an easy service that is facilitated for them. To make this project success, a complete and well documented software requirements becomes the main requisite. Software requirement specification yielded by adapting Rational Unified Process (RUP) methodology is expected to help this software developer. In this project, RUP adaptation particularly business modeling and requirement discipline will be conformed to characters of application being developed."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rezcky Ramadhan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang oleh mahasiswa FKM UI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang oleh mahasiswa FKM UI, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, dan mengetahui apakah fasilitas dan sosialisi sudah cukup untuk mendukung mahasiswa dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan walupun tingkat kesadaran akan keberadaan fasilitas ini cukup tinggi (82% responden) namun tingkat pemanfaatannya masih rendah yaitu hanya 62,7% responden. Sebagaian besar responden menyatakan memanfaatkan pangkalan data terpasang sebagai referensi untuk mengerjakan tugas kuliah seperti: penulisan makalah harian, UTS, dan UAS. Hasil penelitian ini juga menyarankan bahwa fakultas dan perpustakaan harus memaksimalkan fasilitas yang mendukung peningkatan pemanfaatan pangkalan data terpasang.

ABSTRACT
This study discusses the use of online database by students in FKM UI. The objectives of this study are to see the description of the use of online database by FKM UI students, identify the advantages and disadvantages for the students when they use it, and ascertain whether the facility and its socialization is sufficient to support the students in using the online database. This is a quantitative research with descriptive design. This study uses questionnaire as a method to collect the data. The result of this study shows that even though the awareness level of the existence of this facility is quite high (82%), the level of the use is still low at only 62.7% of the respondents. Most of the respondents said that they use the online database as a reference to perform the assignments such as: writing the daily papers, mid-tests, and final exams. In addition, the result also suggests that the faculty and its library should provide the supporting facilities that able to increase the use of online database."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S513
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Oktaviono
"Penelitian mengenai evaluasi pemanfaatan pangkalan data jurnal online Proquest, Elsevier Science Direct dan JSTOR telah dilakukan di Perpustakaan MM-FEUI, Jakarta pada bulan September 2007. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan jurnal elektronik dari pangkalan data online yang dilanggan oleh Perpustakaan MM-FEUI, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik, pangkalan data jurnal elektronik apa yang paling banyak digunakan, bagimana tingkat kepuasan pengguna terhadap pangkalan data online yang dilanggan dan yang terakhir mengetahui segala hambatan yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik yang dilanggan MM-FEUI.
Metode evaluasi yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode survei. Dengan menggunakan metode ini, dapat diketahui secara langsung pendapat pegguna mengenai layanan akses jurnal elektronik dari pangkalan data online yang dilanggan Perpustakaan MM-FEUI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sedangkan data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner, wawancara, pengamatan dan studi literatur. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pangkalan data online yang sering digunakan adalah pangkalan data online Proquest dan pengguna memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik untuk keperluan penulisan tesis serta untuk keperluan tugas/makalah kuliah mereka. "
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S15394
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sibley, J.F.
London: Aslib, 1991
R 025.06346 SIB o
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Zenia Annabel
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepuasan mahasiswa FEB UI terhadap pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan mahasiswa program S1 FEB UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Penilaian terhadap layanan berbasis web didasari oleh enam dimensi yang memengaruhi penilaian tingkat kepuasan terhadap perpustakaan digital, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, kemudahan, dan penyerapan kognitif. Enam dimensi ini berasal dari model yang merupakan perkembangan ulang dari model ISSM Information System Success Model oleh Masrek 2016 . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mahasiswa FEB UI merasa puas dengan layanan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata keseluruhan dimensi yang menunjukkan hasil yang positif.

