Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 111840 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Destia Setiarini
"Salah satu upaya untuk mengatasi masalah penyediaan lahan parkir yang meningkat di Kampus UI Depok adalah dengan pembatasan kendaraan melalui pemberlakuan sistem tarif parkir. Untuk melihat kemauan membayar (willingness to pay) para pengguna kendaraan maka dilakukan survei stated preference. Maksud penelitian ini adalah untuk menganalisa keinginan pengguna kendaraan pribadi untuk membayar fasilitas parkir. Selain itu dikembangkan model logit untuk melihat probabilitas pengguna parkir dengan membentuk fungsi utilitas yang dibatasi variabel tarif parkir. Hasil penelitian ini menunjukan untuk tarif parkir mobil Rp. 2.500,00 perjam diperoleh probabilitas mahasiswa yang parkir di dalam kampus UI sebesar 10.96% dan untuk tarif parkir mobil sebesar Rp. 1.000,00 perjam diperoleh probabilitas mahasiwa sebesar 41.96%. Sedangkan untuk tarif parkir sepeda motor Rp. 1.000,00 perjam maka diperoleh probabilitas mahasiswa yang parkir sebesar 10.16% dan karyawan 16.55%. Untuk tarif parkir motor sebesar Rp. 250,00 perjam diperoleh probabilitas mahasiswa yang parkir sebesar 42.45% dan karyawan sebesar 34.46%.

One way to overcome the parking area supply problem in UI Depok campus is by vehicle restriction using parking tariff system. To predict willingness to pay of vehicle user, stated preference survey has been done. The objective of this research is analysing the willingness to pay of vehicle user for parking facility. This research developed logit model to predict probability of parking user in UI campus by forming utility function limited by parking tariff variable. The research result shows that the application of car parking tariff at Rp. 2.500,00 per hour results in parking student probability of 10.96% and the car parking tariff at Rp 1.000,00 per hour results in student probability of 41.96%. Beside that, the application of motorcycle parking tariff at Rp. 1.000,00 per hour results in parking student probability of 10.16% and staff probability of 16.55%. Then, the application of motorcycle parking tariff at Rp. 250,00 per hour results in parking student probability of 42.45% and staff probability of 34.46%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50444
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Alfred Utomo
"ABSTRAK
Kampus UI Salemba terletak di bagian kota Jakarta yang sibuk setiap hari.
Lokasi kampus berdekatan dengan Pasar Kenari dan RSUD Dr.
Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengakibatkan seringnya penggunaan lahan kampus sebagai tempat parkir tambahan bagi pengunjung kedua lokasi tersebut. Benda Hal tersebut menyebabkan desain awal sistem parkir kampus UI Salemba tidak dilanjutkan sesuai dengan kondisi saat ini. Melalui sistem parkir yang memanfaatkan kondisi lahan yang sempit seperti menara parkir merupakan salah satu terobosan yang dapat digunakan di lahan kampus UI Salemba. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang tingkat efisiensi penggunaan lahan dalam penerapan sistem menara parkir di kampus UI Salemba.

ABSTRACT
The UI Salemba campus is located in a daily busy part of Jakarta. The campus location is close to Kenari Market and Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) resulted in frequent use of campus land
as an additional parking space for visitors to both locations. Thing
This caused the initial design of the UI Salemba campus parking system to be discontinued according to the current conditions. Through a parking system that utilizes narrow land conditions such as parking towers is one of the breakthroughs that can be used on the UI Salemba campus. This research aims to discusses the level of land use efficiency in the application of the parking tower system at the UI Salemba campus."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rachma Fitriah
"Kampus atau universitas merupakan salah satu tempat berkumpulnya sebagian besar orang yang terdiri atas mahasiswa/i, dosen, staf serta pihak terkait lainnya dan juga tamu kampus. Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas dengan lahan luas di Indonesia, luas lahan Kampus UI Depok mencapai 321 ha yang terdiri atas beberapa gedung fakultas dan fasilitas lainnya seluas 11.5 ha dan hutan kota seluas 180 ha dengan danau seluas 2.5 ha. Jumlah kendaraan bermotor roda dua dan kendaraan roda empat yang masuk ke area Universitas Indonesiacukup ramai setiap harinya. Oleh karena jumlah kendaraan yang terus mengalami peningkatan, pihak UI berniat untuk merumuskan sistem tarif parkir berbayar yang bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan dan memaksimalkan kinerja parkir di Kampus UI Depok.
Penelitian ini mencoba mengetahui preferensi pengguna jasa parkir di Kampus UI Depok apakah single tariff atau multi tariff, mengestimasi nilai kesediaan membayar (willingness to pay –WTP) tarif parkir berbayar di Kampus UI Depok dan mengkaji faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna parkir untuk membayar tarif parkir.
Metode yang digunakan untuk mengetahui preferensi pengguna parkir di Kampus UI Depok adalah menggunakan analisis statistik deskriptif sedangkan untuk mengestimasi nilai WTP dengan menggunakan rata-rata WTP. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna parkir untuk membayar tarif parkir diidentifikasi dengan menggunakan metode ekonometrika berupa analisis logistic.
Berdasarkan hasil perhitungan nilai WTP, responden pengguna jasa parkir di Kampus UI Depok diperoleh preferensi pengguna jasa parkir sistem perparkirannya adalah multi tariff. Nilai WTP untuk tarif parkir berbayar per jam sebesar Rp 1.358,00 untuk mobil dan Rp 1.120,00 untuk motor. Dengan menggunakan analisis regresi probit diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan pengguna jasa parkir dalam membayar tarif parkir per jam antara lain adalah green campus, kapasitas parkir, jenis kendaraan , tingkat kenyamanan parkir, rambu jalan, sistem parkir, tempat tinggal,durasi dan usia.

