Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115199 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Yakob
"Karya akhir ini membahas materi dan metode pembelajaran cerpen tingkat MTs. Penulisan karya akhir ini meliputi pemilihan materi cerpen, analisis unsur intrinsik, pembuatan silabus, merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mendeskripsikan pembelajaran cerpen dengan materi dan metode yang variatif.
Karya akhir ini menggunakan metode deskripsi dengan melakukan kajian pustaka. Materi ajar diimplementasikan dalam proses pembelajaran menggunakan metode diskusi untuk membahas tokoh dan penokohan, metode inkuiri membahas alur dan latar, dan metode sosiodrama membahas tema dan amanat.

This final paper discusses short story materials and teaching methods for MTs students. This paper aims to offer short story materials, intrinsic elements analysis, syllabus and lesson plan design (RPP), and describing teaching short story in more various method.
This final paper applies descriptive method by conducting library study. In teaching activity, discussion method is carried to discuss character and characterization, inquiry method to elaborate plot and setting, and sociodrama method to scrutinize theme."
2009
T26222
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilandasi adanya isu bahwa kemampuan apresiasi cerpen mahasiswa masih belum memuaskan sehingga perlu dicari pemecahan masalah. Salah satu solusinya adalah pembelajaran sastra melalui model investigasi kelompok (MIK). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol prates-pascates yang dirandom. Data penelitian ini berupa hasil tes, angket dan wawancara serta observasi yang diolah secara kuantitatif. Sumber data utama adalah mahasiswa JPBD FPBS UPI Bandung dan data tambahan dosen sastra indonesia di jurusan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan hasil perbandingan awal dan akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta kemampuan akhir mereka dikonsultasikan dengan tabel distribusi t, harga tl.a pada a = 0,01, n = 74 ialah 2,37780 dan harga t hitung sebesar 1,16943. Dengan demikian t hitung lebih kecil daripada harga tl.a. Jadi kemampuan apresiasi cerpen indonesia mahasiswa yang menggunakan Model Investigasi Kelompok lebih tinggi daripada menggunakan Model Terlangsung diterima pada taraf nyata a = 0,05 atau tingkat kepercayaan 95%. Dengan kata lain MIK secara kualitas efektif untuk meningkatkan kemampuan kemampuan mahasiswa JPBD FPBS UPI. Penelitian ini menemukan bahwa prosedur yang digunakan dalam MIK berkontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan apresiasi cerpen Indonesia."
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan kognitif dan daya tahan retensi siswa pada materi ajar listrik arus searah antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbombing berbantuan Cmaptools dan kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa Cmaptools. Penelitian ini menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-postest selama tujuh hari. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X-2 dan X-3 di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung dengan jumlah masing-masing 38 dan 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisi pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan Cmaptools sebesar 0,68 dan tanpa bantuan Cmaptools 0,54. Berdasarkan uji beda rata-rata , pada taraf kepercayaan 95% hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing baerbantuan Cmaptools secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran model inkuiri terbimbing tanpa Cmaptools. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Cmaptools lebih dapat mempertahankan retensi siswa pada materi ajar listrik arus searah dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan Cmaptools."
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aries Chandra Ananditha
"Tuna grahita adalah anak yang mempunyai kemampuan intelektual dan perawatan diri khususnya toileting lebih rendah dibanding anak normal. Untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai. Peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media buku cerita bergambar terhadap activity daily living: toileting pada anak tuna grahita. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan melakukan storytelling menggunakan buku cerita bergambar yang dibuat peneliti. Penelitian ini berdesain multiple baseline across subject dengan responden enam anak tuna grahita.
Hasil analisis grafik garis setelah pemberian intervensi pada keenam responden menunjukkan adanya peningkatan pada tingkat kestabilan data,tingkat perubahan level data pada setiap dan antar fase, trend, serta analisis rerataskor sub skala pola, kemandirian, dan komponen pendukung kemampuan toiletingpada keenam responden. SLB dapat menggunakan metode pembelajaran ini.