ABSTRACT
This study discusses the level of student satisfaction in FEB UI to the online database Universitas Indonesia Library. The research uses quantitative approach and uses quesionnaire for data collecting which spread to 97 respondens. This research has taken in April 2017. The assessment of web based service is based on six dimentions that influence the level of satisfaction of digital library. Those dimentions which is derived from a model based on the re specified ISSM Information System Success Model by Masrek 2016 , are information quality, system quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, and cognitive absorption. The resulted in this research found that student in FEB UI are satisfied with the online database Universitas Indonesia Library. This thing can be seen from the calculation of the average overall dimention that show positive result."
2017
S67396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mokhammad Rizqi Herdiawan
"Peningkatan standar kehidupan mengakibatkan peningkatan tantangan yang muncul dalam kehidupan keseharian masyarakat, dimana dalam menghadapi semua tantangan tersebut membatasi waktu seseorang, sehingga meningkatkan  kebutuhan untuk perencanaan kegiatan dengan optimal. Pemanfaatan waktu yang optimal berarti dapat menyelesaikan atau mencapai semua kegiatan dan tujuan yang direncanakan dalam periode waktu yang telah ditentukan. Pemanfaatan waktu optimal dapat dianggap sebagai salah satu faktor untuk menentukan apakah seseorang telah hidup secara optimal. Semua kebutuhan harus diperhatikan dalam merencanakan kegiatan harian seseorang terutama kebutuhan fisik yang menunjang tubuh mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi berbasis android bernama “OPTI-Life” yang menyimpan data informasi kebutuhan fisik pengguna ke database online yang membantu perencanaan kegiatan harian optimal pengguna serta akhirnya untuk menguji apakah aplikasi tersebut dapat memenuhi fungsi yang direncanakan. Pengujian dilakukan melalui penggunaan langsung oleh relawan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 19 orang yang berasal dari kalangan umur mahasiswa dan dewasa muda dengan tingkat kesehatan beragam. Pengujian aplikasi dilakukan di lapangan oleh grup relawan yang nanti akan menjawab kuesioner serta pengumpulan video berisi pendapat dan saran relawan terhadap aplikasi. Hasil menunjukkan aplikasi dapat memenuhi fungsinya dengan penilaian tinggi dari 90% relawan serta rata-rata peningkatan penilaian sebesar 3,3% yang dipengaruhi peningkatan perbedaan berat dengan berat ideal subjek. Peningkatan selanjutnya aplikasi ditetapkan  memfokuskan pengolahan raga dan penampilan antarmuka. Aplikasi “OPTI-Life” dapat menyediakan informasi yang diperlukan pengguna untuk merencanakan pemenuhan kebutuhan fisik mereka dengan tingkat performa yang beragam dari aspek-aspek aplikasi.

Improvements in living standards result in increased challenges that arise in people's daily lives, where facing all these challenges limits one's time, thereby increasing the need for optimal activity planning. Optimal utilization of time means being able to complete or achieve all planned activities and objectives within a predetermined time period. Optimal time utilization can be considered as one of the factors to determine whether a person has lived optimally. All needs must be considered in planning a person's daily activities, especially the physical needs that support their body. The purpose of this research is to produce an android-based application called "OPTI-Life" which stores information on the user's physical needs into an online database that helps plan the user's optimal daily activities and finally to test whether the application can fulfill the planned functions. Testing is carried out through direct use by volunteers. Respondents in this study were 19 people who came from among the age of students and young adults with various levels of health. Application testing is carried out in the field by a group of volunteers who will later answer questionnaires and collect videos containing volunteer opinions and suggestions for the application. The results show that the application can fulfill its function with a high rating from 90% of volunteers and an average increase in ratings of 3.3% which is affected by the increase in the difference in weight with the subject's ideal weight. Subsequent enhancements to the application are set to focus on physical processing and interface appearance. The "OPTI-Life" application can provide users with the information they need to plan to meet their physical needs with various levels of performance from various aspects of the application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ashry Noviana Fajry
"Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct oleh pengguna Perpustakaan FEUI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR, dan Elsevier Science Direct, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data terpasang, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, kendala apa saja yang dihadapi dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang tersebut, mengetahui pangkalan data terpasang yang paling banyak dan yang paling sedikit dimanfaatkan oleh pengguna, dan yang terakhir mengetahui pendapat pengguna mengenai fasilitas dan sosialisasi yang dilakukan perpustakaan FEUI dalam mendukung pemanfaatan pangkalan data terpasang di FEUI. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct di FEUI masih rendah karena hanya 62,5% responden yang pernah menggunakan pangkalan data terpasang tersebut. Mahasiswa FEUI umumnya memanfaatkan pangkalan data dengan tujuan untuk mencari informasi untuk mengerjakan tugas kuliah. Responden menyatakan setuju dengan kelebihan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu kemutakhiran koleksi, kemampuan mengakses informasi lain, kemudahan dan kecepatan akses, ketersediaan informasi dan kemampuan menelusur artikel full text. Responden menyatakan setuju dengan kekurangan/kelemahan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu ketergantungan pada perangkat teknologi; ketidanyamanan saat membaca artikel di komputer; dibutuhkan keterampilan dalam menggunakan komputer untuk membaca koleksi elektronik. Sedangkan kekurangan pangkalan data terpasang akan kualitas teks, grafik dan tulisan hasil alih media tercetak ke elektronik yang terkadang rendah ditemukan hasil yang berimbang antara responden yang menyatakan setuju, netral dan tidak setuju. Kendala yang sering dihadapi responden yaitu kesulitan saat melakukan pencarian (search). Pangkalan data terpasang yang sering digunakan adalah JSTOR sedangkan yang paling jarang digunakan adalah Elsevier Science Direct. Pengguna berpendapat fasilitas komputer dan tempat untuk mengakses pangkalan data terpasang di lingkungan FEUI sudah cukup baik, sedangkan koneksi internet masih belum baik. Menurut pendapat pengguna, sosialisasi yang dilakukan perpustakaan untuk mensosialisasikan pangkalan data terpasang masih kurang. Pengguna juga berpendapat perlu ditambah pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis yang dilanggan. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15166
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syarifa Nurdina Hidayah
"Internet saat ini menjadi hal yang fundamental dalam kebutuhan sehari-hari. Koneksi internet bisa didapat salah satunya melalui Wi-Fi (Wireless Fidelity). Salah satu penyedia layanan Wifi terbesar di Indonesia adalah Indihome, yaitu perusahaan dibawah PT. Telekomunikasi Indonesia. Mengingat Indihome bukan satu-satunya penyedia layanan Wi-Fi di indonesia maka bagi setiap brand harus mampu mempertahankan kualitas layanannya. Kualitas layanan menurut Parasuraman, et al., (1985) ditentukan oleh sepuluh factor yaitu reliability, responsiveness, competence, access, courtesy, communication, credibility, security, understanding atau knowing customer, hingga tangibles. Melalui metode content analysis serta desk research makalah ini mencoba mencari keterkaitan antara faktor-faktor penentu dalam kualitas layanan Indihome melalui customer service nya di Twitter. Hasil menunjukan bahwa eksistensi kesepuluh faktor sudah terlihat di dalam akun @Indihome namun hanya tiga yang memenuhi ekspektasi dari para pelanggan. Faktor yang paling dirasa sangat kurang adalag faktor responsivitas yang dianggap monoton dan tidak solutif. Maka dari itu, diperlukan optimalisasi kualitas layanan melalui layanan konsumen agar dapat memenuhi ekspektasi pelanggan.

