Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 163162 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Ardian Aryanata Pallampa
"Kepuasan konsumen semata ternyata masih belum cukup untuk memenangkan kompetisi (Reichfeld, 1996). Berkaitan dengan hal tersebut Oliver (1999) mengatakan bahwa telah terjadi perubahan paradigma pemasaran yaitu dart mencapai kepuasan konsumen berubah menjadi mancapai loyalitas konsumen. Menurut Oliver untuk mencapai tingkatan loyalitas tertinggi dibutuhkan adanya dukungan dari komunitas sosial dari konsumen. Loyalitas tertinggi ditandakan dengan terciptanya immersed self identity dimana konsumen sudah merasa menyatu dengan merek yang dikonsumsinya. Penelitian ini mengacu pada teori planned behavior (Ajzen, 1988) dan pengembangan dari teori planned behavior (Terry, Hogg, & White, 1999) dalam memprediksi niat perilaku loyal konsumen.
Perumusan masalah penelitian ini adalah analisis niat berperilaku loyal dari konsumen Harley Davidson yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). Analisis ini meliputi faktor-faktor yang dianggap berpengaruh pada niat berperilaku loyal dari konsumen. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah sikap terhadap perilaku loyal, norma subjektif konsumen, kontrol perilaku konsumen, identitas diri konsumen, norma kelompok konsumen, dan identifikasi kelompok dimana konsumen berada. Perilaku loyal konsumen diwakili oleh dua perilaku, yaitu menggunakan atribut Harley Davidson dan menjaga citra Harley Davidson.
Objek penelitian ini adalah anggota Harley Davidson Club Indonesia (MCI) dengan metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Pengambilan data dilakukan di Semarang dengan responden yang berasal dari berbagai daerah. Pengolahan data yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keenam variabel yang diuji terdapat lima variabel yang terbukti signifikan berpengaruh terhadap niat berperilaku loyal, variabel tersebut antara lain: identitas diri, identifikasi kelompok, sikap terhadap perilaku loyal, norma kelompok, dan kontrol perilaku Sedangkan variabel yang tidak terbukti signifikan berpengaruh terhadap niat perilaku loyal adalah variabel norma subjektif,
Hasil penelitian memberikan beberapa implikasi terhadap manajemen pemasaran. Secara umum hasil penelitian memberikan sumbangan pada teori mengenai loyalitas dimana membuktikan bahwa pengukuran loyalitas dapat dilakukan dengan menggunakan teori planned behavior. Bagi pemasar produk Harley Davidson hasil penelitian ini memberikan gambaran betapa komunitas konsumen HDCI memiliki pengaruh besar dalam pembentukan loyalitas konsumen.
"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T20172
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Dheni Suwardhani
"Kepuasan konsumen semata temyata masih belum cukup untuk memenangkan kornpetisi (Reichfeld 1996). Berkaitan dengan hal tersebut Oliver (1999) mengatakan bahwa telah terjadi perubahan paradigma pemasaran yaitu dari mencapai kepuasan konsumen berubah menjadi mencapai loyalitas konsumen. Menurut Oliver untuk mencapai tingkatan loyalitas tertinggi dibutuhkan adanya dukungan dan komunitas sosial dari konsumen. Loyalitas tertinggi ditandakan dengan terciptanya immersed self identity dimana konsumen sudah merasa menyatu dengan merek yang dikosumsinya. Penelitian ini mengacu pada teori planned behavior (Ajzen, 1988) dan pengembangan clan teori planned behavior (Terry, Hogg, & White, 1999) dalam memprediksi niat berperilaku loyal konsumen.
Perumusan masalah penelitian ini adalah analisis niat berperilaku loyal dari konsumen Honda Tiger 2000 yang tergabung dalam Tiger Association Bandung (TAB). Analisis ini meliputi faktor-faktor yang dianggap berpengaruh pada niat berperilaku loyal dari konsumen. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah sikap terhadap perilaku, norma subjektif konsumen, kontrol perilaku konsumen, identitas diri konsumen, norma kelompok konsumen, dan identifikasi kelompok dimana konsumen berada.
