Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19432 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frost, Peter J.
New Jersey : Prentice-Hall, 2002
658.3 FRO h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Price, Alan
London: International Thomson Business Press , 1997
658.3 PRI h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hill, Norman C.
New York, N.Y.: McGraw-Hill, 1984
658.314 HIL h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Shermon, Ganesh
New Delhi: Tata McGraw-Hill , 2004
658.3 SHE c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kholisoh
"ABSTRAK
Turnover karyawan merupakan fenomena yang sering terjadi di industri jasa keuangan, khususnya sektor perbankan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat turnover karyawan adalah praktik manajemen SDM. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari praktik-praktik manajemen SDM terhadap retensi karyawan perbankan generasi milenial di Jabodetabek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik-praktik manajemen SDM remunerasi, pelatihan dan pengembangan, peluang pengembangan karir, dan work-life balance memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap retensi karyawan dan kesesuaian nilai antara karyawan dengan organisasi. Kesesuaian nilai antara karyawan dengan organisasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi karyawan sehingga peran mediasi yang terbentuk adalah partial mediation.

ABSTRACT
Employee turnover is a frequent phenomenon in the financial services industry, particularly in the banking sector. One of the factors that can affect employee turnover is HRM practices. Based on this background, this study was conducted to analyze the effect of HRM Practices remuneration, training and development, career development opportunities, and work life balance towards employee retention mediated by employee organization value fit on millennial generation banking employees in Jabodetabek. This research is quantitative research using structural equation modelling SEM method. The results of this study indicate that HRM practices remuneration, training and development, career development opportunities, and work life balance have a significant positive effect on employee retention and employee organization value fit. Employee organization value fit also has a significant positive effect on employee retention. Thus, the mediation role formed is partial mediation."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bondarouk, Tanya
"The HRM field is entering smart businesses where the human,digital and high-tech dimensions seem to increasingly converge, and HRM needsto anticipate its own smart future. Technological developments andinterconnectedness with and through the Internet (often called the Internet of Things) set new challenges for the HRM function. Smartness enacted by HRMprofessionals - notions of smart industries, smart things and smartservices all put new pressures on strategic HRM. Since the 1990s,organisations have increasingly been introducing electronic Human ResourceManagement (e-HRM), with the expectation of improving the quality of HRM andincreasing its contribution to firm performance. These beliefs originate fromideas about the endless possibilities of information technologies (IT) infacilitating HR practices, and about the infinite capacity of HRM to adopt IT.This book focuses on the progression from e-HRM to digital HRM towards smart HRM. It also raises several important questions that businessesand scholars are confronted with: What kind of smart solution can and will HRM offer to meet the expectations of thelatest business developments? Can HRM become smart and combinedigitisation, automation and a network approach? How do businesses futureprooftheir HRM in the smart era? What competences do employees need to ensurebusinesses flourish in smart industries? With rapid technological developments and ever-greater automation andinformation available, the HRM function needs to focus on non-routine andcomplex, evidence-based and science-inspired, and creative and value-addedprofessionally demanding tasks. "
United Kingdom: Emerald, 2017
e20469564
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Aliyya Kezia Putri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kompetensi emosional karyawan dan persepsi keadilan mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan niat perilaku dalam industri hotel Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemulihan layanan akan memengaruhi kepercayaan dan niat perilaku pelanggan. Untuk mendapatkan responden yang ditargetkan dan mereka masih ingat kasus mereka, sampel penelitian ini harus memiliki pengalaman penyelesaian masalah dalam jangka waktu 6 bulan di satu hotel di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui survei online yang dibuat dengan Google Form, didistribusikan melalui platform media sosial online dan diproses oleh SPSS AMOS 24 untuk menganalisis Structural Equation Modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keadilan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pasca pemulihan dan niat perilaku. Sedangkan kompetensi emosional karyawan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pasca pemulihan dan memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan. Selain itu, kepuasan pasca pemulihan ditemukan memiliki pengaruh positif pada kepercayaan pelanggan dan tidak mempengaruhi niat perilaku pelanggan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan niat perilaku pelanggan, persepsi keadilan yang dirasakan dapat memberikan pengaruh langsung pada niat perilaku, sedangkan persepsi kompetensi emosional karyawan memerlukan kepercayaan pelanggan untuk mendapatkan niat perilaku pelanggan.

