Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177962 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Victorina A.
"Semakin banyaknya jumlah media dan semakin banyaknya jenis media akhir-akhir ini menunjukkan perkembangan media yang semakin dinamis, begitupula industri yang berhubungan dengan penggunaan media. Dinamika media yang sangat cepat ini khususnya terjadi di media televisi. Secara kasat mata teramati makin beragamnya program dan semakin banyaknya program-program yang serupa. Perubahan ini menimbulkan dan sekaligus disebabkan oleh terjadinya persaingan diantara stasiun televisi.
Kondisi ini menyebabkan terbagi-baginya penonton ke program-program yang semakin banyak, sehingga jumlah penonton semakin sedikit untuk suatu program. Hal inilah yang disebut dengan fragmentasi. Di sisi lain terjadi segmentasi di masyarakat, yaitu masyarakat semakin terbagi-bagi dalam berbagai segmen dengan pola hidup, cara berpikir dan cara mengkonsumsi media yang berbeda-beda. Masyarakat saat ini semakin mempunyai banyak pilihan dan semakin dapat menentukan pilihan sendiri.
Bagi pengiklan kondisi ini membawa dampak yaitu semakin suiitnya menggapai para konsumen yang hendak menjadi target. Semakin sulit menentukan media mana yang paling tepat. Sehingga diperlukan ukuran yang Iebih akurat dan tajam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah ukuran yang saat ini dipergunakan masih relevan dalam kondisi fragmentasi media dan segmentasi masyarakat atau khalayak.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara kepada para perencana media yang melakukan pemilihan dan penempatan iklan ke media-media melalui suatu pengolahan perencanaan media dan sehari-hari dalam pekerjaannya menggunakan data pemeringkatan acara televisi.
Sebagai kerangka berpikir dari penulisan tesis ini digunakan tiga jenis teori yaitu pertama teori fragmentasi media yang menjelaskan adanya perubahan di media yaitu terjadinya kondisi fragmentasi di media, kedua teori segmentasi khalayak yang menjelaskan perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat, dan ketiga yaitu teori-teori yang digunakan dalam perencanaan media terutama yang berhubungan dengan pengukuran khalayak.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemeringkatan acara teievisi sebagai ukuran dalam perencanaan media sangat diperlukan, namun saat ini dianggap masih kurang tajam sehingga tidak sepenuhnya membantu para perencana media dalam kondisi masyarakat yang semakin tersegmen dan media yang semakin banyak atau semakin terfragmentasi. Bahkan ada perencana media yang sudah tidak menggunakan data pemeringkatan acara televisi yang ada sekarang ini.
Peneiitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada para perencana media dan klien-kliennya serta patnernya yaitu dalam hal ini pihak televisi dan badan research mengenai kebutuhan akan data khalayak yang lebih tajam untuk suatu kampanye iklan."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T22616
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Morissan, M.A.
Tangerang: Raminda Prakarsa, 2005
384.552 1 MOR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Sadri
"Migrasi dari analog ke digital dan persaingan dengan media baru termasuk video on demand (VOD) telah menjadi tantangan tersendiri bagi industri media televisi terestrial, yang belum banyak dikaji dari perspektif industri media oleh para akademisi. Tesis ini bertujuan untuk memahami strategi yang diambil oleh SCTV sebagai media televisi terestrial dalam menghadapi Analog Switch Off (ASO) di Indonesia dan menghadapi persaingan dengan VOD.
Penelitian ini menggunakan paradigma post positivistik dengan meminjam teori Mediamorfosis, Konvergensi Media, dan Disruptive Innovation sebagai kerangka dalam menganalisis strategi yang diambil oleh manajemen media SCTV dan holding company-nya, SCM, dalam menghadapi ASO dan persaingan dengan VOD tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview, observasi dan studi literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen SCTV dan SCM sebagai holding company-nya, telah mengambil sejumlah strategi sesuai dengan ketiga teori yang dipinjam di atas, di dalam menghadapi migrasi televisi terestrial ke sistem digital atau ASO, dan menyikapi persaingan dengan VOD. Di antara strategi yang diambil yaitu: melakukan positioning dengan flagship sebagai televisi sinetron, menjunjung prinsip “konten adalah raja”, prinsip ekslusivitas, mengadopsi prinsip konvergensi media (multimedia, multichannel, dan multiplatform), membangun Vidio.com sebagai platform VOD dari grup, memberdayakan media sosial yang dimiliki, dan melakukan efisiensi serta rasionalisasi dalam biaya produksi.

