UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dukungan Sosial dalam Pembentukan Identitas Anak Jalanan = Social Support in the Identity Formation of Street Children

Aisha Qori Aina; Johanna Debora Imelda, supervisor; Afra Afifah, examiner; Kania Saraswati Harisoesyanti, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Perkembangan identitas merupakan tugas krusial bagi remaja, tetapi menjadi sangat kompleks bagi mereka yang hidup di jalanan, di mana tekanan ekonomi, stigma sosial, dan keterbatasan akses seringkali menghambat proses eksplorasi diri dan pembentukan komitmen identitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran dukungan sosial dalam pembentukan identitas remaja yang menjadi anak jalanan, berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, yang dipilih karena merupakan wilayah padat penduduk dengan kompleksitas masalah sosial dan demografi remaja khas dimiliki anak jalanan di Kelurahan Penjaringan, menciptakan kerentanan tersendiri bagi kelompok usia muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap delapan informan anak jalanan berusia 13 hingga 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak jalanan, pada usia 13 hingga 17 tahun, menghadapi hambatan signifikan dalam eksplorasi peran dan pembentukan komitmen identitas mereka. Mereka sering berada dalam status moratorium identitas atau kebingungan identitas, tetapi beberapa menunjukkan ciri pemaksaan identitas atau pencapaian identitas dalam aspek tertentu. Dukungan sosial adalah elemen krusial dalam pembentukan identitas remaja yang menjadi anak jalanan, dukungan yang komprehensif dan dirasakan efektif, berasal dari berbagai sumber dan dalam beragam bentuk memfasilitasi eksplorasi peran yang lebih terarah dan pembentukan komitmen identitas yang lebih jelas. Namun, sifat dukungan dan bagaimana penerima merasakannya juga menentukan pembentukan identitas, di mana dukungan yang terasa nyata dan personal berkontribusi pada kemampuan remaja untuk melewati krisis identitas dengan lebih baik dan mencapai status moratorium identitas yang produktif atau bahkan pencapaian identitas.

Identity development is a crucial task for adolescents, but it becomes particularly complex for those living on the streets, where economic pressure, social stigma, and limited access often hinder their self-exploration process and identity commitment. This research aims to understand the role of social support in the formation of street children's identity, located in Penjaringan Village, North Jakarta, which was chosen because it is a densely populated area with the complexity of social and demographic problems typical of street children in Penjaringan Village, creating its own vulnerabilities for this young age group. This study uses a descriptive qualitative approach with data collected through in-depth interviews and observations of eight street children aged 13 to 17 years. The results of the study indicate that street children, aged 13 to 17 years, face significant obstacles in their role exploration and identity commitment formation. They are often in a state of identity moratorium or identity confusion, but some show characteristics of identity coercion or identity achievement in certain aspects. Social support is a crucial element in the identity formation of street children, comprehensive and perceived effective support, coming from various sources and in various forms facilitates more directed role exploration and the formation of clearer identity commitments. However, the nature of support and how the recipient perceives it also determines identity formation, where support that feels real and personal contributes to the ability of adolescents to better navigate identity crises and achieve a productive identity moratorium or even identity achievement.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Aisha Qori Aina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 109 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-48164091 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920573100
Cover