Objek penelitian ini adalah anggota Tiger Association Bandung (TAB) dengan metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Pengambilan data dilakukan di Bandung dengan responden yang berasal dari kota Bandung dan sekitar. Pengolahan data yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keenam variabel yang diuji terdapat tiga variabel yang terbukti signifikan berpengaruh terhadap niat berperilaku loyal, variabel tersebut antara lain: sikap terhadap perilaku, norma subjektif ,dan identifikasi kelompok, sedangkan variabel yang tidak terbukti signifikan berpengaruh terhadap niat berperilaku loyal adalah kontrol perilaku, identiras diri, dan norma kelompok.
Hasil penelitian memberikan beberapa implikasi terhadap manajemen pemasaran. Secara umum basil ini memberikan sumbangan pada teori mengenai loyalitas dimana membuktikan bahwa pengukuran loyalitas dapat dilakukan dengan menggunakan teori planned behavior. Bagi pemasar produk Honda Tiger 2000 hasil penelitian ini memberikan gambaran betapa komunitas konsumen TAB memiliki pengaruh besar dalam pembentukan loyalitas konsumen.

The satisfaction of Consumer is not only really yet last for winning competition (Reichfeld 1996). In connection with the such of statement, Oliver ( 1999) saying that have been happened change of paradigm of marketing that is from reaching satisfaction of consumer turn into to reach loyalty of consumer. According to Oliver to reach level of required highest loyalty need the existence of support from social community of consumer. The highest Loyalty designated with creation of immersed self identity where consumer have felt one with brand which consumed. This research relate to theory of planned behavior (Ajzen, 1988) and development from theory of planned behavior (Terry, Hogg & White, 1999) in predicting intention of planned loyalty behavior of consumer.
The formulation problem of this research is analysis of intention of planned loyalty behavior from consumer of Honda Tiger 2000 which is merged into Tiger Association Bandung (TAB). This Analysis cover factors assumed have an intention of planned loyalty behavior from consumer. Factors analyzed in this research are attitude to behavior, subjective norm, behavioral control of consumer, identity of consumer, group norm of consumer , and group identification where consumer reside in.
The object of this Research is member of Tiger Association Bandung (TAB) with method of sampling used by the non probability sampling. Intake of data has conducted in Bandung with responder coming from town of Bandung and around. Data processing which used is analysis factor and doubled regression.
The result of research indicate that from six variables of examined, there are three proven by variables of significance have an effect on to intention of planned loyalty behavior, the variables: attitude to behavior, subjective norm, and group identification, while improvable variables of significance have an effect on to intention of planned loyalty behavior are behavioral control, identity of consumer, and the group norm.
The result of research give some implication to marketing management In general result of this give contribution at theory of loyalty where proving that measurement of loyalty can be conducted by using theory of planned behavior. For marketer of product of Honda Tiger 2000 result of this research give picture how community of consumer of TAB give major effect in forming of loyalty from consumer.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T20357
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Ariwidiyanto
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S9803
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aimee Suria Chendra
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran perceived value multidimensi, diantaranya service value (SV), process value (PV), dan relationship value (RV), sebagai faktor pendorong tingkat satisfaction (S) konsumen dan dampaknya pada attitudinal loyalty (AL) dan behavioral loyalty (BL) pada konsumen GoFood. Sampel terdiri dari individu berusia 17-55 tahun, menggunakan layanan GoFood setidaknya dalam tiga bulan terakhir, dan menjadikan GoFood sebagai aplikasi utama untuk pesan-antar makanan. Teknik sampling yang digunakan adalah judgemental sampling yang disebar melalui Google Form dan terkumpul sebanyak 362 responden. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian membuktikan service value, process value, dan relationship value memiliki pengaruh signifikan terhadap satisfaction dan attitudinal loyalty, kecuali process value yang tidak ditemukan signifikansinya terhadap attitudinal loyalty. Satisfaction dan attitudinal loyalty masing-masing memiliki hubungan yang signifikan kepada behavioral loyalty dan keduanya (S, AL) memediasi seluruh variabel perceived value multidimensi (SV, PV, RV) dengan behavioral loyalty.