College or university is one of the place that the most people gathered in. There are students, lecturer, university staff and other staff including university guests. University of Indonesia is one of university that had huge campus area in Indonesia. The total area of University of Indonesia is 321 ha, that consists of some faculty building and other facilities with the total area 11.5 ha and city forest that has 180 ha with some lakes 2.5 ha. The total of motorcycles and cars that entered University of Indonesia were quite many. Hence, the total vehicles that was still increasing, University of Indonesia was formulated paid-parking system which is purposed to decrease the number of vehicles and maximize parking system in University of Indonesia, Depok.
This research are trying to find out the preferences of parking user in University of Indonesia, Depok, either single tariff or multi tariff. Other purposes is estimate the value of WTP paid parking fee in University of Indonesia Depok and also analyze factors that influence willingness of the parking user to pay paid parking fee. The method that is used for determining preferences of parking user in University of Indonesia is descriptive statistic analysis. To estimate the value of WTP is using WTP average. To find out the factors that influence willingness of parking user to pay paid parking tariff by using logit & probit regression method.
Based on the counting of WTP’s value, parking user which also respondents in University of Indonesia Depok. The user preferences of parking in UI is multi tariff. The value of WTP is Rp 1.358,00 per hour for car and Rp 1.120,00 per hour for motorcycle.By using probit regression analysis, it concludes that influencing factor of willingness to pay of parking user are green campus, parking capacity, kind of vehicles, parking comfortability, road sign, parking system, parking user houses, parking duration in campus and age. To identify factors that influence of parking user to pay paid parking tariff by using econometric method which is logistic analysis.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45451
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryadi Wirawan
"ABSTRAK
Kebutuhan parkir di Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat mulai menunjukkan permasalahan dengan adanya parkir ditepi jalan. Adapun hal tersebut menunjukkan bahwa kantong parkir yang ada tidak dapat menampung kebutuhan parkir sehingga terjadi kondisi over-demand. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, gedung parkir direncanakan dibangun untuk mahasiswa dan umum berdasarkan data kebutuhan.Adapun pengolahan data untuk menentukan kebutuhan gedung parkir menggunakan regresi linier berganda untuk dua variabel.
ABSTRACT
Parking demand in University of Indonesia Depok, West Java started to became problems when on the street parking occurs. Those problems shows that parking facilites have encounter over-demand situations. To overcome the problems, parking building will be implemented for student and public based on demand. Data need to be processed to determined the needs of parking using multiple linear regresion for two variable."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S61625
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfonsus Adrian
"[ABSTRAK
Skripsi ini membahas studi kelayakan finansial dari sistem parkir modern yang dikenal dengan nama Automated Vertical Parking, sebuah sistem parkir yang menggunakan bantuan mesin canggih untuk memarkirkan mobil pada suatu lahan yang jauh lebih kecil dari sistem parkir konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif yang bertujuan untuk menghitung nilai IRR, NPV, dan Payback Period proyek. Hasil penelitian menyarankan bahwa untuk membangun sebuah Automated Vertical Parking, diperlukan beberapa variabel penentu (jumlah kendaraan, inflasi, suku bunga) agar pembangunan bisa dinyatakan layak.

