UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Tingkat Stres Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Pada Anak ASD: Dalam Perspektif PEO Model = The Relationship Between Parental Stres Levels and Social Skills in Children with ASD: A PEO Model Perspective

Restu Aji Wijaya; Hermito Gidion, supervisor; Zulfa Khoirunisah, examiner; Wawan Hermawan, examiner (Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Latar Belakang. Aktivitas pengasuhan anak dapat menimbulkan tingkatan stres yang berbeda bagi setiap orang tua, yang dipengaruhi oleh faktor internal orang tua maupun karakteristik anak mereka. Keterbatasan dalam keterampilan sosial dan permasalahan perilaku pada anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) menjadi faktor peningkatan stres pada orang tua. Saat ini masih terdapat kesenjangan literatur di Indonesia mengenai perkembangan keterampilan sosial pada anak ASD, serta dampak stres orang tua terhadap tingkat keterampilan sosial pada anak ASD.
Metode. Metode yang digunakan merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Responden penelitian ini terdiri dari 49 orang tua dengan anak ASD di SLB Negeri Jakarta, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Tingkat stres orang tua diukur menggunakan Skala Stres Pengasuhan (SSP) dan tingkat keterampilan sosial dinilai menggunakan instrumen Vineland-3
Hasil. Hasil penelitian ini menemukan adanya korelasi negatif yang signifikan antara tingkat stres pengasuhan orang tua dan tingkat keterampilan sosial anak ASD. Tingkat stres orang tua yang tinggi menyebabkan rendahnya keterampilan sosial pada anak ASD. Selain itu, ditemukannya hubungan positif yang signifikan antara usia anak dan keterampilan sosial dengan anak yang lebih tua cenderung memiliki keterampilan sosial yang lebih baik.
Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh tingkat stres pengasuhan orang tua terhadap perkembangan keterampilan sosial pada anak ASD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam penyusunan intervensi bagi orang tua dengan anak ASD. Intervensi tersebut diharapkan tidak hanya berfokus kepada karakteristik anak, tetapi juga mencakup peran orang tua dalam peningkatan keterampilan sosial anak ASD.

Background. Parenting activities can lead to varying levels of stress among parents, influenced by internal parental factors as well as the characteristics of their children. In children with Autism Spectrum Disorder (ASD), limitations in social skills and behavioural challenges are contributing factors to increased parental stress. Currently, there is a notable gap in Indonesian literature regarding social skills in children with ASD, and the impact of parental stress on the development of these skills.
Methods. This study employed a quantitative correlational design. The participants consisted of 49 parents of children with ASD enrolled in a state special needs school (SLBN) in Jakarta, selected using purposive sampling. Parenting stress was measured using the Parenting Stress Scale (PSS), while the children’s social skills were assessed using the Vineland Adaptive Behavior Scales, Third Edition (Vineland-3).
Results. The results revealed a significant negative correlation between parental stress levels and the social skills of children with ASD, indicating that higher parental stress is associated with lower levels of social skills in children. In addition, a significant positive correlation was found between the age of the child and their social skills, with older children demonstrating better social abilities.
Conclusion. This study highlights the considerable impact of parental stress on the social skill development of children with ASD. The findings are expected to serve as a foundation for developing interventions that not only focus on the child, but also provide emotional support for parents in order to create a more adaptive and supportive environment for the child’s development.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Restu Aji Wijaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 20 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-42322873 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920574096
Cover