Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86529 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dhian Ekawati
"Material komposit matriks aluminium grafit saat ini banyak digunakan karena sifatnya yang ringan dan memiliki kekuatan mekanis yang baik. Salah satu aplikasi yang mulai dikembangkan adalah untuk aplikasi tribologi, yakni material self-lubricating bearing dimana keunggulan material komposit ini ialah memiliki berat jenis yang ringan dibandingkan dengan material bronze bearing sehingga mampu menghemat penggunaan bahan bakar dari kendaraan.
Pada penelitian ini digunakan material komposit matriks aluminium dengan penguat berupa grafit 1% Vf, dan tembaga 0,5% Vf sebagai wetting agent. Metode yang digunakan ialah metalurgi serbuk dengan tekanan kompaksi sebesar 300 bar, variabel temperatur sinter 500°C, 550°C, 600°C, 650°C, dan 700°C dengan waktu tahan sinter selama 60 menit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh temperatur sinter terhadap sifat mekanis dari material komposit aluminium grafit. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekerasan (ASTM E-10), laju aus dengan metode Ogoshi, kuat tekan (ASTM E-9-89a), densitas dan porositas (ASTM 373-88), serta pengamatan struktur mikro dengan mikroskop optik dan SEM (Scanning Electron Microscope) dan uji komposisi dengan EDS (Energy Disperse Spectroscopy).
Dari hasil pengujian didapatkan kondisi optimum pada temperatur sinter 700°C dimana nilai kekerasan mencapai 78 BHN, nilai laju aus mencapai 13,8 x 10-6 mm³/mm, nilai kuat tekan mencapai 589 N/mm², nilai densitas mencapai 2,14 gram/cm³, dan nilai porositas mencapai 21,56%. Sedangkan dari hasil pengamatan struktur mikro menggunakan mikroskop optik dan SEM didapatkan adanya fasa intermetallic, dan pada pengujian komposisi menggunakan EDS didapatkan fasa matriks aluminium, Al2O3, dan intermetallic AlCu2. Hasil ini membuktikan bahwa sampel reinforced sinter memiliki sifat mekanis yang lebih baik dibandingkan dengan sampel unreinforced maupun reinforced non sinter.
Untuk aplikasi material bearing, nilai kekerasan dan laju aus yang didapat pada hasil penelitian ternyata masih belum memenuhi persyaratan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan proses pengerasan lebih lanjut atau penambahan kadar grafit untuk meningkatkan sifat mekanis dari material komposit aluminium grafit.

Nowadays, aluminum graphite composite has been widely use because of lightweight and good mechanical properties. One of the applications of using aluminum graphite composite is for tribological application, such as self lubricating bearing which is having an advantage that aluminum graphite composite has lower density than bronze bearing, so that it can reduce the using of fuels on the vehicles.
Material used in this experiment is aluminum matrix composite with 1% Vf graphite as a reinforced, and 0.5% Vf copper as a wetting agent. Powder metallurgy was used as a method to make an aluminum graphite composite material. Using pressure of 300 bars and sintering temperature variable from 500°C, 550°C, 600°C, 650°C to 700°C for 60 minutes. The aim of experiment is to analyze the effect of sintering temperature on mechanical properties of aluminum graphite composite. Mechanical tests are hardness testing (ASTM E-10), wear rate testing with Ogoshi technique, compression testing (ASTM E-9-89a), density and porosity. Micro structure was analyzed both optical microscope and scanning electron microscope (SEM), while energy disperse spectroscopy (EDS) to analyze the chemical composition of phases produced during sintering.
The optimum condition was sintering temperature at 700°C with hardness of 78 BHN, wear rate of 13,8 x 10-6 mm3/mm, compression of 589 N/mm², density 2,14 gram/cm³, and porosity 21,56%. Meanwhile, micro structure analyzed using optical microscope and SEM found an intermetallic phase, it is confirmed by EDS which is the micro structure containing of aluminum matrix phase, Al2O3, and intermetallic AlCu2.