ABSTRACT
, The focus of this study is to make a feasibility analysis for a new modern parking system called Automated Vertical Parking In this study we need to calculate the factors car amount inflation interest rate that The focus of this study is to make a feasibility analysis for a new modern parking system called Automated Vertical Parking. In this study, we need to calculate the factors (car amount, inflation, interest rate) that influence the value of NPV, IRR, and Payback Period Method of the project until its feasible to build.]
"
2015
S58204
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudha Kartika
"Kota Depok saat ini terdapat banyak institusi pendidikan yang terus berkembang. Keberadaan institusi pendidikan tinggi ini tentunya akan membawa pengaruh pada kawasan sekitarnya, antara lain perubahan fungsi bangunan, perubahan sosial ekonomi dan adanya peningkatan volume lalu lintas akibat adanya pertambahan jumlah mahasiswa yang tinggal di sekitar institusi pendidikan tersebut. Disini, kehadiran perguruan tinggi menyebabkan terjadinya permintaan dari mahasiswa akan tempat tinggal, sehingga kawasan itu menjadi hunian yang memerlukan berbagai fasilitas pendidikan. Dan hal ini menyebabkan perkembangan pada kawasan tersebut.
Selain berperan penting terhadap perkembangan kawasan sekitar kampus, sebagai mahasiswa diharapkan juga dapat mengembangkan karakter dirinya guna menjalankan peran dan fungsinya di masyarakat. Namun hal ini tidaklah terlihat pada kawasan sekitar kampus Universitas Indonesia, Depok. Mahasiswa menjadikan kawasan hanya sebagai tempat tinggal. Peran dan fungsinya bagi masyarakat lokal masih belum terlihat. Hal ini dikarenakan mahasiswa belum dapat mengembangkan karakter dirinya atau bereksplorasi pada kawasan tersebut.
Tulisan ini berusaha untuk melihat dan menata kawasan sekitar kampus Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan student city. Diharapkan agar kawasan dapat menjadi wadah mahasiswa dalam mengeksplorasikan dirinya, sehingga selain berguna bagi pengembangan dirinya, mahasiswa juga dapat menjalankan peran dan fungsinya di dalam bermasyarakat.

There are many educational institutons in Depok City that continue to grow. The existence of those educational institutions takes effects for the neighborhood, i.e. the changes of building fuction, social economics, and the increasing of traffic volume as the impact of the increasing number of student living around the educational institutions. The existence of higher education institutions causes the demand for residence that should be equiped with educational facilities. Those make the development of the area around the campus.
In addition to the important role for the development of the area around the campus, students are expected to be able to develop their character in order to carry out their role and function in society. But this is not seen in the area around the University of Indonesia, Depok. Students make the area only as a residence. Their roles and functions within local community are still not visible. That is because the students have not been able to develop their character and explore the area.
This article tries to view and organize the area around the campus of University of Indonesia using student city approach. It is expected that the area can a place for students in exploring themselves, so in addition to useful for their development, students can also perform their role and functions within the community.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35832
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina
"Universitas Indonesia merupakan ruang publik dan juga sebagai penyedia layanan jasa di bidang pendidikan, yang setidaknya memiliki puluhan ribu mahasiswa yang berkumpul untuk menimba ilmu serta dikunjungi oleh berbagai akademisi baik di siang ataupun malam hari. Dengan banyaknya mahasiswa yang berkumpul, Universitas Indonesia harus lebih memperhatikan keselamatan dari pengunjungnya. Salah satu cara untuk melihat masalah keselamatan yang ada di kampus adalah dengan melihat persepsi risiko keselamatan dari sudut pandang mahasiswa dari sini akan telihat apakah Universitas Indonesia telah memberikan jaminan keselamatan untuk mahasiswanya dengan baik atau belum berdasarkan sudut pandang mahasiswa.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada tanggal 25 Mei-10 Juni 2015 dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 296 responden menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan didapatkan hasil secara umum mahasiswa memiliki persepsi risiko yang buruk yakni sebesar 52,7%, dimana mahasiswa mengaku keselamatan di Universitas Indonesia masih buruk sedangkan sisanya sudah menyatakan baik. Variabel pengetahuan dan efek risiko memberikan hasil yang buruk sedangkan variabel lain seperti kesukarelaan, kekhawatiran, kebaruan, fasilitas dan kebijakan sudah memberikan hasil yang baik.

