Penelitian ini menganalisis makna cinta dalam lirik lagu "Happy End", menggunakan teori semiotik Michael Riffaterre dan teori cinta segitiga dari Robert J. Sternberg. Metode ini mengkaji ketidaklangsungan ekspresi dalam lirik, serta mengidentifikasi komponen dan jenis cinta yang tersembunyi. Hasil analisis menunjukkan bahwa lagu ini mempresentasikan cinta bertepuk sebelah tangan melalui simbol dan metafora yang tidak langsung, dengan dominasi unsur keintiman tanpa komitmen maupun hasrat. Jenis cinta yang ditampilkan adalah menyukai, yang menekankan kedekatan emosional tanpa kejelasan hubungan. Lagu ini mencerminkan kompleksitas perasaan terpendam dalam hubungan yang tidak tersampaikan secara eksplisit.
This study analyzes the meaning of love in the lyrics of the song “Happy End”, using Michael Riffaterre's semiotic theory and Robert J. Sternberg's theory of love triangles. This method examines the discontinuity of expression in the lyrics, and identifies the hidden components and types of love. The analysis shows that the song presents unrequited love through indirect symbols and metaphors, with the dominance of intimacy without commitment or desire. The type of love displayed is liking, which emphasizes emotional closeness without clarity of relationship. The song reflects the complexity of pent-up feelings in relationships that are not explicitly conveyed.