Ditemukan 168571 dokumen yang sesuai dengan query
Evalien Suryati
"Tesis ini membahas tentang kapasitas perpustakaan digital pada perpustakaan di lingkungan Universitas Indonesia (UI). Dijelaskan bagaimana kondisinya dan peran kondisi serupa ini dalam mengembangkan kerjasama dan jaringan perpustakaan pada aras meso (UI) maupun pada aras makro (nasional). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam dan diskusi kelompok fokus. Informan adalah kepala perpustakaan; administrator jaringan, dan koordinator layanan pemakai Perpustakaan Universitas. Analisis dituntun Adaptive Structuration Theory, dilakukan di sepanjang proses mengolah data yang terdiri dari tahap: pengodean berbuka, pengodean berporos dan pengodean berpilih. Hasilnya ditemukan kategori inti yang terdiri dari komponen: SDM, koleksi digital, teknologi jaringan, teknologi perangkat lunak aplikasi (LONTAR), dan kebijakan. Kondisi kapasitas ini punya peran potensial dalam mengembangkan kerjasama dan jaringan perpustakaan di UI. Saran diberikan bagi pustakawan dan perpustakaan di lingkungan UI, serta pemangku kepentingan layanan perpustakaan digital pada berbagai aras.
A Study of digital libraries (DL) capacity is conducted to explain: DL capacity condition at University of Indonesia (UI) libraries and its role in developing library cooperation and library network at meso level (UI) and macro level. Depth interviews and Focus Group Discussion is conducted to accumulate data. Informants are a library chairman, a network administrator, and library services coordinator at the main library. Data are analyzed throughout every step of data processing, start from open coding to axial coding and selective coding. Data analyzed is guided by Adaptive Structuration Theory (AST). Human resources, digital collection, technology, and policies are categories found. Relation among these categories is found as well. Capacity condition has a role in developing cooperation and network among academic libraries at meso level, but it is not at macro level. Suggestions are given to librarians and libraries management in UI, and digital libraries stakeholders at every level."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T25318
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Jakarta: CV. Sagung Seto, 2007
025.04 PER
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Novrian Hernu Saputra
"Skripsi ini membahas Pemanfaatan Koleksi Digital Knowledge-ATM di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Koleksi Knowledge-ATM di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan teknik pengambilan sampel snowball dan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemanfaatan Koleksi Knowledge-ATM di Perpustakaan Universitas Indonesia diprioritaskan untuk Sivitas Akademika Universitas Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada Perpustakaan Universitas Indonesia untuk lebih meningkatkan sosialisasi terhadap pemanfaatan koleksi Knowledge-ATM untuk memberikan kemudahan bagi Sivitas Akademika Universitas Indonesia dalam memperoleh koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia. Adapun saran dari Perpustakaan Universitas Indonesia ke depannya mesin telusur Knowledge-ATM ini akan di tempatkan di setiap fakultas untuk mendukung pembelajaran Sivitas Akademika Universitas Indonesia.
This thesis discusses the Collection Digital Knowledge-ATM Utilization in the Cental Library of the University of Indonesia. The goal is find out the Collection Digital Knowledge-ATM Utilization in the Central Library of the University of Indonesia. The method of this research is qualitative research with descriptive design and sampling technique of snowball and accidental sampling. The results of this study showed that Collection Knowledge-ATM Utilization in the University of Indonesia Library not prioritized for University of Indonesia Academic. Based on the results of the study authors suggest to University of Indonesia Library to further improve the dissemination of Collection Knowledge-ATM to provide ease for not only University of Indonesia Academic in acquiring collection owned by the University of Indonesia Library. As for the suggestion of the University of Indonesia Library in the future, this Knowledge-ATM search engine will be place in each faculty to support learning by the University of Indonesia Academic."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S65836
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dian Wulandari
"The presence of computer and its communication network have created possibilities for library in not only processing the automation of activities and saving internal data but also providing access to information which are physically absent in a library. This condition have changed library concept and form into a new one known as digital library. Digital library network in Indonesia have been developing since 2000s with the appearance of several library network such as IDLN, Ganesha Digital Library, SPEKTRA Virtual Library and GARUDA. Along with its development, there have been many non-technical and technical problems. Therefore, in developing digital library network in Indonesia, it needs hard work, sharing and national educating spirit to make it remain working as an information source for society."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2012
020 VIS 14:1 (2012)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dahl, Mark
Oxford: Chandos Publishing, 2006
025.002 DAH d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
New York: Springer, 2008
025.19 EUR r
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Muhammad Aulia Rasyid
"Penelitian ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan system pencarian.
Peneliti melakukan penelitian langsung pada antarmuka situs web dan mengamati arsitektur informasi yang ditampilkan pada Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Dalam melakukan penelitian, peneliti akan menangkap/merekam tampilan pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Peneliti berperan sebagai partisipan utuh dalam melakukan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara belum menerapkan prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya.
