Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136014 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewa Ketut Sukardi
Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005
150.287 DEW a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Learning paradigm had been shifted to “student centered” in which teacher or instructor role is more as facilitators who help students develop optimal potential. In order to be effective teacher needs to better understand all potentials of students. One form of the potential is multiple intelligences. To determine the learning achievement, the assessment should cover multiple intelligence-based learning outcomes which are performance tests. Variety of performance tests can be used to access the actual performance or learning outcomes achieved by students."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Model skor tulen (MST) atau disebut juga sebagai teori tes klasik dalam seajarahnya dapat ditelusiri melalui konsep spearman (1904). Dalam konsepnya,persamaan MST itu diungkapkan sebagai:X,=r,+E,;di mana X,adalah skor amatan,r, skor tulen dan E, kekeliruan acak
"
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Marella, Angie Michaela
"Kekurangan jumlah pemimpin yang kompeten dari Generasi Y kerap kali menjadi masalah serius bagi organisasi saat ini. Hal ini disebabkan oleh angka turnover Generasi Y yang lebih tinggi daripada Generasi X. Peneliti menduga salah satu penyebab terjadinya krisis kepemimpinan di organisasi dan tingginya turnover pada Generasi Y adalah adanya perbedaan motivasi memimpin antara karyawan Generasi X dan Generasi Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi memimpin pada kedua generasi tersebut. Secara teoritis, motivasi memimpin adalah konstruk perbedaan individu yang memengaruhi keputusan pemimpin atau calon pemimpin untuk menjalankan pelatihan kepemimpinan, dan peran serta tanggungjawab pemimpin dan yang memengaruhi intensitasnya dalam berusaha memimpin dan bertahan sebagai pemimpin. Konstruk motivasi memimpin terdiri dari tiga dimensi, yaitu affective-identity, social-normative, dan noncalculative. Hasil pengolahan data menggunakan independent sample t-test, dari 221 responden (Generasi X = 120; Generasi Y = 101), diukur dengan Kuesioner Motivation To Lead, menemukan bahwa terdapat perbedaan motivasi memimpin yang signifikan antara karyawan Generasi X dan Generasi Y, yaitu t (219) = 7.110, p < 0.05. Motivasi memimpin Generasi X terbukti secara signifikan lebih tinggi daripada Generasi Y dan hasil tersebut konsisten pada masing-masing dimensi, yakni dimensi affective-identity t (219) = 4.182, p < 0.05; dimensi social-normative t (219) = 3.888, p < 0.05; dan dimensi noncalculative t (219) = 7.518, p < 0.05. Implikasi dari penelitian ini adalah praktisi SDM dapat merekrut calon karyawan yang memiliki motivasi memimpin sesuai kebutuhan organisasi dan mengadakan program pengembangan SDM untuk karyawan yang berpotensi menjadi pemimpin.;Having competent leaders from Generation Y often becomes a serious issue for organizations today. This is caused by the rate of turnover on Generation Y that is higher than Generation X. Researcher supposes one of the causes is the difference on motivation to lead between employee in the Generation X and Generation Y employee. This study aims to determine differences in motivation to lead among both generations. Theoretically, motivation to lead is an individual differences construct that affects a leader‟s or leader-to-be‟s decisions to assume leadership trainings, roles, and responsibilities, and that affects his or her intensity of effort at leading and persistence as a leader. The construct of motivation to lead consists of three dimensions, i.e affective-identity, social-normative, and noncalculative. 221 respondents (120 of Generation X dan 101 of Generation Y) filled out Motivation To Lead Questionnaire. Independent sample t-test showed that there is significant difference in motivation to lead among Generation X and Generation Y employee, i.e t (219) = 7.110, p < 0.05. Generation X‟s motivation to lead is significantly higher than Generation Y and these result is consistent in each dimensions, i.e affective-identity dimension t (219) = 4.182, p < 0.05; social-normative dimension t (219) = 3.888, p < 0.05; and noncalculative dimension t (219) = 7.518, p < 0.05. The implications of this research are HR practitioners can recruit prospective employees who have the motivation to lead according to the needs of the organization and conduct human resources development programs for employees with leadership‟s potential.;Having competent leaders from Generation Y often becomes a serious issue for organizations today. This is caused by the rate of turnover on Generation Y that is higher than Generation X. Researcher supposes one of the causes is the difference on motivation to lead between employee in the Generation X and Generation Y employee. This study aims to determine differences in motivation to lead among both generations. Theoretically, motivation to lead is an individual differences construct that affects a leader‟s or leader-to-be‟s decisions to assume leadership trainings, roles, and responsibilities, and that affects his or her intensity of effort at leading and persistence as a leader. The construct of motivation to lead consists of three dimensions, i.e affective-identity, social-normative, and noncalculative. 221 respondents (120 of Generation X dan 101 of Generation Y) filled out Motivation To Lead Questionnaire. Independent sample t-test showed that there is significant difference in motivation to lead among Generation X and Generation Y employee, i.e t (219) = 7.110, p < 0.05. Generation X‟s motivation to lead is significantly higher than Generation Y and these result is consistent in each dimensions, i.e affective-identity dimension t (219) = 4.182, p < 0.05; social-normative dimension t (219) = 3.888, p < 0.05; and noncalculative dimension t (219) = 7.518, p < 0.05. The implications of this research are HR practitioners can recruit prospective employees who have the motivation to lead according to the needs of the organization and conduct human resources development programs for employees with leadership‟s potential."
