Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142640 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agus Syawal
"PT. Global Informasi Bermutu, dengan nama produknya Global TV, membangun suatu sistem penyiaran yang dikenal dengan nama tapeless system, yakni suatu teknologi penyiaran televisi yang di dalam rangkaian proses produksinya sedikit atau bahkan tidak lagi menggunakan media kaset sebagai media penyimpan materi siaran. Tapeless system ini sangat erat kaitannya dengan shared storage system. Shared storage system ini yang kemudian menjadi salah satu media penyimpanan materi, pengganti penggunaan pita kaset, serta sebagai wadah berbagi berkas bagi perangkat-perangkat yang terhubung kepadanya. Shared stored system dan tapeless system dibangun dengan harapan memberikan penurunan jumlah kebutuhan pada penggunaan kaset serta penurunan jumlah kerusakan peralatan pada kegiatan proses pengolahan materi siaran di Global TV.
Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk menganalisis informasi dan data yang berkaitan dengan masalah jumlah penggunaan kaset yang tidak mengalami penurunan berarti sejak diterapkannya shared storage system, selain masalah baru lainnya pada bagian post production Global TV menyangkut kerusakan dan gangguan peralatan sejak penerapan sistem ini. Kemudian hasilnya digunakan untuk menentukan langkah-langkah dalam mengatasi atau mengurangi masalah tersebut. Hingga Mei 2008, kegiatan post production dan syuting di luar ruangan yang masih banyak menggunakan kaset menyebabkan tingkat penggunaan kaset di post production tetap tinggi. Masalah lainnya disebabkan oleh pengelolaan file yang buruk yang menjadi salah satu penyebab gangguan yang paling sering terjadi di post poduction Global TV sejak penerapan shared storage system di stasiun televisi Global TV.
Solusi atas permasalahan ini dirangkum dalam kesimpulan dan saran, yakni menjadikan penggunaan hardisk dalam kegiatan syuting dan produksi di luar studio, serta pengelolaan file yang lebih baik lagi pada storage system. Selain itu, penurunan tingkat kerusakan hingga mencapai 45 persen selama kuartal pertama tahun 2007 dan 2008 pada peralatan di post production Global TV memberikan gambaran hasil yang menggembirakan dalam penerapan shared storage system di Global TV.

PT. Global Informasi Bermutu, by the name of its product Global TV, has built a broadcasting system that called tapeless system which is a television broadcasting technology in its chain of production process using less or even no longer use a cassette. Tapeless System with shared storage system will change the usage of cassette and Global TV has the expectation to decrease the post production cassettes requirements also the expectation to decrease a damage of equipments at post production.
The target of this final project is to analyze data and information related to the problem of the amount cassette usage which is there was no value decreasing since applying of shared storage system. Besides, the other problem concerning equipments trouble and damage since applying this system at post production of Global TV, then to determine stages and steps in overcoming or lessening that problem. The problems were caused by Post production and outside shooting activity are still using many cassettes. In production post editing suites, disorder file management was causing the most trouble since applying of shared storage system at Global TV.
The conclusion and a suggestion of this final project are a solution to make a usage of a drive in production and outside shooting activity. Suggestion in this conclusion will solve another problem, there is a better file managing in storage system. However, the decrease in the level a damage of equipments at Global TV post production division reach 45% during the first quarter of year 2007 and 2008, that gives a good result since applying the shared storage system."
2008
S40440
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Prasetyo Budi Utomo
"Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem informasi Persediaan pada Perusahaan Dagang. Persediaan merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan bisnis dan ketersediaan nya tidak dapat dihindari. Dengan adanya persediaan, maka perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan tepat waktu. Pengendalian sistem persediaan dengan tepat akan memudahkan perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional dan menjaga kelancaran siklus operasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Framework for the Application of System Thinking (FAST) dan Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services (PIECES). Penyediaan informasi data khususnya antara cabang serta kantor pusat dan gudang tidak dapat dilakukan secara cepat, tepat (real-time) dan efisien karena sistem penulisan produk dan pemasukan data produk masih dilakukan secara manual ke sistem. Kondisi ini berdampak pada pengambilan keputusan yang kurang baik, dan jumlah karyawan yang relatif tinggi. Hasil analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan adalah PT P dapat mengintegrasikan kegiatan pelaporan persediaan yang berada pada Divisi Pengadaan, Divisi Distribusi dan Divisi Keuangan & Anggaran dengan seluruh cabang yaitu dengan cara memakai perancangan sistem baru berbasiskan database supaya pengelolaan persediaan antar cabang saling update satu sama lain. Selain itu diharapkan perancangan yang baru ini dapat diketahui data-data yang diperlukan mengenai pembelian persediaan, perpindahan persediaan, data supplier, kadaluarsa persediaan, tanggal penyimpanan, ketersediaan persediaan, kondisi kelayakan, hingga tanggal pengiriman dan tujuan pengiriman yang semuanya akan disimpan pada database induk persediaan, dengan pengelolaan database yang baik akan didapatkan hasil report yang diinginkan. kemudian dikarenakan sistem ini sudah terintegrasi maka data yang diperlukan oleh kantor pusat tidak perlu dimasukkan ulang secara manual lagi seperti yang dilakukan oleh kantor cabang selama ini.