These results prove that reinforced sinter sample has better mechanical properties than unreinforced and reinforced non sinter sample. Indeed for bearing material application, the hardness and wear rate in this experiment has not yet achieved. That is why, need further process to harden the material or by increasing the graphite content.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41754
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aini Ayu Rizkiyani
"Bantalan (bearing) merupakan salah satu komponen penting pada industry otomotif yang membutuhkan material dengan properties yang baik. Peningkatan properties dari suatu komponen dapat dilakukan dengan pemilihan material yang tepat. Komposit merupakan material alternatif yang dapat digunakan, dengan menggabungkan sifat-sifat unggul dari suatu material yang dapat menghasilkan material baru dengan properties yang lebih baik. Komposit alumunium grafit yang digolongkan dalam Metal Matrix Composite dapat digunakan sebagai pilihan yang potensial untuk menghasilkan bearing dengan kualitas yang lebih baik karena memiliki sifat mekanis dan fisik yang sesuai untuk kebutuhan industri otomotif. Keunggulan utama dari komposit ini adalah memiliki densitas yang rendah sehingga berat komponen akan semakin ringan, disamping itu juga memiliki ketahanan aus yang baik, kekuatan dan kekerasan yang tinggi.
Pada penelitian ini, komposit alumunium grafit dihasilkan dengan metode metalurgi serbuk dengan tahapan proses dari karakterisasi serbuk hingga sintering. Digunakan pula serbuk Cu (tembaga) sebagai wetting agent. Dengan variable yang digunakan adalah %Vf grafit maka akan diketahui pengaruhnya terhadap sifat mekanis, yaitu kekerasan, densitas/porositas, laju aus, dan kuat tekan serta struktur mikro material komposit alumunium grafit ini. Kadar grafit yang digunakan adalah 0,5%, 1%, 3%, 5%, dan 7%.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penambahan kadar grafit akan menaikkan properties diantaranya kekerasan, kuat tekan, dan densitas serta menurunkan porositas dan laju aus. Namun, peningkatan properties ini hanya akan tercapai apabila wetting agent yang digunakan mencukupi untuk membasahi grafit. Kadar optimum penambahan grafit adalah 1%Vf dimana nilai kekerasan dan densitas mencapai nilai tertinggi dan laju aus serta porositas pada nilai terendah.
Dari hasil pengujian, nilai densitas optimum yaitu sebesar 2,30 gr/cm3 diperoleh pada sampel sinter maupun non-sinter dengan 1%Vf Grafit. Nilai kekerasan optimum diperoleh pada sampel hasil sinter dengan kadar grafit sebesar 1%Vf sebesar 65 BHN, sedangkan kuat tekan optimum pada kadar grafit 7% yaitu 549 MPa. Nilai porositas minimum diperoleh pada sampel sinter dengan variable %Vf Grafit 0,5% yaitu sebesar 11,23%. Nilai laju aus minimum diperoleh pada sampel hasil sinter dengan %Vf Grafit 1% yaitu sebesar 4 x 10-5 mm3/mm. Pada pengamatan struktur mikro terlihat bahwa penambahan grafit akan meningkatkan porositas. Hasil SEM dan EDS menunjukkan adanya 3 fasa yaitu, fasa matriks, Al2O3 dan terbentuknya fasa intermetalik AlCu2.

Bearing is one of important components in automotive industry which is requiring good properties. By combining the best properties from each material and produce a new amterial with better properties, composite being an alternative materials. An aluminum MMC reinforced graphite posses a number of mechanical and physical properties that make them attractive for automotive applications, such as bearing to produce parts with better quality. Primary advantages of using this material are its low-density that will produce light weight component, with better wear resistance, higher strength and hardness.
In this reasearch, aluminum graphite composite was produced by powder metallurgy methode which started from powder characterization until sintering process. Copper powders were added as wetting agent. Graphite content from 0.5%, 1%, 3%, 5%, to 7%Vf were used as variable of this reasearch to observe the effect of graphite addition on mechanical properties, those are hardness, density/porosity, wear rate, compressive strength, and microstructure of aluminum graphite composite.
