Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 173186 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vilda R. Amir
"Skripsi ini membahas pemasaran dan pengembangan bisnis rumah sakit di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat, digitalisasi dan globalisasi. Penelitian ini ingin melihat gambaran pemasaran dan pengembangan bisnis di Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care pada tahun 2009, ditinjau dari New Wave Marketing (Co-Creation). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan survai deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa RSIA Kemang Medical Care telah menjalankan konsep New Wave Marketing melalui horizontalisasi pemasaran, word of mouth, dan menggunakan komunitas pelanggan dalam pemasarannya. Dalam pelaksanaan New Wave Marketing ini, rumah sakit perlu untuk meningkatkan fokus pada pembentukan komunitas loyal melalui kegiatan-kegiatannya (terutama Week end @KMC) dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti provider jaringan internet yang berkualitas.

This Script is talk about marketing and business development of hospital in this strict rivalry conditions , digitalization, and globalization. This study wants to know the marketing and business development description in Kemang Medical Care Women and Children Hospital 2009, considerated by New Wave Maketing (Co- Creation. This research use qualitative with descriptive survey method.
Based on result of the research, we know that Kemang Medical Care Women and Children Hospital have performed New Wave Marketing Concept through Horizontalization of marketing, word of mouth, and using customers community in its marketing process. The implementation of New Wave Marketing is the hospital need to upgrade the focus of loyal community formation through its programs (especially, Week end @KMC) and build cooperation with relevant party/corporate, for example with the qualified provider of internet."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmah Housniati
"ABSTRAK
Latar Belakang. Program 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui
yang merupakan panduan dalam menjalankan Rumah Sakit Sayang Bayi. Banyak
studi menunjukkan program ini dapat membantu keberhasilan proses menyusui
dan meningkatkan angka cakupan pemberian ASI eksklusif. Dalam menjalankan
program ini dibutuhkan tenaga kesehatan, manajemen dan semua pihak agar bisa
terlaksana. Kualitas tenaga kesehatan yang melayani juga perlu diperhatikan serta
kelengkapan prosedur standar pelayanan. Sarana dan prasarana yang mendukung
juga dibutuhkan bagi keberlangsungan program. Sosialisasi dari kegiatan ini juga
diperlukan dalam proses pelaksanaan program. RSIA Kemang Medical Care telah
menjalankan langkah-langkah tersebut yang diharapkan dapat membantu
keberhasilan menyusui bagi pasiennya.
Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan
untuk mendapatkan gambaran masukan, proses dan keluaran dalam program 10
Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui. Pengumpulan data dilakukan dengan
melakukan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion dengan
manajemen, tenaga kesehatan serta pasien dan informan ahli dan juga observasi
dengan total 16 narasumber. Juga dilakukan survei kepada pasien RSIA Kemang
Medical Care yang melahirkan di awal tahun 2013 sebanyak 100 orang dari 184
data yang ada. Penelitian dilakukan sejak 15 Oktober 2013 sampai 6 Desember
2013 dan berlangsung di RSIA Kemang Medical Care.
Hasil. Hasil analisa menunjukkan bahwa RSIA Kemang Medical Care
telah menjalankan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui dengan baik dari
berbagai temuan yang ada. Hasil survei menunjukkan angka ASI eksklusif pasien
di awal tahun 2013 adalah sebesar 88%.