This research discusses the information architecture of Bina Nusantara University Digital Library. This research is a quantitative research with experimental methods. Analysis on digital library based on four basic components in the information of architecture, organization systems, labeling systems, navigation systems and searching systems. The author doing a direct research at the interface of the website and observe the information architecture displayed on Bina Nusantara University Digital Library. In research, author will capture record the interface of Bina Nusantara University Digital Libraries. Author role as full participants research. The results showed that the Bina Nusantara University Digital Library is not implementing the principles basic components of information architecture. Based on these research, the author suggested to the library to improve and develop the information architecture in digital libraries that provide easy access to information for users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S68130
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Sejalan dengan perkembangan pesat teknologi informasi saat ini, kata Internet sudah sering kita dengar. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tentunya berusaha untuk beradaptasi. Artikel ini membahas mengenai peluang penerapan TI yang dapat dilakukan setiap masjid, pesantren, dan pusat dakwah."
FP2T 1:2 (2002)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ira Maryati
"Peran perpustakaan akademik dalam layanan pendukung penelitian (Research Support Services) telah menjadi isu global. Namun, peran tersebut belum dilakukan dengan baik oleh perpustakaan akademik di Indonesia; adopsinya masih rendah dibandingkan negara lain. Sistem informasi dapat mengatasi permasalahan tersebut melalui pengembangan model bisnis; menghasilkan perubahan proses bisnis yang diimplementasikan dalam prototipe perpustakaan digital layanan pendukung penelitian. Strategi implementasi yang tepat juga dibutuhkan untuk kesuksesan adopsi perubahan proses bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model bisnis perpustakaan digital layanan pendukung penelitian dan implementasinya berupa sebuah prototipe. Tujuan lainnya adalah mengembangkan strategi implementasi untuk perubahan proses bisnis yang diusulkan.
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed-methods). Studi kualitatif melalui focus group disscussion (FGD) digunakan dalam membangun model bisnis yang diadopsi dari Business Model Canvas. Pengembangan prototipe menggunakan pendekatan object oriented dengan metode Rapid Application Development. Analisis usability secara kuantitatif dengan kuesioner system usability scale (SUS) digunakan untuk pengujian prototipe. Pengembangan strategi implementasi diperoleh dari wawancara dengan pakar dengan metode grounded theory method (GTM). Analisis data kualitatif menggunakan analisis konten dan analisis tematik.
Penelitian menghasilkan model bisnis dengan sembilan faktor kunci yang unik sesuai karakteristik perpustakaan akademik di Indonesia. Model bisnis tersebut telah dilakukan pemodelan proses bisnisnya menggunakan Unified Modelling Language (UML) dan diimplementasikan dalam prototipe; dimana hal ini belum dilakukan pada penelitian sebelumnya. Strategi implementasi juga telah dirancang untuk kesuksesan adopsi perubahan proses bisnis yang diusulkan. Dibandingkan dengan penelitian terdahulu, pada penelitian ini muncul isu terkait kesadaran staf dan kerjasama antar unit. Hal ini berkaitan dengan karakteristik organisasi nonprofit perpustakaan akademik; dimana pada penelitian sebelumnya strategi dirancang berdasarkan studi kasus organisasi profit. Secara praktikal, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan pengembangan teknologi dan meningkatkan adopsi perubahan proses bisnis di perpustakaan akademik menuju layanan pendukung penelitian. Beberapa proses bisnis yang belum diimplementasikan karena berbagai keterbatasan penelitian berpeluang sebagai penelitian lanjutan untuk memperkuat penelitian ini.
The role of academic libraries in Research Support Services has become a global issue. However, this role has not been carried out well by academic libraries in Indonesia; the adoption is low compared to other countries. Information systems can overcome these problems through the development of business models; produce business process changes that are implemented in a prototype digital library of research support services. The appropriate implementation strategy is also needed for the successful adoption of business process reengineering. This study aims to create a digital library business model for research support services and its implementation in the form of a prototype. Another objective is to develop an implementation strategy for the adoption of the proposed business process.This study uses a mixed method. Qualitative studies through focus group discussions (FGD) are used to build a business model adapted from the Business Model Canvas. The prototype development uses an object-oriented approach with the Rapid Application Development method. Quantitative usability analysis using a system usability scale (SUS) questionnaire was used for prototype testing. The development of the implementation strategy was obtained from interviews with experts using the grounded theory method (GTM). Qualitative data analysis used content analysis and thematic analysis.The research resulted in a business model with nine unique key factors according to the characteristics of academic libraries in Indonesia. The business model has been modeling its business processes using the Unified Modeling Language (UML) and implemented in a prototype; which has not been done in previous studies. The implementation strategy has also been designed for the successful adoption of the business process reengineering. Compared to previous research, this study raises issues related to staff awareness and collaboration between units. This relates to the characteristics of the non-profit organization of academic libraries; where in the previous study the strategy was designed based on a case study of profit organizations. Practically, the results of this research can be used to overcome the limitations of technology development and increase the adoption of business process reengineering in academic libraries towards research support services. Several business processes that have not been implemented due to various research limitations have the opportunity as further research to strengthen this research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Abdul Rahman Saleh
Jakarta: Sagung Seto, 2010
025.04 ABD m
Buku Teks Universitas Indonesia Library