Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154856 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mochammad Ayodya Satrya
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Almas Sahid Dwifardani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi beserta risikonya dan kontrol internal yang telah diterapkan oleh perusahaan outsourcing yang bergerak di dalamnya distribusi tenaga outsourcing ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif metode analisis sebagai metode penelitian dengan menggunakan sumber data seperti dokumentasi, hasil wawancara, dan studi literatur tentang aturan dan peraturan yang mengatur adanya kegiatan sumber daya. Analisis dilakukan dengan membandingkan prosedur sistem informasi akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran perusahaan dengan teori yang ada, melihat risiko yang ditemukan dalam outsourcing perusahaan PI X dan membandingkan komponen COSO (2013) serta peraturan yang terkait dengan data diperoleh. Berdasarkan analisis, PT X Outsourcing Cornpany memiliki prosedur untuk mendapatkan uang tunai penerimaan dan pengeluaran yang belum efektif dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki beberapa risiko dan memiliki kontrol internal yang masih dimiliki kelemahan dan pelanggaran dalam peraturan yang berlaku

Penelitian ini membahas untuk menganalisis sistem informasi akuntansi terkait risikonya dan kontrol internal yang telah diterapkan oleh perusahaan alih-alih yang bergerak di bidang distribusi tenaga outsourcing ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif
metode analisis sebagai metode penelitian dengan menggunakan sumber data seperti dokumentasi, hasil wawancara, dan studi literatur tentang aturan dan peraturan yang mengatur tentang kegiatan sumber daya. Analisis yang dilakukan dengan membandingkan prosedur sistem informasi penerimaan kas dan merilis perusahaan dengan teori yang ada, melihat risiko yang ditemukan dalam perusahaan outsourcing PI'X dan membandingkan komponen COSO (2013) serta peraturan yang terkait dengan data yang diperoleh. Berdasarkan analisis, PT X Outsourcing Cornpany memiliki prosedur untuk mendapatkan uang tunai penerimaan dan pengeluaran yang tidak efektif dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki beberapa masalah dan memiliki kontrol internal yang masih memiliki kelemahan dan memperbaiki dalam peraturan yang berlaku.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radityo Caesar Yurinov
"Terdapat masalah mengenai kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada PT TSB. Pengunaan Accurate yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja Sistem Informasi Akuntansi ternyata masih jauh dari hasil yang diinginkan. Kemungkinan penyebab dari hal ini adalah adanya beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja Sistem Informasi Akuntansi.
Penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), sebuah metode penentuan keputusan dengan mengkuantifikasikan nilai-nilai kualitatif dari tujuh faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi yaitu: kapabilitas personal, ukuran organisasi, dukungan manajemen puncak, formalisasi pengembangan sistem informasi, pendidikan dan pelatihan, komite pengendalian sistem informasi dan lokasi departemen sistem informasi. Ketujuh faktor tersebut dievaluasi berdasarkan tiga aspek yaitu: kepuasan pengguna, penggunaan sistem dan kualitas layanan sistem.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi kepada perusahaan terhadap faktor yang paling mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi agar lebih diperhatikan dan ditingkatkan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang menduduki tiga peringkat teratas adalah: kapabilitas personal, pendidikan dan pelatihan, dan dukungan manajemen puncak. Maka perlunya sebuah pengendalian internal menyeluruh berupa kebijakan dan prosedur yang mengatur adanya validasi, pemisahan fungsi dan wewenang agar laporan keuangan tetap terjamin kebenarannya.