The purpose of this research is to develop inventory information system in Trading Company. Inventory is one of the important factors in business activities and availability is inevitable. With the availability, the company can meet customer demand in a timely manner. Proper control of the inventory system will make it easier for the company to carry out operational activities and maintain the smooth operation cycle of the company. This research uses Framework for the Application of System Thinking (FAST) and Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services (PIECES) methods. The provision of data information, especially between branches and head offices and warehouses, cannot be done quickly, precisely (real-time) and efficiently because the product writing system and product data entry are still done manually to the system. This condition has an impact on poor decision making, and a relatively high number of employees. The result of analysis and design of Inventory Management Information System is that PT P can integrate inventory reporting activities located in the procurement division, distribution division and finance &budget division with all branches by using the design of a new database-based system so that inventory management between branches is updated with each other. In addition, it is expected that the new design can be known the necessary data on inventory purchases, inventory transfer, supplier data, inventory expiration, storage date, inventory availability, eligibility conditions, up to the delivery date and delivery destination which will all be stored in the inventory parent database, with good database management will be obtained the desired report results. then because this system has been integrated, the data required by the head office does not need to be manually re-entered again as done by the branch office so far."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felisia Irma Akemirastiwi
"PT. Sasana Artha Finance (SAF) mempunyai Sistem Multifinance lama yaitu eMF seiring berjalannya waktu sistem ini digantikan oleh sistem baru yaitu Sistem Confins. Kenyataan sistem yang tidak sesuai dengan harapan merupakan kendala yang dihadapi SAF saat ini. Salah satu penyebabnya adalah tidak pernah melakukan evaluasi terhadap sistem yang berjalan. Penelitian ini akan melakukan evaluasi penerimaan terhadap sebuah sistem dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan Sistem Confins. Model penerimaan yang digunakan adalah UTAUT2 dan dianalisa menggunakan konsep Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varian dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan Sistem Confins dipengaruhi oleh Effort Expectancy, Facilitating Condition, dan Habit.

PT. Sasana Artha Finance (SAF) has old multifinance system named eMF, over time this system was replaced by a new system named Confins System. The fact that the system is not in accordance with the expectations of the constraints faced by the SAF today. One of the reasons is that SAF has never performed an evaluation of this system. This study will evaluate the acceptability of a system in order to determine the factors that influence the acceptance of Confins System. The model is using UTAUT2. The Analyzed method is using the concept of Structural Equation Modeling (SEM) based variants using software SmartPLS. The results of this study indicate that the admission system Confins influenced by Effort Expectancy, Facilitating Condition, and Habit.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
16-24-863761509
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nunung Mulyani
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pengembangan sistem informasi manajemen
penyimpanan embryo freezing di salah satu Klinik Ferilitas di Jakarta. Embryo
freezing merupakan salah satu pelayanan di klinik fertilitas, dimana embrio sisa
program bayi tabung dibekukan agar dapat dipakai suatu saat jika diperlukan.
Agar pelaksanaan pelayanan penyimpanan embryo freezing dapat berjalan secara
efektif dan efisien, diperlukan sistem informasi yang dapat mengintegrasikan data
embryo freezing dari laboratorium dengan data untuk keperluan pembayaran
administrasi. Tersedianya basis data yang terintegrasi ini diharapkan mampu
memaksimalkan pelayanan penyimpanan embryo freezing. Telah dihasilkan
Sistem Informasi Manajemen Penyimpanan Embryo Freezing di Klinik Fertilitas
Jakarta mempermudah dalam penginputan, perhitungan, dan pengolahan data,
serta menghasilkan informasi yang akurat, lengkap dan cepat terkait pelayanan
penyimpanan embryo freezing sehingga mempermudah kegiatan pelaporan yang
dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan sekaligus sebagai usulan
standarisai pengelolaan data di Klinik Fertilitas di Indonesia.