This study aimed to investigate the role of multidimensional perceived value, encompassing service value (SV), process value (PV), and relationship value (RV), as driving factors of satisfaction (S) and its impact on attitudinal loyalty (AL) and behavioral loyalty (BL) among GoFood users. The sample consisted of individuals aged 17-55 years, used GoFood services at least in the last three months and primarily used GoFood for food delivery. Judgemental sampling was employed with data collected through Google Forms, successfully collected 362 respondents. Data analysis was conducted using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS 4. The findings revealed that service value, process value, and relationship value significantly influenced satisfaction and attitudinal loyalty, except for process value, which did not exhibit a significant relationship with attitudinal loyalty. Satisfaction and attitudinal loyalty, respectively, demonstrated significant associations with behavioral loyalty. Additionally, both satisfaction (S) and attitudinal loyalty (AL) mediated the entire relationship between multidimensional perceived value variables (SV, PV, RV) and behavioral loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Kuntari
"Merek merupakan hal penting dalam pasar konsumen. Merek menjadi penghubung langsung antara konsumen dan perusahaan, serta adanya kemungkinan bahwa konsumen akan membangun loyalitasnya pada merek. Meningkatnya kepedulian masyarakat Indonesia akan penampilan dan citra diri, kini tidak hanya menyentuh kaum perempuan tetapi juga kaum laki-laki Indonesia, membuat pasar kosmetik dan mereknya semakin berkembang dan kompetitif. Dalam dunia industri dengan tingkat kompetisi tinggi, merek menjadi kunci penting bagi perusahaan untuk memposisikan dan menciptakan identitas produknya yang unik dalam benak konsumen. Penelitian ini mengusulkan bahwa kepercayaan pada merek menjadi hal penting dan sebagai faktor kunci dalam membangun loyalitas merek. Beberapa faktor yang dihipotesiskan mampu mempengaruhi kepercayaan konsumen pada merek untuk membentuk loyalitas merek meliputi reputasi merek, daya prediksi merek, kompetensi merek, kepercayaan pada perusahaan, dan kesukaan pada merek.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai seberapa besar pengaruh variabel reputasi merek, daya prediksi merek, kompetensi merek kepercayaan pada perusahaan dan kesukaan pada merek dalam membangun kepercayaan pada merek, serta mengetahui karakteristik yang paling berpengaruh diantara variabelvariabel tersebut dalam membangun kepercayaan pada merek dan akhirnya dapat menciptakan loyalitas merek pada masing-masing jenis responden penelitian.
Responden dalam penelitian ini adalah pemakai merek di wilayah DKI Jakarta, dengan metode penentuan sampel adalah non-probability sampling. pengumpulan data menggunakan onvenience samplingwawancara mendalam. Dari hasil penelitian dan analisis ditemukan bahwa kepercayaan pada perusahaan dan kesukaan pada merek merupakan faktor paling berpengaruh dalam membentuk kepercayaan responden laki-laki pada merek dalam membangun loyalitas merek. Sedangkan pada responden perempuan, faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam membentuk kepercayaan pada merek adalah kompetensi merek, kepercayaan pada perusahaan, dan kesukaan pada merek.

Brands are important in the consumers market. are the interface between consumers and the company, consumers may develop loyalty to brands. The tremendous development of cosmetics in Indonesia has been due to the increase of important of self among people (customers) regarding their physical appearance both in male and female. Cosmetics becoming the main source of consumers increasing their self confidence their physical appearance. the highly competitive cosmetics industry, brand are key variable for companies to position and creating unit identity of their product in the consumer main.
This study proposes that trust in a brand is important and is a key factor in the development brand loyalty. Factors hypothesized to influence trust in a brand and to develop brand loyally include brand reputation, brand predictability, brand competence; trust, and brand liking.
