Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179348 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anggie Harygustia
"Majalah internal adalah saluran komunikasi yang digunakan humas. Opini khalayak dapat menjadi masukan bagi majalah internal. Penulis meneliti bagaimana opini karyawan Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (Persero) Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban terhadap majalah internal FLOEKSI. Penelitian bertujuan mengetahui opini karyawan terhadap majalah FLOEKSI.
Penelitian menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan cara menyebarkan kuesioner. Sampel berjumlah 10% dari total populasi dengan tekhnik aksidental.
Responden berpendapat positif terhadap pemberitaan di majalah FLOEKSI. Walaupun frekuensi membaca responden kurang namun para responden membaca dengan ditail isi dari majalah FLOEKSI sehingga sisi kognisi mereka akan pemberitaan perusahaan terpenuhi. Karyawan setuju FLOEKSI adalah alat komunikasi yang baik bagi perusahaan. Hendaknya humas PLN mengemas rubrik dalam majalah FLOEKSI lebih ringkas tanpa mengurangi nilai pemberitaan.

Internal magazine is a communication?s channel used by public relations. Audience opinion can be an input for it. Author examines how Governmental Electricity Company Ltd. Transmission and Load Dispatch Centre?s employees' opinion about its internal magazine, FLOEKSI. Research aims to reveal employees? opinion about FLOEKSI.
This research uses positivism paradigm with quantitative descriptive approach by spreading the questionnaire with accidental sampling technique. Research?s sample is 10% from population.
Employees hold positive coverage given to news in FLOEKSI. Although there?s a little frequency in reading, respondents read FLOEKSI thoroughly to fulfill their wills of cognitions. Employees agree that FLOEKSI is a good communications? tool for company. Public relations shall be more simple in spreading its news without lessen the news value."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Eva Fadella
"ABSTRAK
Perubahan organisasi pada instansi pemerintah pelayanan publik sebagai
konsekuensi dari kebijakan Reformasi Birokrasi dan Tunjangan Remunerasi
Kinerja ternyata membawa dampak yang cukup kuat terhadap kondisi internal
organisasi, yaitu menyangkut iklim komunikasi organisasi dan kepemimpinan.
Vaiabel-variabel ini sangat berkaitan dengan kepuasan komunikasi para
pegawainya.
Berdasarkan hal di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian
mengenai Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi, Visionaritas dan
Transformasionalitas Kepemimpinan terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi
Pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh iklim
komunikasi organisasi, visionaritas dan transformasionalitas kepemimpinan
terhadap tingkat kepuasan komunikasi para pegawai di Badan Kepegawaian
Negara sebagai dampak adanya kebijakan Reformasi Birokrasi dan Tunjangan
Remunerasi Kinerja. Beberapa teori utama yang dipegunakan untuk membedah
dan membahas hal tersebut, seperti Iklim Komunikasi (Redding), , Kepemimpinan
Visioner (Burt Nanus, Seth Kahan), Kepemimpinan Transformasional (Bass dan
Avolio) dan Kepuasan Komunikasi (Downs dan Hazen). Pada dasarnya teori-teori
tersebut menyatakan bahwa iklim komunikasi yang kondusif di dalam organisasi
serta penggunaan kepemimpinan visioner dan transformasional yang dengan perubahan organisasi memberikan dorongan yang kuat ke arah
pembentukan kepuasan komunikasi para pegawainya yang selanjutnya dapat
meningkatkan para pegawainya untuk berkinerja tinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan
dengan metode survei. Berdasarkan populasi pegawai di Badan Kepegawaian
Negara Pusat, maka diambil 285 responden sebagai kerangka sampel penggalian
data. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan analisis regresi linier berganda
dan uji signifikansi korelasi Pearson dengan menggunakan SPSS 21.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklim Komunikasi Organisasi,
Kepemimpinan Visioner dan Transformasional dalam suasana perubahan pada
instansi ini masih rendah, hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa nilai mean
pada dimensi-dimensi variabel yang cukup namun cenderung rendah. Sementara
berdasarkan analisis regresi menunjukkan bahwa kekuatan pengaruh Iklim
Komunikasi Organisasi terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi pegawai di
Badan Kepegawaian Negara cenderung kecil tercermin dari perolehan nilai pada
persamaan regresinya sebesar 0,184. Sedangkan kekuatan pengaruh
Kepemimpinan Visioner terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi pegawai di
Badan Kepegawaian Negara cenderung moderat ditunjukkan perolehan nilai pada
persamaan regresinya sebesar 0,467. Selanjutnya kekuatan pengaruh
Kepemimpinan Transformasional terhadap Tingkat Kepuasan Komunikasi
pegawai di Badan Kepegawaian Negara sangat kuat ditunjukkan perolehan nilai
pada persamaan regresinya sebesar 0,865. Namun demikian penelitian ini terdapat
kelemahan karena muncul efek bias keinginan sosial (social desirebility) yang
ditunjukkan dengan keengganan bawahan untuk menilai atasannya dengan kondisi
yang sebenarnya.

