Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 89166 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki miskonsepsi masiswa dalam pembelajaran analisis real melalui pengajaran remedial dengan bantuan media peta konsep dan tutor sebaya
."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan kimia dasar melalui pembelajaran pemecahan masalah yang diintervensi dengan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNM yang memprogramkan mata kuliah Kimia Dasar pada semester ganjil tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari dua kelas , secara acak menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ghanim Kanugrahan
"Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia selama lebih dari satu tahun. Hal tersebut menyebabkan terhentinya kegiatan normal di berbagai sektor kehidupan masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan. Setelah lebih dari satu tahun menutup kegiatan belajar tatap muka, Pemerintah kembali merencanakan kembalinya pendidikan tatap muka. Meskipun pendidikan tatap muka dinilai lebih efektif, akan tetapi bahaya Covid-19 yang semakin mudah menular menyebabkan kekhawatiran di dalam masyarakat. Untuk itu, pemerintah wajib menampung aspirasi rakyatnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode sentimen analisis. Dengan mengkombinasikan feature yang terdapat pada data Twitter, maka kita bisa membangun sebuah model untuk mengklasifikasi opini masyarakat. Penelitian ini juga membandingkan algoritma machine learning Support Vector Machine (SVM) dan Multi-layer Perceptron (MLP). Hasilnya, penambahan feature dan penggunaan algoritma (SVM) dalam mengklasifikasikan model Sentiment-Neutral menghasilkan nilai akurasi dan F-1 Score terbaik (85,78% dan 81,0%). Selain itu, visualisasi menggunakan Scattertext berhasil merepresentasikan teks dalam suatu plot. Hasilnya adalah mayoritas masyarakat yang mendukung kembalinya pendidikan tatap muka berdasarkan kepercayaan bahwa pendidikan tatap muka lebih efektif dibandingkan dengan pendidikan online. Di sisi lain, masyarakat juga takut akan bahayanya virus Covid-19.

The Covid-19 pandemic has hit Indonesia for more than a year. This causes the cessation of daily activities in various sectors in Indonesia, especially in the education sector. After more than a year banning face-to-face learning activities, the Government is now planning to unban the face-to-face education. Although face-to-face education is considered more effective, the danger of Covid-19 which is easily transmitted causing concern amongst people. Because of that, the government must accommodate the aspirations of the people. One of them is by using sentiment analysis method. By combining the features contained in the Twitter data, we can build a model to classify public opinions. This study also compares machine learning algorithms Support Vector Machine (SVM) and Multi-layer Perceptron (MLP). As a result, the addition of features and the use of the SVM algorithm in classifying the Sentiment-Neutral model resulted in the best accuracy and F-1 scores (85.78% and 81.0%). In addition, visualization using Scattertext successfully represents text in a plot. The result is the majority of people who support the return of face-to-face education based on the belief that face-to-face education is more effective than online education. On the other hand, people are also afraid of the dangers of the Covid-19 virus."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Ikhwanto
"Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif bagi siswa MTs. Penelitian kepustakaan dipakai sebagai upaya untuk menentukan langkah-langkah pengajaran cerpen yng disusun dalam silabus dan RPP. Sumber data yang dipilih adalah cerpen ‘Sahabat dan Kembang’ karya Soekanto S.A., Cerpen ‘Bunga Pengantin Bagian Keempat’ karya Arswendo A., dan cerpen ‘Aktor Ulung Kena Batunya’ karya Bambang J.K. Ketiga cerpen tersebut dianalisis strukturnya untuk dijadikan bahan pengajaran cerpen. Dari hasil deskripsi langkah-langkah pengajaran cerpen dengan sumber data tersebut terungkap bahwa pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sosial siswa. KBM juga dapat berlangsung menarik dan tidak monoton. Siswa pun dapat mengapresiasi karya sastra dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

The focus of this study is on teaching short story by using cooperative learning model for Junior High School. Bibliography research methodology is used as an effort to determine some steps in teaching short story with sylabus and lesson plan. The chossen data sources are ’Sahabat dan Kembang’ by Soekanto S.A., ’Bunga Pengantin Bagian Keempat’ by Arswendo A., and ’Aktor Ulung Kena Batunya’ by Bambang J.K. The three of the short stories mentioned above will be analyzed stnicturally for the teaching material. The result of steps in planning, implementing, and evaluating on teaching short story can improve the knowledge, attitude, and social studies. The teaching and learning process can become interesting and not boring. So, the students can apreciate the literary works and implement it in daily life direcly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26087
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Ikhwanto
"Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif bagi siswa MTs. Penelitian kepustakaan dipakai sebagai upaya untuk menentukan langkah-langkah pengajaran cerpen yng disusun dalam silabus dan RPP. Sumber data yang dipilih adalah cerpen `Sahabat dan Kembang' karya Soekanto S.A., Cerpen `Bunga Pengantin Bagian Keempat' karya Arswendo A., dan cerpen `Aktor Ulung Kena Batunya' karya Bambang J.K. Ketiga cerpen tersebut dianalisis strukturnya untuk dijadikan bahan pengajaran cerpen.
Dari hasil deskripsi langkah-langkah pengajaran cerpen dengan sumber data tersebut terungkap bahwa pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sosial siswa. KBM juga dapat berlangsung menarik dan tidak monoton. Siswa pun dapat mengapresiasi karya sastra dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

The focus of this study is on teaching short story by using cooperative learning model for Junior High School. Bibliography research methodology is used as an effort to determine some steps in teaching short story with sylabus and lesson plan. The chossen data sources are 'Sahabat dan Kembang' by Soekanto S.A., 'Bunga Pengantin Bagian Keempat' by Arswendo A., and 'Aktor Ulung Kena Batunya' by Bambang J.K. The three of the short stories mentioned above will be analyzed structurally for the teaching material.
The result of steps in planning, implementing, and evaluating on teaching short story can improve the knowledge, attitude, and social studies. The teaching and learning process can become interesting and not boring. So, the students can apreciate the literary works and implement it in daily life direcly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T38086
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4614
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Adhetya Ayuningtyas
"ABSTRAK
My Name is Khan 2010 merupakan film India yang diproduseri oleh Karan Johar. Dalam wawancara dengan Karan Johar, ia menyampaikan niatnya untuk memperbaiki kesalahpahaman mengenai Islam di tengah-tengah masyarakat melalui MNIK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara Rizvan Khan, tokoh utama, dikonstruksikan untuk melawan konsep Islamophobia. Penelitian ini menggunakan teori representasi dan konsep Islamophobia sebagai dasar untuk menganalisis film ini. Hasil dari penelitian ini adalah MNIK memperkuat representasi buruk dari kelompok non muslim, dan representasi Rizvan Khan bertolak belakang dengan karakteristik yang dijelaskan dalam konsep Islamophobia.

ABSTRACT
My Name is Khan 2010 is an Indian film which is produced by Karan Johar. Karan Johar, on his interview, conveyed his intention to correct the misconception about Islam among society in the world using MNIK film. This research analyzes the way Rizvan Khan, the main character, is represented to oppose the concept of Islamophobia. This research uses the theory of representation and the concept of Islamophobia to analyze the film. The reserach finds that MNIK enhances bad representation of non muslim groups, and the characterization of Rizvan Khan is oppositional to Islamophobia characteristics. "
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>