The result shows that graphite addition increased compressive strength, hardness, and the number of porosity but decrease density and wear rate. But it would be achieved if wetting agent is sufficient to wet graphite. The optimum properties achieved at addition of 1%Vf graphite which hardness and density are the highest meanwhile wear rate and porosity are the lowest.
The optimum density is 2.30 gr/cm3 which is reached at 1%Vf graphite content for both sintered and non-sintered samples. The highest hardness is 65 BHN from 1%Vf, sintered sample. The highest compressive strength is 549 MPa achieved at 7%Vf graphite content. Minimum porosity obtained at 0.5%Vf is 11.23%. And wear rate value is 4 x 10-5 mm3/mm reached at 1%Vf sintered sample. Microstructures observation shows that graphite addition increased the number of porosity. SEM and EDS data show that there are 3 phases on sintered sample, i.e matrix phase, Al2O3 phase and intermetallic AlCu2 phase.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41755
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Gunawan
"Nilai ekonomis produk sampingan dari batu bara, coal tar pitch, ternyata dapat ditingkatkan. Coal tar pitch tersebut dijadikan sebagai bahan baku penguat pada material komposit. Suatu alternatif material komposit dapat dibuat melalui kombinasi dua material antara grafit dan coal tar pitch. Proses sintering dilakukan untuk menciptakan material komposit tersebut. Variasi temperatur sinter digunakan untuk mengetahui perubahan properties dari material komposit grafit-coal tar pitch. Temperatur sinter yang digunakan, yaitu: 275°C, 385°C, dan 550°C.

The economic value of by-product of coke, coal tar pitch, can be improved. The coal tar pitch can be used as reinforcement material in composite materials. An alternative composite materials can be made through a combination of two materials of graphite and coal tar pitch. Sintering process undertaken to create the composite material. The variation of sintering temperature used to determine changes in properties of composite materials graphite-coal tar pitch. The sintering temperatures used, namely: 275°C, 385°C, and 550°C."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51536
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ricca Anggrainy
"Material komposit matriks logam Al-grafit merupakan hasil kombinasi makroskopis dari dua atau lebih komponen yang berbeda, yaitu Al sebagai matriks dan grafit sebagai penguat (reinforcement) memiliki antar muka diantaranya (interface) dengan tujuan mendapatkan sifat-sifat fisik dan mekanis tertentu yang lebih baik daripada sifat masing-masing komponen penyusunnya. Material komposit matriks logam Al-grafit dapat diaplikasikan untuk pembuatan struktur pesawat luar angkasa dan brake rotors. Pembuatan material komposit matriks logam dapat dilakukan dengan menggunakan metode metalurgi serbuk. Proses metalurgi serbuk melalui 3 tahapan, yaitu pencampuran (blending/ mixing), penekanan (compaction/pressing) dan pemanasan (sintering/ consolidation). Pada penelitian ini menggunakan campuran serbuk Al dan 8 Vf% grafit serta ditambah Mg sebagai wetting agent. Serbuk dikompaksi dengan tekanan sebesar 200 bar. Variabel temperatur sinter yang digunakan adalah 550_C, 620_C, 750_C, 850_C dan 950_C dengan waktu tahan sinter selama 30 menit. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekerasan, keausan, densitas, porositas, kuat tekan serta struktur mikro guna mengetahui pengaruh temperatur sinter dan beberapa perlakuan sampel komposit matriks logam Al-grafit. Dari hasil pengujian, pada variabel temperatur sinter kondisi optimum saat temperatur sinter 750_C, yaitu nilai kekerasan tertinggi mencapai 26 kg/mm , nilai densitas tertinggi mencapai 1,963 g/cm_, nilai prosentase porositas terendah mencapai 23,02%, nilai laju keausan terendah mencapai 8,43 x 10-7 mm_/mm dan nilai kekuatan tekan tertinggi mencapai 146 N/mm_. Pada beberapa perlakuan sampel, komposit matriks logam Al-grafit hasil proses metalurgi serbuk mencapai kondisi optimum bervariasi, yaitu nilai kekerasan tertinggi mencapai 26 kg/mm_ hasil komposit dengan penguat perlakuan sinter 750_C (reinforced sinter 750_C), nilai densitas tertinggi mencapai 2,017 g/cm_ hasil komposit dengan penguat tanpa perlakuan sinter (reinforced non sinter), nilai prosentase porositas terendah mencapai 20,91% hasil komposit dengan penguat tanpa perlakuan sinter (reinforced non sinter), nilai laju keausan terendah mencapai 8,43 x 10 -7 mm_ /mm hasil komposit dengan penguat perlakuan sinter 750_C (reinforced sinter 750_C), nilai kekuatan tekan tertinggi mencapai 248 N/mm_ hasil Al tempo, penguat tanpa perlakuan sinter (unrein/arced non sinter). Dari hasil pengamatan struktur mikro menggunakan mikroskop optik, komposit matriks logam Al-grafit hasil proses metalurgi serbuk memiliki prosentase porositas minimum saat temperatur sinter 750_C. Sedangkan dengan menggunakan SEM didapat adanya 3 fasa baru yang terbentuk, yaitu fasa berwarna putih (mengkilap), abu-abu dan matriks. Dari hasil EDS diketahui bahwa fasa baru berwarna putih (mengkilap) mengandung 47,48% Al; 2,88% Mg; 14,01% Si; 13,30% Mn; 14,79% Fe; 7,54% 0, sedangkan pada fasa baru berwarna abu-abu mengandung 51,14% Al; 0.42% C; 1,00% Mg; 0,93% Si; 46,51% 0 dan pada fasa matriks mengandung dari 82,90% Al; 0.44% C; 2,20% Mg; 1,26% Si; 13,20% 0."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S41682
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Putri Amalia
"PEMFC (Proton Exchange Membrane Fuel Cell) adalah salah satu alternatif yang menjanjikan untuk dikembangkan, karena teknologi ini memiliki beberapa keunggulan yaitu dalam hal efisiensi proses yang tinggi, ramah lingkungan, dan waktu pakai yang lama. Namun penggunaannya belum optimal, dikarenakan berat dan biaya produksinya yang tinggi, sebagian besar dipengaruhi oleh pelat bipolar. Oleh karena itu, diperlukan suatu pelat bipolar yang memiliki bobot yang ringan, sifat mekanis dan konduktivitas listrik yang tinggi, mudah diproses, dan murah. Pelat bipolar dalam penelitian ini terbuat dari komposit berbasis karbon dengan resin epoksi dan hardener (1:1) sebagai binder, serta limbah grafit Electric Arc Furnace (grafit EAF) sebagai matriks dan carbon black (95%:5%) sebagai filler. Pelat bipolar difabrikasi melalui metode compression molding.
Fokus penelitian ini adalah mengetahui pengaruh peningkatan temperatur compression molding terhadap sifat fisik berupa densitas dan porositas, serta sifat mekanis berupa kekuatan fleksural dan konduktivitas listrik dari pelat bipolar. Aplikasi temperatur pada 70, 80, 90, dan 100°C, dengan tekanan 450 kg/cm2 selama 4 jam. Peningkatan temperatur compression molding berpengaruh pada sifat fisik, mekanis dan listrik dari pelat bipolar. Temperatur compression molding yang diaplikasikan pada temperatur 100°C dapat menghasilkan karakteristik pelat bipolar yang optimum dengan nilai konduktivitas listrik sebesar 0,24 S/cm, kekuatan fleksural 48,24 MPa, porositas 0,36%, dan densitas 1,78 g/cm3.

PEMFC (Proton Exchange Membrane Fuel Cell) is one of promising alternative energies to be developed, because this technology has some advantages in terms of high process efficiency, environmentally friendly, and wear a long time. However, its use is not optimal yet, due to high weight and high production costs, which largely affected by bipolar plate. Therefore, we need a bipolar plate that have a light weight, high mechanical properties and electrical conductivity, easily processed, and cheap. The bipolar plates in this experiment made of carbon-based composite materials with electric arc furnace waste (EAF graphite) as matrix and carbon black particles (95%:5%) as fillers and resin epoxy and hardener (1:1) as binder. Bipolar plate fabricated by compression molding method.
