Ditemukan 41300 dokumen yang sesuai dengan query
Titin Nur`Ani
"Coupled drives apparatus adalah suatu sistem multivariabel yang dirancang untuk menunjukkan pengendalian kecepatan motor dan tension material. Sistem ini, dengan penggerak yang saling berinteraksi, banyak digunakan dalam aplikasi industri. Coupled drives apparatus mempakan sistem dengan dua masukan dan dua keluaran. Masukannya berupa dua buah motor DC, sedangkan keluarannya berupa kecepatan dan rension. Dalam tesis ini, dilakukan perancangan pengendali optimal kuadratik dan pra kompensator dengan menggunakan model-model diskrit, yang didapat dari respon lingkar terbuka sistem (kecepatan dan tension). Pengujian hasil perancangan sistem pengendali dilakukan dengan simulasi menggunakan program Matlab - Simulink dan memberikan hasil yang baik.
Coupled drives apparatus is a multivariable system designed to demonstrate how to control motor speed and material tension. This system, with an interacting drives, is used in many industrial application. Coupled drives apparatus is a two input - two output (TITO) system. The inputs are two dc motors, and the outputs are speed and tension. In this thesis, we design this system with quadratic optimal controller and pre compensator based on discrete models, which get from open loop speed and tension response. The result from controller system design tested with simulation using Matlab - Simulink, and the result is good."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16166
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Leitmann, George
New York: McGraw-Hill, 1966
629.831 LET i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Athans, Michael
New York: McGraw-Hill, 1966
629.8 ATH o
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Gopal, M.
Boston: McGraw-Hill, 2002
629.8 GOP c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sante, Daniel P.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1980
629.8 SAN a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Garner, K.C.
Oxford : Pergamon Press, 1968\
629.8 GAR i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Teguh Imanto
"Dalam proses perakitan shock absorber kendaraan bermotor terdapat proses pengisian oli, proses ini sangat penting karena berhubungan langsung dengan kualitas shock absorber yang diproduksi. Parameter yang sangat penting dalarn proses pengisian oli ini adalah volume. Pengaturan volume pada mesin pengisian oli dalam Tugas Akhir ini dilakukan melalui mekanisme pengaturan posisi oleh sebuah motor servo. Putaran dari motor servo dirubah menjadi gerakan tranlasi melalui ball screw dan dihubungkan dengan piston rod silinder hidrolis, sehingga ketika motor berputar piston silinder bergerak sepanjang silinder. Silinder hidrolis ini merupakan penakar volume oli yang akan dimasukkan ke dalam shock absorber. Supaya proses pengisian oli ke dalam shock absorber dapat terjadi diperlukan pengaturan arah aliran oli. Arah aliran oli diatur melalui pengaturankatup solenoid, katup pertama menghubungkan tangki penampung oli dan silinder sedangkan katup yang kedua menhubungkan silinder dan Benda keda atau shock absorber. Ketika katup pertama terbuka dan katup kedua tertutup maka oli akan bergerak ke dalam silinder dan seat katup pertama tertutup dan katup kedua terbuka maka oli dari dalam silinder akan bergerak ke dalam shock absorber. Pengaturan sekuensial pada mesin pengisian oli ini dilakukan oleh PLC dalam hal ini PLC sebagai pengatur pads open loop control, selain itu PLC juga sebagai positioning controller yang memberikan masukkan berupa pulsa yang merepresentasikan posisi ke servo amplifier. Sistem kontrol dengan umpan balik atau close loop control dalam rancangan mesin pengisian oli ini terdapat pada sitem pengaturan posisi antara servo amplifier dan motor servo."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40056
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Wahyu Hidayat
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40105
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sujono
"Dalam tesis ini akan dibahas tentang sistem penggerak pada pemrosesan lembaran logam dengan menggunakan dua buah motor listrik arus searah sebagai penggerak utamanya. Motor pertama dipergunakan untuk mengatur tingkat ketegangan dan motor kedua dipergunakan untuk mengatur laju pergeseran lembaran logam. Pengendalian menggunakan pengendali PID dilakukan untuk menjaga tingkat ketegangan (tension) dan laju pergeseran lembaran logam dengan cara mengatur tegangan pada kumparan jangkar motor. Persamaan dinamika sistem diturunkan berdasarkan karakterisilk elektromekanis, sehingga diperoleh model sistem dalam bentuk persamaan keadaan. Sistem yang diperoleh merupakan sistem multivariable dengan dua masukan dan dua keluaran. Untuk pengendalian, dirancang dekopler dan pengendali PID ditata dengan metode kurva reaksi Ziegler Nichols don metode henristik. Sisfem tersebut disimulasikan dengan menggunakan simulink dari software mathlab 6.5.
The thesis discusses is about the drive system of the metal sheet processing system using two DC electric motor as the prime mover. The first motor is used to control the tension of the metal sheet and the second motor is used to control the displacement rate of the metal sheet. PID controller is used to maintain tension level and displacement rate of the metal sheet by the regulation of voltage that op/lied to the armature of DC electric motor. The system 's dynamic equation is derived based on the electromechanical characteristic of DC motor and the elasticity of the metal sheet to obtain the system's model in the form of state equation. The system is a multi variable systems with two inputs and two outputs. Decoupler is designed to reduce the couple of the system. The Ziegler-Nichols and heuristic method is applied to find the parameter of PID controller. The system is simulated in a program using simulink front matlab 6.5 software."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14601
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Boyd, Stephen P.
Engleword Cliffs: Prentice-Hall, 1991
629.8 BOY l (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library