ABSTRACT
Background. 10 steps to successful sreastfeeding program is a guide to
implement a Baby-Friendly Hospital initatives. Many studies have shown that
BFHI can help improve the process of breastfeeding and exclusive breastfeeding
rate coverage. In carrying out the program required health personnel, management
and all parties to be involved in the implementation. The quality of health
personnel who serve also need to be considered as well as the whole standard
service procedures. Facilities that support is also needed for the sustainability of
the program. Socialization of this activity is also required in the process of
implementing the program. RSIA Kemang Medical Care has been running these
steps and is expected to help the succesful rates of breastfeeding for the patients.
Method. The design study is a qualitative approach that aims to get an overview
of input, process and output in the 10 Steps to Successful Breastfeeding program.
Data was collected through in-depth interviews and focus group discussions with
the management, health care workers and patients and expert informants and also
observations with 16 resource persons. A survey is also conducted to 100 out of
184 of RSIA Kemang Medical Care patients who gave birth in early 2013. The
study was conducted from October 15, 2013 until December 6, 2013 and took
place in RSIA Kemang Medical Care.
Results. The analysis shows that RSIA Kemang Medical Care has a good
implementation of the 10 Steps to Successful Breastfeeding from numerous
findings. The survey has shown that exclusive breastfeeding rates are 88% from
the early 2013 patients’ data."
2014
T39276
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrani Mustika Dewi
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan prototipe aplikasi pelaporan rumah sakit di RSIA Kemang Medical Care pada tahun 2014. Pengembangan sistem ini merupakan salah satu bentuk pengembangan office automation system untuk mendukung pekerjaan petugas pelaporan di unit rekam medis dalam mengerjakan laporan-laporan rumah sakit. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, serta telaah dokumen untuk pengumpulan data. Untuk pengembangan aplikasi, penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), di mana pengembangan aplikasi yang dilakukan memberdayakan komponen-komponen yang telah ada pada sistem informasi yang sedang berjalan saat ini. Dengan dikembangkannya aplikasi pelaporan rumah sakit, dampak yang diharapkan dapat terjadi adalah pengerjaan laporan internal dan eksternal yang lebih cepat, serata pengurangan beban kerja petugas pelaporan rekam

ABSTRACT
This thesis discuss about prototype development of hospital reporting application in Kemang Medical Care Women and Children Hospital in 2014. The system development is an office automation system development to support the reporting staffs of medical record departement in finishing hospital reports. This study is a qualitative study conducted with the observation, in-depth interviews, and document review to collect the data. For application development, Rapid Application Development (RAD) is used, in which the development of application is using components that already exist in the information systems used in the hospital now. The expected impact to occur after the development of this hospitals reporting application is that internal and external hospital reports can be done faster than before, and also to reduce the workload of reporting staff of medical records departement."
2014
S56042
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riesti Librianty
"Seiring berjalannya waktu, dunia pemasaran bergerak secara dinamis, sehingga terjadi hubungan antara pemasar dengan pelanggan secara horizontal yang merupakan salah satu ciri New Wave Marketing. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dalam suatu studi kasus RSIA Kemang Medical Care.
Dari hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada HRD dan Departemen Marketing dan Public Relations untuk meningkatkan pemasaran internal terhadap pelanggan internal Kemang Medical Care, serta pemasaran eksternal dengan meningkatkan pemberdayaan komunitas agar dapat memberikan manfaat yang cukup besar terhadap Kemang Medical Care.