The focus of this experiment was to find out the effect of increasing compression molding temperature on the physical properties (density and porosity), mechanical properties (flexural strength) and electrical properties (electrical conductivity) of the bipolar plates. Temperature applied on 70, 80, 90, and 100°C, under pressure 450 kg/cm2 for 4 hours. The increasing of temperature effected on physical, mechanical, and electrical properties of the bipolar plates. Temperature compression molding applied on 100°C can produce optimum characteristics of bipolar plates with electrical conductivity value of 0.24 S/cm, the flexural strength 48.24 MPa, 0.36% porosity, and density of 1.78 g/cm3.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S51645
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adidjaya Chandra Nugraha
"Perkembangan teknologi telah mendorong adanya kebutuhan material dengan sifat unggul. Untuk itulah dilakukan rekayasa material komposit batubara - coal tar pitch dengan proses metalurgi serbuk. Komposit batubara - coal tar pitch menggunakan batubara sebagai matrik dan coal tar pitch sebagai penguat. Pada penelitian ini dilakukan variasi temperatur sinter 200°C, 300°C, 400°C dan 500°C untuk mengetahui karakteristik material komposit batubara - coal tar pitch. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan temperatur sinter akan meningkatkan densitas, kekerasan, kuat tekan serta menurunkan porositas pada kompositbatubara - coal tar pitch.

The growth of technology has stimulate the needs of materials with superior properties. Therefore, people redesign coal - coal tar pitch composite with powder metallurgy process. This coal - coal tar pitch composite use coal for matrix and coal tar pitch for reinforce. In this research, the variations of 200°C, 300°C, 400°C and 500°C sintering temperature were done to find out the characteristic of coal ' coal tar pitch composite. The result showed that the raising of the sintering temperature increases the density, hardness, and compressive strenght and decreases the porosity of the coal ' coal tar pitch composite."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51653
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, David
"Kenaikan suhu pada konduktor logam seperti aluminium dan tembaga dapat dipengaruhi oleh faktor dalam yaitu pengaruh arus dan faktor luar berupa kenaikan suhu lingkungan. Hal ini akan mempengaruhi sifat mekanik maupun elektrik dari konduktor tersebut. Pengujian pada laboratorium dilakukan untuk melihat pengaruh kenaikan suhu terhadap sifat mekanis masing-masing konduktor aluminium dan tembaga. Selain itu, dilakukan juga pengujian pengaruh kenaikan temperatur pada konduktor aluminium dan tembaga yang telah disambungkan. Perubahan sifat mekanis yang terjadi akan dianalisis sehingga dapat mengetahui dampak elektrik yang terjadi pada sambungan konduktor tersebut.

The rising of temperature in metal conductors such as aluminum and copper can be influenced by internal factor like the current flow and external factor like the increasing of environment temperature. This will affect the mechanical and electrical properties of the conductor. Tests conducted at the laboratory to observe the influence of the increasing temperature on the mechanical properties at each of aluminum and copper conductors. In addition, testing was also conducted on the effect of rising temperature of aluminum and copper conductors that have been connected. The change in mechanical properties that occurred will be analyzed in order to know the impact that in connection electrical conductor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51056
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Khalid Mawardi
"Metalurgi serbuk merupakan salah satu proses produksi logam busa yang banyak digunakan untuk memperoleh struktur pori yang seragam. Dengan menggunakan variasi temperatur sinter 825°C, 850°C, 900°C dan 950°C serta variasi rata-rata ukuran partikel garam karbonat sebusar 841 m, 542 m, dan 420 m, memberikan pengaruh terhadap berbedanya struktur pori yang terbentuk pada tembaga busa pada masing-masing variabel. Penelitian ini bertujuan agar struktur pori yang terbentuk pada tembaga busa yang diproduksi dengan metoda ini dapat dikontrol sesuai dengan variabel yang digunakan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan semakin tingginya temperatur sinter, maka tingkat porositas tembaga busa akan semakin menurun hingga mencapai 71,748% dan densitasnya akan semakin meningkat hingga mencapai 2,531 gr/cm3 pada temperatur 950_C selama 2 jam. Hasil pengamatan makro dan mikro yang dilakukan juga menunjukkan bahwa semakin tinggi temperatur sinter dan semakin kecil ukuran butir garam karbonat, maka semakin banyak terbentuk sel pori yang bersifat terbuka.