The puspose of this research is to out an explanation about the effect of brand reputation, brand predictability, brand competence, company trust, and brand in trust in a brand, also to out the most factor that influence trust in a brand, and finally this could be use to develop brand loyalty at both of male and female respondent. The respondent of this study are facial cosmetics's user in Jakarta, and the research is using probability sampling methods. data are collected using convenient sampling technique and depth interview. The field results concluded that company and brand liking are the significance factors influencing factors in developing male's trust in a brand, and in developing customer brand loyalty. The result of study also show that female respondent indicate three siginfrcance factors which affecting trust include brand competence, company trust, and brand liking.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T17054
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Petragani
"Skripsi ini membahas pemahaman tentang hubungan antara program loyalitas dengan kepuasan, dan loyalitas konsumen ritel di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 150 orang.
Hasil penelitian ini adalah bahwa program loyalitas memiliki pengaruh hubungan yang positif terhadap loyalitas dan kepuasan, serta kepuasan konsumen menjadi variabel moderasi yang baik untuk hubungan program loyalitas dengan loyalitas konsumen.

The focus of this study is to analyze the relationship between loyalty program, store satisfaction, and store loyalty on consumers retail of Indonesia. This research is quantitative descriptive interpretive. The sample size is 150.
The results are that loyalty program have positive influence to store loyalty and store satisfaction, also store satisfaction has become a good moderation variable for loyalty program relationship with store loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Sophia Ulfa
"Komunitas merek mengalami perkembangan, yang kemudian melahirkan komunitas merek online, dicirikan dengan penggunaan internet sebagai platformnya. Perkembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi siapa saja yang aktif di pasar, salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, keterlibatan pelanggan juga merupakan diskusi utama dalam komunitas merek online yang menggambarkan pengalaman interaktif konsumen, memiliki sifat iteratif yang dapat bertindak sebagai penyebab antecedent maupun akibat consequence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunitas merek online terhadap keterlibatan pelanggan, pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta pengaruh mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengaplikasikan SEM melalui AMOS. Hasilnya adalah komunitas merek online terbukti secara positif mempengaruhi keterlibatan pelanggan, keterlibatan pelanggan terbukti secara positif mempengaruhi loyalitas merek, dan adanya peran mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia.

Brand community is experiencing growth, which then develops into online brand community, characterized by the use of the Internet as its platform. This development is not only beneficial for consumers, but also for anyone who is active in the market, one of which is increasing customer loyalty. More than that, customer engagement is also a major discussion in the online brand community that describes the interactive experience of the consumer, that has iterative nature act as an antecedent or consequence. Therefore, this study aims to prove the influence of the online brand community on customer engagement, the influence of customer engagement on brand loyalty, and the role of community loyalty as mediation in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community. This thesis is conducted using quantitative analysis by applying SEM through AMOS. The result is online brand community is proved to affect customer engagement positively, customer engagement is proved to affect brand loyalty positively, and there is mediation role of community loyalty in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51533
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yugi Yayu Rahayu
"Penelitian ini memaparkan bagaimana atribut-atribut customer value pada jasa layanan purna jual dalam membentuk loyalitas pelanggan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitalif pada penelitian ini, dengan jenis penelitian deskriptif untuk mempelajari suatu fenomena yang sedang berlangsung, dimana didalamnya juga terdapat opini dan persepsi mengenai fenomena tersebut. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses pembentukan loyalitas pelanggan melalui atribut-atribut customer value pada jasa layanan purna jual adalah dimulai ketika pelanggan menggunakan jasa Iayanan purna jual tersebut. Atribut-atribut nilai seperti atribut fungsional dan emosional yang diciptakan oleh jasa layanan purna jual membentuk value yang kemudian membuat pelanggan puas. Sementara harga bukanlah suatu masalah meski berbeda jauh dengan penetapan harga yang ditawarkan kompetitornya, dengan membandingkan kualitas dan pelayanan yang mereka terima.

This research exposes how the attributes of customer value on the after-sales service can establish customer loyalty. This research uses a qualitative research method with a descriptive type of research, because the researcher want to learn about the process ofthe phenomenons, where there are also opinions and perceptions about these phenomenas. The results of this research show that customers will always looking for the benefit of the value of services they use. The customers consider that attributes of the value such as iimctional and emotional attributes, which is created by the after sales services, membentuk value that make them satisfied. For customers the price attribute is not a big problem event it has a big differ with the competitor w long as the quality of the services is satisfied."
Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33840
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ferryal Abadi
"Sasaran utama perusahaan bukan lagi hanya sekedar mencari pelanggan baru Namun yang lebih panting tentunya adalah memelihara dan mempertahankan pelanggan lama yang telah eksis. Strategi ini tampaknya mulai digunakan para pemasar modem. Tujuanya yaitu menjaga loyalitas dan rentensi pelanggan. Salah satu Cara yang digunakan adalah dengan membuat customer club.
Banyak faktor yang menyebabkan konsumen mau datang kembali untuk menggunakan produk tersebut. Di antara faktor tersebut terdapat di dalam program customer club yaitu faktor direct retention effect, inderect retention effect, customer club satisfaction dan customer relationship satisfaction, Oleh karena itu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variabel customer club terhadap retensi pelanggan dan variabel customer club mana yang paling dominan mempengaruhi retensi pelanggan studi kasus Propan Member Card.
Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode survei. Sampel yang digunakan adalah para pemegang kartu Propan Member Card di Propan Service Center Propan Kelapa Lading. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dalam bentuk convenience sampling, agar mendapatkan data secara cepat dan akurat dui responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner disusun berdasarkan skala Likert Uji statistik menggunakan Structural Equation Modeling ( SEM) dengan sofware LISREL 8,5.
Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa jenis kelamin laki-laki merupakan yang mayoritas mewakili perusahaan untuk menjadi anggota dan yang sering berkunjung ke Propan Service Centre. Bidang usaha mayoritas yang menjadi anggota Propan Member Card adalah kontaktor cat. 13 - 24 bulan merupakan rata-rata kurun waktu lamanya menjadi anggota Propan Member Card. Rata-rata jumlah pembelian anggota Propan Member Card adalah Rp. 50.000 - Rp. 1000.000. Dan rata rata jumlah kunjungan ke Propan Service Centre dalam rangka membeli, konsultasi atau keperluan lainnya adalah 2-5 kali dalam kurun waktu 6 bulan.
Hasil uji statistik dengan menggunakan Structural Equation Modeling menjelaskan kecocokan model ini adalah 0,79. Bahwa nilai yang mendekati 0,90 sudah dapat dikatakan good fit. Dengan demikian, dapat dikatakan babwa secara keseluruhan model telah good fit. Nilai R-square yang besarnya 0,77 menunjukkan bahwa 77 person variabilitas variabel customer retention dapat diterangkan oleh variabel direct retention effect, inderect retention effect, customer club satisfaction, dan customer relationships satisfaction secara bersama-same Sisanya di terangkan oleh variabel lainnya yang belum masuk dalam analisis. Dan keempat independent variabel, temyata hanya faktor direct relation efect dan indirect retention effect saja yang dapat mempengaruhi customer retention. Yang paling mempunyai kontribusi terbesar dalam customer club dalam mempengaruhi customer retention adalah direct retention effect dengan koefien regresi sebesar 0,96.
Berdasarkan basil analisis data di alas, maka perusahaan harus melakukan pelayanan dan manfaat yang lebih baik agar konsumen benar-benar mendapatkan value dari keikutsertaan di Propan Member Card.

Nowadays, the main goal of a company is not only focusing on getting new customers but also points maintaining and retaining their existing old customers. This strategy seems has been started widely by modem companies to keep loyalty and customer retention by establishing a customer club.
There are many factors that can cause a customer would like to come up to reusing same product. One of those factors is customer club that may contain direct retention effect, indirect retention effect, customer club satisfaction and customer relationship satisfaction. Therefore, in this thesis the researcher would like to try to investigate about "Influence of Customer Club Variable to the Customer Retention, which are of these customer club variable has high dominant influential to the customer retention, a case study at the Propan Member Card.