ABSTRACT
Organizational change in the Goverment Institution of Public Service as
the consequence of Bureaucratic Reform policies and Remuneration Performance
allowances turned out to be strong impact against the internal condition of the
organization, which concerns to the organizational communication climate and
leadership. These variables are very concerning to the satisfy communication of
the employees.
Based on the statement above, the writer is interested in conducting
research on The Influence of Organizational Communication Climate, Visionary
and Transformational Laeaderships Against The Satisfication Level of
Communication Employees. This research aims to find out how strong The
Influence of Organizational Communication Climate, Visionary and Leadership
Transformational Against The Satisfication Level of Communication Employees
at National Civil Service Agency (BKN) as consequence of beureucratic reform
policies and performance remuneration allowances. This research used many of
grand theories such as the theory of the Communication Climate (Redding),
Visionary Leadership (Burt Nanus, Seth Kahan), Transformational Leadership
(Bass and Avolio) and Communication Satisfaction (Downs and Hazen)Basically the theories state that a conducive climate communication in the
organization as well as the use of transformational and visionary leaderships in
accordance with organizational change gives a strong impetus towards the
creation of communication satisfaction the employees that can further enhance
their employees for high performance.
This research uses the quantitative approach and implemented with the
survey method. Based on the population of employees in the National Civil
Service Agency Center, then taken 285 respondents as sample data framework. To
achieve the goal of research used multiple linear regression analysis and
correlation of Pearson significance test by using SPSS 21.00.
The results showed that the climate of communication organization,
Transformational and Visionary Leaderships in an atmosphere of change in this
institution is still low, it is shown with some mean on variable dimensions are
enough but tend to be low. While based on regression analysis shows that the
strength of the influence of Climate Communication Organization to
Communication Satisfaction level of employees in the National Civil Service
Agency tends to small values reflected in the acquisition of equation regresy of
0,184. While the strength of influence visionary leadership against the level
satisfaction of Communication employees in the Civil Servant Agency tend to
moderate gains indicated by the values in the equation regresy of 0,467.
Furthemore, the influence strength of transformational leadership against the level
satisfaction of Communication employees in the Civil Servant Agency is very
strong that are indicated by the equation regresinya of 0,865. However this
research has weaknesses because of social desirability bias effect emerged that are
demonstrated by the reluctance of subordinates to assess the leader straighly."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42139
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Peran komunikasi orangtua dalam pendidikan seks pada remaja bertujuan diketahuinya peran komunikasi orangtua dalam pendidikan seks pada remaja ...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rustono Aji
"Program Pendidikan Masyarakat Lalu Untas merupakan program Kepolisian di bidang lalu lintas yang bertujuan untuk mendidik masyarakat melalui penerangan-penerangan dan pemberian pesan lalu lintas dengan berbagai kegiatan, yaitu penerangan melalui media massa, Ceramah, Pameran dan lomba lalu lintas. Program tersebut dibuat sebagai upaya preventif untuk menanggulangi masalah-Ialu lintas yang terjadi di jalan raya melalui pendekatan perilaku pengguna jalan agar mentaati dan tertib berlalu lintas agar tidak terjadi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.