ABSTRACT
This thesis discusses the development of management information systems
embryo freezing storage in one Ferilitas Clinic in Jakarta. Embryo freezing is one
of the services at fertility clinics, where the leftover IVF embryos frozen to be
used at any time if necessary. In order for the implementation of embryo freezing
storage services can be run effectively and efficiently, it is necessary that
information systems can integrate data from laboratory freezing embryos with
administrative data for payment purposes . The availability of an integrated data
base is expected to maximize the storage of embryo freezing services.
Management Information Systems has produced Embryo Freezing Storage in
Jakarta Fertility Clinic simplify the input, computation , and data processing , and
produce information that is accurate, complete and rapid embryo freezing storage
related services that facilitate the reporting of activities that can be used as a basis
for policy making as well as proposals standarisai Fertility Clinic data
management in Indonesia ."
2014
S54409
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung: IPI Jawa Barat, 1998
020 DIN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Butarbutar, Anthony
"ABSTRAK
Berkembangnya trend konvergensi dalam industri multimedia,informasi dan komunikasi mengakibatkan bermunculan bisnis baru,yang salah satunya adalah bisnis Internet TV.Internet TV adalah mekanisme baru dalam berkomunikasi ditandai dengan penggunaan multimedia dimana teks,suara,gambar dan grafis dapat di akses sekaligus dalam satu media. PT. Global Trend Intermedia (GTI) sebagai salah satu pengelola jasa Internet TV,menangkap peluang bisnis Internet TV ini.Sebagai pemula dalam bisnis ini PT GTI perlu kiranya menyusun strategi yang tepat.Dalam tesis ini di lakukan kajian formulasi strategi perusahaan dan analisis perencanaan Bisnis Internet TV dengan
melihat aspek pasar,aspek teknik,aspek organisasi dan manajemen yang bertujuan memberikan masukan kepada manajemen PT GTI dalam menetapkan strategi pengembangannya.
Penelitian dilakukan berdasarkan konsep manajemen stratejik dengan
menggunakan matrik internal,matrik eksternal dan matrik Internal Eksternal ,dan matrik SWOT yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang peluang bisnis Internet TV, mengetahui posisi perusahaan, untuk kemudian menentukan strategi yang tepat agar dapat memenangkan persaingan.

ABSTRACT
The recent trend of convergence in the multimedia industry, information and communication had moved many business entities to grew, and one of those entities is Internet TV. Internet TV is a new mechanism in communicating with the use of multimedia, in which the texts, voices, pictures and graphics could be access could be access on the same time.
PT. Global Trend InterMedia (GTM) as one of the business entity that run the Internet TV service had caught this Internet TV business opportunity. As the beginner in this industry, PT. GTM needs to make a correct strategy. This thesis will analyzed the company?s strategic formula and analyzed Internet TV business plans considering the market aspect, technical aspect, organization and management aspect
and also financial aspect the will give inputs to PT. GTM?s management in making its development strategies.
