Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 81363 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1989
R 610.7 LAP
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1991
R 610.7 LAP
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Nining Indroyono Soesilo
Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1993,
R 610.7 Uni l'92(2)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
M. Sofi-Jusuf
"ABSTRAK
Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada mula-mula berfungsi hanya sebagai penyalur buku dan majalah ke seksi-seksi dan bagian-bagian dalam lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dengan demikian perpustakaan masing-masing seksi dan bagian berkembang, sedang perpustakaan Fakultas menjadi pasif.
Keadaan ini berakhir tahun 1969. Pada waktu itu Dekan menginstruksikan kepada Kepala Perpustakaan untuk mengadakan inventarisasi kembali koleksi yang telah di_terima. Mulai saat itu Perpustakaan Fakultas Kedokteran mengadakan kegiatan pemiajaman. Sistem pelayanan yang di gunakan adalah sistem tertutup. Pada tahun 1975/76 Fa_kultas Kedokteran pindah ke kampus Bulak Sumur, dan mu_lai saat itu pelayanan diberikan dengan sistem terbuka.
Dalam usaha-meningkatkan pelayanan, Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada menghadapi berbagai masalah. Dengan dibukanya program pendidikan S2 dan S3 di Fakultas Kedokteran, koleksi perlu ditambah.

"
1985
S15730
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.H. Markum
Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1989
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Psikologi. Universitas Indonesia, 1992
R 378.19 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Universitas Indonesia, 1993
R 378.598 Buk
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1991
R 610.7 Ind b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Safyuni Lestari
"Skripsi ini membahas kebutuhan informasi mahasiswa strata satu (s-1) angkatan 2010 dalam mendukung proses belajar pada Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa jenis informasi utama yang dibutuhkan di dalam proses belajar adalah buku teks dan jenis informasi pendukung seperti jurnal ilmiah, kamus dan ensiklopedia. Namun ada beberapa jenis informasi yang kurang diminati oleh mahasiswa di dalam proses belajar, seperti majalah kesehatan dan kedokteran dan informasi kesehatan di dalam koran. Saluran informasi yang digunakan untuk mendukung dalam proses belajar adalah internet (google,yahoo), perpustakaan, dosen dan teman.

This thesis discusses the information needs of undergraduate students (S-1) class of 2010 in support of the learning process at the Faculty of Medicine, University of Tarumanagara. This study is descriptive quantitative research. The results of this research indicates that the main type of information needs in the learning process is a text book and the type of supporting information such as scientific journals, dictionaries and encyclopedias. But there are also several types of information which are less preferred for the students in the learning process, such as health and medicine magazines and health information in the newspaper. Channels of information uses to support the learning process are the internet (google, yahoo), library, teacher and friends."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1918
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Feni Fitriani Taufik
"ABSTRAK Latar belakang :Pendidikan dokter spesialis merupakan pendidikan orang dewasa adult learner untuk mencapai kompetensi klinis yang diharapkan Lingkungan pendidikan merupakan salah satu aktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum dan proses pendidikan Lingkungan pendidikan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dirasakan oleh peserta didik yang dapat mempengaruhi proses pendidikan. Perlu lingkungan pendidikan yang mendukung untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi peserta didik, pengelola program dan staf pengajar terhadap lingkungan pendidikan pada Program Pendidikan DokterSpesialis PPDS Paru, FKUI. Metode :Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan setting sequential explanatory design. Tahap pertama dilakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner Postgraduate Hospital Educational Enviroment Measure PHEEM yang diisi oleh peserta PPDS Paru pada bulan Maret-Juni 2014.Hasil PHEEM ini dielaborasi lebih lanjut melalui penelitian kualitatif berupa Focus Group Discussion pada peserta PPDS Paru dan wawancara mendalam dengan pengelola program dan staf pengajar di Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, FKUI.Hasil :Sebanyak 87 89,7 peserta PPDS Paru periode Maret-Juni 2014 telah mengisi kuesioner PHEEM dan didapatkan sebanyak 74,7 peserta menilai lingkungan pendidikan lebih banyak positif dari pada negative dan memerlukan perbaikan 100,85; rentang nilai 81-120 . Peran otonomi dinilai positif oleh 79,3 peserta 36,93; rentang nilai 29-42 , pengajaran dianggap sudah bergerak kearah yang benar oleh 62,1 peserta 36,56; rentang nilai 31-45 dan 70,1 berpendapat bahwa dukungan social lebih banyak pro dari pada kontra 27,36; rentang nilai 23-33 .Pada penelitian kualitatif diperoleh hasil bahwa peran otonomi yang perlu diperbaiki adalah tersedianya panduan pengajaran dan protokol klinis yang informatif, diperlukan perbaikan system supervise dan pemberian umpan balik pada peran pengajaran, dan perbaikan budaya menyalahkan dan meningkatkan peran penasehat akademik dalam bimbingan dan konseling pada dukungan sosial. Kesimpulan :Lingkungan pendidikan pada PPDS Paru dinilai cukup baik dan kondusif. Perbaikan yang diperlukan untuk menjadikan lingkungan pendidikan lebih optimal adalah pembuatan Buku Rancangan Pengajaran yang informatif, optimalisasi logbook sebagai salah satu instrument evaluasi, peningkatan supervise oleh staf pengajar, keterampilan pemberian umpan balik dan peran pembimbing akademik dalam evaluasi peserta PPDS. Kata kunci :Lingkunganpendidikan, PHEEM, Mixed methods

ABSTRACT
Background Educational environment is one of the most important factor should be considered in curriculum development. Educational environment is the condition that may affect education process in student. Specialty in medicine is adult learning process to gain define clinical competence. Process ofeducationcan be accelerated with proper educational environment. This study aims to Perception of resident, clinical teacher and study program manager to educational environment in Pulmonology dan Respiratory Medicine Residency Program, Faculty of MedicineUniversitasIndonesia. Methods This study using mixed methods with sequential explanatory design.Preliminary of this study is a quantitative study using Postgraduate Hospital Educational Environment Measure PHEEM questionnaire to Pulmonology residentsonMarch until June 2014. The results of the questionnaire will be elaborated with qualitative study based on Focus Group Discussionamong Pulmonology residents and deep interview to the study program manager and clinical teachers at the Department of Pulmonology and Respiratory Medicine FMUI. Result Eighty seven 89,7 pulmonology residents on March until June 2014 had filled in PHEEM questionnaire resulting in mean of perception of the educational environment total PHEEM mostly 74,7 positive and need to be improved score 100,85 81 120 . Positive perception of the autonomy role is 79,3 score 36,93 29 42 , perception that the teaching role performed in the correct way62,1 score 36,56 31 45 and 70,1 of perception stated pro to social support rather than cons score 27,36 22 33 . The qualitative study resulting an autonomy role which is need to be improved availability of teaching guideline and informative clinical protocols. Based on several aspect of teaching role, we need toimproved the supervision system and feedback giving. The blamming culture, supervision and counseling are the factors that need toimproved on social supporting role. ConclusionEducational environment in Pulmonology and Respiratory Medicine Residency Program is positive and condusive. Theimprovement need of the informative ldquo BukuRancanganPengajaran rdquo and optimalizationof logbook as one of the evaluation instrument.Role of staffs in supervising resident skills, feedback and the role of the academic mentor in evaluating residents still need improvement foroptimalization educational environment that may lead to support the adult learning process in students.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>