The purpose of this research is to understand how the employee emotional competence and perceived justice influence the customers’ trust and Behavioral intention in Indonesian hotel industry. In addition, this research aim to know how the process of service recovery will affect the customers’ trust and behavioral intention. In order to get the targeted respondent and they still remember their case, the sample of this research must have problem-solving experience within 6 month period in one hotel in Indonesia. This research is a quantitative descriptive study, where the data collected through online survey made with Google Form, distributed through online social media platforms and processed by SPSS AMOS 24 to analyzed the Structural Equation Modelling. The result of this research indicates that perceived justice positively influence the customer atisfaction and behavioral intention. While the employee emotional competence has no influence on customers satisfaction and have positive influence on customers’ trust. Moreover, satisfaction found to have a positive influence on customers’ trust and no effect on customers’ behavioral intention. Therefore, in order to get customer’s behavioral intention, the perception of perceived justice can give a direct influence on behavioral intention, while the perception employee emotional competence need customers trust to gain customers behavioral intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diny Shelina Nurdin
"ABSTRAK
Program e-HRM merupakan sistem pengelolaan kepegawaian yang berbasis elektronik yang terintegrasi dengan SAPK milik Badan Kepegawaian Negara dalam menjalankan Kenaikan Pangkat Otomatis KPO . Peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dari Program e-HRM dalam mengelola kenaikan pangkat PNS di Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat karena Kenaikan Pangkat memiliki peranan yang penting dalam upaya mencapai tujuan dari organisasi karena berkaitan dengan motivasi pegawai untuk bekerja secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan teori manajemen sumber daya manusia pada sektor publik, e-Government, Human Resources Information System HRIS , dan Sistem Informasi Manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-HRM yang terintegrasi dengan SAPK untuk menyelenggarakan KPO baru mengakomodir untuk kenaikan pangkat reguler. Sementara kenaikan pangkat pillihan jabatan struktural baru terakomodir pada e-HRM dan untuk kenaikan pangkat pilihan jabatan fungsional belum terakomodir karena data dari e-jafung belum settle. Terdapat kendala dalam penerapan e-HRM diantaranya pada kemampuan sumber daya manusia SDM , panduan yang kurang lengkap, tidak dilakukannya sosialisasi kepada pegawai secara menyeluruh, kurangnya ketersediaan alat untuk mengakses program, dan sumber data yang belum terintegrasi secara menyeluruh.

ABSTRACT
The e HRM program is an electronic based staffing management system, and also integrated with SAPK which owned by State Personal Board in running lsquo Kenaikan Pangkat Otomatis rsquo KPO . Researcher interested to know how the implementation of the e HRM program in managing the promotion of civil servants at the Secretariat General of the Ministry of Public Works and Housing because because the promotion has an important role in achieving the goals of the organization because it relates to employee motivation to work optimally to achieve goals organization. This research uses the theory of human resource management in the public sector, e Government, Human Resources Information System HRIS , and Management Information System. This research uses qualitative approach and data collection techiques in depth interview and literature study. The results of this study indicate that e HRM which integrated with SAPK to organize KPO, only accomodates the regular promotion. While the promotion for structural positions is only accomodated on e HRM and promotion for the functional positions haven rsquo t been accomodated because the data form e jafung hasn rsquo t been settled yet. There are obstacles in the implementation of e HRM such as on human resource HR capability, incomplete guidance, lack of socialization to employees as a whole, lack of tools to access programs, and data sources that have not been fully integrated."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bekti Subagja
"ABSTRAK
Organisasi privat maupun organisasi publik pada saat ini dihadapkan pada perubahan Iingkungan organisasi yang sangat cepat. Perkembangan globalisasi dalam segala bidang memaksa organisasi untuk melakukan transformasi dan perubahan terhadap seluruh aspek yang terkait dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan oleh organiaasi. Kebutuhan organisasi akan sumberdaya manusia yang memiliki performance yang tinggi menyebabkan organisasi bekerja keras untuk mencari dan menciptakan sumberdaya manusia yang berkemampuan dalam bidangnya. Upaya tersebut akan Iebih terarah bila organisasi terus memperbaiki sistim pengelolaan SDM dan mencoba menempatkan pegawai yang mempunyai bidang kompetensi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaannya sehingga akan menciptakan proses kerja yang lebih efektif dan produktif. Penempatan pegawai haruslah didasari dengan informasi progresif yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi kemampuan yang dimilikinya. Karakteristik, pengetahuan dan perilaku pegawai akan menjadi dasar pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Sekretariat Badan Litbang Pertanian memiliki pegawai dengan berbagai tingkat pendidikan dan keahlian. Namun, sampai saat ini Sekretariat Badan Litbang Pertanian belum memiliki informasi yang cukup jelas mengenai spesifikasi dan kemampuan yang dimiliki saat ini.