There was a problem regarding the performance of Accounting Information Systems at PT TSB. Use of Accurate is expected to improve the performance of Accounting Information Systems is still far from the desired result. Possible causes of this is the existence of several factors that affect the performance of Accounting Information Systems.
This study uses the Analytic Hierarchy Process (AHP), a method of determining the decision to quantify the qualitative values of the seven factors that affect the performance of accounting information systems, namely: personal capabilities, organizational size, top management support, the formalization of information systems development, education and training , committees controlling the information systems and location of information systems departement. The seven factors are evaluated based on three aspects: user satisfaction, system usage and quality of service system.
The purpose of this study is to provide a reference to the company on the factors that most affect the performance of accounting information systems in order to be considered and improved. The results of this study found that the factors that occupy the top three are: personal capabilities, education and training, and support of top management. Hence the need for a thorough internal control in the form of policies and procedures that govern the existence of validation, the separation of functions and powers in order to secure financial statements remain true.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silaban, Rumata Marsaulina
"PT. Pertamina Hulu Energi PHE memiliki 54 anak perusahaan di dalam negeri, satu anak perusahaan di luar negeri, dan beberapa mitra/afiliasi. PHE memiliki kepentingan untuk melakukan evaluasi dan analisis terhadap informasi dari anak-anak perusahaannya untuk kepentingan analisis investasi dan kinerja pencapaian target produksi. PHE WMO dan PHE ONWJ merupakan anak-anak perusahaan PHE dimana PHE memiliki Participating Interest terbesar dan merupakan operator.
Saat ini data dan aplikasi anak-anak perusahaan PHE, termasuk PHE WMO dan PHE ONWJ belum terstandardisasi. Hal ini mengakibatkan sulitnya konsolidasi dan pelaporan informasi dari anak-anak perusahaan PHE ke induk perusahaannya. Selain itu, biaya untuk pengelolaan data dan aplikasi di PHE dan AP PHE, termasuk biaya untuk lisensi, support, dan modifikasi aplikasi, menjadi semakin tinggi, seiring dengan bertambahnya jumlah aplikasi di PHE dan AP PHE. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan Information System Architecture sebagai bagian dari penyusunan Enterprise Architecture PHE WMO dan PHE ONWJ.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan paradigma interpretivism. Data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan wawancara kualitatif, diskusi kelompok terarah, serta pengumpulan dan pemeriksaan materi dan artefak berupa dokumen perusahaan yang berhubungan dengan kondisi arsitektur perusahaan saat ini. Sedangkan pengolahan dan analisis data dilakukan dengan Thematic Analysis. Pembangunan Information System Architecture dilakukan dengan mengacu pada framework TOGAF.
Hasil dari penelitian ini adalah Information System Architecture PHE WMO dan PHE ONWJ yang terdiri dari Prinsip-Prinsip Arsitektur, Pemetaan Stakeholder, Visi Arsitektur, Arsitektur Bisnis, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Data, Solusi Arsitektur, dan Rencana Migrasi. Information System Architecture yang dihasilkan dalam penelitian ini menjadi panduan dalam melakukan standardisasi serta integrasi data dan aplikasi di PHE WMO dan PHE ONWJ. Hal ini untuk menghindari pengembangan aplikasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan proses bisnis.

PT. Pertamina Hulu Energi PHE has 54 subsidiaries in Indonesia, one subsidiary abroad, and several partners affiliates. PHE concerns in conducting information evaluations and analysis of its subsidiaries rsquo to analyse the investment that have been made on the subsidiaries and its performance achievement on production targets. PHE WMO and PHE ONWJ are PHE subsidiaries where PHE has the largest Participating Interest and is an operator.
Currently PHE subsidiaries data and applications, including in PHE WMO and PHE ONWJ, have not been standardized. This condition causes the difficulty of consolidating and reporting information from PHE's subsidiaries to its parent company. In addition, the costs related to data and application management in PHE and its subsidiaries, including fees for licensing, support, and application modification, are increasingly higher, along with the increasing number of applications in PHE and its subsidiaries. To resolve these problems, this research was conducted to develop the Information System Architecture as part of Enterprise Architecture development in PHE WMO and PHE ONWJ.
This research was conducted using qualitative research method with interpretivism paradigm. The data were collected using several approaches which were qualitative interview, focus group discussion, as well as collection and examination of materials and artifacts in the form of company documents related to the condition of the company's current architecture. Furthermore, the data processing and analysis was done using Thematic Analysis. The TOGAF Framework was used as the reference to develop the Information System Architecture.
The result of this research is PHE WMO and PHE ONWJ Information System Architecture, which consists of Architecture Principles, Stakeholder Mapping, Architecture Vision, Business Architecture, Application Architecture, Data Architecture, Architecture Solutions, and Migration Planning. The developed Information System Architecture of PHE WMO dan PHE ONWJ in this research will provide guidance on standardization and integration of data and applications in PHE WMO and PHE ONWJ. The objective is to avoid the development of applications that do not fit the needs of business processes.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pradita Saraswati
"Laporan magang ini membahas proses tahapan review atas kepatuhan kriteria kelayakan sistem remote trading yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik AAA terhadap kliennya PT. C Securities Indonesia. Proses review ini menemukan beberapa ketidaksesuaian terhadap kriteria yang telah diberikan oleh Bursa Efek Indonesia mencakup masalah pengendalian internal dan koneksi cadangan (DRC) dari PT. C Securities Indonesia ke Bursa Efek Indonesia. Laporan magang ini menyarankan perbaikan atas ketidaksesuaian agar sistem keamanan atas data dapat terjaga dan memperlancar aktivitas perdagangan.