Dalam tesis ini pokok permasalahan adalah Bagaimanakah komunikasi yang dilaksanakan dalam program pendidikan masyarakat lalu lintas.
Teknik penulisan ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelitian evaluasi data hasil temuan serta berdasarkan kepada studi kepustakaan.
Dalam penelitian ini, data dan temuan yang didapat menunjukan bahwa komunikasi dalam kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas belum berjalan sesuai dengan pedoman yaitu Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan Masyarakat serta teori-teori komunikasi. Hal itu terlihat dari tidak berjalannya penerangan lalu lintas di media massa, baik televisi, radio, dan surat kabar dan hanya dimanfaatkan untuk menampung aspirasi, ide dan kritik dari masyarakat saja. Seiain itu kualitas dan kuantitas personil Dit lantas Polda Metro Jaya yang masih kurang bagi kegiatan ceramah lalu lintas, baik perwira maupun bintaranya.
Mengingat pentingnya program pendidikan masyarakat lalu lintas yang bertujuan mengubah sikap dan perilaku masyarakat, serta melihat potensi media massa maka kegiatan penerangan melalui media massa perlu keseriusan dalam pelaksanaannya dengan melakukan berbagai upaya baik melalui kerja sama dengan pihak sponsor ataupun dengan mengadakan kampanye-kampanye. Sedangkan pengadaan personil yang mampu berceramah dapat dilakukan dengan menyeleksi dan melatih anggota Dit Lantas PMJ untuk menjadi penceramah lalu lintas yang diambil dari semua satuan-satuan kerja, sehingga program dikmas lantas ini dapat berjalan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas dan keilmuan Komunikasi sebagai landasan teori."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T762
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pietch, William V.
Semarang: Dahara Prize, 1989
302.2 PIE k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Onong Uchjana Effendy
Bandung: Remaja Rosdakarya , 1999
302 ONO h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Yenny
"Kemajuan Teknologi Informasi telah membawa dunia kedalam era informasi. Dengan teknologi pula dimungkinkan adanya pertukaran informasi di seluruh dunia dengan tanpa batasan jarak, ruang dan waktu. Akibat dari kondisi ini adalah persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu solusi untuk memenangkan persaingan adalah dengan inisiatif Customer Relationship Management (CRM) yang biasanya diterapkan dalam bentuk Call Center (CS) 147 yang bertujuan sebagai alat komunikasi perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan yang menguntungkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Melihat manfaat yang dihasilkan dari penerapan CRM, 2. Mengetahui apakah dengan Call Center perusahaan sudah dapat memenuhi tuntutan pelanggan akan komunikasi.
Pada prinsipnya konsep pengembangan CRM adalah merupakan proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dari suatu strategi, proses, manusia dan teknologi dalam upaya untuk melayani dan memberi kepuasan kepada pelanggan. Dengan demikian keberhasilan penerapan CRM tergantung pada proses kerja unsur-unsur tersebut terutama unsur strategi, proses dan manusia.
Penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Maksud deskriptif dalam penelitian ini adalah untuk melukiskan keadaan, situasi, dan hasil penelitian dengan menggunakan kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan Para pelaku yang diamati, sedangkan kualitatif yang dimaksud adalah untuk menggambarkan hasil-hasil penelitian secara apa adanya melalui wawancara mendalam dengan responden yang telah ditentukan dan didukung dengan studi kepustakaan atau literatur yang ada, bukan melalui uji statistik.
Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menekankan pada wawancara mendalam dan pengamatan Iangsung di lapangan yang nantinya memberikan pemahaman terhadap pemmasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (Depth Interview), dengan tujuan memperoleh perpektif tentang penerapan CRM dan manfaat CS147, penelitian lapangan (Field Research) untuk melihat secara langsung cara kerja CS147, dan studi dokumentasi. Analisa dilakukan dengan melakukan analisa situasi, peluang, ancaman, teknologi, SDM dan SWOT.
Manfaat CS bagi perusahaan selain sebagai alat komunikasi dan membantu masalah penjualan, juga untuk memberikan solusi dan informasi melalui konsultasi kepada pelanggan yang membutuhkan.
Manfaat lain adalah pengumpulan data guna menentukan customer needs. CS bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan untuk jangka panjang (tong-term) digunakan untuk meraih profit. Disamping itu kinerja CS juga lebih efisien karena bekerja berdasarkan target tertentu dan selalu dievaluasi.
Dengan mengadopsi kemajuan teknologi terutama dengan diimplementasikannya CRM, maka akan dapat menjadikan perusahaan lebih efisien dalam menjalankan operasionalnya, karena teknologi dan sistem CRM bersifat memudahkan kerja.
Untuk siap dalam menghadapi pesaing, disarankan adanya strategi yang benar dalam melakukan komunikasi pemasarannya. Untuk itu pula agar setiap kebijakan yang menyangkut kepentingan pelanggan agar disosialisasikan terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar pelanggan jadi lebih mudah untuk menerimanya.
Keluhan dan permasalahan yang dihadapi pelanggan melalui CS147 harus diperhatikan dihubungkan dengan produk atau jasa yang dipakai oleh pelanggan. Hendaknya perusahaan memperhatikan masalah kecepatan, ketepatan, dan kemudahan layanan suatu produk.
Setiap layanan yang dimiliki agar disosialisasikan terlebih dahulu, demikian juga dengan cara penggunaan CS yang benar agar tidak menimbulkan frustasi bagi pelanggan yang ingin menghubungi CS karena selalu terhubung dengan mesin penjawab. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T7661
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Abdurrahman
"Kelangsungan layanan yang bertumpu pada teknologi informasi menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kelangsungan usaha atau bisnis saat ini. Hal ini seiring dengan makin meningkatnya ketergantungan dunia usaha terhadap teknologi informasi (TI). Penanganan bencana (disaster) pada infrastruktur TI memerlukan perencanaan pada tataran kebijakan dan pelaksanaan pada tingkat operasi secara menyeluruh. Dalam suatu industri yang sarat dengan pemakaian TI, misalkan industri jasa telekomunikasi dan perbankan, sering terdapat perbedaan persepsi dalam mengantisipasi dan persiapan kelangsungan layanan (?business continuity services?). Masalah yang dapat ditimbulkan pada ?kesenjangan? penjaminan kelangsungan layanan ini sulitnya diterapkan standarisasi dan derajat layanan terhadap perlindungan konsumen.
Fokus tesis ini melakukan kajian dan riset perencanaan kelangsungan usaha dan layanan pada industri telekomunikasi. Dengan survey dan analisa persiapan implementasi kelangsungan layanan TI bidang industri telekomunikasi di Indonesia, maka dapat disimpulkan seberapa matang layanan yang diberikan oleh operator. Selain itu hasil kajian ini dapat menjadi panduan bagai operator baru yang akan bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi untuk menyesuaikan layanannya sesuai dengan standar industri. Hasil dari kajian ini menyiratkan bahwa persiapan dan pelaksanaan business continuity belum menjadi prioritas dan tersebar pada unit bisnis, sehingga tidak saling terkoordinasi. Belum adanya kesamaan persepsi pada aspek teknis, seperti perlunya ?recovery site?, terutama pada perusahaan telekomunikasi skala menengah.
Masalah lain adalah belum dilaksanakan sosiasilisasi, pengujian (test drill), kebijakan, kerja-sama antar operator untuk ?load sharing? saat bencana dan-lainlain. Secara rinci tesis ini membahas hasil survey kelangsungan usaha dan isu krtikal kelangsungan usaha perusahaan telekomunikasi di Indonesia, termasuk manajemen kelangsungan usaha untuk perusahaan telekomunikasi.