Pemetaan kompetensi, adalah istilah yang diartikan sebagai penggalian informasi terhadap kompetensi sumberdaya yang dimiliki oleh suatu organisasi. Pemetaan kompetensi dapat mengidentifikasi kesenjangan (GAP) kemampuan pegawai yang terjadi dalam suatu organisasi. GAP kompetensi adalah kesenjangan kompetensi yang dimiliki oleh pegawai pada saat ini dan kompetensi yang diharapkan di masa yang akan datang. Pelatihan dan Pengembangan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang diperlukan organisasi akan membantu meningkatkan kompetensi pegawai dan mengatasi GAP kompetensi yang terjadi dalam organisasi. Organisasi akan lebih efektif jika melaksanakan pelatihan dan pengembangan sumberdaya dengan melalui tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan yang terencana dan terprogram. Perencanaan pelatihan yang disusun secara teliti dan terprogram yang kemudian diimplementasikan dengan penuh konsistensi dan kemudian hasil dan pelatihan tersebut dievaluasi serta dinilai tingkat efektifitasnya akan menciptakan organisasi yang jauh Iebih efektif.
Salah satu tugas Sekretariat Badan Litbang adalah mengelola manajemen SDM. Sehubungan dengan fungsi tersebut maka peneliti mencoba untuk rnemberikan masukkan dari hasil penelitian ini dalam bidang manajemen SDM yang meliputi dua hal: Pemetaan Kompetensi dan Pelatihan dan Pengembangan Pegawai berdasarkan Training Need Assessment. Metode penelitian yang dipakai adalah Deskriptif analisis, yang akan memuat gambaran tentang peta kompetensi berdasarkan kompetensi pengetahuan, kompetensi keahlian dan kompetensi perilaku yang dimiliki Sekretariat Badan Litbang Pertanian. Dalam Bidang Pelatihan dan Pengembangan peneliti akan memberikan informasi tentang tahapan Pelatihan yang dilaksanakan Sekretariat Badan Litbang Pertanian.
Hasil Penelitian ini adalah teridentifikasinya kesenjangan kompetensi yang dimiliki oleh Sekretariat Badan Litbang Pertanian pada saat ini. Kompetensi pengetahuan, kompetensi keahlian dan kompetensi perilaku yang dimiliki pegawai sampai saat ini ada pada tingkat yang secara signifikan masih memerlukan pengembangan. Kesenjangan yang terjadi pada variabel kompetensi termasuk dalam kategori GAP keci|, sehingga organisasi perlu melakukan reinfocement (penguatan ) dan Sinergetic fir ( kebutuhan sinergi ) untuk mengantisipasi kesenjangan ini. Organisasi perlu melakukan peningkatan koordinasi dan optimalisasi sumberdaya untuk menciptakan pegawai yang lebih berkompetensi. Pelatihan dan pengembangan SDM di Sekretariat Badan Litbang Pertanian belum sepenuhnya melalui tahapan-tahapan pelatihan yang sesuai dengan Training Need Assessment. Pelatihan dan pengembangan yang selama ini dilakukan adalah pelatihan jangka panjang (tugas belajar) dan pelatihan jangka pendek, yang dilaksanakan berdasarkan prioritas kebutuhan kompetensi. Sekretariat Badan Litbang Pertanian perlu meninjau kembali strategi dan sistim pelatihannya sehingga pelatihan di Sekretariat Badan Litbang Pertanian dapat berjalan Iebin efektif dan efisien."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22633
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Reynanta Mauluddi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi kerja, kepercayaan pada organisasi dan resiliensi, terhadap komitmen karyawan untuk berubah yang dimediasi oleh kesiapan individu untuk berubah. Penelitian dilakukan dalam konteks perusahaan BUMN yang tengah mengalami masa krisis organisasi sebagai akibat dari terjadinya perubahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel yang terlibat sebanyak 303 orang responden. Data yang diperoleh melalui kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja, kepercayaan pada organisasi dan resiliensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan individu untuk berubah, sedangkan kesiapan individu untuk berubah berpengaruh positif terhadap komitmen terhadap perubahan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kesiapan individu untuk berubah memediasi secara parsial pengaruh motivasi kerja, kepercayaan pada organisasi dan resiliensi terhadap komitmen karyawan untuk berubah pada perusahaan ini. Secara teoritis penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya khazanah teoritis terkait manajemen perubahan organisasi. Secara praktis penelitian ini dapat memberikan umpan balik kepada manajemen perusahaan dalam mengelola proses perubahan organisasi yang tengah dialaminya.

Research aims to examine the effect of work motivation, trust in the organization and resilience, on employee commitment to change which is mediated by individual readiness to change. Research was conducted in the context of a state-owned company that was experiencing period of organizational crisis as result of changes. This study used is a quantitative approach, with a total sample of 303 respondents. Data obtained through questionnaires were then analyzed using partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Results showed that work motivation, trust in the organization and resilience had a positive and significant effect on individual readiness to change, while individual readiness to change had a positive effect on commitment to change. Results also show that individual readiness to change partially mediates the influence of work motivation, trust in the organization and resilience to employee commitment to change in this company. Theoretically, this study contributes to enriching theoretical knowledge related to organizational change management. Practically this research can provide feedback to company management in managing the organizational change process."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>