Migration from analog to digital and competition with new media including video on demand (VOD) has posed unique challenges for the terrestrial television media industry, which has not been extensively studied by academics, from a media industry perspective. This thesis aims to understand the strategy adopted by SCTV, a terrestrial television media, in facing the Analog Switch Off (ASO) in Indonesia and competing with VOD.
This research utilizes post-positivistic paradigm, drawing upon theories of Mediamorphosis, Media Convergence, and Disruptive Innovation as frameworks for analyzing the strategy adopted by SCTV's management and its holding company, SCM, in addressing ASO and competition with VOD. This study employs a descriptive qualitative approach, with data collection conducted through in-depth interviews, observations, and literature studies.
The findings reveal that the management of SCTV, and SCM as its holding company, have implemented several strategies in line with the three aforementioned theories, in dealing with the terrestrial television migration to the digital system or ASO, and in responding to competition with VOD. Among the strategies adopted are: positioning with a flagship as a soap opera television, adhering to the principle of "content is the king", exclusivity principle, adopting the principle of media convergence (multimedia, multichannel, and multiplatform), developing Vidio.com as the group's VOD platform, leveraging owned social media, and implementing efficiency and rationalization in production costs.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4361
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Nur Aufa Arifin
" ABSTRAK
Perkembangan industri televisi di era reformasi telah menelurkan beragamnya program televisi yang siap menghibur khalayak Sayangnya program program televisi saat ini didominasi oleh tayangan yang tidak mendidik berlebihan dan menimbulkan kondisi hiperrealitas bagi khalayak Dampak buruk dari media televisi tersebut seharusnya dapat diimbangi dengan kemampuan khalayak dalam memahami isi media siapa dalang dibalik terciptanya produk media sehingga khalayak tidak begitu saja terjebak dalam realitas semu televisi. Kemampuan khalayak tersebut dapat dimiliki dengan mempelajari literasi media

ABSTRACTThe development of the television industry in the reform era has spawned various television programs that are ready to entertain audiences Unfortunately the television programs currently dominated by uneducative excessive and created the hiperreality conditions for the audience Negative effects from the television media should be balanced with the public 39 s ability to understand media contents and who are people that create the program behind the media products so that the audience does not just get stuck in a pseudo reality television The ability of the audience can be owned by studying media literacy "
[, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Morrissan
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009
384.5 MOR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Morissan, M.A.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
384.5 MOR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Morissan, M.A.
Jakarta: Kencana, 2015
384.5 MOR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4392
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Diena Rahmania
"ABSTRAK
Penelitian skripsi ini membahas tentang bentuk-bentuk kependekan kata dalam judul acara media elektronik seperti televisi dan radio. Bentuk kependekan tersebut kini makin meluas dengan adanya media sosial Twitter yang mengharuskan penulisan kata menjadi lebih singkat. Penulis menggunakan metode kualitatif sebagai dasar pengambilan dan analisis data. Terdapat 98 data yang ditemukan dan terdiri atas 55 jenis singkatan, 16 jenis akronim beraturan, 1 judul akronim tak beraturan, 1 judul penggalan, 3 jenis kontraksi, dan 22 jenis akronim dan asosiasi kata. Dalam data ditemukan 8 pola singkatan dan 9 pola akronim. Pemendekan judul acara televisi dan radio yang ditemukan terbentuk secara leksikal karena terbentuk secara spontanitas pemakaian bahasa, tidak secara gramatikal yang sesuai dengan kaidah bahasa.

ABSTRACT
This research discusses about shortening form of title program from electronic media such as television shows and radio. The shortening form is now more widespread by social media, Twitter which requires the writing of the word to be cut shorter. I utilize qualitative method as the basis for the retrieval and analysis of data. There are 98 data found and consist of 55 types of abbreviations, acronyms 16 types of irregular, 1 acronym title irregular, 1 title fragment, three types of contractions, and 22 kinds of acronyms and word association. In data has been found 8 kinds of abbreviation and 9 kinds of acronym. Shortening form of television and radio title program are occured by lexical since formed spontaneously language usage, not in accordance with the grammatical rules of the language.
"
2015
S59696
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>