Universitas Indonesia is the public space as well as a provider of services in the field of education, which has at least tens of thousands of students who gather to gain knowledge as well as visited by various scholars both at day or night. With many students who gathered, Universitas Indonesia should pay more attention to the visitors safety. Safety campus issues can be known by looking at the perception of safety risks from the student's perceptions which will give descriptions whether the Universitas Indonesia has provided a guarantee of safety for its students well or not, based on the student's perceptions.
From the research that has been conducted on May 25th to June 10th 2015 by distributing questionnaires to 296 respondents using quantitative descriptive method showed that generally students have a poor risk perception by 52.7%. The students admitted that safety at the Universitas Indonesia still bad, while the rest declared contrarily. Variable knowledge and risk effects give poor results whereas other variables which ars volunteerism, concern, newness, facilities and policy already provide good results."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S60467
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 1972
727.3 CAM (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Arika Hapsari
"Tesis ini berisi analisis tentang pengelolaan parkir on street di Kawasan Mayestik, Jakarta Selatan yang terdiri dari parkir on street lingkungan dan on street non lingkungan. Tujuannya untuk menganalisis pengelolaan parkir on street di Kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teori parking management yang dikembangkan oleh Kodransky dan Hermann yang meliputi empat strategi antara lain: mekanisme tarif, pengaturan, desain fisik, serta kualitas layanan kontrak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan post positivis, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan wawancara mendalam, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir on street lingkungan Mayestik berjalan cukup baik walaupun masih dalam proses perbaikan infrastruktur dan fasilitas serta pengawasan dalam hal pungutan ganda. Permasalahan infrastruktur dan fasilitas dapat dilihat dari kondisi jalan di kawasan parkir on street yang masih kurang layak, yakni berlubang dan becek ketika hujan, serta penataan perparkiran yang masih belum rapi. Kemudian banyaknya Pedagang kaki lima yang berimbas pada semakin berkurangnya lahan parkir on street sehingga mengurangi potensi retribusi yang diterima oleh UP Perparkiran. Selanjutnya pada pemungutan retribusi masih dikeluhkan adanya pungutan ganda yang dilakukan oleh petugas parkir di lingkungan Mayestik sehingga pengguna jasa parkir merasa telah membayar biaya parkir dua kali. Pengelolaan yang cukup baik bisa dilihat dari peningkatan pendapatan retribusi yang diterima oleh Unit Pengelola Perparkiran sejak Kawasan Mayestik menggunakan sistem parkir terpadu dengan Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Metroland. Sementara itu, pengelolaan parkir on street non lingkungan belum berjalan baik karena belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti masih minimnya pengawasan dari aparat terkait tentang ketentuan tarif yang harus dibayar oleh pengguna jasa parkir.

The thesis consists of an analysis of On Street Parking Management in Mayestik Area, South Jakarta. The purpose of this thesis is to analyze on street parking management in Mayestik Area, South Jakarta. This research applied the parking management theory that was developed by Kodransky and Hermann. This theory has four strategies, as follows: tariff mechanism, regulation, physical design, and the quality of service contract. Method and techniques that used in this research is Post Positivist approach with qualitative descriptive method, and implemented indepth interview, and literature study. On street parking divided into two parts, which are environmental on street parking and non-environmental on street parking.
The result showed that the management of the environmental on-street parking went quite well, although some improvements still needed particularly in the term of infrastructure, facilities and supervision to reduce the double-tax policy. Infrastructure and facilities problems can be seen from the condition of roads in the area of on-street parking, which is perforated and muddy while it rains and less arrangement of the parking area. The amount of peddler also decreases the area that supposed to be on street parking area. This condition brings the new problem, which is the reduction of potential retribution, that soon will be gathered by a parking institution. The characteristic of well-managed parking management in Mayestik area can be seen through the rise of retribution income, since there is a contract agreement between the local parking institution and PT Metroland. While in the other hand, the non-environmental on street not run well because it is not fit to the regulation applied. The cause can be lack of supervision from the government about the fare regulation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shita Azalia Husain
"Penelitian ini membahas pengelolaan kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengelolaan kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung dengan menggunakan teori administrasi pendapatan asli daerah yang dikemukakan McMaster dan mendeskripsikan apa saja tantangan dan peluang yang dihadapi dalam kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan post-positivist dengan studi kepustakaan dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan analisis data kualitatif dalam teknik menganalisis data.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung belum dilaksanakan sesuai dengan teori administrasi pendapatan asli daerah menurut McMaster, peluang yang dihadapi dalam kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung adalah optimalisasi pendapatan retribusi parkir dan adanya kepastian bagi wajib retribusi, sedangkan tantangan yang dihadapi dalam kebijakan uji coba sistem prabayar retribusi parkir kota Bandung adalah tidak ada peraturan yang khusus mengatur, kurangnya pengawasan, dan kurangnya sosialisasi dalam pelaksanaan uji coba sistem prabayar retribusi parkir Kota Bandung.

The focus of this research is to analyze management of trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality. The puposes of this research are analyze management of trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality based on theory of local owned revenue management by McMaster and also describes opportunities and threats in managing trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality. This descriptive research used post-positivist approach with literature research and in-depth interview as datacollection techniques.
The result of this research are management of trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality has not been carried out in accordance with theory of local tax and charge management by McMaster, the opportunities of this system are parking charges revenue optimization and certainty for parking charges user whereas the threats are no special rules set, lack of supervision, and lack of socialization in managing trial prepaid parking charge system policy in Bandung Municipality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S58688
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>