A mentally disabled is children who have intellectual and self-care abilities particularly toileting lower than normal children. It needs an appropriate learning method. Researcher want to know the effect of learning with media picture bookstory to activity daily living: toileting in mentally disabled children. Learning is done through storytelling using picture storybooks which made researchers. This study has multiple baseline across subjects design with six respondents mentally disabled children.
Line graphs analysis after intervention giving indicates an increase in the stability of the data, the data level change on each and between phase, trends, and the mean analysis scores on sub-scale patterns, independence, and supporting components toileting skills at the sixth respondent. SLB can use this learning method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T34876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hema Anita
"one or factors that determine the success of education process in classroom is teacher. Teachers not only has role as teacher that transfer knowledge to the students but also as a model. The are various ways conducted by the techers to improve students study result."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizah
"This classroom action research was held at SMAN I Koto Baru Dharmasrya with the aim is to improving student's motivation in laering mathematic through cooperative learning with two stay- two stray model plus hula hoop as a media."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
"Kemampuan berkomunikasi, merencanakan dan merancang, serta kode etik profesi yang diamati oleh beberapa industriawan terhadap lulusan S1 baru bidang Teknik Mesin masih lemah. Oleh karenanya untuk meningkatkan kualitas lulusan dan memperkecil kesenjangan antara kebutuhan perguruan tinggi dan dunia kerja, perlu dilakukan perbaikan kurikulum dan strategi pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran yang mampu mengantisipasi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan dunia kerja.
Inovasi Iptek
Kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan dunia kerja yang ditemukan dalam penelitian ini mencakup dua hal pokok yang terdiri dari lima kompetensi, yaitu pertama, kemampuan dalam merancang rekayasa di bidang permesinan yang memperhatikan kaidah prosedur dalam desain, kaidah penelitian dan ekonomi, kedua, kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan (kemampuan berkomunikasi, bekerja dalam grup, perilaku sesuai dengan kode etik profesi). Ke lima kompetensi di atas selanjutnya disebut '5SB'."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Zuryaty
"One of the teaching method is called his jigsaw method that can make the math makes lesson more interesting and increase the result of the test. In this method the student study in group and they solve problems together so that the teaching and learning process will be : exploration , elaboration, confrimation can be seen and applied . and the knowledge that they had got can be fixed in their mind."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Putri Ningsih
"Tesis ini membahas peran gaya belajar dan persepsi pemelajar mengenai penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran kemahiran menyimak bahasa Jerman. Pendekatan penelitian adalah penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian pra-eksperimen. Penelitian ini melibatkan pemelajar bahasa Jerman dari dua kelas yang berbeda, yang kemudian dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol mendapatkan pengajaran kemahiran menyimak secara konvensional, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan pengajaran kemahiran menyimak dengan menggunakan siklus pedagogis metakognitif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa peran gaya belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi pemelajar terhadap penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran kemahiran bahasa Jerman. Pemberian perlakuan pengajaran strategi metakognitif dengan siklus pedagogis pada kelas eksperimen ini memberikan dampak pada peningkatan pemerolehan hasil pembelajaran kemahiran menyimak pemelajar. Walau demikian, hasil uji-t sampel kecil ini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan atas pemerolehan hasil pembelajaran kemahiran menyimak dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

This paper examines the role of learning styles and learners’ perspective towards metacognitive strategies instructions to improve German language learners’ listening skill. The research method used was mixed method with pre-experimental design. There are experiment class and control class. Control class was having conventional instructions meanwhile experiment class was having classroom instructions with metacognitive pedagogical cycle.
The results showed that learners learning style and their perspective towards metacognitive strategies are having a significant correlation. The results of post-test score of experiment class were increasing from the pre-test result, meanwhile control class post-test scores’ were not increasing. These results showed that the metacognitive strategies instruction can help learners to increase their scores in listening. Whilst the result of t-test small sample showed that there is no significant difference between post-test results from experiment and control classroom.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T52961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"There are many people who think that critical thinking is something difficult to do and is inteded to those who study at college or those who study philosophy and for those who possesess high IQ (genius)...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>