UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Rasionalitas Ekologis Dalam Deliberate Ignorance: Peran Moderasi Fokus Regulasi dan Isyarat Lingkungan = Ecological Rationality on Deliberate Ignorance: The Moderating Role of Regulation Focus and Environmental Cues

Raymond Godwin; Bagus Takwin, promotor; Sianipar, Agnes Nauli Shirley W., co-promotor; Hamdi Muluk, examiner; Sali Rahadi Asih, examiner; Dyah Triarini Indirasari, examiner; Wisnu Wiradhany, examiner; Esther Widhi Andangsari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Fenomena deliberate ignorance atau ketidakmautahuan—keputusan sadar untuk tidak mengetahui informasi walau mencari atau melihatnya dipersepsikan penting dan mudah—mengindikasikan kompleksitas perilaku informasi. Penelitian ini berupaya menginvestigasi bagaimana persepsi atas tingkat penting dan mudahnya mencari informasi dapat kurang berperan terhadap perilaku informasi. Mengadopsi kerangka Rasionalitas Ekologis, penelitian ini menguji peran moderasi fokus regulasi berbasis emosi-yang-diantisipasi dan isyarat lingkungan terhadap hubungan antara kedua pertimbangan kognitif tersebut dengan ketidakmautahuan pada kaum muda Indonesia. Penelitian ini melibatkan dua Studi Pendahuluan untuk pengembangan vignette kontekstual, diikuti tiga studi eksperimen within-subject berbasis vignette (N total = 412). Dalam eksperimen, partisipan dihadapkan pada vignette yang memanipulasi fokus regulasi dan isyarat lingkungan, kemudian diminta menilai persepsi pentingnya mencari, kemudahan mengakses, dan keputusan terhadap informasi. Analisis data dilakukan menggunakan Generalized Estimating Equations (GEE). Hasil penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa persepsi pentingnya mencari informasi berperan negatif dengan ketidakmautahuan, dan peran ini tidak dimoderasi secara signifikan oleh fokus regulasi maupun isyarat lingkungan. Di sisi lain, peran persepsi kemudahan mengakses terhadap ketidakmautahuan terbukti lebih kompleks: umumnya menunjukkan hubungan negatif, namun dapat meningkatkan probabilitas ketidakmautahuan ketika individu berada dalam kondisi fokus regulasi promosi dan didukung oleh kondisi lingkungan yang memberikan isyarat yang selaras. Dari hasil disimpulkan bahwa ketidakmautahuan dapat dipahami sebagai strategi yang rasional secara ekologis. Temuan ini memberikan implikasi teoretis penting bagi pemahaman rasionalitas dalam pengambilan keputusan terkait informasi dan peran emosi, serta implikasi praktis untuk pengembangan intervensi psikologis dan program literasi digital untuk memanfaatkan ketidakmautahuan guna meningkatkan kesejahteraan kaum muda di era informasi.

The phenomenon of deliberate ignorance—a conscious decision not to seek or use information even when seeking or using it is perceived as important and relatively easy—indicates the complexity of information behavior. This research investigates how perceptions of the importance of knowing and ease of accessing information may play a diminished role in information behavior. Adopting Ecological Rationality framework, this study examines the moderating role of anticipated-emotions-based-on-regulatory-focus and environmental cues on the relationship between these two cognitive considerations and deliberate ignorance among Indonesian youth. This research involved two Preliminary Studies for constructing contextual vignette, followed by three within-subject vignette-based experiments (N total = 412). In the experiments, participants were presented with vignettes that manipulated regulatory focus and environmental cues. Then they were asked to assess the perceived importance of knowing, ease of access, and their decision regarding the information. Data analysis was conducted using Generalized Estimating Equations (GEE). The results consistently showed that the perceived importance of knowing information plays a negative role concerning deliberate ignorance, and this role was not moderated by regulatory focus or environmental cues. On the other hand, the role of perceived ease of access concerning deliberate ignorance proved more complex: generally showing a negative relationship, yet it can increase the probability of deliberate ignorance when individuals are in a promotion-focused regulatory state and supported by congruent environmental cues. From the results, it is concluded that deliberate ignorance can be understood as an ecologically rational strategy. These findings offer important theoretical implications for understanding rationality in information-related decision-making and the role of emotion, as well as practical implications for the development of psychological interventions and digital literacy programs to leverage deliberate ignorance to enhance the well-being of youth in the information age.

 File Digital: 1

Shelf
 D-Raymond Godwin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Disertasi Membership
No. Panggil : D-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 159 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D-pdf 07-25-65595187 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920572521
Cover