This report is to investigate the stage of the process of compliance review for remote trading system conducted by AAA Public Accounting Firm towards their client PT. C Securities Indonesia. The review process found some discrepancies against criteria that have been granted by the Indonesia Stock Exchange covering the issue of internal control and a backup connection (DRC) from PT. C. Securities Indonesia to the Indonesian Stock Exchange. This report suggest the improvement over this discrepancies so that the system can be maintained over data security and facilitate trading activity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Eric Oktavianus
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai perancangan dan analisis sistem informasi akuntansi siklus pendapatan PT ABC (Perusahaan Kontraktor). Penelitian ini adalah penelitian studi kasus pada perusahaan kontraktor dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan dan analisis sistem informasi akuntansi pada siklus pendapatan PT ABC adalah wawancara dan observasi beserta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan sistem informasi akuntansi memudahkan proses pembelian material hingga penagihan proyek tercatat dengan komputerisasi sehingga perusahaan mengetahui laporan kinerja keuangan. Sistem informasi akuntansi membantu perusahaan untuk memantau proses pembelian material melalui data supplier yang berkinerja baik (kualitas tinggi, pengiriman cepat, dan murah). Manajemen dapat menarik laporan pendapatan dan pembelian material perusahaan secara akurat dan cepat melalui program sistem informasi akuntansi.

ABSTRACT
This thesis discusses the design and analysis of accounting information system related to the revenue cycle at PT ABC Company (Contractor). This research is a case study on the company's contractors using primary data and secondary data. The research method used were interviews and observations together literary study. The results showed that the design of accounting information systems is to facilitate the purchase of material recorded with computerized billing project so that the company knows the financial performance report. Accounting information systems help companies to monitor the purchasing process through data material suppliers that are performing well (high quality, fast delivery, and low price). Management can withdraw earnings reports and corporate material purchases accurately and quickly through the accounting information system."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T33767
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Widiarani
"Sistem informasi dalam suatu organisasi berperan sebagai komponen penghasil informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan bagi stakeholdersnya. Untuk menghasilkan keputusan yang dapat diandalkan, tentu diperlukan sistem yang dapat menghasilkan informasi yang dapat diandalkan juga. Skripsi ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi proses produksi pada PT XYZ dengan menggunakan metode Framework for the Application of System Thinking (FAST) dan beberapa kompoen Object Oriented Approach. Adapun hasil dari penelitian ini berupa rancangan proses produksi yang mengintegrasikan unit-unit produksi (sub sistem).

