Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 67447 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suroso
Jakarta: UI-Press, 2007
PGB 0384
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Andromeda Hermawan Tristanto
"ABSTRAK
Tesis ini membahas efektifitas dan efisiensi kontrak lindung nilai forward dan
strategi call-spread option dalam mengurangi fluktuasi laba/(rugi) bersih
Perusahaan X sebagai akibat dari fluktuasi laba/(rugi) kurs porsi non-cash atas
utang dan obligasi dalam USD. Efektifitas diukur dengan melakukan
perbandingan standar deviasi laba/(rugi) kurs antara sebelum dan sesudah masuk
ke dalam kontrak lindung nilai tersebut sedangkan efisiensi diukur dengan melihat
besar realisasi biaya atas kontrak-kontrak lindung nilai tersebut. Penelitian
dilakukan untuk periode laporan per kuartal sejak awal tahun 2003 s/d. akhir
2012. Valuasi kontrak forward menggunakan metode Net Present Value (NPV)
sedangkan valuasi strategi call-spread option dilakukan dengan menggunakan
model Geometric Brownian Motion dengan simulasi Monte Carlo. Dari penelitian
ini ditemukan bahwa kontrak forward secara historis terbukti mampu mengurangi
fluktuasi laba/(rugi) kurs namun trade-off dari hal ini adalah biaya lindung nilai
yang relatif lebih tinggi dibanding kontrak call-spread option. Di sisi lain, strategi
call-spread option juga mampu mengurangi fluktuasi laba/(rugi) kurs walaupun
tidak se-efektif kontrak forward. Terdapat trade-off antara mengurangi risiko
dengan biaya yang diperlukan untuk mengurangi risiko tersebut.

ABSTRACT
This thesis explored the hedging contracts effectiveness and efficiency of forward
contract and call-spread option strategy to reduce fluctuations in profit/(loss) of
Company X as a result of fluctuations in profit/(loss) on exchange rate of noncash
portion of the debt and bonds in USD. Effectiveness was measured by
comparing standard deviation of profit/(loss) on exchange rate before and after
applying the hedging contract while efficiency was measured by level of actual
hedging cost. The study was conducted for the quarterly reporting period since
early 2003 to end of 2012. Valuation of forward contracts was done by using the
Net Present Value (NPV) while valuation of call-spread option strategy was done
by using Geometric Brownian Motion Model with Monte Carlo simulations. From
the study it was found that forward contracts have historically proven to reduce
fluctuations in profit/(loss) on exchange rate but with higher hedging cost relative
to call-spread option contracts. On the other hand, call-spread option strategy was
also able to reduce fluctuations in profit/(loss) on foreign exchange forward
contracts, although it was not as effective as forward contracts. There was tradeoff
between reducing risk and the cost required to reduce the risk."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pudjono
"Adanya perubahan dalam pembuatan laporan keuangan dari sistem lama (manual) menjadi Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) menyebabkan Departemen Kehakiman dan HAM RI melaksanakan manajemen perubahan sistem pelaporan keuangan.
Sehubungan dengan hal tersebut, masalah pokok yang dirumuskan adalah untuk menjawab pertanyaan :
· Bagaimana kesiapan Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI dalam pengelolaan perubahan sistem pelaporan keuangan ?
· Bagaimana upaya pengelolaan perubahan (manajemen perubahan) sistem pelaporan keuangan di Departemen Kehakiman dan HAM ?
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut dengan mempergunakan teori sebagaimana digambarkan oleh Lance A. Berger dengan "The Change Management Model" nya.
Tahapan-tahapan yang terjadi pada manajemen perubahan dalam model yang ditampilkan oleh Lance A. Berger (1994), sebagai berikut : Dimulai dengan adanya change triggers (pemicu perubahan) yang dalam hal pembuatan-laporan keuangan adalah Surat dari Badan Akuntansi Keuangan Negara (BAKUN) Nomor : S-851AK12002 tanggal 8 April 2002 perihal Pelaksanaan SAP Tahun 2002. Tahapan kedua adalah destabilize existing business situation, berarti bahwa setiap perubahan yang diambil pasti akan mempengaruhi seluruh sistem yang tengah berlangsung. Tahapan ketiga reassessment of alignment to market merupakan adanya terobosan dari kebijakan organisasi yang diperlukan manajemen agar dapat menyesuaikan diri dengan hal Baru. Tahapan keempat, change decision, yaitu melakukan perubahan/perbaikan organisasi dan terakhir ialah stabilizing change plan, adalah upaya-upaya yang dilakukan agar setiap unit kerja dapat memacu kinerja masing-masing.
Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah dengan mempergunakan Key informants, Observasi dan Desk Research. Dengan key informants, adalah wawancara langsung kepada pejabat/pegawai yang paling berkompeten dalam pembuatan/penyusunan laporan keuangan dengan Sistem Akuntansi Pemerintah.
Observasi (pengamatan) dilakukan untuk memperoleh data yang secara verbal tidak dapat diperoleh melalui wawancara mendalam dari observasi akan dapat diketahui bagaimana budaya organisasi, telah seberapa jauhkah pelaksanaan change management dan bagaimana perilaku para pegawai dalam meresponsnya.
Desk Research, merupakan suatu metode. pengumpulan dan pengolahan data yang berdasarkan pada informasi yang telah didokumentasikan, seperti peraturan-peraturan dan laporan tahunan.
Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan Sistem Akuntansi Pemerintah di Departemen Kehakiman dan HAM RI, dukungan dari pimpinan (terutama di Kanwil-kanwil) belum optimal, dana untuk pelaksanaan sistem itu sangat terbatas dan Sumber Daya Manusia yang melaksanakannya kurang profesional.
Dari hasil temuan penelitian tersebut disarankan; diadakan sosialisasi SAP (Sistem Akuntansi Pemerintah) bagi top management dan middle management di Departemen Kehakiman dan HAM baik di Pusat maupun di Daerah agar memahami urgensi dari SAP, mengusahakan dana bagi implementasi SAP, mengikutsertakan pegawai pelaksana pada penyuluhan SAP atau mengadakan penyuluhan/penataran sendiri.
Dan akhirnya bila memungkinkan merekrut pegawai baru yang berpendidikan Sarjana Ekonomi/Akuntansi dan Sarjana Komputer untuk ditempatkan pada Bagian/Sub Bagian Keuangan baik di Pusat maupun di Daerah."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T11993
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidhyananta Martdianasari
"ABSTRAK
Saat ini, terjadi perubahan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian mereka
yang lebih melihat pada persepsi atas brand dibandingkan realita produk tersebut.
Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pola pikir dari product-blame menjadi
brand-blame. Mengingat persepsi adalah hal yang sangat sensitif dan mudah
berubah, maka brand orientation dapat menjadi pilihan strategi perusahaan untuk
memenangkan konsumen, kompetisi dan pasar. Berdasarkan hal-hal tersebut,
peneliti mengadakan penelitian mengenai brand orientation pada UMKM dan
pengaruhnya terhadap kinerja keuangan UMKM. Penelitian ini menggunakan
metode SEM. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah brand
orientation berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKM.