The research would be done by a quantitative approach method and proceeding with a survey method. Samples are Propan Member Card holder at The Propan Service Centre Kelapa Lading. Sampling technique is non probability sampling at the convenience sampling form which is intended for getting data much faster and accurate from the respondent. Data collection using questionnaire that establish based on Likert Scale and statistic test would be complete by Structural Equation Modeling (SEM) within LISREL 8.5 software.
Descriptive analytic result is descript that man are majority to be a member representative from a company for visiting the Propan Service Centre. Majority member of Propan Member Card are paint contractors. Average time to be a member of Propan Member Card is 13 to 24 months with amount purchase between Rp 500,001 to Rp 1,000,000 average. Meanwhile, visit amount to Propan Service Centre for buying, consulting or other purposes are 2 to 5 within 6 months.
Statistic resulting by Structural Equation Modeling descript fit of the model is 0,79. The value that near to 0.90 can be categorized as good fit. Therefore, it can be disclose that as a whole this model is good fit. The R. Square is 0.77 showing that 77% of variability of customer retention variable can be explained as direct retention effect variable, indirect retention effect, customer club satisfaction, and customer relationships satisfaction simultaneous. The remaining can be explained as other variable that is not included yet to the analysis. It may conclude from four independent variables, only direct retention effect factor and indirect retention effect may influence the customer retention. The direct retention effect has a huge contribution in influence the customer retention with regression coefficient is 0.96.
Based on this data analysis result, the company had to serve and giving more benefit to their customer in order to have their membership in Propan Member Card valuable."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T15029
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Astuti
"Increased globalization and greater market transparency are making the issue of retaining customers more and more important in today's business environment Recent management trends are leading companies to focus their efforts on customer relationship management in order to achieve long-term business success. Customer Relationship Management is both an old and a new concept in the healthcare industry. Recent, change to this industry are driving company to move from product centric to customer-centric businesses. Many company need to develop new capability to sustain competitive advantage, which include formulating unique, direct relationship with the customer. By intergrating all business operation aspect, firm translated into strategy. Because today, customer are very important factor in companies management with their power to change their short and long term policies and strategies.
Market forces are pushing the healthcare industry such as Pediasure milk formula to change business processes, reduce administration cost and work efficiently in the accurate way. The CRM strategy is aimed to help healthcare organization to understand the needs and habits of its member and provide better services to them in a more time efficient manner. Through maintain the customer database company have, they can effectively integrating the operational, marketing, sales and.other function, and with the help from the CRM system to make it easier for everyone inside the organization to work together and share the information.
Customer database or information is the first step and foundation for any customer relationship management activity.
A case study with qualitative approach was employed to examine the issues in recent marketing strategy. There is a number of reason to study this issues, (1) Customer data or information are the foundation for implementing CRM. (2) Marketing strategy are constructed from the variety of customer database the company had, in order to fit in with the customer needs, wants and requirement. (3) The process implementing CRM strategy to gain customer loyalty is difference form one to another. This study is focuses on the process CRM strategy to resist customer loyalty through customer database as marketing strategy. Based on those approaches, emphasis is put on how to maintain the customer database, structuring marketing strategy and process CRM to gain customer loyalty.
Based on the result of the study, it may be concluded that, (I) The process from strategy CRM into customer loyalty connected all factors , lost only one will lead to failure. As an outline, process consist from customer data turning into knowledge and will match it with marketing strategy implemented. (2) Customer database is a factor that lead to successful of implementing CRM Through data processing firm will get knowledge about their target and segmenting customer to optirnalized their strategy and resources they have. (3) Transformation from customer database into smart action could be valued for competitive advantage, in this case marketing strategy structured from customer database.
Based on the above conclusion, the following recommendation might be taken into consideration: (1) Integration between factors perhaps represent the best way to maximize resources they have but as firm to consider to prevent from over lapping factor that occurred, firm needs accuracy in technology and technique.But for consideration success not only lead only by technology, it rather by mind set lead it. (2) Although customer database customer are the foundation for CRM implementation, but only qualified data are needed to avoid data that will blured, infocused for firm or company to identified their customer. (3) Transformation data into marketing strategy flow inline with the first goal firm implemented these strategy."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T17397
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>