Research will be done based on strategic management concepts by using Internal,External and SWOT matrix the will be used to give a clear image of the Internet TV business opportunities. Knowing the company?s position to define the correct strategies to win the competition among other Internet TV companies."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T40883
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Humaid Thalib
"Dengan melimpahnya sumber daya perikanan Indonesia, sudah selayaknya pertumbuhan ekonomi Indonesia mengarah pada sektor perikanan. Namun terdapat masalah klasik yaitu fluktuasi hasil tangkapan ikan akibat faktor musiman yang menyebabkan ketidakstabilan harga ikan dan pendapatan nelayan. Selain itu dengan tidak ada cold storage untuk menyimpan ikan saat ikan melimpah menyebabkan kualitas ikan akan menurun. Penerapan kepemilikan cold storage dibagi menjadi dua model, yaitu commercial-owned dan community-owned. Kedua model kepemilikan tersebut memiliki instrumen keuangan yang berbeda. Cold storage perikanan adalah industri yang memakai energi yang intensif. Oleh karena itu, perlu adanya transisi energi dalam penggunaan energinya. Indonesia merupakan negara tropis dengan potensi penyinaran matahari yang melimpah. Namun karena keterbatasan regulasi, penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia masih belum optimal. Dengan Peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pengguna PLTS tidak bisa surplus energi listrik ke jaringan PLN dan hanya berupa pengurangan tagihan per bulan. Enam skenario regulasi telah dikembangkan dan dianalisis. Hasil simulasi didapatkan dengan mengubah asumsi regulasi dengan hasilnya yaitu sistem PLTS On-grid memiliki Levelized Cost of Electricity (LCOE) yang lebih rendah karena dapat menghasilkan listrik tiga kali lipat lebih banyak yang bisa dijual ke jaringan dengan kapasitas inverter yang lebih tinggi. Kemudian harga sewa cold storage berbasis komunitas untuk seluruh topologi sistem energi rata-rata bisa 16% lebih murah daripada harga sewa cold storage berbasis swasta. Lebih lanjut, dengan berkurangnya biaya investasi modul surya dan baterai pada tahun 2030 menyebabkan LCOE PLTS dapat lebih murah rata-rata 20% dibandingkan saat ini. Hal ini akan berdampak pada pengurangan rata-rata 10% atas harga sewa cold storage. Terakhir, dengan adanya perubahan nilai variabel input sistem energi dapat merubah nilai LCOE.

With the abundance of Indonesia's marine resources, it is appropriate for Indonesia's economic growth to gear towards the fisheries sector. However, there is clasic problem is a fluctuation in fish catch due to seasonal factors that cause instability in fish prices and fishermen's incomes. Furthermore, there is no cold storage for storing fish when the fish are abundant, so that the quality of the fish will decrease. Applying ownership of cold storage is divided into two models, namely commercial-based and community-based. Both models of ownership have different financial instruments. Fishery cold storage is an energy-intensive industry. Therefore, there needs to be an energy transition in energy use. Indonesia is a tropical country with abundant potential for solar irradiation. However, due to limited regulations, the application of solar photovoltaic (PV) in Indonesia is still not optimal. With Regulation from the Ministry of Energy and Mineral Resources, solar photovoltaic users will not be able to export electricity to the electricity grid and only reduce bills per month. The six regulation scenarios have developed and analyzed. The simulation gives a new result by changing regulation assumptions: the solar photovoltaic on-grid system has a lower Levelized Cost of Electricity (LCOE) because it can produce three-fold more electricity to the grid with higher inverter capacity than before. Furthermore, the rental price of community-based cold storage can be 16 % cheaper on average with all energy system topologies than the rental price for cold storage based on commercial ownership model. Then, by reducing the investment costs of solar modules and batteries in 2030, PV system LCOE can be cheaper by an average of 20%. This will result in an average reduction of 10% on cold storage rental prices. Finally, with a change in the value of the energy system input variable, it can change the LCOE value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anung Satriaji Rahman
"PT XYZ TBK merupakan perusahaan yang memiliki bisnis utama menyewakan ruang pada site sebagai tempat pemasangan antenna dan peralatan lain untuk transmisi sinyal nirkabel yang tertera di dalam skema perjanjian kontrak jangka panjang dengan perusahaan operator telekomunikasi nirkabel. Sesuai dengan bisnis utama tersebut maka PT XYZ TBK melakukan pembangunan site di beberapa wilayah di Indonesia. Pembangunan site tidak terlepas dari kebutuhan material menara yang menjadi komponen utama. Logisitc Section dari Procurement and Plan Operation Department sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan material menara yang meliputi proses alokasi, pemesanan, relokasi, dan pendistribusian material menara masih belum mampu menjalankannya secara optimal dikarenakan adanya permasalahan dari aspek proses, sumber daya manusia, dan biaya.
Sebagai solusi terhadap tiga aspek permasalahan tersebut diajukan sebuah pengembangan sistem informasi terintegrasi yang mampu membantu proses alokasi, pemesanan, relokasi, dan pendistribusian material menara. Penelitian ini melakukan perancangan sistem informasi logistik pengelolaan material menara yang akan dimasukan sebagai sebuah modul baru pada enterprise resource planing (ERP) bernama TBGSys dan Vendor Portal. Analisa manajemen rantai pasokan berdasarkan supply chain framework pada komponen information system dilakukan untuk menganalisa penggunaan sistem informasi yang saat ini digunakan dimana dari hasil analisa tersebut didapatkan kebutuhan fungsionalitas sistem yang tidak tersampaikan oleh stakeholder namun memiliki peran penting untuk membentuk sistem informasi yang mampu mendukung proses logistik agar strategi supply chain perusahaan dapat dieksekusi.
Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi adalah rational unified process (RUP) dengan mengadopsi RUP Reduced Model. Discipline RUP yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Requirement dan Analysis and Design. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah dokumen dari kedua Discipline RUP tersebut yang kemudian akan menjadi panduan dalam proses pengembangan sistem informasi logistik pengelolaan material menara.

PT XYZ TBK is a company that has a major business rents out space on the site as the installation of antennas and other equipment for wireless signal transmission are listed in the scheme of long-term contractual agreements with corporate wireless telecom operators. In accordance with the main business of the PT XYZ TBK perform site development in several regions in Indonesia. Site development can not be separated from the material needs of the tower which is the main component. Logistic Section of Procurement and Plant Operations Department as the party responsible for the management of material tower which includes the process of allocation, ordering, relocation, and distribution of material towers are still not able to run optimally because of the problems of the aspects of the process, human resources, and costs.
As a solution to the problem posed three aspects of a development of an integrated information system that can help the process of allocation, ordering, relocation, and distribution of material tower. This research did the logistics management information system design tower material that will be included as a new module in the enterprise resource planing (ERP) named TBGSys and Vendor Portal. Analysis of supply chain management based supply chain framework on component information system performed to analyze the use of information systems that are currently used in which the results of the analysis obtained the needs of system functionality that is not conveyed by the stakeholders but has an important role to establish an information system that is capable of supporting the logistics process in order corporate supply chain strategy can be executed.
The methodology used in the design of information systems is a rational unified process (RUP) by adopting RUP Reduced Models. Discipline RUP conducted in this study is a Requirements and Analysis and Design. Results from this research is a document of both the RUP Discipline which will then serve as a guide in the process of logistics management information system development of material tower.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Wulandari
"Perkembangan stasiun televisi di Indonesia semakin marak setelah 10 stasiun TV Swasta dan TVRI melaksanakan siarannya setiap hari. Untuk mempertahankan eksistensinya, maka persaingan gencar antar stasiun TV Swasta pun terjadi.
TRANS TV sebagai salah satu stasiun TV Swasta yang relatif masih muda menunjukkan eksistensinya dengan menempati peringkat ke-4 di antara stasiun TV Swasta pada usianya 10 bulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana manajemen TRANS TV melaksanakan strategi programming untuk menarik pemirsa yang didukung faktor promosi, teknologi, dan masalah sumber daya manusia. Berkaitan dengan hal tersebut menarik untuk diketahui strategi penjualan slot iklan TRANS TV untuk memperoleh iklan semaksimal mungkin untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sebagai stasiun TV Swasta.
Metodologi yang dgunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui in depth interview dengan para narasumber/informan yang diambil dengan teknik snow ball. Dari hasil interview tersebut dan didukung oleh data-data sekunder diperoleh gambaran yang jelas dan terurai mengenai permasalahan dalam penelitian.
TRANS TV memiliki manajemen yang solid dengan mengandalkan budaya perusahaan yang diidentifikasikan sebagai good corporate governance. Perubahan yang mendasar dalam strategi programming yang semula mengutamakan acquisition program menjadi in-house production membawa implikasi pada perubahan kebijakan human capital dan strategi keuangan. Strategi penjualan yang 'menjemput bola' juga menghasilkan revenue yang tinggi, sementara overhead cost yang rendah. Hal ini berpengaruh pada bargaining position yang baik dalam bidang penjualan. Aktivitas promosi dilakukan baik dengan on air dan off air promo, sedangkan pemanfaatan teknologi digunakan serba digital. Selain itu sumber daya manusia yang digunakan TRANS TV adalah 80% berusia muda di bawah 27 tahun dan 20% tenaga yang sudah berpengalaman.
Setelah mendapatkan temuan-temuan penelitian, maka dibuatkan ikhtisar, kesimpulan dan implikasi baik dari sisi akademis, yaitu perlunya penelitian lebih lanjut mengenai strategi TV Swasta secara lebih mendalam, juga dengan membandingkan dengan stasiun TV Iainnya. Sedangkan implikasi praktis, penelitian semacam ini menjadi masukan dan pemahaman bagi pengelola media elektronik, khususnya televisi, maupun mitra kerja media televisi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14285
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>