Continuity of services in information technology becomes of the most important aspects in business sustainability nowadays. This happens because business sectors become more dependent to information technology (IT). Disaster recovery for IT infrastructure needs a planning on policy and implementation in the operational level. In an industry full of IT usage, for example telecommunication and banking sectors, there might be misperception in anticipating and preparation for business continuity services. This problem makes it difficult to implement standardization for customer protection.
This thesis focuses on analyzing business continuity plan in telecommunication industry. Using survey and analyze the preparation for business continuity services, we can identify how mature the telecommunication operator in providing their services. The result of the analysis can also be a guidance for new operator that will work on telecommunication industry to adjust their services according to the standards of the industry. The result from this research shows that preparation and implementation of business continuity is not yet a priority in telecommunication industry, it is scattered among business units, and coordination among those business units is not exist.
Every telecommunication company has different perception on the technical aspect of business continuity, like requirement for recovery site, especially for medium scale company. Another problem for business continuity is socialization, scenario simulation test, policy, and load sharing collaboration between mobile operators for disaster recovery. In detail, this thesis analyzes the result of business continuity survey, disaster recovery and critical issue for service continuity in Indonesia?s telecommunication industry, including BCP Management for telecommunication company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardi Prastowo
"Fear appeal adalah salah satu bentuk pendekatan kreatif yang kerap digunakan dalam komunikasi periklanan. Ray dan Wilkie menyatakan bahwa fear appeal sesuai digunakan untuk "menembus" khalayak yang memiliki
harga diri tinggi terhadp suatu issue ter tentu.
Efektifitas fear appeal dalam menembus khalayak ini diuji cobakan terhadap para pelajar pelaku aktif tawuran, melalui penelitian ini. Khalayak dipilih berdasarkan peoelitian terdahulu yang menyatakan bahwa
para pelaku tawuran memiliki harga diri yang tinggi sehingga akan sulit me nerima pesan yang menghimbau mereka untuk berhenti tawuran.
Teori social judgement yang dikembangkan oleh Sherif digunakan sebagai landasan teori penelitian ini.
Menurut teori ini, seseorang akan menilai suatu pesan berdasarkan acuan internalnya disebut anchor yang terbentuk oleh pengalaman masa lalu dan keterlibatanego. Diprediksikan, bila seseorang memiliki keterlibatan
ego yang tinggi dalam suatu issue maka ia akan menolak pesan yang berisi issue tersebut. Dengan demikan, maka asumsi penelitian ini adalah iklan fear appeal akan lebih mampu menembus khalayak dibandingkan dengan iklan
yang tidak menggunakan fear appeal. Metodologi penelitian ini adalah eksperimen 1apangan dengan desain afteronly no control group.
Subyek eksperimen dibagi dalam 2 kelompok sampel yaitu kelompok penerima treatment fear appeal dan non fear appeal. Penelitian dilakukan dengan me mbandingkan sikap subyek pada kedua kelompok ihi. Sampel dipilih secara
purposif . Untuk mengukur sikap, di gunakan kuesioner
yang menggunakan skala Likert . Metode Focus Group Di scussion juga di gunakan untuk melihat reaksi spontan responden. Hasil penelitian menunj ukkan bahwa baik treatment yang menggunakan daya tarik menakut-nakuti
maupn bukan, sama-sama menghasilkan sikap yang positif.
Responden penelitian masih memiliki ketergantungan terhadap sekolah dan keluarga. Banyak sangsi Yang dianggap dapat menghambat cita-cita mereka dan akan membebani keluarga mereka. Sehingga bila hal ini
(sekolah, keluarga,cita-cita} diangkat dalam membahas masalah tawuran, maka responden akan bersikap sangatsensitif."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4105
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>