ABSTRACT
Consumer behaviour has changed recently. Consumer base their decision of
purchasing much more on their perception of the brand, other than the product
reality. Mindset are shifting from product-blame to brand-blame. Because the
nature of perception are very sensitive dan easily change, brand orientation can be
strategic option for company to survive dan win the competition, consumer, and
market. Therefore, researcher wants to study about brand orientation on MSMEs
and it impacts on financial performance on MSMEs. Structural Equation
Modelling Method was used. The study reveals that brand orientation has positif
impact on financial performance on MSMEs."
2014
S54110
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jhonaidi
"Potensi zakat di Indonesia begitu besar namun terlihat celah yang begitu besar antara potensi dan realisasi zakat di Indonesia. Pelayanan pengelola zakat merupakan hal yang menjadi daya tarik muzakki (orang yang wajib membayar zakat) dalam menyalurkan zakat dan salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu organisasi yaitu kualitas pelayanan, terutama organisasi yang bergerak di bidang jasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh service quality (kualitas layananan) terhadap loyalitas muzakki dengan moderasi kepuasan muzakki di Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Wilayah Jabodetabek. Responden merupakan muzakki yang menyalurkan zakat di Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dengan jumlah 150 responden muzakki. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 22.
Adapun hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa service quality berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan muzakki dengan nilai koefisien sebesar 0,614. Service quality berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas muzakki dengan nilai koefisien sebesar 0,305. Kepuasan muzakki berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas muzakki dengan nilai koefisien sebesar 0,431. Service quality dengan peran moderating kepuasan muzakki berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap loyalitas muzakki dengan nilai koefisien sebesar 0,265.

The potential of zakah in Indonesia is so high, but there is a huge gap between the potential and realization of zakah in Indonesia. Zakah management services are things that attract muzakki (those who are obliged to pay zakah) in distributing zakah. One of the important factors in the success of an organization is the quality of service, especially organizations which are engaged in services. This study aims to analyze the effect of service quality on muzakki loyalty by moderating muzakki satisfaction in the Jabodetabek Region Zakah Management Organization (OPZ). Respondents are muzakki who distribute zakah in Zakah Management Organization (OPZ) which are resided in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) with a total of 150 muzakki respondents. The data analysis method used in this study is Structural Equation Modeling (SEM) with the AMOS 22 program.
The results of this study indicate that service quality has a significant direct effect on muzakki satisfaction with a coefficient 0.614. Service quality has a direct and significant effect on loyalty muzakki with a coefficient 0.305. Muzakki satisfaction has a significant direct effect on muzakki loyalty with a coefficient 0.431, Service quality with the role of moderating muzakki satisfaction has an indirect significant effect on muzakki loyalty with a coefficient 0.265.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T54130
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Erlangga, 2012
658 MAN (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Veithzal Rivai Zainal
Jakarta : Murai Kencana, 2004
658.402 RIV k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gaspersz, Vincent
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997
658 Gas m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gaspersz, Vincent
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997
658 GAS m (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Soeseno
Jakarta: Gramedia, 1983
R 639.5 SLA b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>