Ditemukan 116540 dokumen yang sesuai dengan query
Rohiman Notowidagdo
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002
297.66 ROH i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rohiman Notowidagdo
Jakarta : RajaGrafindo Persada, 1997
297.66 ROH i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rafael Raga Maran
Jakarta: Rineka Cipta, 2000
306 RAF m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rafael Raga Maran
Jakarta: Rineka Cipta, 2007
306 RAF m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Supartono Widyosiswoyo
Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996
306 SUP i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Veeger, K.J.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1995
306.4 VEE i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
M. Munandar Soelaeman
Bandung: Refika Aditama, 1998
306.4 MUN i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Woro Aryandini
Jakarta: UI-Press, 2000
306 WOR m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
S. Prajudi Atmosudirdjo
Djakarta: Endang, [date of publication not identified]
572.7 PRA i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Qonitah
"Disertasi ini mendiskusikan tentang budaya bersekolah dalam perspektif resistensi kultural. Kurikulum sebagai desain akan jalan yang dilalui setiap penuntut ilmu dalam prosesnya mengalami berbagai perubahan pun mengalami perubahan. Kehadiran Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang digagas kelompok Tarbiyah sejak awal 1990 membawa nuansa kurikulum tersendiri bagi Pendidikan di Indonesia khususnya di wilayah perkotaan. Kurikulum dalam sistem Pendidikan Nasional dianggap tidak mencukupi bagi terbentuknya generasi Muslim yang akan datang. SIT dalam pelaksanaannya menginfusi kurikulum ketarbiyahan dalam kurikulum terselubung yang akhirnya mempengaruhi kehidupan murid, guru, dan orang tua murid. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri Depok. Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan pada SIT NF Depok adalah bentuk resistensi kultural aktif dari Muslim perkotaan. Kurikulum sekolah tidak hanya ditempatkan sebagai sarana belajar, tetapi menjadi nilai-nilai yang ingin diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
This dissertation is aimed to discuss schooling culture in the light of cultural resistance perspective. Curriculum as a design of path that every student through in the process experiencing changes thru times and places for the relations that includes School, parents, and state. The emergence of Integrated Islamic School (IIS) since early 1990s brought a specific curriculum ambience as an alternative for Indonesian Muslims to select for their children, especially those who live in urban area. Tarbiyah community that started in campuses at 1980s and initiated IIS recognized that the curriculum of national education was insufficient for developing the next Muslim generation. They managed to instill the tarbiyah curriculum through ways that are hidden, implisit and demonstrate how their hidden curriculum effecting students’, teachers’, and parents’ lives. This research conducted in Nurul FIkri Integrated Islamic School Depok. The data for this research was collected by participant observation, indepth interview, and literature studies. This study reveals that IIS curriculum is form of active cultural resistance for the urban Muslim that embodied Islamic values that desired to be integrated in Urban Muslim everyday life."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
D-Pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library