Information systems in an organization acts as a components of information producer that can be used in decision making for stakeholders. To produce a reliable decision, it certainly needs a system that can produce a reliable information as well. This research aims to analyze and develop the production process at PT XYZ with Framework for the Application of System Thinking (FAST) method and some components of Object Oriented method. The result of this research is a production process design that integrates the production units (sub system)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S45485
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Septikawati
"Tujuan dari penulisan skripsi yang ditulis dengan metode studi kasus yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian PT ANTAM, apakah dapat mendukung dalam ketepatan perhitungan balas jasa untuk pegawai atau tidak. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan adalah studi pustaka dan studi lapangan (pengamatan langsung dan wawancara). Hasil yang diperoleh menyatakan PT ANTAM memiliki sistem informasi akuntansi yang memadai dalam mendukung ketepatan perhitungan balas jasa untuk pegawai yang ditinjau dari pengendalian internal yang digunakan oleh PT ANTAM.

The purpose of this research written in case study method is to determine the payroll accounting information system of PT Antam, whether to support the accuracy of the calculation of fringe benefits for employees or not. In this study, the method used by the author to collect data and information needed is the literature study and field study (direct observation and interviews). The result state that PT ANTAM has an adequate system of accounting information to support the accuracy of employee compensation calculation which assessed by internal controls used by PT ANTAM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Farida
"ABSTRAK
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis arus informasi pada pelaksanaan proyek Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2011. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal serta kesesuaian skema pelaksanaan proyek dengan prosedur yang telah ditetapkan dan teori terkait yang dijadikan landasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proyek pengembangan PLTMH Kementerian Koperasi pada tahun 2011 telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Beberapa saran yang dapat diberikan kepada Kementerian Koperasi adalah pertama, secara aktif mengidentifikasi wilayah yang membutuhkan dana bantuan proyek. Kedua, mengidentifikasi kecukupan tenaga teknis. Ketiga, mengirim perwakilan dalam proses pelaksanaan tender atau penunjukan langsung. Dan yang terakhir, membahas secara lebih mendalam mengenai proses permintaan dana tambahan kepada SKPD Provinsi.

ABSTRACT
The purpose of this research is to analyze the information flow on implementation of Micro Hydro power Electrification Generator project in State Minister of Cooperatives and Small & Medium Enterprises on 2011. Besides that, this research is also to analyze internal control and conformity of project implementation scheme with defined procedure and relevance theories referred as theoritical foundation. The result of this research is that Micro Hydro power Electrification Generator Project in State Minister of Cooperatives and Small & Medium Enterprises on 2011 already implemented properly as defined in implementation procedures. However, there are some suggestions for State Minister of Cooperatives and Small&Medium Enterprises, the first is actively identified the region which really needs project aid fund. Second, identified adequate technical assistant. Third, send representative in tender process or direct assignment. And the last is, develop a thoughtful discussion about additional fund requesting process to provincial government."
2013
S45546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Laksmita Alim
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap efisiensi tugas keuangan dan akuntansi bagi para penggunanya di Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem informasi akuntansi dalam efisiensi tugas penganggaran, tugas akuntansi dan pelaporan, tugas audit dan tugas pengendalian bagi pengguna di dalam Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan survei untuk tahun 2017 yang dilakukan kepada unit analisis Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok. Hasil pengujian menunjukkan pengaruh penggunaan SIA di Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok memiliki pengaruh positif terhadap tugas penganggaran, tugas akuntansi dan pelaporan, tugas audit dan juga tugas pengendalian. Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok telah merasakan kemudahan dalam melakukan tugas-tugas akuntansi dengan menggunakan aplikasi SIA mulai dari mengolah data-data keuangan hingga proses pertanggungjawaban.

ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the effect of using accounting information systems to the efficiency of financial and accounting tasks for its users in the Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok. To know the impact of accounting information system usage in efficiency of budgetig task, accounting and reporting task, audit task, and controlling task for user in Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok. This research was conducted by quantitative method by using survey for 2017, which was distributed to unit of analysis of Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok. The result shows that the impact of the use of AIS in Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok has a positive impact on the task of budgeting, accounting and reporting tasks, audit tasks and also the task of control. Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok has felt the ease in performing accounting tasks by using AIS application in processing from processing financial data until the accountability process. "
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>