The Marketing world makes dynamic move that make a horizontal relations between marketer and customer that representing one characteristic of New Wave Marketing. This research conduct by using descriptive qualitative research approach in a case study RSIA Kemang Medical Care.
From research result, researcher gives the suggestions to HRD and Marketing and Public Relation Department to increase internal marketing for internal customer of Kemang Medical Care and also external marketing by improving energizing community so that can give more advantage to Kemang Medical Care.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Warih Wijayanti
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S47960
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Narulita Kurnia Setianggraeni
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26700
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Perbowo
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26656
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Reza Suryawijaya
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27232
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elvina Diah
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26441
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Windanarti
"ABSTRAK
Pembangunan pada bidang kesehatan telah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang menyebabkan usia harapan hidup meningkat sehingga timbullah fenomena adanya perubahan struktur umur penduduk dimana makin banyak wanita yang memasuki usia menopause. Melihat potensi pasar yang cukup besar ini , 3 tahun yang lalu RSIA Hermina mendirikan klinik khusus menopause. Namun sampai saat ini belum menunjukkan utilisasi yang memuaskan.
Rumah sakit sebagai lembaga yang menyediakan pelayanan kesehatan telah berubah dari sosiomedis menjadi sosioekonomi. Pemasaran yang merupakan legitimasi dan penyebaran informasi mengenai pelayanan dirasakan semakin panting . Untuk meningkatkan utilisasi dan pendapatan rumah sakit maka diperlukan manajemen pemasaran dengan strategi pemasaran yang baik.
Tujuan penelitian adalah melakukan analisa terhadap situasi rumah sakit dan melakukan penyusunan strategi pemasaran bagi klinik menopause. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitiannya deskriptif analitik. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan analisa SWOT, segmentasi pasar, menentukan pasar sasaran, penentuan posisi bersaing serta menentukan strategi bauran pemasaran bagi klinik menopause.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa fungsi manajemen pemasaran belum sepenuhnya dilakukan di RSIA Hermina . Dalam penentuan strategi pemasaran di rumah sakit , bila ditinjau dari segi Produk ,faktor yang sangat kritis dan terpenting adalah dokter spesialis , tenaga pelaksana serta adanya peralatan penunjang diagnostik di RSIA Hermina. Tarif harus diperhitungkan berdasarkan survei tim tarif untuk melihat apakah tarif yang ada cukup bersaing. Place (tempat) disamping lokasi yang sudah tidak dapat dirubah, maka dapat diupayakan faktor lain yang dapat ditingkatkan misalnya, sarana fasilitas pelayanan, waktu buka praktek , waktu tunggu pasien dan tersedianya tempat parkir yang memadai. Promosi perlu ditingkatkan dengan perencanaan strategi promosi yang tepat dan lebih menyentuh pasar sasaran dan dilakukan dengan intensif serta terus menerus.
Usulan strategi pemasaran bagi klinik menopause ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna bagi pengembangan manajemen pemasaran rumah sakit di RSIA Hermina .
DAFTAR PUSTAKA : 38 (1980 - 1996).

ABSTRACT
Development on the Public Health sector was successfully increasing the quality of life of the society cause a raising the standard of the expected life time ages. This phenomenon changes the structure of the society age pyramid structure, there are increasing number of women that life through the menopause ages. Seeing this potential market area, Hermina Hospital, 3 years ago opened a special clinic for women who have a health disturbances on the menopause ages. Unfortunately this clinic could not show a good performance of utilization for the last 3 operational years.
The role of the hospital as institution that serve health services has been changing from sosio-medic on to sosio-economic form. Marketing activities which is the legitimation as well as distribution of the information on the health services becoming important factor to look after. A good marketing management with a well prepared marketing strategies is playing an important role to increase the utilization of the menopause clinic that will automatically increasing the hospital profitability.
The purpose this observation is to analyze the hospital situation and to build up a suitable marketing strategies for menopause clinic. This is a qualitative observation using analytic descriptive observation method on the observation stage, and at the marketing strategy planning stage the general procedure used are : SWOT analysis on the Hermina Hospital especially Menopause clinic, Segmenting, Targeting, Positioning, (STP) and developing the marketing mix for the menopause clinic.
Result on this observation shows that the marketing management function in Hermina Hospital is not fully operational yet. In the implementation of the hospital's marketing strategies, the critical product elements are : the medical specialist doctors, the supporting staffs, and the supporting diagnostic facilities. The price, which is set based on the survey done by the pricing team, is targeted to be reasonably competitive. The place, beside the location of the hospital which is relatively fixed, there are other attributes to the physical location of the hospital which are affecting the strategy that still can be qualitatively increase such as : facilities, the opening hour (service hour), patient waiting duration time, and the suitable parking area. The promotion is need to be increased with a good promotion planning strategy which is touching the target market and done constantly intensive.
The proposed marketing strategies is expected to be a helpful input for developing the marketing management on the Hermina hospital.
BIBLIOGRAPHY : 38 ( 1980 - 1996 )
"
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>