2016
S62063
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gregory, Robert J.
Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011
150.287 GRE t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gregory, Robert J.
Jakarta: Erlangga, 2010
150.287 GRE t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Safrina Dahri
"Diantara banyak teknik proyektif tes yang sering dipakai dalam pemeriksaan psikologis adalah tes Wartsg. Sebagai salah satu teknik proyektif tes Wartegg memiliki kualitas nilai sebagai alat cliagnostik dan bersifat praktis sehubungan dengan waktu yang diperlukan untuk administrasi, skoring dan interpretasi. Salah satu pertimbangan yang digunakan dalam menganalisis hasil gambar adalah dengan melihat hubungan stimulus dan gambar (stimulus drawing- relations), selain dua pertimbangan lainnya yaitu isi gambar (content) dan cara. pelaksanaan (execution). Pada dasarnya, masing-masing stimulus memiliki sifat yang berbeda sehingga penting untuk melihat kesesuaian gambar yang dihasilkan subyek dengan sifat dari stimulus itu sendiri (afinitas) Stimulus tes Wartegg dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu stimulus feminin (stimulus l,2,7, dan 8) dan stimulus maskulin (stimulus 3,4,S dan 6).
Afinitas laki-laki biasanya lebih baik terhadap stimulus yang maskulin, sedangkan afinitas perempuan biasanya Iebih baik terhadap stimulus yang feminin. Perspektif mengenai peran dan stereotipi gender tidak terlepas dzui konteks budaya. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat atinitas laki-laki dan perempuan pada sampel penelitian di Indonesia.
Penelitian dilakukan pada mahasiswa UI, Sl reguler dengan tujuan memperoleh subyek yang memiliki kecerdasan rata-rata. Teknik yang digunakan adalah melihat kesesuaian gambar subyek clengan sifat-sifat yang terkandung didalam stimulus tersebut(stimulus-drawing relations). Uji sinifikansi clilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan afinitas subyek laki-laki dan perempuan terhadap stimulus maskulin, dan sebaliknya terhadap stimulus yang feminin.
Hasil penelitian terhadap 62 subyek yang terdiri dad 31 subyek laki-laki dan 31 subyek perempuan menunjukkan bahwa subyek laki-laki mempunyai afinitas yang baik terhadap stimulus maskulin maupun terhadap stimulus feminine. Begitu pula sebaliknya, subyek perempuan mempunyai afinitas yang baik terhadap stimulus feminin maupun terhadap stimulus maskulin. Uji signifikansi pada l.o.s menunjukkan bahwa afinitas laki-laki dan perempuan hanya berbeda pada stimulus 2 (stimulus feminin) dan stimulus 4 (stimulus maskulin).
Berdasarkan hasil penelitian, beberapa satan untuk penelitian selanjutnya adalah menambah jumlah subyek, meneliti subyek dengan karakteristik peran gender tradisional dimana pada penelitian ini mahasiswa diasumsikan lebih memiliki peran gender yang modern dan penelitian mengenai atinitas laki-laki dan perempuan terhadap stimulus maslculin dan feminin dengan mempertimbangkan pekerjaan subyek."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"In a language testing,validity play a very important role validity is to see how the result of the test contribute in making decisions in relation with the goals determined in advance...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasi, Anne
Jakarta: Prenhallindo, 1997
150.287 ANA t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>