Powder metallurgy is one kind of process to produce metal foam that is commonly used to achieve uniformity of pore structure. By using the temperatures 825°C, 850°C, 900°C, 950°C in sintering process and 841 m, 542 m, 420 m particle size of carbonate, have affected the differences in pore structures that are formed in the copper foam at each variabel. The purpose of this research is to control the pore structure in the copper foam that were made by this process by using the variation of sintering temperatures and particle sizes of carbonate.
The results show that the higher the temperature is used in sintering, the copper foam will have lower porosity as 71,748% and higher density as 2,531 gr/cm3 at 950_C for 2 hours. In addition, macrostructure and microstructure observation show that the higher the temperature is used in sintering and the smaller the particle size is used as the filler, the more opened cell pores are formed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51509
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indri Fauziah
"Pada beberapa tahun terakhir ini penelitian tentang material rekayasa sangat sering dilakukan. Salah satunya adalah material komposit sistem Al/SiC. Hal ini dikarenakan sifat - sifat mekanis yang dimiliki oleh material ini tergolong memuaskan dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Mulai tahun 1980, industri transportasi sendiri sudah mengembangkan material ini sebagai bahan dasar pembuatan gear motor sport. Tidak hanya industri transportasi darat, bahkan material komposit juga dikembangkan untuk plikasi pesawat terbang, baju tahan peluru, dan masih banyak lagi lainnya. Faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan sifat sebuah komposit antara lain adalah matrik, penguat dan interaksi antara keduanya. Khususnya komposit Al/SiC memiliki kelemahan pada daerah antar muka matrik dan penguat dimana kemampuan pembasahannya (wettability) sangat buruk. Pada penelitian ini, material penguat SiC sudah dilapisi dengan ion Al dan Mg sebelum akhirnya dibuat menjadi komposit Al/SiC melalui fasa padat. Pembuatan komposit Al/SiC ini mengambil variabel temperatur sinter dan fraksi volume SiC untuk kemudian dihubungkan dengan perilaku interaksi antar muka Al dan SiC yang mana akan berpengaruh pada wettability material tersebut. Pengamatan perilaku interaksi tersebut dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Pengamatan kualitatif dilakukan melalui SEM dan EDS, sementara pengamatan kuantitatif dilakukan melalui uji tekan sehingga didapatkan nilai modulus elastisitasnya. Melalui pengamatan kualitatif dan kuantitatif ini didapatkan bahwa dengan semakin tinggi fraksi volume serbuk SiC yang telah dilapisi ion Al dan Mg menghasilkan Modulus Elastisitas yang semakin tinggi pula. Namun pada fraksi volume 30%, nilai Modulus Elastisitas melebihi rentang Modulus Elastisitas teoritis dikarenakan adanya fasa Al4C3 yang terbentuk diantar mukanya. Sedangkan dengan meningkatnya temperatur, Modulus Elastisitas menjadi semakin kecil namun tetap berada didalam rentangnya. Hal ini disebabkan adanya fasa spinel yang terbentuk.

