UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Online Anak Usia Remaja di DKI Jakarta = The Relationship between Parenting Style and Motivation to Learn Online for Adolescent in DKI Jakarta

Rafi Handayani; Dessie Wanda, supervisor; Nur Agustini, examiner; Gusgus Graha Ramdhanie, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Motivasi belajar selama pembelajaran online dibutuhkan dimana keluarga sebagai lingkungan pertama dalam mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar online anak usia remaja di DKI Jakarta. Sampel penelitian adalah 427 remaja di DKI Jakarta dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen pola asuh orang tua yang digunakan adalah instrumen yang dibuat oleh Mashoedi (2003) yang diadopsi dari penelitian sebelumnya oleh (Utami, 2017). Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) diadopsi dari penelitian sebelumnya oleh Yulifah (2014). Hasil penelitian didapatkan 233 remaja mempunyai motivasi belajar online rendah dan 194 remaja mempunyai motivasi belajar online tinggi. Hasil penelitian lainnya didapatkan hubungan signifikan antara pola asuh orangtua dengan motivasi belajar online anak usia remaja di DKI Jakarta (p < 0,05). Saran bagi pihak sekolah untuk bekerjasama dengan orangtua terkait pola asuh yang sesuai diterapkan kepada anaknya.

Motivation to learn during online learning is needed where the family as the first environment in educating children. This study aims to find out the relationship between parenting patterns and the motivation of online learning of adolescents in DKI Jakarta. The sample of this study was 427 teenagers in DKI Jakarta with random sampling cluster sampling techniques. The parent parenting pattern instrument used is an instrument made by Mashoedi (2003) adopted from previous research by (Utami, 2017). The instrument used to measure learning motivation is the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) adopted from a previous study by Yulifah (2014). The results of the study obtained 233 teenagers have low online learning motivation and 194 adolescents have high online learning motivation. The results of other studies found a significant relationship between parenting patterns and the motivation of online learning of adolescents in DKI Jakarta (p < 0.05). Advice for the school to cooperate with parents regarding appropriate parenting patterns applied to their children.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rafi Handayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 77 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-20191013 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920577619
Cover