The Internet nowadays has become a fundamental need for everyday life. One or other way to get Internet connection is using Wi-Fi (Wireless Fidelity). The biggest Wifi provider in Indonesia is Indihome, a company under Telekomunikasi Indonesia. Since Indihome is not the only one wifi provider in Indonesia, therefore, a brand must maintain its service quality to fulfill customer needs. Service quality according to Parasuraman, et al., (1985) has ten factors to make it come true, there are reliability, responsiveness, competence, access, courtesy, communication, credibility, security, understanding or knowing customers, and tangibles. Through content analysis and desk research method, this article tries to find a relation between ten factors of service quality within Indihome service quality through their customer service on twitter. The result is that Indihome has already filled all of the factors, but Indihome hasn't fulfilled their customer expectations, only three of them that fulfilled by Indihome. The most unfulfilled factor is their responsivity that considered as unsolutive and monotone. Hence, Indihome needs to optimize their service quality through customer service, so that companywill fulfill their customer expectations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ridley, Damon D.
Chichester: John Wiley & Sons, 1996
025.065 RID o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Eka Kusuma
"Shadow library (SL), seperti Sci-Hub, Z-Library, dan Library Genesis, merupakan basis data online yang menyediakan konten yang sulit didapatkan atau diakses karena paywall maupun kontrol hak cipta lainnya dengan metode yang tidak resmi dan legalitas yang dipertanyakan. Isu fenomena SL berkaitan dengan pelanggaran hak cipta yang terjadi apabila basis data menyediakan bahan pustaka yang perlu dibeli hak aksesnya tanpa sepengetahuan pemilik hak cipta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan SL di Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penyebaran survei kepada 262 mahasiswa program sarjana di Universitas Indonesia (UI). Selain itu, penelitian ini menganalisis perbandingan frekuensi penggunaan SL dalam kegiatan akademik mahasiswa UI dengan penggunaan OPAC Perpustakaan UI. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa UI belum menggunakan SL. Namun, bagi mereka yang sudah menggunakan SL, mereka mendapatkan kesan yang positif dan kepuasan yang tinggi dibandingkan kesan dan kepuasan yang mereka dapatkan setelah menggunakan OPAC Perpustakaan UI.

Shadow libraries (SL), such as Sci-Hub, Z-Library, and Library Genesis, are online databases that provide content that is difficult to obtain or access due to paywalls or other copyright controls using unofficial methods with questionable legality. The issue of the SL phenomenon relates to copyright infringement that occurs when the database provides library materials for which access rights need to be purchased without the knowledge of the copyright owner. This study aims to analyze the use of SL in Universitas Indonesia. The research used the quantitative method by distributing a survey to 262 undergraduate students at Universitas Indonesia (UI). In addition, this study analyzes the comparison of the frequency of use of SL in the academic activities of UI students with the use of UI Library’s Online Public Access Catalog (OPAC). This study shows that the majority of UI students have not used SL. However, for those who have used SL, they get a more positive impression and higher levels of satisfaction compared to the impression and satisfaction they got after using UI Library’s OPAC."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>