In some years eariler, experiments about composites have been developed. One of populars is Al/SiC system because of its excellent machanical properties. We can create the mechanical propertiesas we desired. In 1980, transport industrial has depeloped it in motorcycle application. Until now, researchers in the world have developed this material continuously to wider applications. The most important factors influence the composites properties are matrix and reinforcement composition and also interaction between these two phases in their interfacial. Al/SiC system has weakness in wettability. So, in this experiment we use SiC coated by Al and Mg ions through electroless plating. The composites making is taking SiC volume fraction and sintering temparatur as variables to do research. Especially, the research will take place on interfacial between matrix and reinforcement by using Scanning Electron Microscope (SEM) and Energy Disperse Spectro (EDS). Besides that, the composite also will be tested by compression test to get its Modulus of Elastisity. Based on experiment, we conclude Modulus of Elastisity would increase as increasing of volume fraction except in 30%SiC Modulus of Elastisity over the teoritical range because of Al4C3 formation. And then, Modulus of Elastisity would increase as decreasing of sintering temperature because of spinel formation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S41746
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Himawan Hadi
"Penelitian mengenai sumber alternatif energi semakin banyak dikembangkan yang salah satu dari sumber energi alternatif tersebut adalah sel tunam. Salah satu sel tunam yang sedang banyak dilakukan sekarang adalah PEMFC. PEMFC merupakan suatu perangkat yang dapat menghasilkan energi dari proses elektrokimia dengan menggunakan bahan bakar berupa gas hidrogen dan gas oksigen. PEMFC memiliki komponen utama, salah satunya adalah pelat bipolar. Pelat bipolat tersebut memiliki fungsi utama yaitu mengalirkan elektron dari anoda ke katoda.
Bahasan utama dalam penelitian ini adalah menganalisa berbagai variasi perlakuan grafit dan multi-walled carbon nanotubes (MWCNT) terhadap karakteristik pelat bipolar PEMFC berbasis nano komposit epoksi. Pada penelitian ini digunakan resin epoksi dan hardener V-140 sebagai matriks, sedangkan grafit dari limbah proses Electric Arc Furnace, carbon black dari hasil pirolisis serabut kelapa sawit, dan MWCNT sebagai penguat.
Pada penelitian ini penguat yang digunakan dilakukan perlakuan seperti refluks pada grafit EAF, ultrasonifikasi pada carbon black dan MWCNT. Pelat bipolar dicetak dengan menggunakan metode pencetakan tekan pada temperatur 1000C selama 4 jam. Karakterisasi dalam penelitian ini meliputi pengujian densitas, pengujian fleksural, pengujian porositas, pengujian konduktivitas, serta pengamatan morfologi patahan fleksural dengan menggunakan FESEM.
Berdasarkan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa pelat bipolar dengan perlakuan pada penguat dan penambahan MWCNT mencapai sebesar 3 % mempunyai karakteristik yang optimum, dimana nilai densitas adalah ssebesar 2,20 gr/cm3, nilai porositas sebesar 0,53 %, nilai fleksural sebesar 124,99 MPa dan nilai konduktivitas sebesar 14,53 S/cm.

Research of alternative energy has been recently developed, which one is fuel cell. One of the fuel cell has been recently researched is PEMC. PEMFC is a device that converts energy from electrochemical proses, which use a fuel, such as hydrogen gas and oxygen gas. PEMFC has main component, which is bipolar plate. It use to drain electron from anode to cathode.
The main discussion of this study was to analyze the effect of pretreatment variation of graphite and multi-walled carbon nanotubes (MWCNT) to the characteristic of PEMC Epoxy/Graphite EAF carbon-composite bipolar plate. In this research, epoxy resin and hardener V-140 were used as the matrices, and graphite from Electric Arc Furnace’s (EAF’s) waste, carbon black made from pyrolisis of palm fibre, and MWCNTs were used as the reinforcement.
In this research, the reinforce had been pretreated, such as refluxed to the graphite EAF, ultrasonification to MWCNT and carbon black. Bipolar plates were made by compression moulding method at a temperature of 1000C for 4 hours. Characterization in this study includes density testing, porosity testing, fleksural testing, electrical conductivity testing, and observation of the flexural fracture morphology using FESEM.
Based on this study, showed that pretreatment to the reinforcement and the addition up to 3% weight fraction of MWCNT gave an optimal characteristic of the bipolar plate, in which the density of the bipolar plate is 2,203 gr/cm3, the value of porosity is 0,53%, the flexural strength is 124,99 MPa, and the electrical conductivity is 14,53 S/cm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>